Skip to main content

13 Usaha Paling Sukses Di Desa yang Untung Besar dan Menjanjikan

Usaha di daerah sepi seperti di desa juga bisa sukses lho. Ada banyak contoh usaha yang bisa untung besar dan menjanjikan di lokasi yang identik dengan warna hijau ini. Jika dulu usaha paling sukses di desa hanya ada di bidang pertanian, hari ini jenis usaha semakin beragam. Dan tidak sedikit bisnis di desa yang bisa bikin cepat kaya.
13 Usaha Paling Sukses Di Desa yang Untung Besar dan Menjanjikan
13 Usaha Paling Sukses Di Desa yang Untung Besar dan Menjanjikan
Apa sih, usaha yang paling sukses di desa yang untung besar dan menjanjikan? Setiap daerah itu berbeda. Karena itu, memastikan suatu usaha yang prospeksnya bagus itu sedikit sulit. Untuk mengatasinya, hari ini saya akan berbagi beberapa contoh usaha paling sukses di desa yang untung besar dan sesuaikan dengan keadaan di desa masing-masing.

1. Budidaya Belut Cocok di Kampung


Usaha kecil-kecilan yang cocok dijalankan di desa adalah budidaya belut. Yups! Ternyata belut juga bisa dibudidayakan lho.

Budidaya belut termasuk jenis usaha yang langka tapi menguntungkan. Sudah ada beberapa kisah sukses dari usaha unik yang satu ini.

Di desa saya aja, anak kecil sering mancing belut dan menjualnya. Tentu ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di desa yang belum ada pesaing.

Untuk budidaya belut juga modal yang dibutuhkan sangat kecil. Bisa dengan memulai budidaya di kolam terpal atau di dalam drum. Tentu ada teknik tersendiri untuk beternak belut.

2. Usaha Budidaya Rumput Laut di Daerah Pesisir


Usaha potensial di desa yang terbukti sukses adalah budidaya rumput laut. Usaha ini cocok di daerah pesisir pantai.

Sekedar informasi aja, budidaya rumput laut termasuk budidaya menguntungkan yang populer di daerah pantai karena target pasarnya juga banyak.

Rumput laut yang bisa untuk dikomsumsi juga digunakan sebagai bahan pembuat agar-agar dan bahan pembuat kosmetik.

Pernah nonton film Billionare? Itu lho, film yang full inspirations yang cocok dinonton oleh orang yang tertarik menjadi enterpreneur. Sang pemeran utama berhasil membuat olahan dari rumput laut yang akhirnya bisa menembus pasar global dan dunia dan menjadi milyarder.

Untuk kamu yang memiliki usaha budidaya rumput laut, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha baru yang inovatif dan kreatif dengan membuat olahan dari rumput laut.

3. Budidaya Bibit Tanaman Unggul di Desa


Dunia usaha di desa yang menguntungkan memang tidak jauh-jauh dari bidang pertanian.

Salah satu contoh usaha paling sukses di desa yang untung besar dan menjanjikan adalah budidaya bibit tanaman unggul.

Ada banyak kisah sukses penjual bibit tanaman unggul. Dan kalau kamu bergabung dengan grup-grup budidaya tanaman atau pun grup Tabulampot di Facebook, di situ kamu akan melihat keuntungan besar yang di dapat dari hasil jual beli bibit tanaman unggul.

Tanaman buah dalam pot masih menjadi primadona usaha pertanian yang menguntungkan di desa, baik itu di daerah terpencil dan sepi juga di daerah yang sudah mulai berkembang.

Untuk harga bibit unggul sendiri tergantung jenisnya buahnya. Untuk rambutan, kelengkeng, alpukat biasanya harga yang paling murah untuk umumr bibit dua bulan dengan teknik cangkok berkisar Rp50.000.

Dari beberapa contoh yang saya lihat, bisnis jual beli bibit unggul ini tidak hanya ada di pasar lokal suatu daerah. Namun ke daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia. Ada banyak bibit unggul dari Jawa yang di order secara online ke Sulawesi dan Papua.

4. Usaha Sewa Mobil di Desa Berkembang


Bisnis rental mobil tidak hanya ada di kota tapi juga di desa. Seperti di desa saya misalnya, ada beberapa orang yang menyewakan mobilnya sebagai angkutan umum.

Namun memang usaha sewa mobil di desa ini membutuhkan modal besar. Paling tidak harus punya mobil bekas untuk disewakan.

Usaha sewa mobil ini selain modal besar juga sangat beresiko. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikan mobil hanya kepada orang yang terpercaya saja.

5. Usaha Jahit Pakaian Untuk Ibu Rumah Tangga


Usaha di bidang fashion adalah jenis usaha yang tidak ada matinya dan tidak pernah sepi.

Dengan sedikit kreatifitas, usaha jahit pakaian di desa juga memiliki prospek yang bagus.

Jika Anda tertarik mendirikan home industry kecil-kecilan di rumah, maka usaha jahit pakaian adalah salah satu contoh usaha rumahan yang menguntungkan.

Sudah ada beberapa kisah sukses yang berhasil meraup omzet jutaan dari usaha jahit pakaian. Untuk tipsnya, pastikan hasil jahitan bagus dengan menggunakan bahan kain yang berkualitas.

Selain kemeja, jenis produk yang bisa dihasilkan adalah tas. Jika tidak ada yang order, tetap menjahit. Itu adalah kunci sukses seorang penjahit.

Untuk pemasaran juga tidak sulit. Dalam dunia bisnis yang sulit adalah menghasilkan produk berkualitas yang akan dipasarkan. Toh, saat ini pemasaran bisa dilakukan melalui media online seperti Facebook dan toko online.

6. Budidaya Jamur Tiram Modal Kecil Untung Besar


Kisah sukses di desa dari usaha jamur tiram juga sudah banyak. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar namun omzetnya sangat besar.

Dalam budidaya jamur tiram, yang paling penting adalah media tanam dan lokasi budidaya, yaitu di tempat yang tertutup.

Ada banyak tantangan dari usaha jamur tiram di desa. Misalnya saja teknik budidaya dan cara pemasarannya. Karena itu, sebelum memulai usaha yang satu ini, pastikan banyak membaca referensi budidaya jamur tiram yang menguntungkan.

7. Usaha Dropship untuk Anak Sekolah di Desa


Asal ada hp dan internet, saat ini banyak bisnis rumahan yang bisa digeluti. Bisa menjadi Blogger, freelancer dan yang tidak kalah populer adalah menjadi dropshipper.

Dropshipper adalah contoh bisnis populer anak sekolah tanpa modal. Bukan hanya anak sekolah tapi ibu rumah tangga juga cocok menjadi dropshipper bahkan semua orang.

Untuk memulai menjadi dropshipper, tentu kita harus tahu tentang seluk beluk dunia bisnis online. Khusus untuk dropship, hal pertama yang harus dipahami adalah metode order dan pembayaran online.

Setelah itu, mencari dan menemukan supplier yang terbaik. Beberapa contoh produk yang laris dipasarkan secara online adalah produk fashion, kesehatan dan kecantikan.

Untuk contoh lainnya, silahkan kunjungi 5 Contoh Bisnis Anak Sekolah Tanpa Modal untuk Belajar Enterpreneur

8. Budidaya Tanaman Sayuran Teknik Hidroponik

 Usaha paling sukses di desa yang mudah dikelola
Usaha paling sukses di desa yang mudah dikelola
Pertanian hidroponik merupakan salah satu contoh usaha menguntungkan saat ini dan tidak ada matinya. Pertanian modern dan menyehatkan ini sudah mulai dilirik sejak beberapa tahun belakangan.

Memulai tanaman hidroponik memang membutuhkan modal yang lumayan besar. Namun sebenarnya teknik budidaya sayuran sehat ini bisa dilakukan dengan lebih sederhana menggunakan peralatan yang mudah ditemukan seperti botol plastik.

Tantangan dalam budidaya sayuran teknik hidroponik ini juga banyak. Selain cara budidaya yang berbeda dari biasanya, juga media tanam dan cara perawatan tanaman harus bersih dan bebas dari bahan kimia (Organik).

9. Kerajinan Tangan di Desa Wisata


Ide usaha rumahan kreatif memang banyak dilakukan di desa wisata. Namun bukan berarti hanya desa wisata yang bisa melakukannya.

Setiap desa memiliki keunikan tersendiri dan pastinya juga memiliki kerajinan tangan yang unik-unik. Dari kerajinan menjadi usaha yang menguntungkan bukanlah hal yang baru.

Ada banyak contoh usaha kerajinan tangan kreatif yang sudah mendunia. Seperti kain tenun di beberapa daerah di Indonesia.

Bisnis kecil-kecilan yang menghasilkan ini biasanya menggunakan teknik anyaman dari bahan-bahan lokal yang ada. Misalnya juga kerajinan tangan dari bambu dan lain-lain.

Jika produk yang dihasilkan kreatif dan unik, maka omzetnya tidak main-main. Untuk masalah pemasaran bisa dilakukan secara online.

Lihat juga 4 Usaha di Daerah Sepi yang Bisa Dikembangkan di Pegunungan

10. Usaha Kuliner Kreatif yang Cocok di Kampung


Jenis usaha yang cocok di desa dari bidang kuliner juga jangan dilupakan. Contoh seperti oleh-oleh makanan khas suatu daerah.

Ada banyak daerah wisata yang memiliki kuliner kreatif sendiri. Dan seringkali kuliner itu menjadi sumber penghasilan dari masyarakat setempat.

Temukan kuliner unik di desamu dan jadikan itu sebagai ikonik dari brand yang kamu pasarkan. Jika bukan desa wisata, apakah bisa membuat kuliner kreatif?

Tentu bisa, misalnya saja di desa kamu ada banyak usaha ternak ikan lele, kamu bisa belajar membuat abon ikan lele. Dari hasil pertanian atau peternakan di desa, bisa diolah menjadi kuliner kreatif yang menguntungkan.

Tips menjalankan usaha kuliner kreatif di daerah sepi adalah kuliner awet dan tahan lama serta tanpa pengawet berbahaya. Tujuannya agar produk yang dibranding bisa dipasarkan juga secara online.

11. Investasi Menanam Pohon 


Kalau di desa saya, masih ada beberapa investasi menanam pohon. Ada yang tanaman pohon jenis buah ada yang tujuannya untuk meubel dan bangunan.

Investasi tanaman buah yang paling laris di masa depan contohnya duku, durian, dan beberapa jenis buah lainnya yang bisa diolah jadi kuliner kreatif juga. Dan yang terbaru tanaman jengkol juga sepertinya akan laris di masa yang akan datang.

Selain tanaman buah, juga bisa jenis investasi menanam pohon untuk bahan bangunan seperti jenis sengol dan lain-lain.

12. Usaha Peternakan Paling Sukses di Desa


Usaha paling sukses di desa menurut saya adalah usaha peternakan. Kebutuhan akan makanan berprotein dan bergizi semakin hari semakin meningkat.

Usaha peternakan seperti bebek, itik petelur, ayam kampung, kambing dan sapi bisa menjadi pilihan budidaya hewan yang menguntungkan.

Desa dipilih menjadi lokasi peternakan karena lokasinya yang masih terbuka luas dan tidak terlalu sulit untuk mendapatkan pakan untuk ternak.

13. Peluang Usaha Online di Kampung Blogger


Bisnis tak kenal musim dan tidak pernah sepi yang terakhir adalah bisnis online. Salah satu contoh usaha yang paling sukses di desa adalah menjadi content creator jenis artikel.

Ada beberapa contoh di desa yang berhasil menciptakan peluang usaha baru di daerahnya dengan mendirikan Kampung Blogger.

Contohnya seperti di salah satu daerah di Magelang, Jawa Tengah yang sukses memberdayakan pemuda di desa dengan menjadi seorang Blogger yang berpenghasilan.

Yang perlu diketahui, bahwa menjadi Blogger sukses itu butuh perjuangan dan kerja keras dan tidak bisa hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Selain itu, modal utama yang harus dimiliki adalah keinginan untuk terus menulis, laptop dan juga koneksi internet.

Apakah Blogger bisa kaya? Kaya sih relatif, namun ada banyak Blogger Indonesia yang sukses hidup dari hasil blogging sehari-hari. Tidak sedikit kisah sukses Blogger yang berhenti dari pekerjaan yang telah menguntungkan dengan gaji di atas rata-rata.

Manakah pilihan usaha terbaik yang menurutmu cocok di desamu?

Kunjungi juga 20 Usaha yang Menguntungkan di Desa Modal Kecil Menjanjikan

Demikianlah contoh usaha paling sukses di desa untung besar dan menjanjikan. Yang perlu diperhatikan bahwa setiap desa memiliki peluang usaha yang berbeda dan juga semua usaha di atas bisa dimulai dari bisnis kecil-kecilan dan sampingan terlebih dahulu.
  March 17, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close