Skip to main content

Layanan Sistem Operasi

Layanan Sistem Operasi - Pada dasarnya, fungsi sistem operasi bisa dianalogikan sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan antara dua atau beberapa tempat. Dalam sistem komputer, pengguna, hardware dan program aplikasi dijembatani oleh sistem operasi agar dapat bekerja sama.
Layanan Sistem Operasi
Layanan Sistem Operasi
Tujuan sistem operasi sebenarnya simple. Menyajikan tampilan yang terbaik dan ramah terhadap user komputer (User friendly). Karena itulah, struktur sistem operasi dibuat sedemikian rupa agar bisa memberikan kualitas pelayanan kepada pengguna komputer.

Sekedar mengingatkan saja, sistem operasi juga adalah bisnis besar dalam dunia komputer dan developer program. Karena itulah, perusahaan-perusahaan besar yang terlibat dalam perancangan sistem operasi mau tidak mau harus memberikan pelayanan terbaik kepada user. Jika tidak, mana ada yang mau pakai OS-nya.

Apa saja yang menjadi layanan sistem operasi? Setidaknya ada 9 layanan sistem operasi menurut tanenbaum, yaitu:

1. Pembuatan Program


Sistem operasi memberikan kemudahan bagi programmer dalam menulis program. Fasilitas dan layanan sistem operasi ini bekerja dengan cara mengakses proses debuger dari program yang dibuat tersebut.

Dengan fasilitas ini, suatu program dapat dengan mudah diatasi jika terjadi bug atau keselahan coding.

2. Eksekusi Program


Sistem operasi sebagai lapisan pertama memastikan semua tugas ditangani dengan baik. Salah satu layanan sistem operasi kepada user adalah load instruksi ke memori untuk dijalankan, baik itu oleh user maupun sistem.

3. Layanan Operasi Hardware I/O


Perangkat keras komputer pada dasarnya tidak dapat diakses secara langsung oleh user. Karena itulah, sistem operasi menjadi jembatan yang menyediakan mekanisme untuk operasi perangkat I/O oleh user.

Untuk melakukan operasi perangkat I/O, sistem operasi harus mengerti instruksi berupa signal control perangkat I/O tersebut.

4. Sistem Manipulasi Berkas


Sistem operasi juga memberikan layanan manipulasi berkas berupa penulisan, membaca, membuat, dan menghapus suatu berkas (File atau direktori).

Dalam manipulasi berkas tersebut, sistem operasi juga berperan sebagai pengontrol sekaligus memproteksi akses terhadap suatu file.

5. Komunikasi


Secara sederhana, sistem operasi juga bisa berperan dalam pertukaran data antar beberapa proses pada satu atau lebih komputer. Komunikasi antar komputer dilakukan melalui sistem jaringan.

Layanan sistem operasi berkaitan dengan komunikasi terbagi atas:

  • Cara berbagi memory (Share memory)
  • Cara pengiriman pesan (Message Passing)

6. Deteksi Error


Sistem operasi berfungsi juga untuk menjaga kestabilan sistem komputer dengan mendeteksi error yang terjadi pada suatu proses atau pun error pada perangkat keras (Hardware).

7. Deteksi dan Tanggapan Kesalahan


Sistem operasi dapat mendeteksi kesalahan yang ada di CPU, memmori, perangkat I/O atau pun pada sebuah program.

Deteksi kesalahan tersebut ditanggapi oleh sistem operasi dengan kotak dialog yang berisi informasi error ketika sebuah proses tidak bekerja dengan baik.

8. Efisiensi Sistem


Sistem operasi modern pada dasarnya memiliki fungsi untuk mengalokasikan dan menjamin akses sumber daya. Layanan sistem operasi berkaitan dengan efisiensi sistem meliputi:

  • Resource Allcator, yaitu mengalokasikan dan mendealokasikan sumber daya hardware/software pada saat program dieksekusi dengan tujuan menjaga kinerja sistem tetap berjalan dengan baik. Sistem operasi harus mampu memanajemen user dan proses yang dijalankan secara bersamaan.
  • Protection System, yaitu sistem operasi mengontrol dan menjamin keamanan akses sistem melalui sumber daya.

9. Accounting


Dalam bahasa Indonesia, accounting bisa diartikan pencatatan. Artinya, sistem operasi harus mampu membuat rekaman aktivitas pengguna dan membuat report mengenai pemakaian sumber daya tersebut.

Proses accounting sistem operasi akan memonitor kinerja sistem.

Semua layanan tersebut akan berfungsi pada sistem operasi yang terstruktur. Karena itulah, software yang bertugas sebagai jembatan yang menangani semua task ini harus dibangun dengan komponen sistem operasi modern terdistribusi yang handal sehingga dapat bekerja dengan baik dan memanjakan user komputer.

Lihat juga Pengertian Sistem Operasi dan Sejarah Singkat OS

Demikianlah layanan sistem operasi. Semoga bermanfaat!
  March 15, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close