Skip to main content

Film Forrest Gump - Analisa, Sinopsis dan Quotes

Film Forrest Gump - Saya pertama kali mendengar tentang film Forrest Gump dalam video wisuda Jack Ma. Jack mengutip Forrest Gump Quotes yang sangat keren: "Life was like a box of chocolate. You never know what you're getting get."

Film Forrest Gump - Analisa, Sinopsis dan Quotes
Film Forrest Gump - Analisa, Sinopsis dan Quotes

Dari situlah, saya mulai mencari-cari informasi tentang film Forrest Gump ini. Dan memang tidak salah jika film ini menjadi salah satu film terbaik di dunia yang sangat direkomendasikan. Ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang berhasil diraih oleh film yang pemeran utamanya aktor ternama Tom Hanks (Sebagai Forrest Gump).

Karena itu, bagi kamu yang mengaku pecinta film, pasti kamu tidak akan melewatkan menonton film Foresst Gump ini.

Sinopsis Film Forrest Gump


Tom Hanks Forrest Gump
Tom Hanks Forrest Gump

Film Forrest Gump bercerita tentang seorang anak laki-laki yang memiliki keterbelakangan mental sejak kecil.

Cerita bermula dari Forrest Gump yang hanya tinggal bersama ibunya sejak kecil karena ayahnya meninggalkan mereka.

Ketika kecil, Forrest Gump memmiliki banyak kekurangan. Mulai dari kaki yang harus menggunakan penopang untuk berjalan dan juga kerapkali di cap sebagai orang bodoh.

Suatu hari, ibunya membawanya ke sekolah negeri. Namun IQ jongkok dengan skor 75 merupakan pertanda kalau ia tidak diterima di sekolah tersebut yang IQ standar kenormalan harus 80.

Ibunya berusaha keras dengan "segala cara" agar Forrest dapat masuk ke sekolah negeri. Pada akhirnya Forrest bisa masuk ke sekolah negeri.

Di sekolah, Forrest mengenal gadis bernama Jenny (Robin Wright Penn) yang ditinggal ibunya meninggal dan hidup bersama dengan ayahnya yang pemabuk.

Jenny kemudian menjadi teman baik Forrest yang sering terlihat bermain, belajar dan bercanda bersama. Namun cinta Forrest menjadi cinta tak berbalas.

Ternyata dibalik keterbatasan fisik, Forrest memiliki keistimewaan yang luar biasa. Ia memiliki kemampuan lari cepat.

Suatu hari, Forrest yang sudah duduk di Sekolah Menengah Atas diganggu oleh teman-temannya. Ia berlari dan menerobos masuk ke lapangan pertandingan American Football.

Pelatih klub Alabama yang melihat kemampuan lari cepat Forrest langsung merekrutnya masuk ke timnya.

Bersama klubnya tersebut, Forrest berhasil meraih banyak prestasi yang mengantarkannya sampai bisa lulus sarjana.

Setelah lulus sarjana, Forrest memutuskan untuk masuk ke dunia militer. Forrest kemudian dikirim ke Vietnam.

Ia kemudian bertemu dengan rekan barunya bernama Bubba, seorang pria Negro. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk menjalin persahabatan.

Bubba adalah seorang yang unik yang terobsesi dengan bisnis udang. Ia selalu tertarik dan mengajak Forrest untuk berbisnis udang saat mereka keluar dari militer.

Selain Bubba yang terobsesi menjadi kapten kapal udang, Forrest juga bertemu dengan Letnan Dann (Gary Sinise). Letnan Dan memiliki obsebsi yang aneh. Ia tertarik untuk mati di medan perang agar bisa mendapat medali kehormatan.

Suatu pagi, mereka diserang oleh Vietkong. Dengan kemampuan lari cepatnya, Forrest berhasil menolong banyak temanya, termasuk Bubba dan Letnan Dann. Namun Bubba tak terselamatkan.

Letnan Dann yang terobsesi mati di medan perang selalu menyalahkan Forrest karena menyelamatkannya. Terlebih Letnan Dann harus hidup dengan kondisi fisik yang tak lagi lengkap.

Karena jasanya dalam medan perang, Forrest kemudian dianugerahi 4 medali kehormatan.

Forrest yang juga menderita luka di bokongnya mulai belajar hal baru di rumah sakit. Forrest memiliki talenta baru bermain pong pong dan mewakili Amerika Serikat di pentas dunia.

Setelah selesai dengan perang Vietnam, Forrest bersama Letnan Dann yang kehilangan kakinya membeli sebuah kapal dan membangun sebuah usaha yang diimpikan Bubba.

Usaha tersebut pun diberi nama Bubba Gump Shirmp Corporation. Di awal berjalannya usaha, mereka tidak mendapat hasil apapun.

Sampai suatu hari semua kapal nelayan udang hancur diterjang ombak. Kecuali kapan Gump.

Kejadian tersebut membuat Forrest mendapatkan banyak udang dan berhasil mendirikan fasilitas umum seperti rumah sakit, juga gereja, dan tak lupa persenan kepada keluarga Bubba.

Di tengah-tengah kesuksesan bisnis udang Forrest dan Dann, kabar buruk datang dari ibu Forrest yang sekarat dan akhirnya meninggal.

Forrest pun mulai jarang ikut pelayaran dan memberikan Letnan Dann kelola penuh atas perusahaannya.

Suatu hari, Jenny kembali dan menemui Forrest yang kemudian dilamarnya. Namun Jenny menolak dengan alasan ia harus membuktikan cintanya kepadanya dengan tidur bersamanya.

Pagi-pagi benar, Jenny mengembalikan medali yang diberikan oleh Forrest dan pergi.

Forrest kemudian memutuskan untuk berlari dan melakukan sebuah perjalanan. Selama 3.5 tahun Forrest berlari, ia pun menjadi terkenal. Jenny kemudian melihatnya di koran dan media televisi.

Jenny kemudian mengunjungi Forrest dan menulis surat untuknya. Forrest yang sadar kalau ia tak akan menemukan seseorang hanya dengan berlari tanpa tujuan memutuskan untuk kembali.

Saat tiba di rumahnya kembali, Forrest mendapati surat dari Jenny yang berisi alamat Jenny tinggal dan memintanya untuk segera mengunjunginya.

Forrest langsung menuju ke apartemen Jenny. Di sana ia mendapati kalau Jenny telah memiliki anak. Setelah mengadakan percakapan singkat, ternyata itu adalah anak mereka berdua.

Forrest yang bahagia tak mampu menyembunyikan perasaannya. Meskipun ada rasa bersalah dalam dirinya. Namun Jenny tidak peduli akan hal itu.

Jenny memberitahukan kepada Forrest bahwa ia mengidap semacam virus dan dokter tak sanggup berbuat apa-apa (Kemungkinan AIDS).

Keluarga kecil tersebut kemudian kembali ke Greenbow, Alabama. Jenny meminta Forrest untuk menikahinya. Tetapi tak lama setelah menika, Jenny meninggal dunia.

Review Film Forrest Gump 1994


 Sinopsis Film Forrest Gump
Sinopsis Film Forrest Gump
  • Sutradara : Robert Zemeckis
  • Penulis Skenario : Winston Groom, Eric Roth
  • Adaptasi dari : Novel Forrest Gump Karya Winston Groom
  • Pemeran : Tom Hanks (Forrest Gump), Rebecca Williams, Sally Field, Michael Conner Humphreys
  • Genre : Drama Romance
  • Durasi : 142 menit
  • Tanggal Rilis : 23 Juni 1994 (Los Angeles), 6 Juli 1994 (Amerika Serikat)

Forrest Gump adalah salah satu film drama Amerika Serikat tahun 1994 yang berhasil meraih banyak penghargaan. Tercatat film ini meraih 13 nominasi Academy Awards dan menang 6 penghargaan, seperti film terbaik, sutradara terbaik, dan aktor terbaik.

Kesukesan Film yang diadaptasi dari novel Forrest Gump tahun 1986 karya Winston Groom ini juga mengantarkan film ini menjadi film terlaris di Amerika Utara pada tahun perilisannya.

Film ini terkenal sebagai film inspiratif terbaik dan paling menyentuh. Ada banyak quotes Forrest Gump tentang kehidupan yang sangat menusuk.

Selain itu, sosok Forrest Gump yang menciptakan banyak prestasi namun seakan tidak sadar dengan semua pencapaian tersebut menyadarkan banyak orang tentang kesuksesan yang sejati.

Dari informasi terbaru, film Forrest Gump juga akan diadaptasi ke film Bollywood berjudul "Lal Singh Chadha" yang dibintangi oleh aktor ternama India, Aamir Khan.

Analisa Film Forrest Gump


Film ini sukses menjadikan seorang Tom Hanks menjadi Forrest Gump yang sama seperti di novel. Bayangkan, saking kerennya film Forrest Gump ini, banyak yang berspekulasi kalau film ini lebih baik dari pada novel itu sendiri.

Kostum yang digunakan oleh pemainnya sangat sesuai dengan cerita yang diangkat. Sebagai contoh, tokoh Forrest Gump yang selalu mengenakan baju kemeca dan memasukkan celana ke dalam baju yang sukses memberikan gambaran tentang karakter sosok Gump.

Dari segi cinematography, film Forrest Gump ini sangat menarik. Dilengkapi dengan teknik pencahayaan (ligthing) yang keren membuat film ini disajikan dengan sangat indah.

Cara mengambil gambar dan proses editing yang bersih membuat film ini berhasil membawa penonton larut ke dalam dunia Forrest Gump.

Dari segi penggunaan sound dan latar, juga sangat bagus dan menawan. Intinya, film ini sukses menceritakan kembali kisah yang ada di novel Winston Groom dengan sangat baik dari awal sampai akhir.

Forrest Gump Quotes


Selain ceritanya yang menarik, film Forrest Gump juga memberikan banyak quotes yang mudah diingat dan menjadi inspirasi sebagian besar orang.

Seperti 2 quotes berikut ini yang sangat fenomenal dalam film Forrest Gump ini.
  1. "Death is just a part of Life"
  2. "Life Was Like A Box Chocolates. You Never Know What You’re Gonna Get"
Saya sangat suka ungkapan dari Forrest Gump yang terakhir ini : "My mama always said life was like a box of chocolates. You never know what you're getting get."

Makna quotes tersebut sesuai dengan alur cerita film Forrest Gump yang mengalir begitu saja dan sulit ditebak. Demikianlah kehidupan kita yang penuh dengan kejutan.

Masih banyak kata-kata bijak dalam Film Forrest Gump. Selengkapnya bisa kamu temukan dalam Forrest Gump Quotes Full Inspirations.

Lihat juga Sinopsis Film The Billionare Thailand (Top Secret Tae Kae Noi)

Demikianlah artikel tentang film Forrest Gump tentang analisa, review, sinopsis dan quotes yang keren. Semoga bermanfaat.
  March 15, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close