Menggunakan OLE (Object Linking and Embedding) Visual Basic

Menggunakan OLE (Object Linking and Embedding) Visual Basic

Menggunakan OLE (Object Linking and Embedding) - Apa itu OLEDB dan bagaimana cara menggunakannya? Hari ini kita akan berkenalan dengan salah satu control pada Toolbox, yaitu OLE.
Menggunakan OLE (Object Linking and Embedding) Visual Basic
Menggunakan OLE (Object Linking and Embedding) Visual Basic

Pengertian OLE


OLE adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan suatu obyek atau dokumen lain dihubungkan/ditanamkan di suatu program Visual Basic.

Dalam Visual Basic, control OLE ada beberapa jenis. Sebut saja Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) dan Microsoft DataGrid Control 6.0 (OLEDB) yang sering digunakan dalam pembuatan aplikasi database yang dikoneksikan dengan XAMPP MySQL. Juga control OLE untuk menambahkan/linking obyek berupa dokumen (Word, Excel, Powerpoint, dll.) ke dalam program yang dibuat.

Kelebihan OLEDB adalah mempunyai kemampuan dalam mengolah database lebih cepat, mudah digunakan dalam mengakses data dan juga lebih stabil.

Contoh program Visual Basic yang menggunakan OLE-DB.


1. Buka aplikasi Visual Basic yang telah diinstall.
2. Buat Project EXE baru di Visual Basic 6.0
3. Masukkan OLE ke dalam form window dan setting sesuai dengan gambar di bawah ini.
Object Linking and Embedding (OLE)
Object Linking and Embedding (OLE)
4. Buat tampilan form dengan 2 OLE dan 1 Label.

5. Silahkan running contoh program Visual Basic yang menggunakan OLE ini. Ketika icon dalam form tersebut diklik dua kali maka akan tampil dokumen yang telah dihubungkan/linking sebelumnya.
 Program Visual Basic Menggunakan OLE
Program Visual Basic Menggunakan OLE 
Sederhananya, OLE di Visual Basic ini bisa digunakan untuk menghubungkan VB dengan Word, Excel, atau pun Powerpoint. Bukan hanya menghubungkan dokumen yang telah ada tapi juga bisa digunakan untuk membuat suatu program yang terdapat fitur membuat dokumen di dalamnya (Menanamkan microsoft word, excel, atau powerpoint di dalam program.)

Penggunaan OLE ini sering dimanfaatkan dalam pembuatan aplikasi database menggunakan VB 6.0. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat cara menghubungkan ttt

Di artikel tersebut, selain membuat koneksi Visual Basic dengan XAMPP MySQL sebagai contoh aplikasi database, juga terdapat contoh penggunaan Control OLE dengan menggunakan components Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) dan Microsoft DataGrid Control 6.0 (OLEDB).

Jika Anda tidak bisa mengaktifkan DataGrid Control 6.0, penyebabnya adalah proses penginstalan software Visual Basic Anda belum komplit. Salah satu cara yang mengatasinya dengan menginstall ulang software Visual Basic.

Demikianlah cara menggunakan OLE (Object Linking dan Embedding) di Visual Basic 6.0. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!