Skip to main content

Sinopsis Novel 5 cm Per Bab Beserta Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Sinopsis Novel 5 cm - Akhirnya, satu novel tamat lagi dalam Minggu ini. Sebuah karya dari novelis dan penulis hebat Indonesia, Donny Dhirgantoro. Seperti biasanya, setelah selesai baca novel, saya akan berbagi apa yang saya dapatkan dari novel tersebut dalam sebuah review dan ulasan. Dan berikut sinopsis novel 5 cm lengkap per bab beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel 5 Cm
Film 5 cm - Sahabatnesia Picture

Sebelum masuk ke sinopsis 5 cm, saya akan berbagi review singkat dulu tentang film 5 cm. Novel best seller Indonesia yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro ini diadaptasi menjadi film yang berjudul sama, 5 cm pada tahun 2012 silam.

Disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dibintangi aktor dan aktris terbaik tanah air, film ini juga sukses memukau para penontonnya. Adapun artis yang terlibat memerankan tokoh dalam film 5 cm adalah oleh Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Herjunot Ali (Zafran), Raline Shah (Riani) dan Igor Saykoji (Ian), Pevita Pearce (Arinda).

Identitas Buku

Sinopsis Novel 5 cm Per Bab Beserta Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Sinopsis Novel 5 cm Per Bab Beserta Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
  • Judul Buku : 5 cm
  • Nama Penulis : Donny Dhirgantoro
  • Penerbit : PT. Grasindo
  • Tahun Terbit : 2007
  • Jumlah Halaman : 381 Halaman
  • ISBN : 9797591514
  • Harga Buku : Rp60.000,00
"...Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung, mengambang di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa.

Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri...."

Sinopsis Novel 5 cm Singkat


Cerita ini berawal dari hehidupan 5 orang sahabat yang menjalani kehidupan biasa-biasa aja. Bukan berarti tidak bermakna, tapi kalau katanya dalam novel sih, berada dalam gua dan gak pernah mau keluar dari gua itu.

Yups! Seperti itulah pandangan lima orang yang telah bersahabat ini dan hampir setiap hari menghabiskan waktu bersama. Berawal dari gagasan "keluar dari dalam gua" yang diungkapkan oleh Zafran tersebut, mereka akhirnya memutuskan untuk keluar dari kebiasaan mereka bersama dan memutuskan hubungan selama 3 bulan.

Selama 3 bulan tersebut, lima sahabat ini menjalani aktivitasnya masing-masing. Singkat cerita, mereka akhirnya dipertemukan kembali setelah masa 3 bulan sesuai dengan kesepakatan.

Dan seperti janji Genta, bahwa pertemuan kembali, ia akan memberikan kejutan yang luar biasa. Dan benar saja, pertemuan tersebut, tepatnya pada 14 Agustus membawa mereka ke petualangan besar yang penuh dengan tantangan dan pelajaran.

Perjalanan ke puncak tertinggi pulau Jawa, Mahameru, menjadi kejutan untuk mengukuhkan keyakinan dan persahabatan di antara mereka.

Menikmati indahnya surga Indonesia. Namun dalam perjalanan, ada banyak tantangan yang harus dihadapi.

Sampai akhirnya, berhasil menumbuhkan semangat patriotisme (Cinta tanah air), dalam pengibaran bendera Merah Putih di puncak Mahameru.

Sepuluh tahun setelah perjalanan ke Mahameru, mereka kembali menikmati pertemuan dan mengingat kisah di Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Arcopodo, Kalimati dan Puncak Mahameru. Namun kali ini lengkap dengan keluarga masing-masing yang telah dikaruniai buah hati. Penasaran siapa yang akhirnya jadian?

Kita akan mengulas cerita-cerita novel 5 cm per babnya. So, nikmati aja.

Ringkasan novel 5 cm per bab


Satu
Me and You Vs the World


Kisah berawal dari cerita antara 5 orang sahabat di atas mobil Ian yang sedang menikmati jalan Diponegoro.

Setelah semua sepakat dan Zafran yang paling setuju, akhirnya mereka ke rumah Arial. Zafran senang ke rumah Arial karena di sana ada kembaran Arial yang cantik, namanya Arinda, adik dari Arial.

Kedatangan mereka langsung di sambut hangat oleh ibu Arial. (Sudah sering rumah Arial dijadikan sebagai tongkronan power rangers ini).

Seperti biasanya, mereka menghabiskan waktu untuk bermain-main dan bercerita.

Kemudian menuju Secret Garden, taman rumahnya Arial untuk pindah tongkrongan dan nyanyi, dengarin lagu dan berfilosofi.

Kemudian Ian tiba-tiba berujar sendiri "...capek jadi orang lain."

Flashback 3 tahun yang lalu.

Ian adalah anggota terakhir yang masuk ke komplotan Power Rangers. Mereka mengingat ketika Ian baru pertama kali gabung dan mereka yang dipenuhi dengan kepalsuan.

Dulunya, Ian hanya ikut-ikutan dengan gaya rangers lain agar bisa diterima. Sampai Ian terlalu sibuk menjadi orang lain.

Karena tahu kalau dirinya melakukan kesalahan, akhirnya Ian memilih untuk menjauh. Namun ke 4 temannya ini tahu kalau ada sesuatu yang aneh dengan Ian.

Namun prinsip mereka yang tidak boleh ngomongin orang, apalagi teman sendiri dan orang itu tidak ada di situ, apalagi kejelekan orang itu. Kecuali terpaksa dan ada yang benar-benar penting, maka waktu untuk membicarakan orang tersebut tidak boleh lebih dari tiga menit.

Akhirnya mereka bertemu dengan Ian di jalan yang menuju ke rumahnya. Namun mereka memilih ke sekolah untuk membahas sesuatu yang penting tentang persahabatan, tentang Ian yang selama ini hidup sebagai orang lain.

Akhirnya semua diklarifikasi, dan Ian menjadi dirinya sendiri.

Dua
All I Have to Do is Dream


Kejadian Ian menemukan dirinya sendiri, Ian namakan "Finding Ian", yang bukan hanya pelajaran untuk Ian, tapi mereka semua.

Saat ini mereka menjadi diri mereka masing-masing, berbeda tap satu dalam persahabatan.

Kembali dari Flashback Finding Ian

Masih di Secret Garden. Ian yang sedang makan indomie, Riani kuahnya, dan Zafran yang sedang nyanyi dengan volume penuh agar Arinda bisa dengar, dan Arial yang sedang chatting balas SMS dari cewek yang dikenalnya di tempat Fitness, bernama Indy.

Di sinilah awal dari kerinduan. Mereka yang selama ini bersama-sama akhirnnya memutuskan untuk tidak berkomunikasi terlebih dahulu selama 3 bulan.

Sampai ketemu 14 Agustus!

Tiga
Yellow


Zafran yang rindu Arinda menelpon ke rumahnya. Yang angkat telpon Arial dengan pola datar. Zafran langsung mematikan telponnya karena mereka sudah janji untuk tidak ketemu selama 3 bulan ini.

Setelah berusaha nelpon Arinda, akhirnya dijawab oleh Arinda. Gak perlu dibahas deh percakapan mereka. Arinda yang datar seperti kakaknya Arial membuat Zafran harus berpikir keras untuk bisa PDKT.

Cerita berlanjut ke Riani yang sedang magang di salah satu stasiun TV swasta. Kecerdasan Riani terbukti, baru magang aja tapi sudah megang liputan.

"Apa yang lo mau, lo kejar aja,... taruh di kepala lo terus, jangan sampai lepas."

Itu adalah salah satu quotes terbaik Riani dalam novel ini yang menjadi kuncinya saat ditanya rahasia sukses oleh Citra, teman kerjanya.

Empat
Wings to Fly


Cerita lanjut ke Arial yang sedang menuju ke rumah Indy. Mereka lagi mau menghadiri acara ulang tahun sahabat Indy di Bogor.

Selepas dari dari acara ulang tahun, Arial dan Indy menuju ke Puncak ke sebuah vila yang berada di atas bukit kecil, milik keluarga Arial.

Setelah basa-basi dan mengumpulkan keberanian...

Dan semuanya pun mengalir dari Arial dengan penuh kejujuran, ketegasan, dan kelaki-lakian, dengan segala argumen indah yang mengalir begitu saja. Akhirnya, mereka jadian, Arial dan Indy.

Lima
Don't Stop Me Now


Pada bagian ini adalah bagian yang mengesankan dari sosok Ian. Di sinilah, Ian berjuang untuk menyelesaikan tugasnya sebagai seorang mahasiswa.

Ian mengahadap dosen pembimbing yang butuh waktu lama untuk bisa menyelesaikan kalimatnya.

Ian membereskan berkas-berkas skripsinya dan pergi menjauh dari ruangan dosennya dengan tugas baru, yaitu menyelesaikan skripsi.

Tugas berat Ian menulis beberapa bab dalam waktu 2 bulan hampir gagal karena dua kali kuisionernya mengalami hambatan. Namun perjuangan Ian selama ini, akhirnya berbuah manis.

Ian yang gigih akhirnya mendapat hoki. Namun setelah dialog apik dengan dosen pembimbingnya, Sukonto Legowo yang kali ini kalimatnya sudah lancar, Ian pun disadarkan kalau itu bukan hoki, tapi adalah jawaban dari kerja keras dan hati yang tidak kenal menyerah selama ini.

Kisah mengharukan pun terjadi.. Merinding saat Ian akhirnya bisa menyelesaikan skripsinya dan lulus dalam ujian sidang sekitar satu jam lima belas menit.

Enam
Rehumanize


Pada bagian ini adalah yang paling menyenangkan dari sosok "The Leader", Genta. Hari ini, kerja keras tim Event Organizernya selesai dan sukses besar.

Dalam percakapannya, Genta pun mengeluarkan salah satu quotes terbaik lagi di Novel 5 cm ini:

"Bukan soal serius atau nggak serius, kalo kita bisa menganggap kritik itu bukan suatu serangan, tapi saran, kita pasti akan tambah yakin."

"Jangan pernah menganggap kritik itu suatu proses kemunduran atau serangan. Kalo lo dikritik, buat cetak biru di pikiran lo. Kalo kritik itu adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah mengorbankan rasa nggak enaknya sama kita, entah sebagai seorang teman atau rekan kerja, semata-mata untuk apa? ... hanya untuk membuat diri kita lebih baik. Itu aja."

"Kalo lo yakin sama sesuatu lo taruh itu di sini," Genta meletakkan jari telunjuknya di keningnya, "Abis itu lo kerja keras... semampu lo."

Hati Genta sangat gembira karena acaranya sukses besar dan sebentar lagi, mereka akan dipertemukan kembali setelah 3 bulan berpisah. Dalam hatinya, Genta semakin mantap untuk menyatakan perasaannya kepada Riani.

7 Agustus jam 09.00 pagi

Sesuai dengan pesan Genta di akhir perpisahan kalau tanggal 7 Agustus, ia akan mengirimkan planning. Satu Minggu sebelum pertemuan mereka pada tanggal 14 Agustus.

Di sini digambarkan suasana yang terjadi saat ke 4 temannya menerima pesan dari Genta.

Zafran yang sedang menikmati Hey Jude The Beatles yang dibawain pengamen, Riani yang sedang menyelesaikan laporan magangnya, Ian yang sedang di Kampusnya mengingat kisah memalukan saat awal pertama daftar kuliah, dan Arial yang sedang angkat barbel.

Mereka semua senang dan teringat bahwa pertemuan mereka tinggal seminggu lagi.

14 Agustus, di Stasiun Senen

Pertemuan mereka pun diadakan dengan masing-masing memiliki cerita yang akan dibagikan. Tidak ketinggalan, Arial juga membawa Arinda, yang tentu membuat Zafran tambah bersemangat.

Sesuai dengan janji Genta yang akan memberikan kejutan yang luar biasa untuk merayakan reuni setelah perpisahan 3 bulan ini.

Mereka berenam akan mendaki Puncak Mahameru, puncak tertinggi di pulau Jawa, 3676 m dari permukaan laut.

Rencana tersebut disambut antusias oleh teman-temannya.

Perjalanan pun dimulai menggunakan kereta ekonomi Matarmaja. Mereka bercanda dan bercerita di kereta sepanjang perjalan untuk melepas rindu selama tiga bulan ini.

Mendengarkan cerita Ian yang akhirnya akan wisuda setelah mengalami banyak tantangan dan Arial yang untuk sementara waktu berpisah dari Indy. Biasalah dalam masalah percintaan.

Selepas stasiun kereta api Blitar

Panasnya siang dan kereta yang sesak dipenuhi manusia membuat suasana hampir seperti di Jakarta.

Semua mengingat kembali perjuangan saat demo Orde Baru dan menentang praktik KKN.

Tiba di stasiun Malang mereka langsung mencari angkot carteran.

Sopir angkotnya ini sangat ramah dan asyik. Nyambung dengan Ian yang sama-sama penggila bola.

Rehumanize: Dalam perjalanan mereka satu hari ini, banyak pelajaran berharga yang mereka dapatkan dari manusia yang lainnya.

Tujuh
You Are the Universe


Mereka sampai di daerah Tumpang. Di sini mereka akan memulai perjalanan lagi menggunakan jip, untuk menuju ke Mahameru.

Semua pendaki dari berbagai kalangan dan tempat berbaur menjadi satu.

Di jip inilah, mereka bertemu juga dengan kawan baru, Deniek dan teman-temannya.

Dalam perjalanan, mereka disuguhi dengan kekayaan alam Indonesia dan keindahannya.

Sejak dari sini, keyakinan dan tekad yang kuat untuk mencapai puncak Mahameru dibulatkan.

Genta: "Yang kita perlu sekarang cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, matayang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja."

"Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya," sambung Zafran.

"Serta mulut yang akan selalu berdoa," Dinda tersenyum manis.

Semua Setuju!!!

Sampai di Ranu Pane, Desa terakhir dengan udara di bawah 15 derajat Celcius.

Mereka kemudian menyusuri jalan berbatu kemudian menuju ke Gunung Mahameru.

Perjalanan yang melelahkan dan kekagetan Ian dan Zafran karena kehabisan air. Dan bersiap meminta penjelasan dari Genta.

Namun kelelahan mereka akhirnya terbayarkan setelah melihat Ranu Kumbolo, tetesan air raksasa yang jatuh dari langit.

Seperti biasanya, pada setiap bab selalu terjadi percakapan yang menarik untuk disimak. Keindahan Ranu Kumbolo akan selalu membekas di hati mereka yang membuat setiap manusia untuk tidak berhenti mengucap syukur dan berterima kasih kepada Sang Maha Pencipta.

Delapan
A Letter, A Heart... yo Remember


Meninggalkan Ranu Kumbolo dan disambut "Tanjakan Cinta", yang membuat Zafran dan Ian terus bersemangat.

Perjalanan sedikit menegangkan saat Genta memilih jalur ke hutan. Jalur ini adalah jalur yang pernah membuat Genta tersesat sendirian di hutan saat berpisah dari rombongan 3 tahun yang lalu.

Untuk menghadapi rasa takutnya, Genta mencoba kembali untuk melewati rute tersebut. Yang tahu masalah Genta pernah tersesat hanya Arial saja. Kali ini semua berjalan baik. Meskipun Genta sempat bingung namun akhirnya berhasil melewati jalur tersebut.

Mereka kemudian sampai di Kalimati yang disambut dengan hujan abu, yang menandakan Mahameru semakin dekat.

Setelah dari tempat yang terlihat menyeramkan itu, mereka akhirnya sampai di Arcopodo, bergabung kembali dengan rombongan pendaki lainnya.

Pukul 02.20 malam, dalam dingin di atas 3.000 meter di atas permukaan laut, mereka menuju ke Puncak Mahameru.

Sembilan
5 cm


"Yang kita perlu sekarang, cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja." "Dan hati yang akan bekeija lebih keras dari biasanya...." "Serta mulut yang akan selalu berdoa...."
Semua tertunduk dan berdoa...

"Mahameru kita datang!"

Perjalanan menuju ke Mahameru pun dimulai.

Sejak di tempat itu, pendakian yang sebenarnya baru dimulai. Banyak tantangan yang harus dihadapi seperti kedinginan dan rute pendakian yang sulit termasuk jatuhan batu yang sewaktu-waktu bisa membahayakan keselamatan pendaki.

Namun belum sampai puncak, kali ini Arial yang tidak sanggup lagi karena kedinginan.

Namun akhirnya, Arial pun bangun dan tidak akan menyerah, katanya: "World is for those who want to fight."

Setelah memulai mendaki lagi, semua tertunduk berlindung dari terjangan batu-batu besar.

Sampai akhirnya, Ian dan Arinda tergelatak dan tak sadarkan diri. Arinda kemudian sadar dan menuju ke Ian yang masih belum sadarkan diri.

Semua wajah para sahabat tersebut bingung dan ketakutan. Zafran dan Riani yang tak henti-hentinya menangis. Genta yang merasa bersalah mengajak teman-temannya ke petualangan yang berbahaya, dan Arial yang meneteskan air mata. Dan semua pendaki yang tampak hening melihat Ian yang masih belum tersadar.

Prosedur CPR yang dilakukan pun berhenti, karena detak jantung yang sudah tidak bertanda.

Dan keajaiban pun datang, Ian bangun dan memuntahkan pasir yang sisambut gembira oleh semua pendaki dan pelukan dari teman-temannya.

Perjalanan dilanjutkan dan sampai di ujung liang tertinggi di Indonesiaku ini...

Semua berbaris rapi dan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di puncak Mahameru di mulai.

Lagu Indonesia pun dikumandangkan dengan penuh tangis haru dan semangat dari pendaki yang diakhiri dengan pelukan sesama pendaki.

Malam di Ranu Kumbolo

Keceriaan pun di wajah keenam sahabat ini terpancar jelas di temani nyala api unggun, bulan dan bintang yang nampak jelas.

Kebahagiaan mereka tersirat melalui pandangan dan setiap tuturan dalam dinginnya udara di Ranu Kumbolo.

Ian yang melihat keindahan alam Indonesia dan persaudaraan di antara sahabat-sahabatnya memutuskan untuk tidak pergi ke London.

Mereka bercerita tentang keyakinan yang kuat sehingga bisa menaklukan puncak Mahameru.

Sepuluh
Spectacular... Spectacular...


Satu per satu mereka masuk ke tenda.

Genta dan Riani masih menikmati suasana malam di Ranu Kumbolo.

Genta dengan kemantapan hatinya menyatakan perasaannya kepada Riani. Namun ternyata, kisah cinta yang selama ini diukir oleh Genta bersama dengan Riani pupus.

Riani ternyata menyukai Zafran sejak dulu. Genta seakan tak percaya dengan pengakuan Riani. Namun kekecewaan Genta luluh melihat kekuatan Riani selama ini yang bisa melawan semua rasanya ke Zafran.

Zafran yang di dalam tenda masih terpejam namun bisa mendengar seetiap kata-kata lembut dari Riani. Ia menyesal karena selama ini ia sudah terang-terangan menyatakan perasaannya tentang Arinda.

Arinda pun yang selama ini menaruh hati untuk Genta tak kuasa mendengar kata-kata Genta untuk Riani.

Dan akhirnya, cinta bukan untuk Genta, bukan untuk Riani, bukan untuk Zafran dan bukan untuk Arinda.

Sepuluh tahun kemudian

Minggu pagi di Secret Garden.
  • Arial dan Indy memiliki anak bernama Arian.
  • Zafran dan Riani memiliki anak bernama Zafran juga.
  • Genta dan Citra (Teman Riani dulu waktu magang), juga memiliki anak, namanya Aga.
  • Arinda dan Deniek juga memiliki anak bernama Deninda.
  • Ian dan Mama Salma juga memiliki anak bernama David.

Keempat anak mereka pun berteman di TK yang sama. Dan seperti orang tuanya, anak dari Genta sepertinya akan menjadi "The Leader" seperti Genta.

5 cm Happy Ending...

Lihat juga Sinopsis Novel Laskar Pelangi Per Bab Lengkap - Andrea Hirata

Unsur Intrinsik Novel 5 cm


1. Penokohan

  1. Genta, "The Leader" berjiwa kepemimpinan dan seorang aktivis kampus, berjiwa besar dan fans berat Riani.
  2. Riani adalah gadis cantik berkacamata dan cerdas. Memiliki pengetahuan karena hobi baca.
  3. Arial adalah sosok yang paling ganteng, sporty dengan tubuh atletis dan sifat yang simple. Ikut aturan yang ada.
  4. Zafran, berbadan kurus, vokalis band, selalu berirama dan menciptakan puisi-puisi, humoris, yang akhirnya membuat Riani jatuh hati.
  5. Ian, gila bola, suka indomie dan Happy Salma. Lucu dan memiliki segudang kisah dalam novel 5 cm. 
  6. Arinda adalah sosok yang cantik dan adik dari Arial. Sifatnya tidak beda jauh dari kakaknya, datar.

2. Tema


Persahabatan 5 pemuda (6 tambah Arinda) yang memiliki skill masing-masing dan satu padu dalam harapan, impian, tekad, cinta, nasionalisme dan keyakinan.

3. Latar


- Latar Tempat

Jakarta, Rumah Arial (Secret Gardem), Stasiun Senen, Malang, Stasiun Lempuyang di Yogyakarta, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Puncak Gunung Mahameru.

- Latar Waktu

Pagi, siang, dan malam hari.

- Latar Suasana

Gembira (Happy), Menegangkan, Terharu, Menakjubkan.

4. Alur


Novel 5 cm menggunakan alur campuran, ada alur maju dan alur mundur. Ada beberapa kali flashback.

5. Amanat atau pesan


Ada banyak kata-kata bijak dalam novel Laskar Pelangi. Baik itu yang disebutkan oleh tokoh-tokoh dunia maupun yang muncul karena ketakjuban pemandangan alam Indonesia.

Ada banyak pesan bermakna tentang kehidupan yang sangat dalam. Mulai dari tentang cinta, keyakinan, mimpi, sikap dalam kehidupan.

Dan tidak sedikit yang setelah membaca novel 5 cm mengubah sudut pandangnya tentang kehidupan.

Jika kamu memiliki semangat yang tinggi, memiliki jiwa petualang, mimpi yang besar, keyakinan dan cita-cita yang kamu kejar, maka novel best seller Donny Dhirgantoro ini wajib kamu baca sampai habis.

Unsur ekstrinsik novel 5 cm


Penulis 5 cm bernama Donny Dhirgantoro. Donny Dhirgantoro memulai debutnya pada tahun 2005 sebagai penulis.

Donny Dhirgantoro adalah penulis yang handal, terbukti dengan beberapa novelnya yang menjadi best seller, seperti 5 cm ini dan yang lainnya berjudul 2.

Literasi Novel 5 cm


Menggunakan gaya bahasa anak muda Jakarta yang adalah gaya bahasa ala anak mudah "zaman now", yang pastinya tidak asing di telinga setiap warga Indonesia yang sering nonton sinetron. Bahasanya singkat dan mudah dimengerti.

Literasi novel 5 cm menunjukkan bahwa penulisnya seorang penulis yang profesional dan telah ahli dengan kemampuan di atas rata-rata.

Kelebihan Novel 5 cm


Menarik dengan gaya bahasa yang santai. Kalau kamu baca, pasti kamu ingin segera menghabiskannya karena penarasan apa yang akan terjadi berikutnya.

Penulis bisa membawa pembaca novel larut dan terbawa ke dalam petualangan dan suasana yang menegangkan.

Belum pernah ke Mahameru? Membaca novel ini akan membuatmu ikut bertualang dan merasakan setiap kejadian. Ada haru, gembira, kecewa dan sesak, puas, merinding, dan takut. Semua itu akan mengaduk perasaan pembaca.

Dengan membaca novel 5 cm juga, kita jadi mengetahui banyak sekali tokoh-tokoh dunia dan ceritanya. Seperti Socrates dan Plato, dan juga Albert Enstein dengan teori-teori mereka juga ikut mengambil bagian dalam cerita.

Quotes yang hebat dan memberikan inspirasi pun tidak pernah berhenti dituturkan oleh tokoh-tokoh. Setiap kalimatnya adalah pelajaran yang berharga. Seperti salah satunya, cinta tak harus memiliki dan dimiliki.

Kekurangan Novel 5 cm


Terlalu banyak lirik lagu berbahasa Inggris. Meskipun harus diakui bahwa setiap lirik lagu yang tersurat tersebut memiliki makna yang sesuai dengan suasana.

Untuk lagu Indonesia, sudah kerenlah ditampilkan dalam novel ini. Seperti saat upacara di Mahameru dengan lagu Indonesia Raya dan juga lagu dari Cokelat, Bendera.

Akhir cerita yang happy ending terkesan dipaksakan. Hal ini terlihat saat setiap pasangan berasal dari sahabat itu sendiri. Namun itulah yang menjadi kelebihannya, jadi, endingnya tidak perlu menjelaskan tokoh baru yang muncul karena semuanya sudah disebutkan di bagian tengah cerita. Kecuali istri Ian, seperti Deniek dan Citra sudah disebutkan pada bagian sebelumnya.

Satu lagi, ada beberapa kritik untuk film novel 5 cm yang katanya tidak menampilkan tentang perjuangan mahasiswa di masa Orde Baru. Namun memang di novelnya, bagian itu tidak banyak disertakan, hanya sebagai memorial aja.

Kesimpulan Novel 5 cm


Kisah 5 cm membuka mata kita tentang dahsyatnya sebuah kekuatan cinta, tekad, mimpi, cita-cita dan keyakinan.

Ada banyak nilai yang terkandung dalam novel 5 cm. Sejak dari awal sampai akhir dari 5 cm, semua nilai tersebut dapat disampaikan dengan baik sehingga setelah selesai membacanya, nilai tersebut masih dengan mudah diingat dan tidak bisa dilupakan begitu saja.

Baca juga Sinopsis Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Demikianlah Sinopsis Novel 5 cm Per Bab Singkat Beserta Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik. Semoga bermanfaat.

Lihat juga Review Novel Dilan 1991 - Pidi Baiq
  March 23, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close