Skip to main content

Pengertian Sistem Komputer Lengkap Dengan Elemen dan Fungsinya

Pengertian Sistem dan Komputer - Apa yang Anda ketahui tentang sistem komputer? Setiap hari kita menggunakan komputer (Laptop) dan itulah yang disebut sistem. Sistem komputer terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Hardware, software dan brainware.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat materi lengkap tentang sistem komputer yang terdiri dari bagian-bagian di bawah ini:
pengertian sistem komputer lengkap dengan elemen dan fungsinya
Pengertian Sistem Komputer Lengkap dengan Elemen dan Fungsinya

Pengertian Sistem dan Komputer

Apa itu sistem komputer?

Sistem komputer terdiri dari dua suku kata, yaitu sistem dan komputer.

Sistem berasal dari bahasa Latin (Systema) dan bahasa Yunani (Sustema) yang berarti suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen (Elemen) yang saling terhubung sehingga memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

Sistem juga merupakan suatu kesatuan bagian-bagian yang saling terhubung dalam suatu wilayah dan memiliki item-item penggerak.

Sementara kata komputer berasal dari bahasa Latin (Computare).

Awalnya diartikan sebagai orang yang melakukan perhitungan aritmatika, baik menggunakan alat maupun tanpa alat. Namun seiring berjalannya waktu, kata komputer kemudian diartikan berdasarkan mesin itu sendiri.

Menurut Donald H. Sanders dalam buku Computer Today, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang diorganisasi supaya secara otomatis menerma dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (Storage program).

Pengertian Sistem Komputer


Dari pengertian sistem dan komputer di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa sistem komputer adalah sekumpulan perangkat yang saling terhubung dan bekerjasama dalam suatu sistem untuk memproses data sesuai dengan instruksi penggunanya.

Sekumpulan perangkat yang dimaksud adalah komponen-komponen yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer, yaitu hardware, software dan brainware. Setiap komponen tersebut pada dasarnya memiliki fungsi yang berbeda-beda tetapi tetap harus bekerjasama untuk menjalankan sistem komputer dengan baik.

Komputer berbeda dengan sistem komputer. Kata komputer merujuk pada pemahaman tentang sebuah mesin sedangkan sistem komputer merujuk pada sekumpulan perangkat yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sebuah mesin komputer.

Elemen Sistem Komputer


Secara umum, ada 3 elemen (Komponen) dasar sistem komputer, yaitu hardware, software dan brainware.

A. Hardware (Perangkat keras komputer)


Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer adalah jenis perangkat yang memiliki wujud fisik dan dapat disentuh. Secara umum, hardware terdiri dari 4 jenis, yaitu input device, process device dan output device serta storage device.

1. Input Device (Perangkat Masukan)


Sesuai dengan namanya, input device merupakan hardware yang digunakan untuk memasukkan perintah pada sistem komputer baik itu berupa data atau pun instruksi.

Input device inilah yang menjadi gerbang atau pintu masuk (Input) suatu data atau intruksi ke dalam sistem komputer yang kemudian dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dimengerti oleh komputer.

Contoh input device: Keyboard, Mouse, Web Cam, Scanner, Trackball, Mic, dll.

2. Processing Device


Processing device adalah perangkat keras komputer yang bertugas untuk mengolah data yang diinput. Sederhananya, processing device adalah otak dari komputer yang biasa disebut CPU (Central Processing Unit).

CPU bertugas dengan cara menghubungkan antara input pengguna komputer dengan output yang kemudian harus ditampilkan. Untuk mengeksekusi input dari pengguna komputer, CPU akan memanggil kembali intruksi-intruksi yang telah ditanamkan di dalam memori utama untuk diteruskan ke perangkat output.

CPU terdiri dari 2 bagian utama, yaitu ALU dan CU.

a. ALU (Arithmetic Logic Unit)

Dalam bahasa Indonesianya, unit aritmatika dan logika yang berfungsi untuk melakukan operasi dasar artimatika dengan seperti penjumlahan, pengurangan, termasuk pelaksanaan alur logika (AND, OR, NOT) dan juga membandingkan dua operand dengan menggunakan fungsi operator logika.

b. CU (Control Unit)

Control Unit merupakan pengendali utama dari sistem komputer yang bertugas menjalankan semua perintah dari pengguna komputer yang telah ditanamkan di dalam memori utama.

Contoh tugas Control Unit adalah sebagai berikut.

- Menerima data yang diinput

- Membawa data tersebut ke memori utama
- Mengolah data berdasarkan intruksi yang tertanam di memori utama
- Mengirim intrusi ke ALU ketika ada perintah yang berkaitan dengan operasi aritmatika
- Menyimpan data di memori utama
- Menampilkan data input yang telah diproses dalam output device.

3. Output Device (Perangkat Keluaran)


Output device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan data input yang telah diproses. Data tersebut berupa informasi yang bisa berbentuk tulisan, gambar, suara dan video. Contoh dari output device: Monitor, Printer, Projector, Speaker, dll.

4. Storage Device (Media Penyimpanan)


Storage unit adalah tempat dimana hasil inputan disimpan terlebih dahulu sebelum diproses. Begitupun sebaliknya, data yang telah diproses akan disimpan terlebih dahulu pada unit storage kemudian dilanjutkan ke perangkat output untuk disajikan.

Pada dasarnya, CPU sudah dilengkapi dengan media penyimpanan data berupa hardisk. Di hardisk inilah kita bisa melakukan pengeditan terhadap data, seperti menyimpan dan menghapus data. Selain hardisk, juga terdapat memori penyimpanan sementara saat data sedang diproses atau biasa disebut RAM (Random Access Memory).

Seiring berjalannya waktu, media penyimpanan data komputer bukan hanya berbentuk memori internal seperti hardisk dan RAM. Tapi juga saat ini banyak dikembangkan media penyimpanan di luar komputer (External Storage) seperti Harddisk External, Flashdisk, Memori Card, CD/DVD, dll.

B. SOFTWARE (Perangkat lunak komputer)


Berbeda dengan hardware, software adalah elemen sistem komputer yang tidak dapat disentuh dan juga tidak dapat dilihat dalam bentuk fisik. Software bisa diartikan sebagai kumpulan data elektronik yang dibuat dalam bentuk program yang berisi instruksi untuk menjalankan perangkat keras.

Berikut beberapa jenis software komputer.

1. Sistem Operasi


Sistem operasi (Operating System) adalah perangkat lunak pertama yang dijalankan saat menghidupkan komputer. Bisa dikatakan sistem operasi merupakan jembatan yang menghubungkan antara pengguna komputer dan hardware.

Sistem operasi inilah yang bertugas memanajemen aktivitas pengguna komputer dalam pelaksanaan suatu program aplikasi agar bisa berjalan dengan baik.

Contoh sistem operasi komputer: Windows OS, Linux, Mac OS, Unix, dll.

2. Program Aplikasi


Program aplikasi adalah software sistem komputer yang paling dekat dengan user. Biasa disebut software siap pakai yang digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Fungsi utama dari program aplikasi adalah memudahkan seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas. Contoh program aplikasi: Micrsofoft Office, Web Browser, Video Player, dan lain-lain.

3. Software Utility


Software utility juga disebut sebagai software pelengkap atau tambahan dengan tugas-tugas khusus. Tugas tersebut lebih kepada pengamanan (Protection) terhadap sistem operasi komputer.

Contoh software utility: Data Recovery, Disk Defragment, Antivirus, Backup Data, dll.

Pada dasarnya, semua software tersebut dibangun menggunakan bahasa pemrograman (Programming language) tertentu. Contohnya BASIC, C++, JAVA, PYTHON, HTML, PHP dan banyak lagi bahasa pemrogaman komputer. Dari namanya saja, bisa diketahui bahwa bahasa inilah yang digunakan untuk berinteraksi dengan komputer.

C. BRAINWARE (Pengguna Komputer)


Komponen sistem komputer yang ketiga adalah pengguna komputer. Perlu diingat, dikatakan sistem komputer artinya tanpa satu bagian atau komponen, sistem tersebut tidak akan berjalan dengan semestinya.

Brainware atau pengguna komputer adalah orang atau perangkat intelektual yang memakai, menggunakan, atau mengoperasikan komputer. Brainware juga dibedakan atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Programmer


Programmer adalah orang yang ahli dalam bidang komputer. Keahlian tersebut ditandai dengan kemampuan menguasai bahasa pemrograman seperti JAVA, PHP, C++, PYTHON , VISUAL BASIC, dll.

Dengan bahasa pemrograman tersebut, seorang programmer dapat membuat program aplikasi atau sistem operasi komputer yang baru.

2. System analyst


Tugas utama dari system analyst adalah melakukan penelitian, perencanaan, dan merekomendasikan software, hardware dan system yang paling baik seusai dengan kebutuhan suatu instansi (Perorangan, organisasi, perusahaan).

Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang analisis sistem adalah menganalisis, teknis, manajerial, dan memiliki sikap interpersonal dalam berkomunikasi dengan pengguna.

Seorang sistem analisis harus bisa mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi dan bisa menyelesaikan masalah dalam suatu sistem.

Seorang analisis harus mampu mengembangkan suatu proyek agar lebih menguntungkan bagi user, baik berkaitan dengan pemanfaatan dan pemilihan software, sistem operasi dan hardware yang sebaiknya digunakan.

3. Administrator


Administrator adalah orang yang bertugas untuk mengelola suatu sistem di suatu instansi, seperti informasi file database, menjalankan program-program aplikasi.

Administrator merupakan pusat yang mengatur dan mengelola suatu sistem dalam sebuah instansi. Dan kebanyakan admin juga berasal dari programmer yang mengerti tentang sistem yang digunakan. Tapi tidak selamanya. Karena beberapa perusahaan juga memiliki programmer dan admin tersendiri.

4. Operator


Operator adalah orang yang mengoperasikan komputer dengan memanfaatkan sistem komputer yang telah ada. Seperti menggunakan program aplikasi pengolah data untuk menyelesaikan suatu tugas.

Kesimpulan : Komponen utama sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.

Fungsi Sistem Komputer


Fungsi dasar sistem komputer yaitu:

1. Menginput Data


Proses pertama dalam sistem komputer adalah menginput data. Pada tahap ini, data atau instruksi diinput melalui perangkat keras input device seperti mouse, keyboard, scanner, dan lain-lain.

2. Memproses Data


Data yang telah diinput akan diproses oleh processing unit. Pada bagian ini, komputer bekerja untuk memanipulasi data input agar bisa dibaca mesin komputer berdasarkan instruksi yang telah diletakkan di dalam komputer itu sendiri.

Proses tersebut melibatkan otak komputer seperti CPU (Central Processing Unit).

3. Penyimpanan


Data yang diinput pada komputer dapat disimpan, baik data yang sementara di proses atau pun data yang sudah diproses melalui penyimpanan ke memori secara semi permanen. Dikatakan semi permanen karena kita tetap bisa menghapus data tersebut kembali sesuai dengan keinginan.

4. Menampilkan Data


Sistem komputer menampilkan data yang telah diproses melalui output device. Contoh output yang ditampilkan bisa berupa teks, gambar, suara, video, dan animasi.

Tujuan Sistem Komputer


Pada dasarnya, tujuan sistem komputer adalah menghasilkan output berupa informasi kepada pengguna berdasarkan perintah yang diinput. Dalam proses menghasilkan output berupa informasi tersebut, dibutuhkan elemen-elemen sistem komputer yang harus bekerja sama dan mampu berinteraksi, yaitu hardware, software dan brainware atau pengguna.

Lihat juga Tujuan dan Fungsi Sistem Operasi

Contoh Sistem Komputer


Pada dasarnya komputer diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Begitu pula dengan software, dirancang oleh programmer dengan tujuan mempercepat atau membantu mengatasi masalah suatu pekerjaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, contoh sistem komputer digunakan untuk memanajemen perpustakaan sekolah, menyimpan data-data siswa atau karyawan, mengelola catatan keuangan di bidang perbankan, mengakses informasi dari internet, membeli produk di toko online, dan masih banyak lagi contoh pemanfaatan sistem komputer lainnya dalam kehidupan manusia.

Lihat juga Komponen Sistem Operasi Modern

Demikianlah artikel tentang materi lengkap mengenai pengertian fungsi elemen dan tujuan sistem komputer serta contoh sistem komputer dalam masyarakat. Semoga materi ini dapat menjadi makalah sistem komputer untuk Anda.

  March 02, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close