Ayat Alkitab tentang Pacaran, Jodoh dan Pasangan Hidup

Ayat Alkitab tentang Pacaran, Jodoh dan Pasangan Hidup

Ayat Alkitab tentang Pasangan Hidup - Saya pernah mendengar ungkapan tentang garis tangan. Kita bisa menggemgam garis di telapak tangan kita tetapi tidak semuanya, masih ada garis yang terlihat. Garis yang bisa kita usahakan adalah semua yang bisa diusahakan dalam hidup, yaitu jodoh atau pasangan hidup, pekerjaan atau karir, dan lain-lain. Sementara garis yang tidak dapat kita genggam adalah jalan-jalan Tuhan. 
Ayat Alkitab tentang Pacaran, Jodoh dan Pasangan Hidup
Ayat Alkitab tentang Pacaran, Jodoh dan Pasangan Hidup
Saya setuju dengan ungkapan itu. Kita tidak bisa memastikan apapun dalam kehidupan kita. Kita hanya bisa mengusahakan pekerjaan, jodoh, pasangan hidup masa depan, tetapi Tuhanlah yang menentukan. Karena itulah, banyak juga yang berpikir kalau jodoh itu tidak perlu dicari, karena ia akan datang dengan sendiri dan tidak akan kemana.

Namun yang lebih penting dari itu semua adalah, tentang pasangan hidup. Banyak orang yang mengeluh tentang kekurangan pasangannya. Bahkan tidak sedikit yang menyerah dan akhirnya sampai pada perceraian. Sampai akhirnya mereka sadar, bahwa ternyata di luar sana, ada banyak orang yang menanti-nantikan jodoh namun tak kunjung datang. Karena itu, mereka yang dikirim Tuhan untukmu jangan pernah disia-siakan.
Ayat Alkitab tentang Pacaran
Ayat Alkitab tentang Pacaran
Kembali ke topik, berikut ayat-ayat Alkitab tentang pacaran, jodoh dan pasangan hidup yang patut direnungkan.

Kejadian 2:18
Tuhan Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Kejadian 2:21-23
Lalu Tuhan Allah membuat manusia tidur nyenyak; ketika ia tidur, Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.

Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Lalu berkatalah manusia itu: "Inilahh dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Kejadian 2:24
Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Lihat juga Kumpulan Ayat Emas Alkitab Lengkap dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru

Puji-pujian untuk isteri yang cakap


Amsal 13:20

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Amsal 31:10-12

Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.

Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.

Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya.
Amsal 31:30Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan Tuhan dipuji-puji.
Pengkhotbah 4:12
Dan bilamana seorang dapat dikalahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Matius 6:33
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Matius 19:6Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.
Matius 19:11-12
Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.

Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti."

Markus 10:6-9

Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan,

sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya,

sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melakinkan satu.

Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Roma 12:2
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

1 Korintus 7:1-2
Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin,

tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

1 Korintus 7:4-5
Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.

Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya iblis jangan menggodai kamu, karena tidak tahan bertarak.

1 Korintus 7:8-9
Tetapi kepada orang-orang yang tidak kawin dan kepada janda-janda aku anjurkan, supaya baiklah mereka tinggal dalam keadaan seperti aku.

Tetapi kalau mereka tidak dapat menguasai diri, baiklah mereka kawin, Sebab lebih baik kawin dari pada hangus karena hawa nafsu.

1 Korintus 7:28
Tetapi, kalau engkau kawin, engkau tidak berdosa. Dan kalau seorang gadis kawin, ia tidak berbuat dosa. Tetapi orang-orang yang demikian akan ditimpa kesusahan badani dan aku mau menghindarkan kamu dari kesusahan itu.

1 Korintus 11:11-12
Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan.

Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan, dan segala sesuatu berasal dari Allah.

2 Korintus 6:14
Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Efesus 5:22-24
Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,

karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

Efesus 5:25
Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.

Filipi 1:9-10
Dan inilah doaku, semoga kasihmmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian,

sehingga kamu dapat memilih yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus.

1 Tesalonika 4:3-5
Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan,

supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan,

bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang diperbuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah.
2 Timotius 2:22Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.
Dengan ayat-ayat Alkitab di atas, semua pertanyaan tentang pasangan hidup dan jodoh bisa dijawab. Mengapa setiap pasangan tidak boleh saling menyakiti? Bisa ditemukan dalam ayat Alkitab di atas seperti dalam Kejadian 2:21-23.

Dan yang lebih penting bagi pemuda-pemudi adalah sikap dalam pacaran. Apakah orang Kristen dilarang pacaran? Semua kembali ke tujuan berpacaran itu sendiri.

Pacaran adalah masa untuk saling mengenal karakter dan kesetiaan cinta. Namun dalam berpacaran, penting untuk mengenal batas-batas yang telah ditetapkan oleh firman Tuhan. Yaitu tetaplah hidup kudus dan jauhilah nafsu orang muda!

Satu nasihat bijak saat patah hati karena putus cinta adalah lebih baik berpisah saat pacaran dari pada bercerai setelah menikah.

Untuk Anda yang sedang menunggu jodoh dan pasangan hidup, tetap arahkan hati dan pusatkan perhatian kepada pelayanan untuk Tuhan, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Percayalah bahwa rencana Tuhan jauh lebih besar dari pada yang dapat kita pikirkan. Jangan tergesa-gesa mencari pasangan hidup dan nikmatilah hidup Anda dalam melayani sesama dan Tuhan!

Lihat juga Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Cinta dan Kasih Persaudaraan

Demikianlah ayat Alkitab tentang pacaran, jodoh dan pasangan hidup untuk masa depan. Satu lagi, tips mencari jodoh Kristen yang tepat adalah melihat hati dan bukan kecantikan. (Amsal 31:30).
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!