Skip to main content

13 Tips Belanja Online Aman Tanpa Takut Tertipu

Tips Belanja Online - Ada 2 alasan yang membuat kamu sampai di sini, mencari tips belanja online. Yang pertama, kamu sudah ditipu atau pun yang kedua kamu belum terbiasa dengan cara belanja online dan takut tertipu.

13 Tips Belanja Online Aman Tanpa Takut Tertipu
13 Tips Belanja Online Aman Tanpa Takut Tertipu

Saya bukan online shopper's yang doyan belanja online. Dan untuk pembelian produk fisik, saya pun belum pernah tertipu. Syukur masih aman sampai hari ini. Kecuali transaksi produk digital, saya sudah pernah tertipu. Beberapa kali sih, tapi syukurlah. Selain kerugian yang termasuk kecil, saya pun punya pengalaman belanja online aman yang dapat dibagikan.

Langsung saja, berikut tips belanja online aman untuk Anda yang suka online shopping. Check it out!

1. Riset Toko Online Tempat Anda Berbelanja


Anda suka belanja online di Facebook, Instagram atau situs toko online? Hal yang paling pertama saat belanja online adalah mengetahui siapa penjualnya.

Jika Anda membeli barang melalui sosial media seperti Facebook, maka hal pertama yang Anda harus perhatikan adalah akun Facebook itu sendiri.

Sudah berapa lama ia berjualan sebagai resellera atau dropshipper? Apakah ada likes atau komentar di status yang dipostingnya? Telitilah. Tidak sedikit orang yang bisa membuat testimoni positif sendiri di akun Facebooknya. Karena testimoni itu sangat mudah dibuat.

Jika Anda beli di toko online terpercaya, maka Anda tidak perlu ragu untuk bertransaksi. Karena umumnya, situs toko online bertindak sebagai Rekber (Rekening Bersama) yang aman.

Ciri-ciri toko online terpercaya banyak digunakan untuk online shopping. Dan kita sering mendengar nama toko online tersebut, baik itu berita tentang kesuksesan owner-nya atau pun sudah beriklan sampai media Tv.

Agar lebih jelas, lihat 17 toko online termurah, terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Penting untuk belanja di toko-toko online tersebut karena sudah terbukti aman.

Tapi kita juga tidak bisa men-judge toko online baru muncul tidak aman. Karena itu, jika Anda tertarik belanja di toko online yang kurang familiar, berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum bertransaksi.
  • Informasi toko online terpercaya pasti lengkap dengan alamat kantornya dan customer service yang bisa dihubungi.
  • Perhatikan tingkat profesioal domain (URL). Jika masih menggunakan blogspot atau wordpress, sebaiknya Anda lebih berhati-hati lagi.
  • Kredibilitas situs toko online terlihat dari nama brand yang mereka bangun.
Lihat juga Cara belanja di Aliexpress menggunakan ATM Transfer

2. Perhatikan Testimoni Pelanggan, Banyak Yang Puas atau Kecewa?


Seperti saat mendownload aplikasi di Playstore, rating pengguna adalah yang paling utama. Jika Anda tidak baca review mereka, kemungkinan besar Anda akan segera meng-uninstall aplikasi tersebut.

Begitu pun dalam belanja online. Karena tips belanja online yang paling aman adalah melihat testimoni pelanggan.

Apakah lebih banyak yang puas atau lebih banyak yang kecewa. Dari sana kita akan tahu kualitas produk, pelayanan seller kepada pelanggan, dan banyak hal lainnya lagi.

Anda puas atau kecewa telah belanja online sangat tergantung pada seberapa besar minat Anda membaca feedback dari pembeli lainnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa testimoni saja tidak cukup untuk mengungkapkan kredibiltas sebuah toko online. Testimoni bisa dimanipulasi.

Lihat juga Pengalaman belanja di Tokopedia Aman dan Barang Cepat Sampai

3. Jangan Tergoda dengan Produk Murah Berkualitas


Dalam belanja, baik itu offline atau online, selalu ingat petuah bahwa harga selalu berbanding lurus dengan kualitas. Kecuali jika Anda tertipu.

Agar belanja aman, pastikan Anda tidak tergoda dengan produk murah berlabel kualitas premium. Karena sangat banyak penipuan jual beli online karena harga produk terlalu murah. Saking murahnya sampai tidak masuk akal.

Secara khusus, tips belanja online untuk produk elektronik adalah harga yang bersaing. Karena memang, produk elektronik terbaik adalah produk yang ORI. Jika baju atau lainnya yang KW sih, tidak masalah. Tapi kalau produk elektronik, pilih hanya yang ORI. Asli artinya produk tidak murah, kecuali lagi diskon karena hari-hari raya.

Big discount! Big sale! Promo murah. Itu semua adalah strategi marketing dalam melariskan produk. Dan itu sangat berbeda dengan produk murah.

4. Pilih Metode Pembayaran Aman


Toko online terpercaya selalu memperhatikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan customer. Termasuk dalam hal metode pembayaran.

Saat belanja online di website online shop, biasanya ada beberapa metode pembayaran yang tersedia. Ada yang bank transfer, OVO, COD (Cash On Delivery), dan berbagai metode pembayaran online lainnya.

Pilihlah metode pembayaran yang Anda sukai. Tapi sangat direkomendasikan menggunakan kartu kredit atau Paypal jika ingin transaksi aman.

Dengan metode tersebut, kita bisa membatalkan transaksi jika barang yang dibeli tidak kunjung sampai ataupun tidak sesuai dengan pesanan.

Atau jika mau yang lebih aman lagi, pilihlah toko online yang menggunakan sistem payment COD. Di sini kita jadi bisa tahu kualitas produknya dan bayar di tempat.

Tips memilih metode pembayaran ama dalam transaksi online sebenarnya hanya satu, yaitu sistem Rekber. Jadi dana Anda akan aman di tangan rekber sampai barang diterima. Untungnya, situs toko online terpopuler yang biasa digunakan saat ini semuanya menggunakan sistem tersebut.

Mengapa masih ada yang tertipu? Karena kadang, penjual mengajak pembeli untuk transaksi di luar toko online. Misalnya menggunakan transfer langsung ke rekening penjual tanpa melalui rekening bersama Toko Online.

Lihat juga Pengalaman belanja di Aliexpress

5. Simpan Bukti Pembayaran


Jika tidak ada bukti, bagaimana bisa mau menang dalam suatu perkara. Dalam pembelian tanah atau apapun itu, kita selalu berpatokan pada hitam di atas putih. Karena tanpa itu, kita tidak akan dapat menggugat jika ada yang bermain curang.

Begitu pun dalam belanja online. Pastikan slip pembayaran tetap tersimpan, entah itu struk, screenshot chatting, screenshot internet banking, atau SMS Banking.

Jika bukti transaksi seperti itu hilang, kita bisa juga melihat di mutasi rekening melalu internet banking atau ATM.

6. Baca Terms of Service Toko Online


Ada suatu kejadian, pembeli marah-marah karena barangnya tidak kunjung sampai. Apa yang menjadi pembelaan pemilik toko online?

Bagaimana mau sampai cepat, pak. Anda memilih jasa pengiriman yang paling murah. Hhe... hhe...

Itu hanya salah satu contoh pentingnya membaca syarat dan ketentuan dalam suatu situs toko online. Umumnya, semua toko online memberlakukan hal yang sama. Kecuali beberapa aturan internal masing-masing toko.

Apa yang akan didapat dari membaca terms of service?

  • Waktu yang dibutuhkan untuk produk sampai di rumah.
  • Apakah bisa refund produk yang tidak sesuai keinginan.
  • Bagaimana metode pembayaran barang yang dibeli.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang sebaiknya diketahui dari suatu aturan belanja online agar tidak terjadi kesalapahaman seperti di atas.

7. Tips Belanja Online Produk Fashion


Khusus untuk produk fashion seperti baju, sepatu, tas dan lain-lain, ada tips belanja online tersendiri.

Mulai dari ukuran barang, warna dan model barang, sampai bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

Jangan Anda langsung membeli produk yang terlihat pas ditubuh model. Karena belum tentu ukuran dan modelnya cocok untuk kita. Karena semua orang beda selera.

Terlebih, biasanya foto tersebut sudah diedit sedemikian rupa agar terlihat lebih menawan.

Tips khusus dalam belanja produk yang biasa dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman adalah meminta foto produk secara langsung tanpa editan.

Lihat juga Cara Bisnis Online Baju Lengkap Dari Nol

8. Lihat Spesifikasi Produk


Hampir sama dengan tips nomor 6 di atas, melihat spesifikasi produk adalah hal yang wajib dilakukan.

Terutama dalam pembelian produk elektronik seperti laptop, tidak sedikit yang gambar produknya berbeda dengan spesfikasi yang tertulis.

Banyak kejadian yang spesifikasinya ternyata berbeda dengan yang diterima. Mungkin saja ukuran HDD, RAM, ataupun kapasistas flashdisk.

So, selalu teliti dan sebaiknya pastikan spesifikasi produk yang akan dibeli sesuai dengan yang akan dikirimkan nantinya. Jika tidak sesuai, jadi punya alasan untuk komplain.

9. Belanja Online Aman Dengan Menghidari DP


Berbeda saat membeli properti, dalam transaksi online, sangat jarang yang menggunakan transaksi dengan uang muka atau Down Payment (DP).

Jika ada yang menawarkan produk dengan pembayaran DP secara online, Anda sebaiknya mencari produk di tempat lain. Kecuali jika Anda sudah yakin, ya gak masalah. Telusuri motif pembayaran DP tersebut agar Anda memiliki alasan yang kuat untuk percaya.

10. Belanja di Website Online Shop Aman 


Tips khusus dalam belanja online aman adalah dengan melihat website toko online tersebut. Situs online yang aman umumnya memiliki SSL (Secure Sockets Layer).

Coba perhatikan toko online terpercaya seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan yang sudah terkenal. Pasti URL domain mereka selalu diawali dengan https:// dan ketika diakses akan terdapat gembok warna hijau di address bar browser yang digunakan.

Contoh lainnya yang menerapkan keamanan tingkat tinggi transaksi online adalah situs perbankan seperti internet banking. Selain situsnya aman dengan SSL, juga dilengkapi metode keamanan berlapis dengan kode token atau di toko online biasa disebut OTP (One Time Pasword) untuk dapat melanjutkan transaksi.

11. Bandingkan Harga di Situs Online Shop Lain


Dalam belanja online, membandingkan harga produk di beberapa penjual dan website toko online adalah kewajiban. Karena untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Tapi ternyata, selain harga murah kamu jadi tahu harga yang tidak wajar. Jika suatu produk yang sama dan dibandingkan dengan beberapa produk di situs yang berbeda dan harganya beda jauh, kita jadi berhati-hati.

Besar kemungkinan Anda sedang dalam bahaya jika memilih untuk mendapatkan produk yang jauh lebih murah dari kompetitornya.

Kecuali jika ada promo atau lagi cuci gudang, ya mungkin saja. Tapi itu tidak setiap saat. So, lebih baik waspada dengan cari yang aman saja.

12. Bijak dalam Memberikan Informasi Tambahan


Dalam belanja online tentu kita harus memberikan informasi. Seperti alamat lengkap, nomor hp atau pun melakukan pembayaran.

Namun jangan memberikan informasi tambahan yang tidak perlu. Terlebih yang tidak ada hubungannya dengan produk yang Anda beli.

Waspada terhadap bahaya malware dan pencurian data. Dan biasanya dalam dunia bisnis online, baik pembeli atau penjual hanya ingin berjualan dan membeli produk. Tidak lebih. It's bussiness.

Kecuali beberapa hal dimanfaatkana oleh penjual, seperti mempelajari perilaku pasar dalam membeli produknya. Tujuan tidak lain untuk melariskan produk. Dan itu tidak masalah selama tidak ada tindakan penipuan.

13. Belanja Online Lewat Private Window


Saat belanja online, pastikan Anda login ke akun pembayaran dengan perangkat pribadi Anda. Jangan belanja online menggunakan perangkat teman atau orang lain.

Terlalu rentan karena informasi dan detail akun Anda bisa tersimpan di dalam perangkat tersebut.

Jika memang harus pakai perangkat orang lain, kamu sebaiknya log in menggunakan private window/igcognito browsing. Dengan cara belanja online ini, informasi akun tidak akan tersimpan di browser yang digunakan.

Simak juga Cara belanja online aman di Tokopedia

Cara Aman Belanja Online Aman Untuk Pemula


Untuk Anda yang baru di dunia online shopping, sebaiknya memang belanja di toko online yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Contohnya toko-toko online yang populer di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.id, Blibli dan toko-toko online terpercaya lainnya.

Dan pastikan untuk transaksi hanya dengan sistem Rekber toko online atau metode bayar di tempat (COD). Itu lebih aman dan terhindar dari tindak penipuan online shop.

Adakah tips dan cara belanja online yang ingin Anda bagikan? Silahkan tulis dikomentar agar artikel ini bisa diupdate.

Artikel terbaru: 9 Aplikasi Jual Beli Barang Bekas Online Terpopuler

Demikianlah 13 tips belanja online aman tanpa takut tertipu. Semoga tetap aman and Happy shopping!
  March 03, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close