Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iman Tanpa Perbuatan

Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iman Tanpa Perbuatan

Renungan Kristen Hari Ini - Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. Ayat dari kitab Yakobus ini merupakan salah satu bahan khotbah yang sangat terkenal di dalam Alkitab yang menyoroti kehidupan beriman setiap orang Kristen.
Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iman Tanpa Perbuatan
Ilustrasi Khotbah Kristen tentang Iman Tanpa Perbuatan
Tidak jarang, kita menutup mata iman yang sesungguhnya atas dasar keselamatan karena kasih karunia. Benar, kita diselamatkan karena kasih karunia, namun tanpa iman dalam perbuatan, artinya kita belum menerima karunia Allah yang luar biasa di dalam Yesus Kristus itu.

Sebuah ilustrasi singkat berikut ini yang sudah sering dijadikan bahan renungan namun masih sering kita lupakan yang sebenarnya bisa menjelaskan tentang iman tanpa perbuatan adalah mati.

Iman Tanpa Perbuatan Pada Hakekatnya adalah Mati (Yakobus 2:14-26)


17 Demikianlah juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Sudah satu tahun lamanya tidak turun hujan di sebuah desa terpencil. Penduduk desa tersebut mulai khawatir karena persediaan makanan dan air mereka semakin menipis.

Ketua adat mengumpulkan semua warganya untuk melakukan diskusi. Keputusan akhirnya diambil, bahwa besok kira-kira jam 3 sore, semua sudah harus berkumpul di lapangan untuk berdoa kepada Tuhan agar segera menurunkan hujan.

Sejak pagi, para warga pesimis karena melihat panas terik matahari. Namun ada yang berbeda dengan salah satu warga.

Tampak dia sedang sibuk menggarap kebunnya dan mempersiapkan bibit tanaman. Banyak warga yang menertawakannya.

Menjelang sore, semua sudah berkumpul di lapangan untuk berdoa kepada Tuhan meminta hujan.

Warga yang tadi menggarap kebunnya dan menyiapkan bibit tanaman lagi-lagi membuat warga desa heboh. Kali ini, dia datang dengan jas hujan lengkap dengan payung sekalipun matahari masih terik dan tidak ada tanda-tanda akan hujan.

Ketua adat membuka upacara dengan mengeluarkan mantel dan juga payung. Semua terdiam dan tidak berani menghina warga yang memakai mantel tersebut lagi.

Ketua adat: "Saya kecewa karena hanya saya dan satu warga saya yang benar-benar siap untuk menyambut datangnya hujan."

Ketua adat pun upacara dan meminta agar semua warga memohon hujan kepada Tuhan. Sudah 15 menit berlalu tapi tidak ada tanda-tanda akan hujan.

Banyak warga memang tidak bersungguh-sungguh karena cuaca yang cerah. Dan ada sebagian yang juga mengharapkan hujan namun mulai putus asa.

Namun, warga yang memakai jas mantel tersebut dan ketua adat tetap percaya dan bersungguh-sungguh. Akhirnya, setelah 1 jam langit berubah menjadi mendung dan terdengarlah petir sambar-menyambar.

Semua kaget dan bahagia. Rintik-rintik pun mulai turun dan langsung dilanjutkan dengan hujan deras.

"Aduh!!" Teriak salah satu warga yang merasakan benda padat jatuh di kepalanya. Ternyata hari itu bukan hanya hujan air biasa tapi juga hujan es.

Semua pulang dengan keadaan basah dan lebam di kepala kecuali warga yang telah bersiap menyambut hujan dengan mantel dan payung itu plus ketua adat.

Ayat 22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Karena sebuah kebohongan besar kalau seseorang mengatakan bahwa ia memiliki iman tapi tidak memiliki perbuatan. Atau dapatkah iman ditunjukkan tanpa perbuatan?

Tentu tidak. Iman adalah sesuatu yang harus dibuktikan, bukan hanya dengan perkataan tapi juga melalui tindakan nyata. Sebaliknya, kita tidak dapat berbuat jika tidak memiliki iman terlebih dahulu.

Dari ilustrasi di atas, kita belajar bahwa setiap pengharapan dengan iman yang teguh tidak akan mengecewakan. Salah satu bukti dari iman yang teguh seperti dalam firman Tuhan dari

Markus 11:24
"Karena itu Aku bertaka kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu."

Itulah iman. Sesuatu yang sulit untuk dijelaskan oleh scientist namun memiliki powerful yang luar biasa dahsyat dan memiliki kemampuan untuk mengalahkan dunia.

Marilah kita memiliki iman yang teguh di dalam Yesus Kristus dengan berdoa dan percaya bahwa apa yang kita minta telah diterima sehingga hal itu diberikan kepada kita.
Yakobus 2:26Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan adalah mati.
Jadi, perbuatan adalah buah dari iman, iman dilanjutkan dengan perbuatan.

Demikianlah ilustrasi khotbah Kristen tentang iman tanpa perbuatan. See you and God bless you!

Lihat juga Khotbah Kristen Singkat untuk Pemuda Berani Tampil Beda
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!