Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iri Hati

Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iri Hati

Ilustrasi Khotbah Kristen Singkat - Dalam hidup, salah satu dosa yang muncul dari dalam hati manusia yang sering tidak disadari adalah iri hati. Kadang kita menginginkan kehidupan dan berkat yang orang lain miliki, yang pada akhirnya membuat kita tidak bahagia.
Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iri Hati
Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iri Hati

Salah satu cerita inspirasi singkat di bawah ini, yang mungkin juga sudah pernah kamu dengar bisa menjadi motivasi dalam hidup agar tidak berfokus pada apa yang orang lain miliki.
Yakobus 3:16
Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
Seorang raja yang sedang sakit parah meninggalkan warisan untuk kedua anaknya. Ketika raja meninggal, datanglah penasehat kerajaan memberikan masing-masing ke pangeran sesuai dengan haknya.

Anak sulung merasa bahwa adiknya mendapatkan warisan yang lebih banyak. Begitu pun sebaliknya, anak bungsu selalu melihat bahwa kakaknya mendapat warisan yang lebih besar.

Setiap hari terjadi perselisihan di antara kedua anak raja ini. Mengetahui hal ini, penasehat kerajaan tidak tinggal diam. Ia lalu memanggil kedua anak raja tersebut untuk berdiskusi.

Dalam pertemuan, mereka masing-masing menuding mendapatkan harta warisan yang lebih sedikit dan tidak adil. Dengan bijaknya, penasehat kerajaan mengajukan pertanyaan: "Jadi, apa yang kalian inginkan?"

Kedua pangeran tersebut menjawab dengan serentak: "Saya ingin harta warisan dibagikan seadil-adilnya!"

Penasehat kemudian melanjutkan perkataannya: "Baiklah, saya mengerti. Kalian ingin mendapatkan pembagian harta warisan yang adil kan?" 

Kedua pangeran mengangguk tanda setuju.

"Jika begitu, kalian harus mendengarkan dan menuruti apa yang menjadi keputusan saya." Sambung penasehat kerajaan yang disambut setuju meskipun ragu-ragu oleh kedua pangeran.

"Pangeran pertama, letakkan semua warisanmu di atas meja ini." Perintah penasehat kerajaan.

Pangeran pertama pun menyerahkan seluruh harta warisannya yang kemudian diletakkan di atas meja.

Kemudian, kepada pangeran kedua pun diperintahkan hal yang sama.

"Jika kalian saling menuding bahwa warisan yang kalian peroleh lebih sedikit, maka lakukan pertukaran." 

Kedua pangeran bersaudara itu saling memandang dan menyadari kalau ternyata, selama ini mereka memiliki maksud lain, yaitu ingin mendapatkan warisan lebih banyak dari yang lain.

Seringkali kita iri hati tapi tidak menyadarinya. Atau pun menyadarinya tapi berdalih dengan seribu macam alasan untuk membenarkan diri.

Sejarah mencatat bahwa iri hati telah menimbulkan berbagai macam kekacauan di dunia ini. Negara yang menjajah negara lain, penguasa yang saling menjatuhkan dalam dunia perpolitikan, sampai tetangga yang iri hati melihat rumput tetangganya lebih hijau.

Jangan berpikiran ke mana-mana. Mungkin saja, diri kita juga sedang iri hati terhadap kesuksesan seseorang.

Apakah iri hati itu berbahaya?

Sangat berbahaya. Iri hati adalah salah satu sikap mementingkan diri sendiri, namun lebih sulit untuk dideteksi. Dampak terburuk dari iri hati adalah hilangnya kebahagiaan.

Why? Karena iri hati membuat kita terlalu berfokus pada berkat-berkat yang hadir dalam kehidupan orang lain sehingga kita buta jika melihat berkat-berkat dalam hidup kita sendiri. Ujung-ujungnya, kita lupa bersyukur yang adalah kunci dari kebahagiaan.

Apakah kamu masih memiliki rasa iri hati? Singkirkan dan buanglah jauh-jauh. Setiap orang memiliki kesuksesan dan kebahagiaannya masing-masing. Karena itu, bersyukur adalah hal yang mutlak bagi mereka yang mau bahagia. Ada pepatah mengatakan, "Iri hati tanda tak mampu."

Semoga ilustrasi khotbah Kristen tentang iri hati ini bisa menjadi renungan hari ini yang bermanfaat. Penyebab iri hati adalah fokus kepada kenyamanan kehidupan orang lain.

Lihat juga Renungan Kristen Singkat, Perbedaan Neraka dan Surga
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!