Skip to main content

8 Usaha Yang Tidak Ada Matinya Dan Prospeknya Bagus

Usaha yang tidak ada matinya adalah jualan. Ya. Itu adalah jenis usaha yang membuat pelakunya cepat kaya. Selama kita jualan maka pasti akan ada yang beli. Banyak yang berpikiran seperti itu. Dan itu sah-sah saja. Namun dalam dunia usaha, bisnis yang prospeknya bagus menjadi pertimbangan sendiri bagi seorang pengusaha.
8 Usaha Yang Tidak Ada Matinya Dan Prospeknya Bagus
8 Usaha Yang Tidak Ada Matinya Dan Prospeknya Bagus
Melihat trend saat ini, sebenarnya kita tidak bisa men-cap dan melabeli usaha yang menjanjikan hanya melihat karena usaha tersebut tidak pernah sepi. Atau pun karena usaha tersebut hari ini menguntungkan maka prospeknya bagus sepanjang masa.

Kita tidak bisa memastikan hal-hal seperti itu. Namun bukan berarti kita tidak bisa menganalisa jenis-jenis usaha yang tidak ada matinya seperti berikut ini.

1. Bisnis Bidang IT


Dunia information technology (IT) bisa sukses sebesar ini sejak adanya internet. Banyak usaha yang menguntungkan di bidang IT.

Di antara jenis usaha tersebut, ada yang sudah terkubur dan juga ada yang masih bertahan sampai saat ini. Contoh usaha online yang sudah mulai hilang seperti PTC atau mengisi survei (Tidak sepopuler dulu).

Dan usaha online yang bisa bertahan lama sampai hari ini contohnya seperti menulis di blog, dunia periklanan dan E-commerce.

Karena itulah, memilih usaha di dunia IT yang tidak ada matinya memang sedikit lebih sulit. Terlebih kemajuan teknologi yang saat ini mengarah ke produk kecerdasan buatan (artificial intellegency) dimana banyak hal yang saat ini bisa dikelola oleh mesin.

Beberapa usaha online yang bisa dipastikan akan bertahan lama beberapa tahun ke depan adalah E-commerce. Itu sudah pasti.

Lainnya adalah menjadi Blogger. Banyak Blogger yang bertanya-tanya, akankah Blogger akan hilang suatu hari nanti digantikan oleh Youtube yang saat ini sedang trend? Saya berani mengatakan bahwa itu tidak mungkin. Pertemuan yang akan datang saya akan bahas masalah Blogger yang tidak akan digantikan oleh Youtube.

Bisnis di bidang IT lainnya yang memiliki prospek bagus ke depannya adalah menjadi programmer. Sebagai contoh, semakin banyak perusahaan menengah dan skala UMKM yang go online memberikan keuntungan bagi programmer web.

Atau pun semakin banyak pengiklan yang menarget pengguna mobile menguntungkan developer aplikasi android misalnya.

Kedepannya, bisa dipastikan bahwa bisnis IT tidak akan bisa lepas dari internet. Dan produk IT (Website dan aplikasi) akan menjadi media baru advertiser dalam beriklan. So, bisa dipastikan bahwa bisnis IT tidak akan ada matinya. Selain itu, E-business juga akan semakin berkembang di semua bidang. Tunggu saja!

2. Bisnis Fashion


Selama orang masih butuh pakaian dan ingin tampil trendy dan modis, maka bisnis fashion juga tidak akan ada matinya.

Karena itu, pabrik produsen produk fashion bisa dikatakan selalu memiliki prospek yang cerah ke depannya.

Ada banyak produk fashion dan bisa dikatakan bahwa semua itu dibutuhkan. Mulai dari produk fashion untuk kaki, badan, sampai kepala semua masih dibutuhkan dan akan selalu dibutuhkan.

Contoh bisnis fashion yang laris seperti sepatu, kaos, sweater, jeans, dan macam-macam. So, bagi kamu yang bekerja sampingan sebagai dropshipper atau reseller tidak perlu khawatir karena bisnis kamu juga termasuk bisnis yang tidak pernah mati.

Terlebih saat ini eranya E-commerce yang membuat jual beli online semakin laris manis dengan target pasar yang lebih mudah dijangkau.

3. Bisnis Makanan dan Minuman


Selama orang masih ingin hidup lama-lama, maka bisnis makanan dan minuman juga tidak akan pernah ada matinya. Jangankan manusia, usaha makanan untuk hewan peliharaan pun termasuk jenis yang tidak pernah sepi.

Namun meskipun usaha kuliner tidak ada matinya, persaingannya sangat berat. Butuh kesabaran, mungkin jatuh dan bangun untuk bisa sukses di bidang yang menjanjikan ini.

Tidak satupun bisnis kuliner yang bisa bertahan selamanya tanpa mengikuti trend dan terus berinovasi. Baik dari segi rasa dan teknik pemasaran.

Karena itu, bagi kamu yang berbisnis kuliner hari sukses dan bangga, kamu jangan lupa untuk beradaptasi setiap saat. Jangan tertinggal dan mengulangi kesalahan seperti yang Nokia dulu lakukan.

Memulai usaha kuliner kecil-kecilan bisa dijalankan di mana saja, di lokasi yang berpenghuni. Cocok di rumah, di sekolah juga, di mana saja termasuk di pinggir jalan.

4. Jual Beli Bahan Bangunan


Konsepnya masih sama, jual beli bahan bangunan juga termasuk jenis usaha yang prospeknya bagus di masa depan. Terutama di daerah yang masih berkembang seperti desa terpencil, pembangunan ke depannya pasti akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Karena itu, memulai usaha jual beli bahan bangunan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk desa berkembang. Hanya saja, modal yang dibutuhkan untuk jenis usaha ini cukup besar.

Karena itu, sebelum memulai jual beli bahan bangunan, sebaiknya belajar lebih dalam tentang seluk beluk dunia bangunan. Terutama karena persaingan bisnis kelas kakap ini tidak main-main. Anda akan berhadapan dengan orang-orang hebat lainnya yang sudah berpengalaman.

5. Bisnis Jasa Sepanjang Masa


Selain produk, ada banyak jasa yang tidak akan pernah mati. Seperti jasa pengiriman barang, jasa les private, jasa freelance seperti desain web dan desain grafis.

Jangan pengiriman barang tidak akan ada matinya di era jual beli online seperti saat ini. Hanya jika dan hanya jika semua E-commerce sepakat ramai-ramai untuk tutup.

Jasa les private juga termasuk bisnis yang tidak akan ada matinya. Mengapa? Sekalipun banyak informasi yang bisa didapatkan secara gratis namun ada ilmu-ilmu yang mahal yang tidak bisa dibagikan secara gratis.

Misalnya saja cara melariskan penjualan (Teknik marketing), cara beriklan murah di Facebook, jasa SEO (Search Engine Optimization) dan lain-lain.

Semua hal tersebut bisa dipelajari secara otodidak namun memang ada pakar-pakar yang bisa menuntun kita untuk lebih mudah menguasai tekniknya. Jadi, bisnis jasa tidak akan pernah ada matinya dan terus memiliki prospek yang bagus sepanjang masa.

6. Jualan Pulsa


Saya agak bingung mau memasukkan usaha ini dengan pertimbangan perusahaan telekomunikasi dan nasib karyawannya jika suatu hari nanti semua menggunakan teknologi WIFI.

Bagaimana jika saya salah dan usaha jualan pulsa suatu hari nanti akan hilang seperti beberapa jenis usaha lainnya yang telah hilang ditelan bumi?

Namun setelah analisa dan pertimbangan yang matang, akhirnya saya juga memasukkan jualan pulsa sebagai salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan memiliki prospek yang cukup bagus.

Namun untuk mengatakan jualan pulsa menjanjikan, saya tidak setuju. Karena benarnya, jual pulsa adalah usaha sampingan yang mudah dikelola.

Kembali ke topik, usaha pulsa masih akan terus jaya beberapa puluh tahun ke depan. Soalnya sampai hari ini negara berkembang dan desa terpencil masih banyak yang kesulitan menggunakan fasilitas umum.

Kalaupun ada, masih banyak wifi yang menggunakan password. So, prospek jual pulsa sebagai usaha sampingan anak sekolah, ibu rumah tangga, dan mahasiswa masih akan terus laku. Setidaknya sampai semua rumah memiliki WIFI sendiri.

7. Warung Sembako


Bagaimana dengan banyaknya toko besar yang hadir? Alfamart? Alfamidi? Ya, itu semua merupakan termasuk warung sembako dalam skala yang besar.

Mungkin ke depannya akan seperti itu semua. Namun sama seperti jualan pulsa, di Indonesia ini masih banyak daerah yang belum terjangkau dengan warung sembako besar tersebut.

Jadi, usaha toko kelontong dan warung sembako juga termasuk bisnis yang tidak ada matinya. Seperti misalnya jual tabung gas, air mineral, dan kebutuhan keluarga lainnya.

8. Bisnis Pertanian dan Peternakan


Dan semua usaha di atas tidak akan berjalan tanpa ada makanan dari petani dan juga susu dan daging berprotein dari peternak. Jadi, bisa dikatakan bahwa setiap usaha dan bisnis tidak bisa berdiri sendiri namun harus berjalan bersamaan.

Termasuk bisnis di bidang pertanian dan peternakan. Jangan minder menjadi petani karena petani juga yang memberi makan presiden, dokter, guru. Jadi, petani ini memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia.

Jadi, bisnis di bidang pertanian dan peternakan tidak bisa disepelehkan begitu saja hanya karena saat ini eranya komputer. Saat ini pun, petani yang harus beradaptasi dengan komputer untuk meningkatkan hasil pertanian.

Masih banyak jenis usaha yang tidak akan ada matinya. Seperti jual beli BBM eceran yang sangat bermanfaat di desa-desa berkembang di mana Permina jauh. Kalau pun isi bensin di sana harus antri.

Yang ingin saya katakan dalam artikel ini, kalau mau bisnis, bisnis aja. Jika ada persaingan itu bagus. Artinya bisnis tersebut pasti laku dan memiliki prospek yang bagus. Jangan sampai karena takut usaha tersebut akan mati, kita jadi tidak pernah memulai usaha. Think about it!

Simak juga 10 Bisnis Online Terbaik di Dunia

Rahasia Usaha yang Tidak Ada Matinya


Salah satu rahasia usaha yang tidak ada matinya adalah masih laku terjual. Jadi, apapun yang dibutuhkan manusia dan bermanfaat pada dasarnya tidak akan pernah hilang.

Contohnya saja, pakaian dan makanan. Kedua hal tersebut adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak akan tergantikan. Hal itu jugalah yang menyebabkan bisnis ini termasuk bisnis yang tak kenal musim dan tidak pernah sepi.

Namun resikonya adalah persaingan. Jika Anda tidak siap jatuh bangun berkali-kali, maka sebaiknya jangan terjun ke dunia bisnis.

Ciri-ciri usaha yang tidak ada matinya seperti usaha kecil yang menguntungkan dan dibangun dengan perjuangan. Usaha seperti ini pastinya telah memiliki pondasi yang kuat sehingga tidak akan mudah tenggelam.

Jika jenis usaha cepat kaya, biasanya kalau bukan bisnis musiman, bisa jadi itu adalah aksi tipu-tipu. Jadi, dalam dunia enterpreneur itu tidak ada yang namanya sukses dalam waktu singkat.

Yang ada itu adalah bisnis kecil yang dibangun dari awal. Mulai dari tahap perancangan konsep sampai pemasaran. Umumnya bisnis tersebut lebih menjanjikan dan memuaskan dari pada bisnis yang cepat menguntungkan tapi tidak bertahan lama.

Bagaimana menurutmu?

Lihat juga 10 Contoh Usaha di Daerah Sepi yang Menjanjikan

Demikianlah beberapa usaha yang tidak ada matinya dan prospeknya bagus di masa depan. Pelajari baik-baik rahasia bisnis sukses yang bisa bertahan lama sepanjang masa itu ya.
  March 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close