Skip to main content

Tips Menabung di Rumah Untuk Masa Depan

Tips Menabung - Ada banyak ungkapan: "Mau makan aja susah, bagaimana bisa nabung?" Mendengar itu saja bikin miris. Tapi pikir lagi deh matang-matang, sebenarnya apa sih yang membuatmu sulit untung menabung? Gaji pas-pasan? Belum punya penghasilan? Atau banyak utang yang harus dibayar? Apapun alasannya, tidak ada alasan untuk Anda untuk tidak menabung di rumah. Mungkin belum sekarang, tapi manfaat menabung itu sungguh luar biasa untuk masa depan.
Tips Menabung di Rumah Untuk Masa Depan
Tips Menabung di Rumah Untuk Masa Depan
Why? Anda harus mendengarkan quotes keren dari film Forrest Gump ini: "Life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get." Kurang lebih artinya hidup adalah kejutan dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Begini, pilih mana, hari ini atau hari esok? Jawaban akan berbeda-beda. Tapi satu kenyataan yang harus kamu tahu, bahwa Anda yang memilih hari ini atau pun hari esok, jawabannya hanya satu. Menabung. Jika Anda memikirkan hari ini maka hari esok pun pasti ikut. Jika Anda memikirkan hari esok maka sudah pasti Anda akan menabung hari ini.

Tips Menabung Untuk Masa Depan


Sudah tahukan, betapa pentingnya menabung untuk masa depan? Karena itu berikut 4 tips menabung untuk masa depan yang lebih baik.

1. Tentukan Tujuan Menabung


Ada orang yang memulai menabung dengan tujuan ingin membeli rumah baru, ingin menikah atau pun alasan lainnya. Ada juga yang ingin menabung untuk dana pensiun di hari tua, masa depan yang bebas masalah finansial.

Saya tidak tahu apa tujuan Anda menabung tapi Anda tahu. Karena tujuan tersebut akan mendorong Anda untuk terus menabung. Setiap Anda lelah menabung Anda akan mengingat tujuan Anda sehingga kembali termotivasi untuk itu.

2. Ubah Gaya Hidup


Tempat tinggal dan Lifestyle merupakan masalah utama dalam menabung. Banyak orang yang gagal menabung karena dorongan lingkungannya yang "memaksakan" gaya hidup mewah.

Jika Anda tidak ikut maka Anda akan dicap sebagai orang yang ketinggalan dan tidak memiliki uang. Status sosial dan harga diri membuat seseorang tidak ingin direndahkan sehingga suka tidak suka kita harus mengikuti gaya hidup lingkungan sekitar.

Tetangga beli mobil kita juga ikut beli. Kalau punya banyak uang sih, ok aja! Tapi kalau tidak punya cukup uang? Merasa tertekan atau pun terkena penyakit aneh. "Tetangga beli motor baru, dia yang ngegas", "Tetangga beli AC baru dia yang kedinginan."

Karena itu, jika Anda memang memiliki niat menabung maka Anda harus siap-siap rendah hati. Tidak perlu tergiur dengan apa yang ada disekitar Anda. Tetaplah pada tujuan utama, menabung untuk masa depan yang lebih cerah.

3. Trik Unik Menabung Setiap Hari


Saya tidak ingin memastikan. Tapi kalau boleh berargumen, saya yakin Anda menggunakan uang setiap hari. Jika bukan uang tunai, bisa berupa kuota internet, air, makanan dan lain-lain.

Itu semua dihasilkan dari membelanjakan uang. Tapi banyak dari kita yang meremehkan masalah hidup irit ini. Irit bukan berarti kikir, ya. Tapi irit adalah hidup berkecukupan dan tidak boros.

Dengan menghemat penggunaan kuota internet kita sudah termasuk menabung secara tidak langsung. Dengan mematikan peralatan elektronik yang tidak digunakan, seperti kipas angin, televisi, dan lain-lain maka kita sudah menabung uang receh setiap hari.

4. Belajar dari Memberi Sedekah


Ini nabung kok malah sedekah. Mungkin Anda lagi menggerutu melihat tips menabung yang ke 4 ini. Tapi tahukah Anda, dengan bersedekah, kita bisa sukses menabung lebih banyak lagi?

Bukan mengharapkan imbalan dari sedekah atau pun pujian. Tapi kita bisa belajar dari membantu sesama. Kita akan menghargai makna dari sebuah kehidupan dan belajar menggunakan berkat yang kita peroleh dengan baik.

Ending-nya, kita jadi gak suka boros dan hidup irit. Jadi dari pada menghabiskan uang untuk foya-foya, lebih baik ditabung saja.

Lihat juga 12 Cara Menabung Cepat Terkumpul yang Terbukti Sukses

Tips Menabung Untuk Pelajar dan Mahasiswa


Untuk pelajar sendiri, sebenarnya tips menabung bisa sesuai dengan 4 poin menabung di atas. Tapi memang ada beberapa yang perlu ditekankan bagi pelajar yang berniat menabung.

1. Renungkan Orang yang Membiayai Sekolah-mu


Berapa uang jajanmu selama satu hari? Atau kamu yang gajian bulanan dari orang tua karena sedang merantau untuk pendidikan?

Sebaiknya kamu harus mulai memikirkan betapa beratnya perjuangan orang tuamu. Cara sederhananya dengan menghindari gaya hidup boros karena desakan perasaan. Minder atau apalah, tidak mau dibilang tidak mampu.

Itu semua ada contoh pikiran negatif yang harus dibuang agar bisa sukses menabung. Karena itu, tugas utamamu sebenarnya adalah belajar dan mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.

Belajar dengan giat dan fokus pada pendidikan. Namun selain itu, di era teknologi hari ini kamu juga bisa belajar menghasilkan uang sendiri secara online. Misalnya bisnis online shop jualan kaos, menulis freelance.

Dengan demikian, kamu bisa mengharga perjuangan orang-orang yang membiayaimu dan tidak mengikuti gaya hidup tuntutan "setan" yang justru akan membuatmu menderita.

2. Menyisihkan Uang Jajan


Berapa pengeluaranmu setiap harinya? Tidak menentu. Ada uang jajan, bahan bakar kendaraan, atau tugas yang membutuhkan modal seperti fotocopy.

Namun satu yang pasti, bahwa kamu memiliki uang jajan setiap harinya. Paling tidak, kamu harus bisa menabung dari menyisihkan uang jajan sedikit-sedikit.

Tapi jangan hidup dengan cara hemat keterlaluan. Nanti malah jatuh sakit yang biayanya lebih mahal lagi.

Sebaiknya kamu memang konsisten menabung setiap hari. Meskipun receh itu juga adalah uang yang pantas untuk disimpan. Seperti kata umum yang berlaku tentang berharganya uang: "Kurang 1000 rupiah saja, uang tidak bisa disebut cukup satu juta."

Saya tidak mengajarkan Anda pelit tapi mengajarkan untuk hidup cerdas dan hemat. Motivasinya masih sama dengan tips menabung untuk pelajar yang pertama di atas, hindari gaya hidup tuntutan "setan".

3. Mengatur Jadwal Ke Sekolah


Untuk mahasiswa yang ingin menabung, ada tipsnya nih agar pengeluaran semakin berkurang sehingga bisa dimasukkan ke celengan. Caranya dengan mengatur jadwal kuliah sebaik mungkin.

Seperti yang kita ketahui, jadwal kuliah itu kan biasanya tidak full 1 Minggu harus ke kampus. Dari sini kita bisa mengambil celah untuk menghemat uang ojek atau pun bahan bakar dengan memprogramkan mata kuliah di kelas yang paling bagus jadwalnya.

Karena itu, kamu harus jelih melihat kelas yang memiliki jadwal yang tidak full setiap Minggunya. Jangan sampai tabrakan juga atau melalui jalan negosiasi dengan dosen agar dipindahkan jadwal kelasnya.

Untuk pelajar SMA ini sepertinya mustahil deh. Karena kita harus ke sekolah tiap hari Senin sampai Jumat untuk yang dapat kurikulum 2013 atau yang bertahan di kurikulum 2006 dengan jadwal Senin sampai Sabtu.

So, hemat uang jajan aja atau cari penghasilan tambahan dengan bisnis online aja. Sedikit tips aja bagi kamu yang masih pelajar dan ingin sukses lebih cepat, kamu bisa mulai menabung (Investasi) dengan membangun dan rutin menulis di blog.

Bukan tidak mungkin, jika kamu konsisten menulis artikel berkualitas setiap hari selama 1 tahun penuh, maka kamu akan sukses gajian tiap bulannya.

Karena blogging juga adalah salah satu cara menabung unik sekaligus menantang. Bukan hanya sebagai investasi tapi juga bisa menghasilkan uang setiap harinya.

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat dalam artikel Cara Menabung Pelajar di Celengan Yang Cepat Terkumpul

Tips Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga


Ibu rumah tangga tangga adalah segalanya. Tidak bisa dipungkiri, sekalipun suami adalah tulang punggung keluarga tapi istrilah yang bertugas mengelola dan menjalankan semua hal yang berkaitan dengan rumah.

Karena itu, sangat penting untuk ibu rumah tangga untuk belajar mengelola keuangan. Berikut tips menabung untuk ibu rumah tangga.

1. Membuat Celengan


Hal pertama yang harus dibuat oleh ibu rumah tangga adalah membuat celengan. Celengan ibu rumah tangga ini digunakan sebagai kantung ajaib yang bisa berfungsi saat keadaan darurat.

2. Jangan Membeli Karena Harga Promo


Dalam teknik marketing, diskon dan promo adalah senjata utama untuk menarik konsumen. Pasti banyak yang tertarik dengan diskon 50%. Siapa yang tidak tertarik.

Tapi ketahuilah, karena diskonlah kita kadang sulit mengatur keuangan rumah tangga. Kadang karena murah kita beli produk padahal tidak dibutuhkan.

Padahal inti dari belanja kebutuhan rumah tangga adalah prioritas. Mana kebutuhan yang paling utama, itulah yang dibeli. Bukan beli karena lagi diskon atau promo.

Tips irit ibu rumah tangga yang lebih lengkap bisa dilihat dalam artikel sebelumnya tentang cara menabung untuk ibu rumah tangga.

Tips Menabung Untuk Karyawan


Karyawan yang bergaji besar pun kadang sulit mengatur keuangannya. Bilangnya gaji pas-pasan padahal orangnya aja yang sulit mengatur keuangan.

Karena itu, berikut tips untuk karyawan agar bisa menabung dengan gaji yang ada.

1. Hindari membeli karena keinginan


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah banyak orang yang membeli karena keinginan, bukan karena kebutuhan.

Bahkan dalam salah satu teknik marketing yang pernah saya lihat, mereka mempengaruhi calon pembeli dengan cara menggunakan emosi si pembeli. Karena pada umumnya, orang membeli produk karena ingin terlihat pretigious (Bergengsi).

Menerapkan gaya hidup konsumtif akibat keinginan sangat beresiko di masa depan.

2. Hidup sederhana


Tidak sedikit anak mudah zaman now a.k.a generasi milenials yang terkena jebakan batman. Yaitu sebuah jebakan gaya hidup mewah yang dipaksakan.

Ingin tampil kaya dan pamer suka gonta ganti aksesoris. Sebenarnya sih ok ok aja. Tapi jika Anda mau hidup yang lebih mapan di kemudian hari dan menerapkan gaya hidup sederhana, maka tabungan Anda akan lebih cepat terkumpul.

Cobalah tiru gaya hidup orang-orang yang benar-benar sukses secara finansial namun tetap hidup dengan sederhana. Seperti pengusaha sukses Bob Sadino dan pendiri media sosial Facebook, Marc Zuckerberg. Gaya berpakaian yang sangat sederhana.

Karena pada umumnya, yang paling banyak menghabiskan uang generasi milenials sebenarnya adalah belanja online yang tidak terkendali. Dan itu sangat banyak dihabiskan pada produk fashion.

3. Cari penghasilan tambahan


Mempertahankan gaji yang sama-sama aja pastilah membuat sebagian orang merasa gajinya pas-pasan. Karena itu, tidak ada cara lain agar bisa menabung lebih dari cukup dengan mencari sumber penghasilan lainnya.

Bisa dengan bisnis online yang tidak menyita banyak waktu. Contoh bisnis tersebut adalah menjadi penulis lepas, bisnis online shop metode reseller atau dropshipper dan banyak bisnis online lainnya yang bisa dilakukan part time tanpa mengganggu pekerjaan sebagai karyawan.

4. Prioritas Dalam Hidup


Anda bekerja untuk apa? Pasti bukan hanya untuk mendapatkan uang. Tapi ada tujuan-tujuan tertentu yang menjadi prioritas Anda untuk segera menabung.

Berbicara tentang prioritas, dalam hidup ini kita harus menetapkan hal-hal yang utama. Karena itu, selalu utamakan yang benar-benar utama. Dengan demikian gaji Anda sebagai karyawan bisa lebih dari cukup untuk ditabung.

Masa freelancer online aja yang gak punya penghasilan tetap bulanan bisa menabung? Sekalipun hanya 100 ribu per bulan.

5. Investasikan Tabungan ke Bentuk Properti


Memulai tabungan memang bisa dimulai dari celengan rumahan. Sama halnya dengan menabung uang dalam bentuk deposito atau tabungan bank. Tapi tabungan dalam bentuk mata uang kertas sangat tidak direkomendasikan untuk jangka waktu yang lama.

Karena uang kertas akan tergerus oleh laju inflasi setiap tahunnya. Inflasi uang kertas? Sederhananya uang 100 ribu hari ini bisa untuk belanja baju 3 potong dan besar kemungkinan 5 tahun yang akan datang sudah tidak bisa mendapatkan 3 potong lagi dengan nilai uang yang tetap.

Karena itulah, pertimbangkan untuk menginvestasikan uang dalam bentuk properti. Bisa berupa tanah, bangunan, atau pun yang lebih kecil investasi emas.

6. Bijak dengan kartu kredit


Kesalahan utama generasi milenials yang sudah memiliki pekerjaan tetap adalah kurang bijak menggunakan kartu kredit.

Padahal, kebiasaan menggunakan kartu kredit bisa menjadi penyebab "Gaji numpang lewat di rekening."

Karena itu, jika ingin gaji di awal bulan tetap awet sampai tanggal tua, tetap bijak menggunakan kartu kredit. Jangan terlalu berharap dengan gaji bulan depan. Karena jika terus menerus seperti ini, Anda akan hidup di dalam "lingkaran setan" yang untuk keluar, susahnya minta ampun.

7. Jangan ragu menggunakan uang


Salah satu yang membuat kita sering merasa kekurangan uang adalah terlalu banyak perhitungan. Saya melihat banyak orang yang kaya karena hidup yang terlalu hemat. But, they don;t happy. 

Karena itu, sepertinya penting untuk merenungkan salah satu ayat dari Amsal ini: "Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum."

Intinya, jangan ragu menggunakan uang  untuk sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri juga bagi orang lain. Dari sini, Anda akan belajar menghargai hidup dan apa yang Anda miliki. Dengan memberi, Anda akan belajar cara berhemat yang sesungguhnya, yaitu menjauhi gaya hidup yang jauh dari kemampuan.

Bagaimana denganmu? Adakah tips menabung yang terbukti bisa membantu pengunjung lainnya? Silahkan bantu yang lainnya agar memiliki tabungan di masa depan yang menjanjikan.

Uang bukanlah segalanya. Jadi, jangan fokus pada uang jika ingin bahagia dalam hidup. Karena meskipun Bill Gates mengatakan bahwa ia bahagia menjadi orang kaya, ia juga tidak memungkiri bahwa banyak hal yang bisa membuat kehidupan lebih bahagia.

Tapi bukan berarti kita tidak perlu memiliki tabungan. Karena menabung itu adalah hal yang penting. Dan Anda bisa menghargai kehidupan dengan belajar dari tips menabung di atas.

Simak juga 5 Tips dan Cara Menabung Cepat Kaya Ala Karyawan

Demikianlah artikel tips menabung di rumah untuk masa depan yang lebih cerah. Entah itu kamu pelajar, karyawan, ibu rumah tangga, mulailah menabung sejak dini agar terbiasa.
  March 02, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close