Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk 100% Work

Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk 100% Work

Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk - Setelah 5 jam berlalu akhirnya masalah "Windows cannot be installed to this disk the disk may fail soon" berhasil diatasi 100% work. Ceritanya begini nih, ada laptop teman yang katanya mau diinstall ulang Windows 7. Oke, kalau cuma install ulang Windows sih tidak masalah. Begitu pikir saya.
Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk 100% Work
Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk 100% Work
Setelah tiba laptop Thosiba Satelite C600 di depan saya, langsung saja proses penginstalan dimulai. DVD bootable Windows 7 yang biasa saya gunakan pun di masukkan ke dalam DVD ROM.

Masuk BIOS setting prioritas dari HDD menjadi CD/DVD installer Windows 7. Setelah format partisi System C, kemudian lanjut menginstall, ada pesan yang tidak biasa: "Windows cannot be installed to this disk. The disk may fail soon. If other hard disk are available, install Windows to another location."
Windows cannot be installed to this disk. The disk may fail soon. If other hard disk are available, install Windows to another location.
Windows cannot be installed to this disk.
Kaget juga. Barusan dapat masalah baru nih. Setelah Googling untuk mencoba memecahkan masalah ini, ada banyak pendapat dan jawaban.

1. "Windows cannot be installed to this disk the disk may fail soon..." menandakan kondisi hard disk yang sudah tua atau pun mengalami masalah. Informasi kesehatan harddisk, S.M.A.R.T adalah sebuah fitur dari Windows yang mendeteksi kesehatan HDD.

Ada yang nyaranin agar ganti HDD baru karena pesan tersebut merupakan masalah serius yang dialami oleh HDD yang kritis dan dideteksi oleh Windows. Wow, tapi saya belum gunakan cara ini. Hardisk mahal dan juga bukan laptop saya.

2. Ada yang bilang DVD/Flashdisk Bootable-nya yang bermasalah karena format HDD-nya GPT dan bukan MBR. Kalau bootable DVD formatnya GPT. Karena ada yang format bawaan harddisk memang MBR dan saat ini tipe HDD kebanyakan format UEFI. Atau apalah, pendapat ini juga banyak tapi saya tahu ini tidak seperti masalah yang saya hadapi saat ini.

Jadi, di sini ada yang nyaranin untuk boot pakai flashdisk aja. Tapi berhubung saya tidak punya flashdisk, saya pun belum mengikuti cara ini. Terlebih dari dulu pakai DVD bootable untuk Windows lancar aman jaya aja.

3. Partisi ulang Hardisk. Kemungkinan ada badsector. Cek badsector HDD bisa dengan scan menggunakan HDD regenerator.

Backup data penting kemudian format hdd dengan low level format tool. Backup data di Hardisk terlebih dahulu kemudian hapus partisi dan buat partisi baru.

Intinya menghapus semua partisi yang ada sehingga menjadi unalocated. Kemudian create partisi baru dengan ukuran yang diinginkan. C, D dan E jika kapasitas hard disk cukup besar. Dan untuk C sebagai lokasi install sistem operasi Windows yang baru, ukurannya bisa sekitar 60 GB aja. Tergantung Anda.

Langkah diskpart ini saya lakukan karena dirasa sudah tidak ada jalan lain. Delete semua partisi yang ada dan buat partisi baru. Kemudian install lagi.

Awal Munculnya Pesan Windows Cannot be Installed to This Disk...


Pertama install laptop yang muncul pesan error ini tidak saya perhatikan. Saya kemudian mencoba menginstall tapi sudah beberapa menit dan expanding Windows files 0% aja. Akhirnya saya batalkan kembali proses penginstalan dengan asumsi DVD bootable sudah rusak.

Kemudian saya mencoba burning DVD baru lagi untuk media installer Windows 7. Saya menggunakan DVD ini untuk bootable tapi tetap sama saja. DVD baru ini tetap 0%.

Dan akhirnya muncul error baru lagi saat proses install gagal.
Windows cannot install required files. The file may be corrupt or missing. Make sure all files required for installation are available and restart the installation Error code: 0x80070017.
Windows cannot install required files. The file may be corrupt or missing. Make sure all files required for installation are available and restart the installation Error code: 0x80070017.
Windows cannot install required files
Akhirnya saya melihat ada pesan windows cannot be installed to this disk. The disk may fail soon...

Setelah baca-baca di Google saya kemudian menghapus semua partisi kemudian membuat partisi baru.

Tidak menyerah sampai di situ, saya mencoba menggunakan DVD bootable yang biasa saya gunakan.

Setelah masuk partisi lagi, saya format ulang partisi untuk system C kemudian mencoba menginstall Windows seperti biasanya.

Memang masih ada pesan Windows Cannot be Installed to This Disk. The disk may fail soon. If other hard disk are available, install Windows to another location.

Tapi saya paksa aja untuk melanjutkan proses penginstalan seperti biasanya. Setelah kurang dari 5 menit, akhirnya 0% berubah menjadi 1% dan seterusnya sampai 100% dan akhirnya sukses install Windows 7 di laptop tersebut. Problem fix!

Langkah-langkah Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk

  1. Berdoa terlebih dahulu karena itu kuncinya.
  2. Backup data penting terlebih dahulu yang ada di semua partisi. Karena teman saya bilang tidak ada data yang penting jadi saya tidak melakukan backup.
  3. Delete semua partisi sehingga menjadi unalocated disk. Kemudian create partisi baru kembali. Untuk system C partisi untuk install Windows 7 OS, ukurannya saya gunakan 60 GB.
  4. Setelah partisi ulang selesai, install laptop seperti biasanya. Tidak peduli ada pesan Windows Cannot be Installed to This Disk, saya lanjutkan saja proses instalasi sampai sukses 100%.
  5. Berdoa untuk mengucap syukur kepada Tuhan.
Kurang lebih seperti itulah langkah-langkahnya jika gagal menginstall Windows dengan pesan seperti di atas. Ternyata partisi ulang kemungkinan yang paling besar untuk berhasil karena kemungkinan terjadi bad sector pada harddisk.

Setelah sukses install ulang, kadang ada peringatan bahwa hardisk bermasalah. Jadi, bisa dikatakan, masalah seperti ini kemungkinan disebabkan oleh harddisk. Tapi tetap bisa diatasi tanpa harus ganti hardisk.

Lihat juga Cara Install Windows 7 Lengkap Dengan Gambar

Demikianlah cara mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk. Cara ini sukses diterapkan saat mencoba install Windows 7 di Thosiba Setelite C600. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!