Teori Bumi Datar dan Komunitas Flat Earth Selalu Siap Debat

Teori Bumi Datar dan Komunitas Flat Earth Selalu Siap Debat

Teori Bumi Datar - Komunitas Bumi Datar saat bertemu penganut teori bumi bulat dalam debat selalu menggelitik. Hari ini saya melihat bagaimana kekuatan keyakinan dan fanatisme itu begitu dahsyat. Ketika seorang dosen mengatakan bumi itu bulat, dengan berani salah seorang mahasiswa menentangnya dan kekeh berpendapat bahwa bumi itu datar. Ahh??
Teori Bumi Datar dan Komunitas Flat Earth Selalu Siap Debat
Teori Bumi Datar dan Komunitas Flat Earth Selalu Siap Debat
Saya awalnya pikir kalau ini akan menjadi debat antara penganut teori bulat vs penganut teori datar. Namun ternyata tidak. Bukan kali ini saja saya mendengar teori bumi datar. Sebelumnya, ketua tingkat saya juga pernah mengutarakan pendapatnya tentang teori bumi datar.

Karena saya adalah orang awam yang ilmunya masih cetek tentang teori bumi datar vs teori bumi bulat, saya hanya tersenyum tanda tak mampu. Dan hanya bisa percaya pada ilmu pengetahuan yang mengatakan bahwa bumi itu bulat menurut Pythagoras dan Aristotels, yang adalah manusia cerdas yang teorinya banyak dimanfaatkan sampai kita bisa melihat teknologi canggih seperti sekarang ini.

Satu lagi, di tengah-tengah kebingungan saya tentang kehidupan di bumi seperti:

  1. Kalau bumi itu bulat seperti bola, apakah kita ada di dalam bola?
  2. Jika kita memandang ke atas, apakah langit itu bisa dicapai dan memiliki ujung?
  3. Duluan mana, telur atau ayam?

Dalam waktu singkat, ilmu pengetahuan yang tertuang dalam buku dan hasil searching Google menemukan bahwa:

  1. Bumi itu bulat dan kita berada di luar bola biru itu. Adapun kita tidak jatuh saat bola menggelinding karena ada suatu keadaan yang disebut gaya gravitasi.
  2. Langit adalah sejauh mata memandang. Semakin ke atas, maka penglihatan kita juga akan tetap sama. Bedanya, semakin tinggi menuju ke luar angkasa, maka akan semakin gelap. Itu menurut yang tertuang di Google.
  3. Duluan mana telur dan ayam, saya tidak bahas di sini karena bukan forum debatnya. Selain ingin mengemukakan teori baru kalau ayam dan telur itu sama-sama enak ketika disajikan dengan indomie. Intinya begitu.

Back to topic flat earth!

Sebenarnya saya agak malas bahas teori bumi datar vs bumi bulat ini. Terlebih di era kemajuan teknologi abad 21 yang sudah berhasil membuktikan bahwa bumi yang kita diami adalah planet yang berbentuk bulat.

Namun, tentu kita harus menghargai pendapat setiap orang, sekalipun berbeda dari orang pada umumnya. Begitu kata moderator dalam debat. Mungkin saja flat earth society benar, siapa yang tahu kalau belum dengar teorinya? Benar nggak?

Dan sebagai bentuk penghargaan, kita memberikan ruang bagi setiap manusia untuk mengemukakan teorinya, termasuk teori bumi datar.

Teori Bumi Datar dan Flat Earth Society


Pada awalnya, kepercayaan masyarakat zaman dulu memang percaya kalau bumi itu bentuknya datar. Model bumi datar adalah sebuah konsepi arkais dari bentuk bumi sebagai bidang atau cakram.

Kepercayaan bumi datar sebenarnya sudah ada sejak zaman Kuno. Seperti pada zaman Mesir kuno dalam peradaban Mesopotamian (Abad ke 8 sebelum Masehi) yang memandang kalau bumi itu seperti piring yang dikelilingi oleh laut. Ada juga kepercayaan India Kuno dan lain-lain.

Namun banyak gagasan tersebut akhirnya dipatahkan oleh ilmuwan Yunani seperti Pythagoras dan Aristoteles.

Gagasan bumi bulat berasal dari filsafat terkenal Yunani, Pythagoras (Abad ke-6 SM), meskipun pada zaman itu, kebanyakan masyarakat pra sokratik meyakini model bumi datar.

Aristoteles kemudian memberikan bukti bahwa bentuk bumi bulat sekitar 330 SM.

Teori Bumi Datar Modern Muncul Kembali


Teori bumi datar kembali muncul bersamaan dengan "Zenetic Astronomy", sebuah buku yang ditulis oleh Samuel Rowbotham yang berisi keraguan tentang teori bumi bulat.

Teori bumi datar terbaru pun terus bermunculan sampai hari ini. Bahkan tidak sedikit yang percaya tentang teori bumi datar ini dan menjadi bagian dari Flat Earth Society (Komunitas Bumi Datar).

Di Indonesia sendiri, juga terdapat lho, komunitas Indonesian Flat Earth Research (IFER).

Untuk lebih jelasnya tentang sejarah flat earth ini, bisa dilihat dalam artikel awal mula toeri bumi datar dan Flat Earth Society dari Wikipedia

Apa sih yang membuat orang percaya pada teori bumi datar?


Komunitas Bumi Datar atau Flat Earth Society selalu memiliki pertanyaan untuk bumi bulat. Semua bukti yang ada dan berdasarkan ilmu pengetahuan selalu bisa dibantah dengan berbagai teori.

Dari teori lama yang sudah bisa dipatahkan sampai teori-teori baru muncul hanya untuk menyangkal teori bumi bulat.

Berikut alasan-alasan penganut bumi datar.

1. Pandangan Terhadap Ufuk Langit Tidak Lengkung


Sejauh mata memandang, pemandangan ufuk langit tidak lengkung. Itu adalah salah satu alasan klasik yang membuat kaum bumi datar kekeh dengan teorinya. Dan semua orang akan setuju dengan pendapat tersebut.

2. Dinding Es Antartika


Kaum bumi datar juga mengklaim bahwa Antartika adalah ujung dari lautan.

Bumi berbentuk piring (Cakram) dengan es Antartika sebagai dinding yang mencegah air laut agar tidak tumpah

3. Bumi Tidak Berputar


Komunitas flat earth juga menganggap bumi tidak bergerak sama sekali. Meskipun teori yang satu ini bisa dijelaskan dengan contoh di dalam pesawat terbang yang sebenarnya bergerak tapi tidak dirasakan.

4. Konspirasi NASA


Foto luar angkasa adalah editan, CGI dan konspirasi NASA. Dan mereka lebih mempercaya teori bumi datar Youtube. Dan memang dengan menonton video-video tersebut kita akan disuguhkan bentuk bumi yang benar-benar datar.

Selain itu, masih banyak pendapat dari teori bumi datar yang lainnya yang memang tidak akan pernah habis untuk didebatkan.

Ngomong-ngomong tentang debat teori, debat bumi datar vs bumi bulat sudah pernah terjadi dalam berbagai forum. Mulai dari debat di forum online seperti di Kaskus sampai memang forum besar-besaran untuk mengemukakan teori bumi datar sudah pernah diadakan di Amerika.

Menyangkal Teori Bumi Datar


Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dan bukti teori yang dikemukakan oleh komunitas bumi datar, berikut beberapa jawaban dari penganut teori bumi bulat yang menggugurkan teori bumi datar.

1. Bulan Sabit Datar?


Yang paling lucu dalam suatu debat teori bumi datar vs bumi bulat di forum online adalah saat salah satu penganut teori bumi bulat yang mempertanyakan: "Bagaimana menjelaskan bulan sabit datar?"

Sebagai jawaban dari penganut bumi datar bahwa mereka memang mempercayai kalau planet lain sepeti Mars memang berbentuk bulat.

2. Perbedaan Waktu di Berbagai Belahan Dunia


Salah satu artikel yang membuat saya semakin yakin terhadap teori bumi bulat adalah perbedaan waktu di berbagai belahan dunia.

Ada yang membuktikan bumi bulat dari hal-hal yang terlihat sederhana. Seperti pada salah satu gedung tertinggi di dunia (Lupa namanya) yang lantai atasnya memiliki waktu puasa lebih lama dari beberapa lantai di bawahnya.

3. Kapal yang berlayar di laut


Dari SD sampai SMA, yang membuat banyak siswa polos percaya pada begitu saja, selain flat earth society pastinya, bahwa bumi itu bulat adalah saat kapal yang berlayar di laut semakin lama semakin kecil sampai akhirnya hilang dari pandangan.

Dan itu adalah teori sederhana yang masuk akal untuk mematahkan pendapat flat earth bumi.

Meskipun sudah banyak ahli yang memberikan banyak bukti-bukti untuk menunjukkan bahwa bumi itu bulat, toh tetap saja ada yang percaya bumi itu datar. Mau bagaimana lagi? Itu adalah pilihan dan kita memang selalu bebas memilih.

Selain teori bumi bulat, saat ini semakin banyak teori konspirasi bentuk-bentuk bumi lainnya. Ada yang menyatakan bumi berbentuk seperti donat, buah pir dan tidak bulat.

Kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu juga percaya teori bumi datar?

Teori bumi datar tentang dinding es antartika yang mencegah air laut tumpah, sepertinya benar. Iya tidak? Kan, kalau bumi bulat bisa tumpah tuh air? (Gaya gravitasi)

Dan satu lagi, dibelahan dunia ini tidak ada yang pernah bilang kalau mereka sedang jungkir balik, lho. Saya di Indonesia telpon saudara saya di Afrika katanya bangunan tetap berdiri tegap lurus, tidak miring sedikit pun. Kecuali saudara saya yang sedang di Menara Pisa, Italy. Aah!! Bumi itu bulat.

Salah satu hal positif dari adanya teori bumi datar adalah bahwa kita bisa belajar berdebat dalam suatu forum. Kalau semua setuju model bumi bulat seperti Aristoteles, maka artikel ini tidak akan ada.

Demikianlah artikel tentang Teori Bumi Datar dan komunitas flat earth society yang siap debat untuk membuktikan kebenaran teori bumi datar. Kamu yang percaya bumi bulat (Globe earth), jangan pikir lebih pintar dari penganut teori bumi datar. Saya tidak akan debat sebelum saya bertapa di gunung Myouboku sama Jiraiya terlebih dahulu.

Header picture : Good Thinking Society
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!