Skip to main content

5 Bisnis Anak Sekolah Tanpa Modal Yang Menguntungkan

Bisnis anak sekolah tanpa modal - Saat SMA, saya bangga lho melihat teman-teman yang sudah bisa memiliki bisnis sampingan sendiri. Ada yang jualan pulsa, ada yang bisnis online dan banyak bisnis lainnya.
5 Bisnis Anak Sekolah Tanpa Modal Yang Menguntungkan
5 Bisnis Anak Sekolah Tanpa Modal Yang Menguntungkan
Dari pengamatan saya tentang anak sekolah yang memulai bisnis, ternyata ada beberapa yang mulai tanpa modal. Dan ada beberapa yang dapat modal dari uang jajan yang ditabung dan sebagian lagi dapat modal dari orang tua untuk menjalankan usaha kecil-kecilan.

Jika kamu anak sekolah yang juga mau punya penghasilan tambahan untuk jajan, kamu bisa coba beberapa bisnis anak sekolah tanpa modal di bawah ini.

1. Penjaga Toko Kelontong


Aduh, gara-gara bisnis yang satu ini jadi ingat sama novel best seller karya Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi. Jika dalam novel tersebut tokoh A Ling tidak sekolah, ternyata di dunia nyata ada banyak anak sekolah yang menekuni bisnis tanpa modal tersebut.

Menjadi penjaga toko kelontong banyak dilakukan oleh anak sekolah. Ada yang memang karena warung tersebut milik orang tuanya ada juga yang menawarkan diri ke pemilik toko kelontong yang sudah ingin pensiun.

Jadi, anak sekolah ini belajar bisnis dari toko kelontong dan mendapat upah uang jajan dari pemilik toko kelontong. Biasanya sih, tokonya masih punya keluarga atau pun memang orang yang dikenal di desa.

Bisnis untuk anak sekolah ini cocok dijalankan untuk anak SD dan SMP. Selain menjadi penjaga toko kelontong, kamu juga bisa usaha sampingan menjual pulsa seluler sendiri atas nama kamu. Hanya jika toko kelontong itu tidak menjual pulsa.

Menjual pulsa seluler juga banyak dilakukan oleh anak SMA dan mahasiswa lho.

Lihat juga 17 Contoh Bisnis untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan

2. Menjual Es


Bisnis anak sekolah yang dilakukan oleh dua orang bersaudara bernama Upin dan Ipin ini sukses mengalahkan ayam goreng Mail.

Tentu saja, inspirasi animasi Upin dan Ipin tersebut juga berasal dari dunia nyata kehidupan anak sekolah. Dulu waktu masih SD, ada teman yang menjual es pelangi, es kue, es tontong, dan banyak jenis es lagi.

Dan yang paling enak adalah es kue. Jika ada yang jual pasti saya beli lagi untuk nostalgia.

Ide bisnis anak sekolahan jual es ini cocok untuk siapa saja. Target pasarnya pun anak-anak sekolah tingkat SD dan SMP. Bahkan untuk jenis es kue yang rasanya enak, siapapun akan menyukainya.

Masih ingat dulu di jaman sekolah, es kue inilah produk dagang yang cepat laku. Modalnya dari orang tua dulu ya :)

3. Jualan Kue Basah


Bukan hanya ibu rumah tangga yang sukses jualan kue basah. Beberapa teman saya ditingkat sekolah menengah atas pun ada yang sukses jual kue basah di sekolah.

Selain di sekolah, ada juga yang jual keliling saat sore hari atau saat hari libur.

Untuk target pasarnya pun sebenarnya umum. Jadi bisa dikatakan kue basah yang murah meriah ini akan cepat laku.

Jika tidak tahu buat kue basah, kamu bisa mulai dari jualan roti yang sudah ada aja. Banyak kok, usaha rumahan saat ini yang sudah memproduksi roti sendiri.

Kamu bisa menawarkan diri untuk menjual produk mereka kepada konsumen.

4. Bisnis Online Dropshipper Tanpa Modal


Era 21 adalah zaman generasi milenals yang identik dengan ketergantungan pada smartphone androidnya.

Tidak sedikit teman-teman saya dari SMA, SMA, sampai mahasiswa yang menjadi salah satu bagian usaha dropshipper berbisnis online. Dropshipper merupakan bisnis sampingan tanpa modal dan gratis

Bisnis modal Hp ini sangat cocok dilakukan oleh siapa pun. Terutama anak sekolah, tempat belajar sehari-hari adalah target pasar yang empuk.

Yang perlu diperhatikan adalah produk yang dijual. Kamu harus tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh anak sekolah. Tiap tingkat beda-beda kebutuhan ya. Misalnya anak SMA dan mahasiswa, orang yang satu dengan yang lain juga beda selera.

Karena itu, sebelum memulai bisnis online dropshipper tanpa modal, sebaiknya mulai dari riset kecil-kecilan. Seperti ukuran sepatu, warna kesukaan, dan lain-lain. Dari situ kita bisa meningkatkan hasil penjualan saat memulai memasarkan produk.

Selan menjadi dropshipper, sebenarnya ada banyak jenis bisnis online yang bisa kamu tekuni sebagai mahasiswa atau pun anak sekolah. Mulai dari admin sosial media, endorsment, menjadi Youtuber, sampai menjadi pekerja lepas freelance.

5. Menjadi Penulis Blog


Kamu yang bisa bersekolah dan biaya serta jajan ditanggung orang tua sebenarnya punya kebebasan untuk fokus sekolah dan tidak berpikir ke arah bisnis terlebih dahulu.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan saat ini adalah menjadi penulis blog. Ini sangat penting. Karena ketika kamu memikirkan Adsense dan SEO dalam membangun blog sebagai blogger pemula maka kamu tidak akan sampai pada berpenghasilan.

Jadi, masa-masa sekolah kamu gunakan waktu luangmu untuk belajar dan menghasilkan karya-karya tulis terbaikmu. Daripada main Facebook terus menerus lebih baik kamu mengasah kemampuan menulismu dan tuangkan dalam blogmu.

Jika kamu terus konsisten, bukan tidak mungkin, tamat SMA nanti kamu sudah bisa masuk ke perguruan tinggi favoritmu dan menjadi mahasiswa berpenghasilan sendiri.

Tapi kamu anak sekolah yang mau berbisnis dan ingin cepat kaya maka menjadi blogger bukanlah alternatif usaha online yang baik. Karena perjuangan membangun blog itu bisa lebih dari 1 tahun bagi kamu yang baru kenal dunia Blogging.

Kamu sebagai pelajar yang hidup di lingkungan sekolah memiliki nilai plus untuk berbisnis, yaitu memiliki target pasar yang beragam.

Contoh usaha tanpa modal di atas akan mengantarkanmu jadi pengusaha dan seorang entreprenur suatu hari nanti. Saya yakin kalau belum ada anak 12 tahun ke bawah ini yang membaca tulisan ini. Jadi, ini bisa menjadi tips buat orang tua yang ingin melihat anaknya menjadi seorang pengusaha besar suatu hari nanti.

Lihat juga 6 Lebih Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Demikianlah bisnis anak sekolah tanpa modal yang menguntungkan. Rahasia peluang usaha buat anak sekolahan adalah belajar!
  March 16, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close