Skip to main content

Manfaat E-business Secara Umum

Manfaat E-Business - Electronic Business telah menjadi media berbisnis bahkan sebelum era E-commerce yang baru diperkenalkan di tahun 1994 silam. Karena itulah, tidak salah jika hari ini, bisnis selalu dikaitkan dengan E-business yang memiliki banyak manfaat.

Manfaat E-business Secara Umum
Manfaat E-business Secara Umum

Tentu saja, banyak pelaku bisnis zaman dulu telah beralih dari cara bisnis konvensional manual ke proses E-business yang lebih menguntungkan karena didukung oleh sumber daya yang terotomatisasi.

Dan pebisnis yang lahir di zaman milenials akan kesulitan jika memulai bisnis tanpa alat elektronik, secara khusus internet yang tidak terpisahkan dengan kehidupan saat ini.

Apa Itu E-business?


E-business adalah segala bentuk kegiatan usaha/bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan bantuan elektronik. E-business bukan hanya tentang penjualan, pemasaran dan mendapatkan keuntungan tapi juga tentang manajemen, proses distribusi, pengoptimalan dan lain-lainnya.

E-commerce adalah satu dari banyak contoh E-business. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat dalam artikel Pengertian dan contoh E-business.

Manfaat E-business Secara Umum


Tidak panjang lebar, berikut beberapa manfaat E-business.

1. Jangkauan pasar lebih luas


E-business bukan hanya mencakup pasar nasional tapi juga pasar global. Keberadaan internet memungkinkan networking bisa dijalin bukan hanya antar kota, negara, tapi juga benua.

2. Menekan biaya produksi


Dari sisi perusahaan, keuntungan dari E-business adalah dapat menekan biaya produksi perusahaan. Seperti membuat produk lebih efisien dengan bantuan komputer.

Dalam proses pendistribusian barang pun, E-business lebih murah, efisien dan cepat.

3. Proses E-business lebih cepat


E-business di zaman sekarang adalah hal yang wajib bagi pelaku bisnis. Contohnya telah terbukti dengan adanya website E-commerce toko online yang memungkinkan penjual menjual produk atau jasa dengan lebih cepat.

Proses E-business lebih cepat juga bisa dilihat dari otomatisasi pembayaran. Tidak perlu ke ATM atau bank lagi untuk membayar produk yang dibeli dengan memanfaatkan mata uang elektronik dan sistem perbankan mobile.

4. Memberikan kesempatan kerja


Bagi masyarakat, peluang terciptanya lapangan pekerjaan semakin terbuka. Ada banyak peluang kerja dari tanpa modal, modal kecil sampai modal besar yang menguntungkan dan menjanjikan di internet.

Banyak pelaku bisnis saat ini yang hanya menghabiskan waktunya duduk di depan komputer dan menghasilkan uang yang lebih dari cukup untuk kebutuhan hidup.

Contohnya, menjadi seorang Blogger yang berpenghasilan tetap dari PPC iklan seperti iklan Google Adsense yang dipasang di blog/website.

5. Efisiensi managemen


Dengan E-business, managemen perusahaan atau bisnis bisa lebih efisien. Keuntungannya, produk atau jasa bisa lebih dioptimalkan sehingga pendapatan lebih meningkat.

6. Mitra bisnis bisa dengan mudah ditemukan


Dalam dunia bisnis, membangun networking, baik antar pebisnis maupun dengan konsumen adalah hal yang wajib.

Keuntungan menggunakan E-business adalah kesempatan untuk menemukan networking dan membangun kerja sama dengan mitra bisnis semakin terbuka lebar.

Contohnya memanfaatkan internet dan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Telegram, dan media sosial lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi secara online yang lebih menguntungkan.

Lihat juga Pengalaman Belanja di Tokopedia Aman 100% Barang Cepat Sampai

Manfaat E-business dari sisi perusahaan

  1. Jangkauan pasar luas lebih luas mencakup global.
  2. Biaya produksi bisa lebih ditekan (Beberapa jenis bisnis tidak membutuhkan modal bangunan fisik).
  3. Proses pendistribusian produk dan jasa lebih mudah.
  4. Efisiensi manajemen dari segi produksi yang terkomputerisasi, penjualan, manajemen karyawan.
Lihat juga 10 Perusahaan E-commerce di Indonesia yang Terbesar untuk online shopping.

Manfaat E-business bagi masyarakat

  1. Belajar E-business dan menjadi entrepreneur bisa di mana saja dengan memanfaatkan internet.
  2. Banyak pebisnis yang memulai E-business mandiri yang hari ini telah membangun perusahaan dan memiliki banyak karyawan.
  3. Peluang kerja baru tercipta dengan memanfaatkan internet. Bagi pemerintah, masalah pengangguran bisa ditekan dengan E-business.

Manfaat E-business bagi konsumen

  1. Belanja di rumah dapat mengurangi tingkat kemacetan.
  2. Cocok untuk yang sibuk kerja seperti bisa belajanja di website E-commerce 24 jam. 
  3. Lebih mudah menemukan barang dan jasa yang sesuai kebutuhan.
  4. Lebih murah dan hemat waktu dan biaya perjalanan.

Hambatan E-business


Dibalik manfaat dan keunggulan E-businness, tidak bisa dipungkiri bahwa ada kelemahan yang menjadi hambatan tersendiri.
  • Pengetahuan tentang teknologi dan informasi di desa atau negara berkembang sangat menghambat proses E-business. Solusinya adalah dengan selalu belajar tentang E-business.
  • Dalam berbisnis, baik offline maupun online termasuk E-business, yang paling sulit sebenarnya adalah membuat konsep. Konsep E-business menjadi tantangan tersendiri di tengah persaingan bisnis saat ini.
  • Persaingan E-business sangat keras. Bisnis yang bisa berkembang dan mampu bertahan adalah bisnis yang memberikan manfaat bagi banyak orang.
Lihat juga Cara belanja di Aliexpress melalui bank transfer

Itulah beberapa manfaat E-business, baik secara umum, bagi perusahaan, masyarakat dan konsumen. Semoga bermanfaat dan kita juga tetap belajar dari hambatan E-business agar bisa berkembang dan bertahan dalam waktu bersamaan.
  March 14, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close