Skip to main content

11 Contoh Bisnis Tak Kenal Musim dan Tidak Pernah Sepi

Contoh Bisnis Tak Kenal Musim - Hari ini cuaca lagi mendung nih. Tapi saya bingung, ini lagi musim hujan atau musim kemarau ya? Di era milenials seperti sekarang ini, berbicara tentang musim pun kita tidak bisa lepas dari yang namanya usaha dan bisnis. Yups! Ada banyak bisnis yang hanya ramai ketika ada event. Seperti atribut piala dunia 2018 yang hanya laris musiman.
11 Contoh Bisnis Tak Kenal Musim dan Tidak Pernah Sepi
11 Contoh Bisnis Tak Kenal Musim dan Tidak Pernah Sepi 
Bagi seorang pebisnis, mengetahui antara bisnis musim dan bisnis yang tak pernah mati merupakan sangat penting. Jangan sampai, kita menekuni bisnis musiman yang hanya ramai di saat-saat tertentu yang pada akhirnya akan sepi ketika waktunya sudah lewat.

Untuk menghindarinya, berikut beberapa ide bisnis yang tak kenal musim dan tidak pernah sepi dengan modal kecil yang cocok untuk semua musim.

1. Usaha Jual Gas Elpiji


Sekitar 10 tahun yang lalu, di desa saya hanya orang-orang menengah ke atas yang menggunakan gas elpiji untuk memasak.

Namun sekarang, bisa dikatakan semua rumah memiliki kompor gas. Dan tak jarang stok gas elpiji langka dan sulit didapatkan.

Karena itu, ide bisnis yang tak kenal musim dan tidak akan pernah sepi dan menguntungkan adalah usaha jual gas elpiji. Lagi pula, usaha rumahan yang satu ini tidak terlalu sulit dijalankan.

2. Usaha Bengkel


Usaha yang juga tidak kenal musim berikutnya adalah usaha bengkel. Mulai dari tambal ban, ganti oli sampai pengerjaan yang berkaitan dengan montir profesional saat ini sangat dibutuhkan di semua tempat.

Contoh nyata yang bisa kita lihat saat ini adalah di kota-kota saat ini ada begitu banyak bengkel motor yang berdiri berdekatan. Bukan hanya itu, produksi motor dan tingkat permintaan terhadap kendaraan roda 2 ini juga semakin hari semakin meningkat. Kalau tidak percaya, silahkan datang ke dealer langsung di kota Anda :)

3. Usaha Percetakan Foto/Printer/Fotocopy


Semakin banyak siswa sekolah, usaha percetakan foto juga tidak pernah sepi. Malah semakin ramai.

Dengan menjalankan usaha percetakan foto modal kecil, kita sudah bisa menjalankan bisnis yang tak kenal musim ini.

Modal awal yang dibutuhkan bisa berupa laptop dan printer. Jika memungkinkan perbanyak printer aja. Terutama jika kerjanya kebanyakan cetak foto maka Printer merk Epson adalah pilihan yang tepat dan cukup awet.

Di beberapa daerah sepi namun sudah ada sekolah, usaha printer dan percetakan foto ini termasuk contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Lihat juga 10 Usaha di Daerah Sepi yang Menjanjikan

4. Usaha Warung Sembako


Kalau ini sih tidak perlu dijelaskan lagi. Bisa dikatakan warung sembako dan toko kelontong adalah salah satu top ide bisnis yang tidak kenal musim.

Agar warung selalu ramai, berikan pelayanan yang terbaik. Dan satu lagi, agar tidak sepi pastikan lokasi warung strategis.

Ada yang bilang, usaha akan sukses jika bermanfaat. Dan usaha warung sembako adalah usaha kebutuhan pokok manusia yang pastinya memberikan banyak manfaat bagi tetangga sekitar.

5. Bisnis Ramuan/Obat Herbal


Anda mau sakit? Saya tidak, dan saya yakin kamu juga tidak.

Namun meskipun kita tidak ingin sakit, kadang penyakit datang tanpa diduga dan disadari. Entah gaya hidup kebiasaan buruk atau pun lainnya. Kita tidak tidak tahu.

Kesehatan bisa dikatakan adalah segalanya. Karena itu, ide bisnis yang juga cocok dilakukan adalah bisnis di bidang kesehatan yang tak kenal musim.

Agar tak kenal musim, kita bisa memilih bisnis kesehatan yang tidak perlu orang sakit. Bisa dengan menjual ramuan/obat herbal.

Contohnya aja jamu yang bermanfaat untuk kesehatan dan lain-lain. Tidak perlu sakit untuk mengkomsumsinya.

6. Bisnis Pakaian


Saya tidak habis pikir namun itulah kenyataannya. Kebiasaan berbelanja pakaian juga merupakan hobi yang menyenangkan bagi orang pada umumnya.

Karena itu, bisnis pakaian ini pun bisa dikatakan bisnis yang tak kenal musim. Untuk memaksimalkan pemasukan, perlu diketahui bahwa bisnis fashion akan lebih ramai pada hari-hari tertentu.

Contoh saat menjelang hari-hari raya seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru. Contoh lainnya seperti pada saat hari kemerdekaan Agustus atau pun event-event besar seperti piala dunia atau pun piala AFF. Atribut tentang sepak bola akan lebih laris.

Jika tertarik bisnis pakaian, silahkan lihat Cara Bisnis Online Baju dari Nol

7. Jual Pulsa Seluler


Saat ini, jika dalam 1 rumah ada 5 orang, maka kemungkinan besar semuanya memiliki hp. Bahkan tidak jarang ada yang memiliki 2 kartu operator seluler.

Karena itulah, jual pulsa juga masuk kategori bisnis tak kenal musim dan tidak akan pernah sepi. Meskipun banyak yang jualan pulsa, mereka yang konsisten dan bertahan pasti akan selalu ramai dan tidak akan sepi pelanggan.

8. Agen Pembayaran Tagihan


Apa yang tidak bisa dihindari sekalipun sedang krisis? Ya, itu adalah Tagihan. Mau tidak mau tagihan harus dibayar. Misalnya saja tagihan seperti listrik, PDAM, tv berlangganan, BPJS.

Melihat kenyataan tersebut, menjadi agen pembayaran tagihan merupakan ide usaha yang tak kenal musim dan tahan terhadap krisis. Mau tidak mau harus bayar :)

Untuk menjadi agen pembayaran tagihan, kita bisa memulai dengan bermodalkan hp android dan menggunakan aplikasi PPOB sekaligus aplikasi jual pulsa seperti Payfazz.

9. Usaha Kecil-kecilan Jual BBM


Kalau hp tidak ada pulsanya tetap masih bisa digunakan. Bisa menggunakan fasilitas Collect SMS, Miscall dan lainnya :)

Tapi kalau kendaraan tidak memiliki bahan bakar, sama saja tidak memiliki kendaraan. Percuma, gak bisa jalan juga.

Karena itu, usaha kecil-kecilan jual bahan bakar kendaraan seperti bensin dan pertalite termasuk ide usaha yang tidak kenal musim.

Di desa saya aja yang mayoritas petani, saat musim menanam tiba, tidakp peduli lagi krisis atau gak punya modal, traktor harus tetap beroperasi.

Dari sini, bisa dipastikan kalau usaha yang tahan terhadap krisis yang cocok di desa adalah jual BBM.

10. Usaha Kuliner Tak Pernah Sepi


Di bulan puasa aja usaha kuliner semakin laris menjelang buka, apalagi hari biasanya. Usaha kuliner adalah usaha yang tidak tergantung msuim.

Selama yang hidup masih butuh makan, maka usaha kuliner tidak ada matinya. Hanya saja, kadang ada yang gagal menjalankan usaha kuliner. Itu biasa terjadi.

Karena itu, tidak salah jika usaha kuliner termasuk ke dalam ide bisnis yang tak kenal musim dan tidak akan sepi, selama makanannya lebih enak dari pesaing.

Contoh sederhannya bisa dengan berjualan bakso pada siang hari atau pun gorengan pada sore hari. Atau pun jika kamu hidup di daerah wisata maka makanan khas, oleh-oleh daerah bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Jajanan tak kenal musim seperti itu tidak akan membuat rugi.

Bisnis kuliner juga termasuk usaha yang bisa dikembangkan. Meskipun persaingan dunia usaha kuliner cukup tinggi, namun banyak yang bisa bertahan dan sukses. Kuncinya sederhana, murah, unik, lezat dan bersih.

11. Ide Bisnis Online yang Menjanjikan


Jika sudah berbicara tentang bisnis online, maka ruang dan waktu bukan lagi penghalang untuk memulai usaha yang menguntungkan.

Ada banyak contoh bisnis online yang cocok dijalankan di rumah sekalipun tanpa modal. Misalnya saja menjadi Blogger yang pekerjaannya hanya menulis.

Memulai menjadi blogger hanya bermodalkan laptop dan kuota internet. Termasuk beli domain dan hosting. Tapi untuk pemula, bisa memulai usaha online tanpa modal ini dengan menulis pengalaman.

Sebagai catatan saja, ide bisnis tak kenal musim ini tidak cocok untuk orang yang ingin cepat kaya. Karena membangun sebuah blog ini butuh perjuangan dan proses yang panjang.

Namun jika kamu lebih tertarik dengan usaha yang menjanjikan di kemudian hari dan sepanjang zaman, maka menjadi seorang Blogger adalah salah satu pilihan terbaik.

Contoh ide bisnis tak kenal musim di atas bukanlah usaha yang langka. Hanya saja, beberapa usaha tersebut memang masih kurang pesaing di beberapa daerah, seperti di desa berkembang.

Semua bisnis besar berawal dari ide bisnis kecil-kecilan. Jika menjalankan usaha kecil-kecilan yang menghasilkan  menguntungkan saja masih sulit, bagaimana dengan usaha modal besar dan persaingan tinggi?

Lihat juga 20 Usaha yang menguntungkan di desa dengan modal kecil

Demikianlah ide bisnis tak kenal musim dan tidak pernah sepi yang cocok dilakukan di desa berkembang. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

Gambar SINDONews
  March 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close