Skip to main content

9 Ide Usaha Modal 1 Juta Kebawah Yang Mudah Dikelola

Usaha Modal 1 Jutaan - Uang 1 juta untuk modal usaha bukanlah uang yang banyak bagi sebagian besar orang saat ini. Namun bagi sebagian orang juga, modal 1 jutaan adalah modal yang besar. Karena menyangkut antara makan dan tidak makan dalam 1 bulan. Resiko jika gagal, bisa di bawah sampai satu bulan.
9 Ide Usaha Modal 1 Juta Kebawah Yang Mudah Dikelola
9 Ide Usaha Modal 1 Juta Kebawah Yang Mudah Dikelola
Kamu ke sini untuk mencari peluang usaha modal 1 jutaan. Kamu beruntung, karena beberapa contoh yang di bawah ini ada yang modalnya lebih kecil bahkan masih dibawah Rp500 ribu.

Berikut aneka usaha modal 1 juta kebawah yang menguntungkan.

1. Jualan Pulsa dan Token Listrik


Saya dulu memulai jualan pulsa dengan modal Rp100.000. Keuntungan yang didapatkan pun bisa sampai Rp10.000 kemudian deposit lagi.

Untuk kamu yang tertarik usaha rumahan modal kecil, kamu bisa mulai membuka konter untuk jualan pulsa dan token listrik.

Seperti yang saya dulu, modal yang dibutuhkan sangat kecil. Terlebih ada banyak aplikasi jualan pulsa dengan harga bersaing.

Contoh aplikasi jualan pulsa terbaik adalah Payfazz. Dulu waktu masih jualan pulsa, saya menjadi agen Payfazz premium agar mendapatkan cashback tiap transaksi.

Keuntungan lain dari aplikasi Payfazz adalah bisa digunakan sebagai aplikasi pembayaran tagihan online (PPOB) yang juga dilengkapi dengan fitur transfer saldo ke rekening bank yang digunakan.

Selengkapnya di Cara Jual Pulsa Modal Kecil untuk Pemula

2. Ternak yang menguntungkan dengan modal kecil


Usaha modal satu juta di desa yang juga paling sukses adalah usaha ternak. Hewan ternak yang paling laris adalah ayam kampung dan bebek.

Namun untuk pemula, sebaiknya memilih ternak ayam kampung karena lebih mudah dikelola dan hasilnya lebih menguntungkan dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Ada 3 metode ternak ayam kampung yang harus kamu tahu, yaitu metode umbaran, metode semi-intensif dan metode intensif.

  1. Metode umbaran adalah metode ternak ayam kampung dengan modal kecil. Yang dibutuhkan hanya beberapa ekor ayam indukan. Sementara untuk pakan, biasanya tidak terlalu banyak karena ayam dilepas dan dibiarkan mencari makanan di pekerangan rumah.
  2. Metode semi intensif adalah metode ternak ayam kampung tingkat dua. Dalam metode ini, ayam yang diternak di lepas dalam kandang yang relatif lebih luas (Pagar).
  3. Metode intensif termasuk metode ternak ayam yang sudah mulai fokus ke arah bisnis. Dengan metode ini, selain indukan dan pakan ternak, juga membutuhkan kandang untuk ternak.

Kalau usaha ternak modal 1 juta di kampung, sebenarnya biaya untuk memulai usaha tidak terlampau besar dan bisa kurang dari itu. Ini karena untuk bahan pembuatan kandang bisa dengan mudah ditemukan dan untuk pakan juga biasanya lebih murah jika dibandingkan di kota.

3. Bisnis Dropshipper Modal Kecil


Sebenarnya untuk bisnis dropship, bisa dijalankan tanpa modal. Namun untuk menemukan supplier yang benar-benar bagus, kadang kita harus mengeluarkan modal kurang dari 1 juta untuk mengetes kualitas produk.

Tentu ini dilakukan jika kita serius menjalankan bisnis online yang satu ini.

Masalah utama dropshipper pemula sebenarnya menentukan fokus suatu produk yang akan dijual. Biasanya mereka menjajakkan semua produk di media sosial tanpa melakukan branding.

Padahal, bisnis dropship akan mudah menghasilkan jika bisa membangun brand terlebih dahulu.

Dan pertanyaan tentang dropshipper yang paling banyak adalah: "Apa produk yang cepat laku dijual online?"

Sebagai pemula dalam dunia jual beli online, kamu bisa mulai dari produk seperti kaos distro atau tas pria. Yoi, kedua produk fashion ini cukup laris di pasaran.

Namun tetap fokus pada satu produk adalah pilihan yang tepat. Ada banyak cara memulai bisnis baju modal 1 juta.

Langkah pertama adalah mencari supplier yang murah dan berkualitas terlebih dahulu. Setelah itu, belajar strategi marketing media sosial seperi Facebook dan Instagram.

Selengkapnya di Cara Bisnis Online Baju dari Nol Tanpa Modal untuk Pemula

4. Bisnis Makanan Ringan Jual Kripik


Bisnis makanan ringan seperti jual kripik cocok untuk orang-orang kreatif seperti anak SMA dan mahasiswa.

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa ini bisa sangat menguntungkan jika bisa dipasarkan secara online.

Bisnis makanan ringan yang laris di pasaran dan murah meriah adalah kripik singkong, ubi dan pisang. Selain renyah, yang paling menarik perhatian dari kripik adalah bumbu yang digunakan seperti kripik balado dan lain-lain.

Untuk strategi pemasarannya, juga bisa menggunakan teknik E-commerce melalui promosi media sosial atau pun toko online.

Agar bisa dikirim ke berbagai lokasi yang jauh, pastikan kamu juga menguasai cara packing product. Misalnya yang paling sederhana adalah membuat kemasan snack yang kamu jual lengkap dengan merk kamu sendiri. Cetak merk bisa menggunakan printer dan alat seadanya.

5. Bisnis Minuman Coklat Modal Di Bawah 1 Juta


Siapa sih, yang tidak tahu sejarah harga coklat yang mahal di zaman suku Maya dulu dan disebut sebagai minuman untuk Tuhan ini?
Sampai hari ini pun, coklat merupakan salah satu olahan yang berkelas di dunia. Tidak salah jika kita mengatakan bahwa semua orang pada suka sama olahan coklat.

Salah satu olahan coklat yang bisa dijadikan usaha kreatif rumahan adalah minuman coklat. Modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai bisnis chocolatos drink ini cukup kecil dan kurang dari 1 juta.

Alat utama yang dibutuhkan adalah blender dan kemasan. Agar bisa sukses dengan bisnis ini, kamu harus bisa membuat produk minuman coklat yang punya cita rasa sendiri (Original taste dari brand-mu).

6. Jual Kue Basah di Pasar


Usaha kuliner modal 1 juta yang satu ini cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Di desa saya, ada lho beberapa yang memulai usaha kecil-kecilan sampingan ini di rumah dan menjualnya di pasar.

Bisnis kuliner jualan kue ini sebenarnya memiliki peluang besar untuk bisa dikembangkan. Selain bisa membuat kue kering juga bisa dijalankan sambil menerima orderan/pesanan kue dalam acara-acara tertentu.

Bukan tidak mungkin, jika terus berusaha dan tekun berkreasi, usaha kecil-kecilan sampingan ini bisa mendatangkan omzet puluhan juta dan mendirikan toko kue sendiri lho.

Tipsnya pun hampir sama dengan contoh peluang usaha nomor 4 di atas, yaitu memasarkan produk dan branding. Untuk jenis kue sendiri yang laris di pasaran harga Rp1000 contohnya donat,  lapis, panada, roti isi, dan beberapa jenis kue lainnya.

7. Bisnis Les Private


Untuk menjalankan les private, kamu harus mengetahui bakat dan keahlian yang menjual yang kamu kuasai. Jangan malu-maluin lho. Atau gunakan uang kembali jika target kursus tidak tercapai.

Contoh keahlian yang sering dibuatkan kursus adalah bahasa Inggris, les musik, teknik marketing, menjahit pakaian, web designer dan membuat blog untuk pemula.

Ternyata, selain les private langsung tatap muka, tidak sedikit saat ini yang melakukan les private online dengan webminar.

Setelah menentukan les yang akan digelar, sebagai orang yang baru dikenal, kita harus melempar umpan. Misalnya membuat pancingan berupa E-book atau video tutorial gratis sebagai iklan yang akan menarik perhatian orang-orang untuk ikut les di tempat kita.

Satu lagi, selain keahlian dalam ilmu yang akan kamu ajarkan, yang tidak kalah penting adalah kemampuan menyampaikan materi dengan baik. Setidaknya kamu harus punya gaya seperti guru dalam mengajarkan ilmu yang kamu miliki.

Modal untuk membuka les private tergantung ilmu yang akan diajarkan. Jika kamu mau mengajarkan les musik alat musik gitar, kamu harus minimal punya gitar. Ada kok yang harganya 1 jutaan.

Kalau untuk les bahasa Inggris, tidak perlu cari tempat yang mahal-mahal. Kamu bisa membuka kelas di ruang terbuka terlebih dahulu. Dan untuk beberapa keahlian sebenarnya juga bisa dijalankan tanpa modal.

Selengkapnya di 10 Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula

8. Menjadi Blogger Berpenghasilan Bulanan


Jika kamu seorang Blogger pemula, pasti kamu sudah tahu dengan nama besar blogger Indonesia seperti Eka Lesmana. Orang ini adalah inspirasi para blogger di Indonesia.

Siapa sangka, Eka Lesmana yang adalah tukang angon bebek bisa memperoleh ratusan juta dari Google Adsense per bulannya. Wow!

Untuk memulai usaha yang satu ini sebenarnya bisa tanpa modal dengan memanfaatkan platform blog gratis seperti Blogger.com.

Namun untuk branding, akan lebih baik jika kamu mengeluarkan modal Rp100 ribu untuk beli domain TLD jenis COM. Selain lebih profesional juga lebih keren dan mudah diingat.

Syarat utama menjadi seorang Blogger adalah konsisten menulis. Berbeda dengan contoh usaha modal 1 juta lainnya di atas, menjadi blogger bukanlah usaha yang akan membuat cepat kaya.

Pasalnya, membangun sebuah blog yang berpengunjung itu butuh waktu berbulan-bulan bahkan tidak jarang sampai bertahun-tahun hanya untuk bisa gajian rutin dari Google Adsense.

Siapapun bisa menjadi Blogger. Mau anak sekolah, mahasiswa, karyawan dan ibu rumah tangga, semuanya memiliki peluang yang sama untuk sukses.

Namun untuk menjadi blogger profesional, selain modal yang disebutkan di atas dan modal kuota internet, kamu juga dituntut untuk memiliki laptop pribadi. Harga laptop ada kok yang 2 juta sampai 3 jutaan jika hanya untuk tulis menulis.

Sebenarnya, kalau dihitung-hitung lagi, modal yang dibutuhkan oleh blogger itu untuk membuat blog berpenghasilan bisa sampai 5 juta bahkan 10 juta lho.

Bagaimana bisa?

Membangun blog yang memiliki penghasilan itu butuh proses yang panjang. Dalam proses tersebut, pasti kita akan banyak belajar dan menghabiskan banyak waktu dan banyak modal lainnya. Jadi, kalau diakumulasikan, total modalnya juga bisa jutaan rupiah. Tapi akan terasa ringan karena dilakukan dengan santai.

Berapa pengunjung per hari untuk bisa dapat uang dari blog?

Dari beberapa studi kasus dan dari pengalaman sendiri, tampilan blog (Pageviews) 1000 per hari biasanya hanya menghasilkan kurang dari Rp10.000. Kenyataannya banyak yang bisa melampaui 1000 tampilan perhari kok. Intinya tetap semangat menulis aja.

9. Budidaya Tanaman Bibit Unggul dan Tanaman Hias


Usaha modal 1 juta yang cocok di kampung adalah budidaya tanaman bibit unggul dan tanaman hias. Tanaman bibit unggul yang paling laris di pasaran adalah tanaman buah dalam pot. Contoh durian dan jenisnya, alpukat, lemon dan kelengkeng. Untuk tanaman hias, tentu saja anggrek bisa menjadi pilihan terbaik untuk bisnis ini.

Budidaya bibit tanaman memang banyak dicari masyarakat karena kebutuhan akan bibit semakin tinggi. Sementara penyedia bibit tanaman berkualitas masih sulit ditemui.

Selain di desa sebenarnya usaha budidaya tanaman bibit unggul ini juga bisa dilakukan di kota. Dengan teknik pertanian modern seperti tabulampot, lahan sepi pun bisa diubah menjadi sumber penghasilan.

Untuk memulai usaha tabulampot ini, modal yang dibutuhkan kurang dari 1 juta. Pertama yang harus dibeli adalah bibit unggul dari petani terpercaya. Biasanya di daerah saya yang masih minim jenis tanaman unggulnya, akan diorder dari luar daerah seperti dari Jawa Tengah.

Untuk 1 bibit tanaman unggul jenis buah-buahan, biasanya berkisar antara Rp50.000 sampai Rp100.000 untuk sampai di rumah. Bibit yang dibeli ini kemudian dijadikan indukan yang akan dikembangkan untuk proses pembibitan ke depan.

Memang tidak mudah memulai usaha yang satu ini. Tapi kalau sudah memiliki satu atau dua pohon indukan, prosesnya sudah tidak terlalu sulit lagi untuk menghasilkan tanaman baru yang siap dijual. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan dari usaha modal kecil pembibitan tanaman ini adalah 1 tahun.

Lama ya? Tidak juga, jika kamu memang hobi bertani dan suka merawat tanaman, maka waktu tersebut adalah waktu yang singkat.

Tips Usaha Modal 1 Juta


Untuk memulai sebuah bisnis sebenarnya yang paling utama adalah fokus. Menentukan fokus bisnis akan memberikan kita keuntungan dari segi mudah mengelola dan juga tidak terlalu sulit dalam branding dan menemukan target pasar.

Namun yang tidak kalah penting adalah konsep usaha. konsep usaha ini berkaitan dengan strategi berkembang dan bertahan dari kompetitor yang ada. Karena itu, konsep awal yang harus dibuat adalah metode produksi, distributor dan tentunya branding (Teknik pemasaran).

Untuk yang terakhir, kamu harus mengingat pepatah bisnis kuno yang mengatakan: "Kita bisa memaksa kuda ke sungai, namun kita tidak bisa memaksanya untuk minum air dari sungai."

Yups! That's right. Yang dibutuhkan bukanlah menarik target pasar ke bisnis kita tapi bagaimana membuat target pasar haus akan kebutuhan produk yang kita jual. Kuncinnya begitu.

Jika kamu mau jadi wirausahawan, maka kamu harus berani mengambil resiko. Namun bukan berarti kamu harus gagal terlebih dahulu. Untuk memulai usaha dengan modal kecil pun kita harus memiliki hitung-hitungan yang jelas.

Lihat juga 8 Usaha yang Tidak Ada Matinya dan Prospeknya Bagus Sepanjang Masa

Demikianlah contoh ide usaha modal 1 juta yang cocok di kampung dan di kota lengkap dengan tips bisnis modal kecil agar bisa sukses. See you later!
  March 18, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close