Skip to main content

Sejarah E-Commerce Pertama di Indonesia

E-commerce Pertama di Indonesia - E-commerce disingkat Electronic Commerce adalah jenis bisnis perdagangan elektronik yang dilakukan melalui internet. Ketika kita berbicara tentang E-commerce, maka kita pasti akan langsung membayangkan toko online seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, yang menjual berbagai barang baru dan bekas dengan kategori fashion dan elektronik.

Sejarah E-Commerce Pertama di Indonesia
Sejarah E-Commerce Pertama di Indonesia

Ya, pada umumnya E-commerce di Indonesia memang didominasi oleh situs toko online dan marketplace produk fashion atau pun produk elektronik. Tapi lain halnya dengan salah satu E-commerce yang bernama Tokoedukasi ini. Tapi sebelum kita lihat toko online tersebut, sebaiknya kita lihat dulu perkembangan dan sejarah E-commerce Indonesia berikut ini.

Sejarah E-commerce Indonesia


E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Hal ini ditandai dengan kemunculan penyedia ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia bernama Indonet, atau yang lebih dikenal Indosat.

Itulah awal dagang online di Indonesia. Sejak itu, muncul berbagai forum dan toko online di Indonesia seperti Kaskus, Tokobagus, dan lain-lain. Melihat perkembangan dan pengaruh internet, pemerintah kemudian membentuk Undang-undang ITE pada tahun 2008 untuk mengatur semua yang berkaitan dengan dunia maya.

Setelah beberapa tahun kemudian, muncullah berbagai perusahaan E-commerce Indonesia seperti Tokopedia pada tahun 2009, OLX yang dulu dikenal sebagai Tokobagus, Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee dan sampai yang terbaru seperti JD.id.

Sampai hari ini terus bermunculan berbagai situs E-commerce di Indonesia, baik yang didukung oleh perusahaan besar maupun yang masih dikelola kecil-kecilan oleh para pedagang online dengan membuat platform online shop sendiri.

Hal ini tentu disebabkan oleh daya beli masyarakat yang lebih tinggi belanja online. Selain lebih murah, efisien, juga karena kesibukan membuat banyak orang lebih suka belanja online shop dari pada langsung ke toko seperti biasanya.

Lihat juga Cara lengkap belanja di Tokopedia melalui Indomaret

E-commerce Pertama di Indonesia Khusus Produk Pendidikan

E-commerce Pertama di Indonesia Khusus Produk Pendidikan
E-commerce Pertama di Indonesia Khusus Produk Pendidikan

Tokoedukasi adalah salah satu  E-commerce atau toko online yang ditujukan khusus untuk dunia pendidikan. Dari semua kategori produk Tokoedukasi umumnya menjajakkan barang untuk anak-anak sekolah, siswa dan orang tua siswa.

Dari ribuan produk yang terdapat di Tokoedukasi, terbagi dalam beberapa kategori utama seperti:
  • Promo
  • Software Multimedia
  • Peralatan Elektronik
  • Alat peraga
  • Furniture
  • Mainan Edukasi
  • Paket Proyek
  • Perlengkapan Sekolah
  • Buku
  • Fashion
  • Ekstrakurikuler
TokoEdukasi adalah bisnis yang dikelola oleh manajemen profesional dan terbaik di bidangnya. Di bawah bendera PT. Indocart Lintas Nusa, salah satu grup WinnerTech yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam industri pendidikan di Indonesia.

E-commerce ini didirikan oleh Donny Kris Purlyono dan rekannnya pada April 2014 yang bertujuan untuk menyediakan kebutuhan alat-alat dunia pendidikan yang target pasarnya cukup besar.

Model bisnis E-commerce Tokoedukasi adalah B2C (Bussiness to Consumer). Artinya startup ini mendapatkan produk dari supplier dan menyimpannya di inventory untuk kemudian dipasarkan di situs E-commerce Tokoedukasi.

Demikianlah Tokoedukasi sebagai E-Commerce pertama di Indonesia yang khusus menjual produk pendidikan sebagai konsep utama toko onlinenya.

Lihat juga 17 Toko Online Termurah dan Terkemuka di Indonesia (Perusahaan E-commerce Terbaik di Indonesia)

Referensi berasal dari artikel Id.Techinasia yang berjudul E-Commerce Pertama di Indonesia yang Khusus Menjual Alat-alat Pendidikan.

  March 04, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close