Skip to main content

3 Contoh Cara Memberikan Motivasi Positif Pada Karyawan Anda

Memberikan motivasi kepada karyawan - Sebagian manajer HR beranggapan bahwa memberikan feedback dan motivasi positif pada karyawan itu sederhana. Akan tetapi, patut diketahui bahwa dengan sekadar mengucapkan “Kerja bagus! Tolong dipertahankan ya..” Tidak sepenuhnya cukup untuk memperkuat perilaku positif mereka.

Sumber daya manusia di perusahaan adalah aset penting yang harus diretensi agar tidak akan berpaling ke perusahaan lain. Mengapa memberikan motivasi positif kepada karyawan begitu penting untuk perusahaan Anda? Berikut ulasan selengkapnya.
3 Contoh Memberikan Motivasi Positif Pada Karyawan Anda
3 Contoh Cara Memberikan Motivasi Positif Pada Karyawan Anda

Motivasi positif akan membantu produktivitas perusahaan


Ingatlah bahwa karyawan yang bahagia adalah karyawan yang produktif. Dengan begitu, memberikan motivasi dan dukungan positif kepada sumber daya manusia di perusahaan Anda akan sangat mendorong peningkatan kinerja dan produktivitas bisnis.

Menurut penelitian oleh Gallup selama beberapa dekade, melaporkan bahwa memberikan umpan balik atau feedback positif kepada karyawan, jauh lebih efektif ketimbang Anda mengoreksi kesalahan mereka.

Dukungan lain yang diteliti oleh Dr. Marcial Losada, psikolog perusahaan ternama, menemukan hal menarik. Ia menyebutkan bahwa dalam sebuah tim yang memiliki performance tinggi, perbandingan antara feedback positif dan negatif adalah 6 : 1.

Ini berarti bahwa, rata-rata karyawan idealnya membutuhkan 6 motivasi positif untuk satu ulasan negatif yang diterimanya.

Contoh Memberikan Motivasi Positif pada Karyawan


Nah, melihat pentingnya memberikan dukungan positif terhadap karyawan, sekarang mari kita lihat contoh-contoh umpan balik positif yang disarankan para pakar HR profesional berikut ini.

Contoh #1: Jika karyawan memenuhi atau melampaui target proyek bisnis Anda. 


Inilah yang bisa Anda katakan:

“Saya mendapat laporan Anda melampaui target angka penjualan minggu ini hingga 30%!. Ini adalah kontribusi besar untuk departemen kita. Kerja bagus! Anda benar-benar berhasil! Bagaimana Anda melakukannya? Apakah Anda melakukan hal yang berbeda minggu ini?”

Contoh # 2: Ketika seorang karyawan bekerja lebih keras.


Inilah yang bisa Anda katakan:

“Minggu ini Anda tidak hanya mengirim laporan lebih cepat 2 hari sebelum deadline, tetapi juga mampu melangkah lebih jauh dengan melakukan penelitian menyeluruh. Anda memasukkan semua informasi yang dibutuhkan dan menyajikan dalam satu tabel yang mudah dibaca. Anda membuat pekerjaan saya semakin mudah. Kerja bagus! Tanpa bantuan Anda saya tidak akan bisa mengatur seluruh acara tepat waktu. Usaha dan bantuan Anda benar – benar membantu saya. Terima kasih!”.

Contoh # 3: Ketika seorang karyawan mampu mengatasi hambatan.


Inilah yang bisa Anda katakan:

“Saya ingin mengatakan bahwa presentasi Anda kemarin sungguh hebat! Anda pasti gugup menyampaikan presentasi di depan audiens yang banyak, tetapi jujur Anda melakukannya dengan sangat baik.

Nada suara Anda berwibawa dan pesannya bisa sampai dengan jelas dan fokus. Saya sangat menyukai bagaimana Anda menggunakan contoh-contoh menarik dari setiap departemen perusahaan kita, sehingga audiens bisa mudah memahami. Kerja bagus!”.

***

Dengan memberikan motivasi yang bagus, sumber daya manusia di perusahaan Anda akan semakin meningkat. Bantu tim HR dalam perusahaan Anda meningkatkan performance karyawan dengan cara yang lebih modern dan terarah. LinovHR sebagai HR Software terbaik di Indonesia memiliki banyak fitur dan fungsi untuk mendukung kinerja tim HR dalam mengelola karyawan agar performance SDM perusahaan lebih maksimal.

Telah banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan HR Software LinovHR seperti : Smartfren, PT PP Properti, ILotte, Advan, Trimegah securitas dan masih banyak perusahaan lain. Dengan menggunakan Software HR LinovHR tidak hanya memudahkan anda memudahkan untuk memaksimalkan performa kinerja karyawan perusahaan, tapi lebih dari itu, dengan Software HRIS berbasis web LinovHR akan banyak manfaat yang perusahaan anda dapatkan dalam mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan SDM Perusahaan.

Lihat tips sukses: 15 Cara Menjadi Orang Yang Menyenangkan dan Disukai Banyak Orang
  April 23, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close