Ayat Alkitab untuk Anak Sekolah Minggu

Ayat Alkitab untuk Anak Sekolah Minggu

Ayat Alkitab untuk anak sekolah minggu - Bagaimana mendidik anak-anak agar menjadi anak terang? Jawabannya hanya satu, memperkenalkan firman Tuhan kepada anak sejak kecil. Bahkan sebelum memasuki Sekolah Minggu, anak-anak sudah didik oleh orang tua.
Ayat Alkitab untuk Anak Sekolah Minggu
Ayat Alkitab untuk Anak Sekolah Minggu

Bagi Anda sebagai orang tua atau pelayan (Guru Sekolah Minggu), berikut beberapa ayat Alkitab untuk anak sekolah Minggu yang penuh dengan didikan.

Ayat Alkitab tentang Mendidik Anak


Ulangan 6:6-9
6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,

7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

8 Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu,

9 dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.

Itu adalah ayat emas Alkitab perjanjian lama yang sangat baik untuk mengingatkan kepada orang tua untuk selalu mengajarkan dan mendidik anak sesuai dengan firman Tuhan.

Mazmur 127:3-4

3 Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah.

4 Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.

Ayat ini merupakan nasehat untuk anak sekaligus untuk orang tua. Anak harus memahami bahwa mereka adalah milik pusaka Tuhan dan bagi orang tua, anak adalah anugerah.

Pada ayat 4, demikianlah seorang pemuda pada masa mudanya. Ia bagaikan anak panah yang siap melesat untuk mencapai cita-cita.

Amsal 1:7-8
7 Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

8 Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu.

Sejak kecil, anak harus diajarkan tentang takut akan Tuhan dan selalu taat pada didikan orang tua. Karena itu, orang tua harus benar-benar dibekali dengan hikmat sebelum membina rumah tangga agar bisa mendidik anak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Amsal 17:6
Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.
Amsal 22:6Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Ayat ini termasuk ayat hafalan Alkitab, bukan hanya bagi pemuda tapi secara khusus untuk orang tua. Apa yang diajarkan pada anak-anak adalah yang menentukan masa depannya. Dan bukan hanya melalui kata-kata, karena mereka lebih mudah memahami dari melihat.

Amsal 22:15
Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya.

Seperti itulah orang muda. Mereka adalah insan yang kurang pengalaman sehingga mudah terjatuh. Karena itu, pentingnya pendidikan bagi anak-anak untuk mengusir kebodohan.

Pesan bagi orang tua, pendidikan bukan hanya pendidikan formal tetapi lebih ke pendidikan takut akan Tuhan. Banyak anak-anak yang berhasil meraih kesuksesan sampai ke pendidikan tinggi tapi pada akhirnya, mereka adalah orang-orang yang merugikan negara.

Pastikan juga untuk mendidik anak-anak tentang kasih dari Matius 22:34-40 (Hukum yang Terutama)

Matius 18:10
Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Markus 9:37
Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku.

Lukas 6:31
Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Itu adalah salah satu ayat untuk menjadi anak-anak terang.

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 3:16 adalah salah satu ayat hafalan paling populer bagi orang Kristen. Ini cocok juga menjadi ayat hafalan Natal sekolah minggu agar semakin mengenal siapa Yesus yang sesungguhnya.

Yohanes 15:5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Galatia 5:22-23
22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak adak hukum yang menentang hal-hal itu.

Ini adalah dasar dari semua perilaku yang berkenan kepada Tuhan, karena buah Roh sangat manis.

Efesus 6:1-3
1 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian

2 Hormatilah ayahmu dan ibumu - ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini:

3 Supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Efesus 6:4
Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Kolose 3:20
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

Kolose 3:21
Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

2 Timotius 3:14-15

14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu

15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Yakobus 4:17
Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

1 Petrus 2:2-3
2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

3 jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan.

3 Yohanes 1:4 
Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

Itu adalah harapan semua orang tua sehingga kita sebagai anak-anak juga harus berpegang teguh pada setiap perjuangan orang tua.

Sekali lagi, didiklah anak-anak kita agar menjadi anak terang. Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan untuk pelayanan dengan mendidik orang-orang muda karena merekalah generasi masa depan. Sejak kapan? Sejak dari kandungan, mereka harus selalu didik di dalam Tuhan.

Lihat juga Ayat Alkitab tentang Pacaran dan Jodoh Masa Depan

Demikianlah ayat-ayat Alkitab tentang mendidik anak sekolah minggu. Karena apa yang kita ajarkan kepada anak-anak akan menentukan masa depan kita orang tuanya, gereja, dan negara. So, pastikan berikan yang terbaik, terutama dalam hal takut akan Tuhan.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!