Skip to main content

20 Usaha Yang Menguntungkan di Desa Modal Kecil Menjanjikan

Usaha Yang Menguntungkan di Desa - Hari ini, saya melihat ada senyum lebar di wajah warga desa. Jauh berbeda dari beberapa tahun silam. Dulu desa identik dengan tempat terpencil. Namun sekarang, banyak desa yang mulai berkembang dan menemukan banyak peluang usaha yang menguntungkan.
20 Usaha Yang Menguntungkan di Desa Modal Kecil Menjanjikan
20 Usaha Yang Menguntungkan di Desa Modal Kecil Menjanjikan
Bahkan tidak sedikit usaha di desa yang menguntungkan akhirnya menjadi peluang yang menjanjikan dengan omzet jutaan sampai ratusan juta per bulannya. Sulit dipercaya tapi itulah kenyataan. Siapa sangka, usaha kecil-kecilan di desa bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan? Hanya sebagian orang yang bisa menemukan ide usaha unik tersebut yang kemudian menjadi inspirasi bagi kita yang ada saat ini. Bahwa desa terpencil pun memiliki potensi dan peluang yang besar yang harus terus dilihat dan digali.

Berikut beberapa contoh usaha yang menguntungkan di desa yang terbukti menjanjikan.

1. Ternak Ayam Kampung di Desa Terpencil


Sampai hari ini, daging ayam kampung tetap menjadi primadona tersendiri di kalangan pebisnis kuliner. Hal ini disebabkan daging ayam kampung memiliki cita rasa tersendiri yang sulit untuk dijelaskan. Hhe... Hhe...

Harga ayam kampung per ekornya di daerah saya itu bisa mencapai Rp50.000 untuk yang berumur lebih dari 3 bulan. Tentu saja, jika usaha ternak ini dijalankan dalam partai banyak maka bisnis ini bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Untuk yang tertarik usaha ayam kampung, ada 3 jenis metode ternak yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Ternak ayam kampung  metode umbaran


Metode umbaran biasanya dilakukan jika jumlah ayam yang diternak masih sedikit. Usaha ini termasuk usaha kecil-kecilan. Jadi ayam biasanya dilepas di pekarangan rumah dan bebas mencari makan sendiri.

Selain modal kecil, teknik ternak ayam metode umabaran ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Yang sulit itu kalau ayamnya masuk rumah atau saat ada yang ingin beli tapi lagi liar. Sulit dikejar.

2. Metode semi intensif 


Metode semi intensif dalam ternak ayam artinya ternak ayam dilakukan juga masih dalam skala tidak tidak terlalu besar. Caranya hampir sama dengan metode umbaran sebelumnya, tapi metode ini sudah memagari ruang gerak ayam.

Biasanya dengan membuat kandang ayam dalam ukuran yang besar. Misalnya ternak ayam di sawah sehingga tidak bisa kemana-kemana. Salah satu keuntungan ternak ayam semi intensif, yaitu pakan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Karena ayam tetap mencari makanannya sendiri hanya saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ayam pun harus diberi makanan tambahan.

3. Metode intensif 


Ternak ayam metode intensif termasuk usaha potensial di desa. Biasanya metode ternak ayam ini dilakukan jika ternak ayam metode umbaran dan semi intensif sudah menguntungkan.

Dalam usaha ternak ayam metode intensif modal yang dibutuhkan jauh lebih besar dari 2 metode ternak sebelumnya. Kita harus mengeluarkan molda untuk pembuatan kandang ayam dan pakan ayam setiap harinya.

Karena ini di desa, maka untuk mendapatkan pakan ayam tidaklah terlalu sulit. Bisa dengan membeli jagung yang telah digiling sembari menanam jagung untuk ternak ayam juga. Selain untuk menutupi biaya modal usaha juga ini bisa dikatakan untuk lebih besar.

Jika dilakukan dengan tekun, usaha di desa ini cukup menjanjikan di masa yang akan datang.

Lokasi untuk menjalankan usaha ternak ayam ini cocok di daerah sepi. Agar tidak mengganggu dan mencemari lingkungan dengan polusi.

2. Usaha Toko Sembako yang Menjanjikan


Toko Sembako (Sembilan bahan pokok) adalah usaha yang sangat menjanjikan di desa. Jangankan desa berkembang, desa terpencil pun membutuhkan produk-produk dari toko sembako untuk hidup sehari-hari.

Saya masih ingat beberapa tahun silam saat baru masuk ke desa transmigrasi. Nenek saya menjalankan usaha sembako ini. Memang tokonya belum terlalu lengkap tapi sudah sangat menguntungkan.

Ada banyak yang membeli kebutuhan sehari-hari di sana. Namun lama kelamaan bukan toko sembako tersebut tutup. Bukan karena sudah kaya tapi karena saya sering menghabiskan kue-kue yang ada di sana. Hhe... hhe...

Untuk kamu yang tertarik membuka toko sembako di desa, berikut beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan

1. Mulai dari toko kecil-kecilan


Banyak yang beranggapan bahwa membuka usaha seperti toko sembako di desa membutuhkan modal yang besar. Dan itu tidak salah. Tapi dari beberapa contoh di desa saya, mereka memulainya dari bahan-bahan yang paling pokok terlebih dahulu.

Dan hasilnya mereka terus berkembang sampai sekarang dengan toko sembako yang lebih lengkap. Jadi, dalam usaha itu bukanlah modal yang utama tapi ketekunan dan kejelian melihat dan memulai usaha.

2. Letak warung strategis


Pertimbangan utama yang harus diperhatikan dalam memulai usaha toko sembako adalah posisi warung. Jika Anda menjalankan usaha toko sembako sebaiknya di jalan poros atau jalan utama.

Jika menjalankan usaha jual beli barang pokok sehari-hari ini di lorong, biasanya tidak akan laris. Terlebih jika sudah ada saingan dengan toko yang lebih lengkap.

3. Melihat jenis produk yang laris


Salah satu kerugian dalam bisnis toko sembako yang biasa terjadi adalah produk yang kadaluarsa. Bukan karena daya beli masyarakat desa yang kurang konsumtif, tapi memang produk tersebut kurang laris.

Karena itu, perhatikan jenis produk yang paling laris agar toko sembako Anda selalu ramai. Dan tempatkan produk tersebut di bagian paling depan.

Jangan pikir membuka toko sembako itu mudah. Ada seni tersendiri yang harus dipahami jika ingin laris manis. Seperti cara mengatur posisi produk di dalam toko, mana yang harus diletakkan di bagian terdepan.

4. Ramah melayani konsumen


Saya hanya mau mengatakan bahwa kesalahan utama dari pemilik toko sembako adalah kurangnya keramahan dalam melayani konsumen. Dari 2 toko sembako yang biasa saya tempati untuk membeli kedua penjualnya sama-sama datar.

Dan hasilnya saya tidak terlalu suka membeli di toko itu lagi. Tapi kadang mau tidak mau karena hanya itu tokonya kita harus kembali ke sana. Lihat tips nomor 5 di bawah!

5. Melihat cara kerja kompetitor


Saya tidak suka bersaing dengan teman-teman di desa, terlebih dalam hal berbisnis. Tapi tidak apalah membocorkan sedikit rahasia tentang teknik marketing.

Dari tips toko sembako nomor 4 di atas, di mana seharusnya penjual atau pemilik toko ini harus ramah melayani konsumen. Namun yang terjadi malah sebaliknya.

Seharusnya toko yang satu bisa melihat cara kerja dari toko sembako lainnya sebagai kompetitor. Jika yang satu cara melayani konsumennya tidak baik, di situlah saat yang tepat untuk take down kompetitor.

Karena dalam usaha maupun bisnis, kenyamanan pelanggan adalah no. 1. Jika mau sukses usaha toko sembako, mulai dari kecil-kecilan dan pelajari cara menjual yang ramah.

3. Usaha Minuman Kreatif yang Potensial di Desa


Sama seperti jenis usaha sebelumnya. Tapi ini lebih spesifik. Usaha minuman kreatif bukan lagi hal yang sulit di desa. Bermodalkan blender dan gelas sekali pakai, kita sudah bisa menjalankan usaha minuman yang menguntungkan ini.

Untuk cara pemasarannya sendiri tidak akan terlalu sulit. Asal kualitas dan rasa minumannya enak, maka sedikit inovasi baru sudah bisa menarik anak-akan bahkan orang tua untuk mencoba minuman yang dibuat.

Contoh minuman yang sering dibelanja adalah minuman Pop Ice. Dan sekarang lebih beragam lagi dengan hadirnya berbagai varian rasa. Banyak yang menjalankan usaha ini menggunakan sistem waralaba.

Mereka mendapatkan minuman sachet dari toko kuliner dan mengolahnya dengan air dan es batu bercampur dalam blender. Kemudian dijual dengan harga Rp5.000,-an, bisa lebih mahal tergantung rasa minuman.

Ide minuman kreatif yang cukup menjanjikan di desa adalah jus buah atau minuman coklat. Contohnya saja jus alpukat, jus sirsak segar ataupun minuman coklat panas atau dingin.

Dengan menambahkan bumbu unik (Strategi pemasaran) maka usaha kecil-kecilan ini bisa merambah pasar besar sekalipun. Jika sejak awal melakukan pemasaran dan branding, maka usaha kecil di desa ini ini cukup menjanjikan.

Lihat juga 17 Contoh Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Pemula

4. Berjualan pulsa seluler dan token listrik yang menguntungkan


Sebagian besar desa terpencil di Indonesia sudah menikmati jaringan internet dan listrik. Karena itu, berjualan pulsa seluler dan token listrik adalah salah satu usaha di desa yang cukup menjanjikan.

Pasalnya, akses keluar kota biasanya jarang dilakukan masyarakat di desa jika tujuannya hanya untuk membayar tagihan listrik.

Dengan membuka konter kecil-kecilan, usaha jual pulsa seluler dan token listrik ini bisa sangat menguntungkan. Pasti akan laris manis.

Keuntungan lainnya dari usaha konter ini adalah modal kecil. Bisa dimulai dari modal 100 ribu kita sudah berjualan pulsa seluler dan token listrik.

Tapi tentu saja, modal tersebut tidak akan cukup untuk melayani masyarakat di satu desa. Karena itu, akan lebih baik jika modal jual pulsa dimulai dari Rp500.000 ribu. Jadi tidak sering-sering deposit saldo yang terkena biaya admin.

Jangan salah, di desa berkembang tempat saya tinggal, modal 500 ribu untuk jualan pulsa biasanya paling lama bertahan hanya 1 Minggu. Itupun hanya jualan pulsa hp. Belum pulsa kuota internet atau pun token listrik.

Salah satu kendala dalam berjualan pulsa di desa adalah saat ini banyak sekali yang menjalankan usaha jenis ini. Tentu karena usaha ini termasuk usaha potensial di manapun kita berada. Semua hp butuh pulsa dan sebagian besar orang punya smartphone.

Lihat juga Usaha Rumahan Modal Kecil Jual Pulsa di Rumah

5. Usaha Kerajinan Tangan Unik di Desa

Usaha unik di desa berkembang
Usaha unik di desa berkembang - Pixabay
Sayang sekali, banyak bakat dan potensi yang tidak terus diasa di desa. Ya, mungkin hanya di desa saya atau beberapa desa terpencil lainnya yang masih dalam tahap berkembang.

Berawal dari hobi, banyak contoh usaha di desa yang sukses mendunia. Contohnya beberapa hari yang lalu saya menonton acara di Tv yang menginspirasi.

Ada pembuat tas golf yang mendunia berkat karyanya yang unik. Dia membuat tas golf berkualitas dengan model yang unik dan menarik konsumen dari luar negeri.

Ada pengrajin lainnya yang menjalankan usaha produksi gitar sendiri. Semua contoh tersebut termasuk usaha yang menjanjikan di desa yang sangat potensial jika terus ditekuni.

Apa yang Anda sukai saat ini? Yang kemungkinan memiliki nilai jual dalam bisnis?

Dengan terus melihat dunia luar, aka banyak muncul inovasi usaha di desa yang kreatif dan unik.

Di desa saya, usaha kerajinan tangan yang juga cukup menjanjikan adalah tenun khas daerah. Motif dan desain yang bagus serta teknik membuat kain tenun yang butuh pelatihan khusus membuat harga kain tenun sangat mahal.

Tidak harus jadi desa wisata untuk memiliki oleh-oleh khas. Anda bisa membuat kerajinan tangan dari hasil-hasil alam di daerah Anda.

6. Usaha Potensial di Desa Di Bidang Fashion

 Usaha Potensial di Desa Terpencil Yang Menguntungkan
Usaha Potensial di Desa Terpencil Yang Menguntungkan - Pixabay
Usaha ini terinspirasi dari bisnis usaha online tanpa modal metode dropshipper dan reseller. Banyak pelajar dan ibu rumah tangga di desa yang memulai usaha yang termasuk baru di desa ini.

Mereka memasarkan produk melalui sosial media, marketplace dan website toko online sendiri. Dan dari sana, tidak sedikit yang membuka bisnis fashion sendiri secara kecil-kecilan.

Seperti membuat toko sendiri dengan menjual baju kaos 3 pcs harga Rp100.000. Seperti yang banyak di stan pinggir jalan itu. Sebenarnya baju kaos 3 100 ribu adalah salah satu strategi pemasaran yang jitu.

Dulunya baju kaos jenis tersebut hanya dijual sekitar 25 ribu per potong saja. Karena harganya semakin mahal juga saat ini, maka dengan 3 potong 100 ribu orang pikir itu lebih murah. Karena kadang kita konsumen lebih fokus pada kuantitas jika sudah berbicara tentang produk murah.

Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Kita bisa memulainya dari kamar pribadi di rumah dan mempromosikannya melalui media sosial internet. Yang sulit itu mencari supplier baju kaos murah yang tetap berkualitas.

Usaha di desa ini kurang lebih butuh modal 1 juta untuk mendapatkan puluhan kaos siap jual. Belinya memang harus grosir ya, agar lebih untung.

Berbeda dengan produk fashion seperti jeans atau celana pendek yang pernah saya coba, memasarkan baju kaos 3 100 ribu ini lebih mudah. Terlebih jika dipasarkan secara online melalui media sosial.

Jika mau usaha kecil ini menjadi jenis usaha yang menjanjikan, dari awal Anda harus membuat brand toko online sendiri. Meskipun hanya menjualnya di media online Facebook.

Masih banyak yang sampai hari ini menjual di Facebook tapi hanya mengejar keuntungan tanpa melihat potensi yang lebih besar menjanjikan dengan melakukan branding. Jika saja reseller jeli dalam bisnis jual beli online di Facebook, dengan membuat brand usaha ini bisa lebih menjanjikan.

7. Usaha Rumahan Jual Bensin Eceran


Usaha offline di desa yang menguntungkan yang pertama adalah menjual bensin eceran. Memang keuntungannya tidak sebearap tapi dengan kuantitas yang banyak akhirnya juga hasilnya cukup potensial untuk menghidupi keluarga.

Jika dulu bensin eceran dijual di desa, saat ini sudah banyak yang menggunakan pertamini. Sebuah terobosan baru usaha jual beli bahan bakar dengan alat modern, yaitu Pertamin Mini.

Bisa dipastikan dengan pelayanan yang ramah, daya tarik masyarakat untuk membeli bensin eceran di Pertamini akan jauh lebih meningkat. Ini karena ketertarikan mereka dengan pom bensin mini ini.

Dari pada ke Pertamina yang lokasinya jauh dari desa, terlebih sering antrian panjang lebih baik menggunakan Pertamina Mini.

Untuk kamu yang tertarik dengan usaha offline yang satu ini, modalnya memang cukup besar. Dibutuhkan modal usaha sekitar Rp7.500.000 untuk bisa beroperasi.

Kendala yang dihadapi untuk menjalankan usaha jual beli bensin eceran ada pada persaingan yang cukup tinggi. Meskipun daerah sepi, tapi tidak sedikit orang yang juga memanfaatkan usaha jenis ini. Bahkan di satu desa bisa terdapat 3 Permini. Lain lagi yang masih berjualan dengan botol.

Tapi jika melihat usaha-usaha ini sudah berjalan lama, bisa dipastikan Pertamini atau jual bensin eceran adalah salah satu usaha potensial di desa.

8. Membuka Salon Jasa Pangkas Rambut di Desa Modal Kecil


Untuk desa berkembang, membuka salon kecantikan adalah salah satu jenis usaha yang akan laris. Contoh usaha kecil-kecilan dengan salon ini adalah jasa pangkas rambut.

Jangan salah, karena banyak target pasar dari jasa pangkas rambut ini. Sebut saja anak sekolah. Dan suatu kenyataan bahwa manusia tidak bisa merapikan rambutnya sendiri membuat usaha salon cukup menjanjikan.

Untuk membuka salon kecil-kecilan di desa, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Hal-hal yang perlu ada sebenarnya adalah tempat, gunting cukur, sisir, dan cermin.

Untuk melariskan usaha salon di desa, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan mesin cukur listrik. Selain pekerjaannya lebih cepat juga lebih mudah menarik orang untuk datang ke salon Anda.

9. Usaha Kuliner dan Catering Kecil-kecilan


Pertumbuhan usaha di bidang industri makanan dan minuman semakin hari semakin meningkat. Penyebab utamanya tidak lain karena jenis usaha kuliner banyak memiliki variasi. Tidak sedikit orang yang sukses dengan usaha kuliner dengan menggunakan cara kreatif.

Tidak punya modal untuk membuka warung atau toko kelontong? Bisa mulai bisnis kuliner ini dari katering kecil-kecilan. Contohnya, membuat kue untuk acara-acara kecil-kecilan di desa.

Salah satu contoh nyata yang masih jarang dilakukan di desa adalah membuat sambal kemasan. Padahal, cabai merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditanam. Dan di desa banyak cabai yang hanya tinggal membusuk. Entah karena memang tujuannya hanya untuk dimakan keluarga atau pun karena harganya lagi anjlok.

Ingin berbisnis kuliner? Berikut 5 Contoh Bisnis Rumahan Usaha Kuliner yang Menjanjikan

10. Beternak Kroto, Usaha Kecil yang Menguntungkan


Kroto adalah usaha di desa terpencil yang menjanjikan. Sebuah contoh usaha modal kecil dan untung besar.

Kroto adalah sebutan semut rangrang. Semut rangrang di desa saya biasa disebut "Rera."

Keuntungan budidaya kroto adalah metode ternaknya cukup mudah. Kita hanya perlu membuat rak, menyediakan wadah berupa toples untuk bertelur.

Harga per kilogram kroto biasa diharga Rp150.000 untuk pakan burung. Satu toples beratnya bisa mencapai 2 ons. Dan yang lebih menguntungkan lagi, panen ternak kroto bisa dilakukan antara 15 sampai 20 hari.

Usaha kecil ini bisa memberikan penghasilan dalam waktu singkat. Tapi harus diketahui, semua itu tergantung dari cara ternak kroto juga.

11. Usaha di Desa Menjual Bibit Tanaman

Usaha di desa yang menjanjikan modal kecil
Usaha di desa yang menjanjikan modal kecil - Pixabay
Masyarakat desa terpencil lebih dekat dengan bertani dan berkebun. Hanya saja, saat ini umumnya petani hanya mengejar hasil pertanian berupa sawah padi atau coklat.

Di beberapa desa di Indonesia, banyak yang sudah mengembangkan sistem tanam tanaman buah dalam pot. Metode ini tidak membutuhkan modal yang besar dan juga sangat menguntungkan.

Beberapa yang sukses dengan usaha jual beli bibit tanaman di Facebook bisa memperoleh omzet puluhan juta per bulannya. Bayangkan saja, harga bibit tanaman yang mereka jual bisa mencapai Rp50.000 per bibit. Tergantung jenis tanaman.

Usaha ini sangat cocok di desa. Selain ada kebun juga bisa dijalankan di halaman rumah yang notabene-nya masih luas. Beberapa bibit tanaman yang bisa dijual adalah bibit sayar-sayuran untuk makanan sehari-hari. Contoh bibit cabai, terong dan tomat.

Atau bibit tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah jika ingin bisnis tabulampot yang lebih menguntungkan. Perlu diketahui bahwa usaha jual beli bibit tanaman buah dalam pot cukup menjanjikan.

Ini disebabkan karena target pasar untuk bibit tabulampot masih sangat luas. Hampir semua orang suka dengan tanaman. Terlebih tanaman hias yang manis seperti alpukat, apel, lemon dan lain-lain. Dari beberapa survei kecil-kecilan di Facebook dan di lingkungan saya, bibit tanaman yang mahal seperti bibit durian otong dan jenisnya, bibit alpukat dan jenisnya, bibit kakao, dan lain-lain.

Jika mau ide usaha yang lebih kreatif lagi, bisa dengan menjual bibit tanaman hias. Aneka bunga bisa menarik perhatian ibu-ibu rumah tangga atau kolektor tanaman hias untuk membeli bunga Anda. Dan di Facebook, beberapa tanaman hias yang sukses diperjualbelikan adalah tanaman Aggrek dan lain-lain.

12. Membuka les private


Saya masih ingat beberapa tahun silam saat bahasa Inggris masih sangat asing. Bahkan untuk kursus yang paling dasar saja, kita harus membayar harga yang cukup mahal.

Bukan berarti sekarang kursus bahasa Inggris itu murah. Terutama di desa berkembang yang menyadari bahwa pendidikan itu sangat penting, seperti pengetahuan bahasa Inggris, maka tidak masalah untuk ikut. Mau murah mau mahal kalau itu penting pasti kita akan setuju.

Peluang usaha bimbel di desa masih cukup besar. Jangankan di desa, di kota besar saja masih banyak yang mencari jasa kursus bahasa Inggris.

Selain bahasa Inggris, masih banyak peluang usaha bimbel (Bimbingan belajar) di desa yang bisa dicoba. Contohnya les private musik kursus gitar, kursus komputer dan lain-lain.

Untuk kursus komputer sendiri, merupakan peluang besar yang bisa dijalankan di desa berkembang. Untuk modalnya memang cukup besar, paling tidak beberapa buah laptop sebagai alat untuk belajar murid kursus.

Bukan hanya membuka kursus tapi bagaimana agar yang ikut kursus bisa memanfaatkan pengetahuan mereka nantinya untuk membuka usaha sendiri. Misalnya saja, Anda membuka kursus desain grafis, paling tidak murid tersebut nantinya bisa kerja freelance atau membuka jasa pembuatan brosur, spanduk dan percetakan yang menjanjikan di desa.

13. Usaha ternak ikan modal kecil


Ikan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan asupan gizi merupakan makanan pokok setiap hari. Karena itulah, tidak salah jika usaha ternak ikan modal kecil bisa meraup untung besar.

Usaha ternak ikan yang potensial di desa adalah ikan air tawar jenis ikan lele atau ikan mas. Jika ingin ternak ikan yang modalnya lebih kecil, bisa mencoba ikan nila. Karena pakannya lebih alami dari kolam itu sendiri.

Berbeda dengan ikan lele yang membutuhkan pakan tambahan berupa pelet atau pun lainnnya. Dengan usaha ternak ikan ini, kita bisa menjualnya ke pasar atau bekerja sama dengan usaha kuliner lainnya.

Atau Anda tertarik membuka usaha kuliner sendiri dengan menu lele bakar? Jangan dulu deh, fokus pada ternak ikan aja dulu. Karena usaha ini cukup menjanjikan dan menguntungkan. Jangan heran jika awal memulai usaha ternak ikan banyak kritikan. Dan kalau sukses banyak kolam lain yang berdiri di samping kolam Anda.

Itu adalah hal yang lumrah terjadi dalam dunia bisnis. Tetap berikan yang berkualitas tanpa menyentuh saingan Anda. Bahkan Anda bisa membantu mereka agar kampung Anda menjadi terkenal dengan budidaya ikannya yang berkualtias sehingga membuka peluang yang lebih besar. Dan juga lapangan pekerjaan bagi warga lainnya.

14. Usaha Warung makan kecil-kecilan


Usaha warung kecil-kecilan di desa cukup menjanjikan. Terutama untuk daerah yang sedang berkembang, usaha kuliner ini cukup potensial dijalankan.

Contoh usaha warung makan sederhana di desa adalah menjual aneka kue basah atau kue kering. Dan tidak lupa kopi. Jika tertarik dengan peluang usaha ini, bisa meniru teknik yang ada pada kantin sekolah.

Saat ini, lebih banyak anak yang suka sarapan di kantin sekolah. Dengan membuka warung makan sederhana, maka keuntungan yang didapatkan juga lumayan. Hanya saja, harga makanan atau kue yang ditawarkan harus sesuai dengan kondisi perekonomian di desa tersebut.

15. Usaha jual beli air mineral


Usaha kecil yang menjanjikan di desa juga ada usaha jual beli air mineral. Biasanya dari pangkalan air mineral mereka langsung mengantarkan air mineral ke rumah Anda untuk dijual kembali.

Usaha ini cukup populer di desa berkembang. Kalau tidak salah di desa saya yang tidak terlalu luas, ada 7 orang yang menjalankan usaha isi ulang air mineral ini.

Biasanya mereka mendapatkan harga per galon air seharga Rp3.000 dari pangkalan. Dengan menjualnya Rp5.000 kepada warga mereka mendapatkan untung yang lumayan.

Jika ingin usaha air isi ulang lebih menjanjikan, Anda bisa mengeluarkan sedikit modal yang lebih besar untuk membuat pabrik isi ulang air kemasan sendiri.

Sudah ada kok beberapa yang sukses dengan usaha air mineral isi ulang sendiri. Bahkan merekalah yang kemudian menjadi pengusaha yang menyalurkan air mineralnya ke luar daerah menjangka desa tetangga.

Sekali lagi, branding adalah hal yang mutlak jika ingin usaha yang lebih menjanjikan.

16. Gudang Toko Sembako Omzet Ratusan Juta


Ada beberapa pebisnis sukses yang berawal dari usaha kecil-kecilan. Contohnya yang pernah saya lihat adalah penjual dari pasar ke pasar yang sukses memiliki gudang lengkap untuk toko sembako.

Transaksi per hari di gudang orang itu tidak kurang dari Rp100.000.000 juta per hari. Sebuah transaksi yang sangat besar untuk ukuran desa berkembang.

Jadi usahanya itu, mendapatkan produk-produk dalam jumlah besar dari pabrik dan menjualnya kembali secara ecer atau pun grosir ke pemilik toko sembako. Jangan salah, harga produk yang mereka tawarkan bersaing dengan harga di pasar. Karena itulah, usaha mereka tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Tentu saja, ada beberapa pengusaha bermodal besar yang mencoba peruntungan dengan membuka gudang toko sembako. Tapi mereka gagal. Karena berbeda dengan orang ini yang benar-benar mulai dari usaha jual beli produk kecil-kecilan dari pasar ke pasar. Jadi, seluk beluk di dunia toko sembako bisa dikatakan sudah dirasakannya.  Pahit getir berjualan dari pasar satu ke pasar lainnya sudah biasa.

17. Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Menjahit pakaian


Meskipun menjahit identik dengan usaha rumahan ibu rumah tangga, tapi banyak juga pemuda pria yang melakoni usaha ini. Dan hasilnya sukses besar. Tidak sedikit contoh yang kita lihat mereka memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk memiliki penghasilan sendiri.

Peluang usaha menjahit pakaian termasuk potensial di desa. Dari mulai menjahit pakaian sederhana, seperti mengubah ukuran baju dan jeans, sampai pada proses menjahit mengubah kain menjadi kain.

Dari beberapa ibu-ibu yang saya tanya, ternyata tidak sedikit yang malas usaha menjahit membuat baju karena malas Matematika. Jangan salah, ternyata keahlian menjahit pakaian ternyata ada ya, ilmu ukur Matematika-nya.

Modal yang dibutuhkan hanya sebuah mesin jahit. Bahkan saat ini, sudah banyak mesin jahit listrik dengan harga yang lebih murah. Ada yang modal 1 juta sudah bisa memiliki mesin jahit elektrik ini.

Jika sudah bisa membuat baju, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka kursus mesin jahit. Jangan takut mereka akan jadi saingan Anda nantinya. Karena sedikit inovasi saja, Anda bisa menciptakan peluang usaha di desa bersama dengan penjahit lainnya.

18. Usaha di Desa yang Dekat Sekolah


Menjalankan usaha di daerah sepi memang sulit. Karena itulah, bagi Anda yang baru belajar berwirausaha ada baiknya mencari posisi yang strategis. Selain lebih mudah mencari market juga untungnya bisa lebih besar.

Salah satu contoh usaha di desa yang potensial adalah menjual ATK (Buku, map, alat tulis, dll), termasuk jasa pengetikan dan print. Tapi syarat utamanya, akan lebih baik jika posisi Anda berada di lingkungan sekolah.

Terutama sekolah tingkat SMA, warnet juga cocok dan hotpsot wifi. Bahkan bisa lebih untung lagi dengan membuka warung makan.

Memang memiliki aset properti di lokasi strategis seperti sekolah sangat bermanfaat. Selain harga jualnya mahal, banyak peluang usaha yang bisa diperoleh dari dalamnya.

19. Bengkel Motor di Desa Terpencil


Motor adalah salah satu kendaraan utama di desa. Meskipun tidak sedikit yang memilih untuk berjalan kaki ke kebun tapi tetap motor sangat dibutuhkan. Misalnya saja, mengangkut gabah dari dalam sawah ketika panen.

Atau pun di desa saya yang sekolah SMP dan SMA jauh dari tempat tinggal, maka motor adalah kendaraan yang sangat krusial.

Sayangnya di desa saya belum ada bengkel motor. Jadi kalau ada yang motornya rusak, harus ditarik ke bengkel yang terletak di luar desa. Bayangkan jika jalannya masih kerikil.

Karena itu, usaha mendirikan bengkel di desa sangat potensial dan menguntungkan. Karena kurang kompetitor, bisa dipastikan bengkel akan selalu ramai dan menghasilkan untung besar.

Beberapa tahun lalu ada montir yang membuka bengkel di desa saya. Sekedar untuk ganti oli motor, press atau ganti ban, tambah angin, usahanya laris manis.

Tapi tetap penting untuk diperhatikan, usaha bengkel motor di desa sebaiknya dilakukan di daerah yang sudah berkembang dan tidak sepi lagi.

Salah satu kendala usaha ini tidak sukses adalah kurangnya montir yang profesional. Dengan sedikit kursus pasti peluang ini sangat besar untungnya. Dan untuk anak SMK yang berada di jurusan mesin bisa mencoba usaha yang menjanjikan ini.

20. Usaha Online Yang Menguntungkan di Desa


Usaha di desa terpencil yang sepi tidak ada lagi. Jika Anda punya koneksi internet maka keuntungan sudah ada ditangan Anda. Karena saat ini, pelajar, ibu rumah tangga, karyawan dan siapapun bisa menjalankan bisnis usaha rumahan dengan go online.

Ada banyak jenis usaha online yang menguntungkan. Contohnya menjadi penulis artikel (Freelance). Selaint tanpa modal usaha ini juga bisa untung besar. Atau pun usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga seperti menjadi dropshipper juga sangat menguntungkan.

Dan untuk usaha online yang menjanjikan, Anda sebaiknya mencoba usaha di desa dengan menjadi blogger. Mulai dengan membangun sebuah blog tentang desa Anda dan kehidupan di dalamnya. Bisa membahas tentang pertanian, potensi alam wisata, maupun usaha di desa yang menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa usaha online di desa yang menjanjikan. Seperti di Jawa Tengah, ada kampung Blogger. Jadi, warga di desa tersebut tidak perlu keluar rumah untuk menghasilkan uang. Mereka hanya duduk di depan laptop dan uang mengalir setiap bulannya.

Tapi perlu diingat bahwa membangun sebuah blog yang berpenghasilan itu butuh waktu yang lama. Terlebih jika baru di dunia bisnis online. Dari pemula yang memulai bisnis menjadi blogger, biasanya mereka harus rutin menulis artikel setiap hari selama lebih dari 1 tahun untuk bisa mendapatkan hasilnya.

Lama juga ya. Karena itu, sebaiknya Anda mencari jenis usaha di desa lainnya yang bisa lebih cepat menghasilkan uang. Untuk blog, Anda bisa bangun secara santai dan pelan-pelan. Karena ngeblog itu harus konsisten dan pelan-pelan saja.

Untuk lebih jelasnya tentang peluang usaha online, lihat di 15 Usaha Online Yang Menguntungkan (Pengalaman Pribadi)

Itulah beberapa contoh usaha yang menjanjikan di desa dari modal kecil sampai untung besar.

Tips Menjalankan Usaha Yang Menguntungkan di Desa


Untuk memantapkan laju usaha Anda di desa, berikut beberapa wejangan yang bisa membuat usaha Anda lebih menguntungkan.

1. Jika ada niat langsung mulai


Dalam memulai suatu usaha, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Dan itu sangat baik. Tapi rencana saja tidak akan jalan.

Selain melangkah, ide bisnis tidak ada gunanya. Belajar memang perlu tapi Anda tidak akan banyak belajar sebelum benar-benar terjun ke dalamnya.

So, jika ada niat dan melihat peluang usaha di desa yang menguntungkan, langsung jalani aja dulu. Untung rugi itu belakangan. Setidaknya kita sudah pernah mencoba dan menghilangkan rasa penasaran.
"You will never know till you have tried."

2. Inovasi menciptakan peluang usaha di daerah terpencil


Mengapa listrik ada? Mengapa internet ada? Bukankah itu dilakukan karena adanya peluang. Dengan sedikit inovasi, Anda bisa membuat usaha baru di desa terpencil Anda.

Banyak orang yang mau membuat sesuatu yang besar dan mengabaikan hal-hal yang kecil. Tapi coba lihat startup-startup hari ini, mereka muncul dari hal-hal yang sederhana.  Toko online Bukalapak, Traveloka, Gojek adalah contoh yang tepat bahwa sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil.

3. Membuat usaha unik yang potensial di desa


Karena itu-itu saja, banyak usaha yang kurang diminati. Susah berkembang dan akhirnya gulung tikar. Padahal, dengan meningkatkan sumber daya manusia, peluang untuk menciptakan usaha yang menjanjikan lebih besar.

Karena itu, dalam usaha sebenarnya bukan jenis usaha-nya tapi siapa yang mengelola. Orang yang bisa sukses berbisnis adalah mereka yang kuat, kreatif dan menciptakan usaha unik di desa yang menguntungkan.

4. Melihat potensi di desa berkembang


Banyak orang yang merantau dari desa ke kota dengan harapan nasib baik. Dan saya setuju dengan itu. Dengan merantau kita bisa melihat ide-ide yang luar biasa yang tidak pernah kita temukan di desa kita.

Namun banyak orang ketika pulang merantau entah sukses atau gagal tidak tahu lagi harus berbuat apa. Ingat pepatah "Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, lebih baik negeri sendiri."

Ini menandakan bahwa ada begitu banyak peluang usaha di desa berkembang yang bisa dimanfaatkan. Terutama jika Anda sudah biasa merantau pasti bisa membuat inovasi-inovasi dari pengalaman perjalanan Anda selama ini.

Tidak sedikit dari kita yang mengeluh tentang lambatnya pembangunan di desa. Kita hanya menunggu pemerintah desa dan presiden untuk membangun infrastruktur di daerah kita. Padahal, itu juga adalah tugas utama kita.

Jika Anda melihat potensi desa Anda, seharusnya Anda-lah yang harus mulai menggerakkan warga setempat untuk bekerja mengubah desa Anda lebih maju. Banyak contoh desa yang warganya bisa bekerja sama dan akhirnya membangun desa wisata yang menguntungkan.

Uniknya, desa wisata tidak harus memiliki pemandangan alam yang indah. Karena banyak desa yang sukses dengan wisata buatan yang berhasil mendatangkan pengunjung dari luar daerah. Tentu saja, upaya-upaya kecil seperti ini akan menjadi peluang yang besar.

5. Membuka lapangan pekerjaan baru


Menciptakan peluang usaha di desa sebaiknya dimulai dengan membuka lapangan pekerjaan baru. Jika suatu bisnis dimulai bukan atas dasar keuntungan tapi untuk membantu sesama maka kemungkinan besar usaha tersebut akan sukses.

Kenapa? Karena akan ada partner yang siap mendukung Anda. Jika usaha Anda berhasil memberikan manfaat maka akan ada orang yang setia mendoakan bisnis Anda agar terus maju.

Namun jangan langsung berpikiran jauh seperti itu tanpa usaha. Karena banyak orang yang mau berusaha hanya jika ada yang membantunya. Mereka menceritakan bahwa usaha itu cukup potensial di desa tapi tidak membuktikannya.

Karena itu, Anda tidak perlu banyak bercerita terlebih dahulu dan bekerja segiat mungkin. Hasilnya, nanti kita lihat. Right?

Kerjakan dulu sendiri. Jika usaha Anda terlalu unik maka akan banyak yang mengkritik. Tapi Anda bertahan dalam badai itu maka brand dari desa terpencil akan mendunia suatu hari nanti. Just believe and do it!

6. Usaha di daerah sepi dengan go online


Katakan tidak pada usaha di daerah sepi yang sepi pembeli. Karena kita bisa menciptakan keajaiban di mana saja, termasuk di desa terpencil yang kata orang terlalu susah untuk mendirikan usaha di sana.

Maksimalkan semua sumber daya yang ada. Di era milenials hari ini, Anda hanya perlu komputer untuk bisa bersaing. Tanpa komputer Anda tidak akan bergerak ke mana-mana.

Saat ini adalah saat yang tepat untuk go online. Banyak UKM yang sudah go online dan mereka menghasilkan omzet yang luar biasa besar. Karena itu, apapun bisnis Anda, selalu maksimalkan teknik pemasaran yang ada, terutama teknik pemasaran online.

Selain lebih murah, juga jangkauannya jauh lebih luas dan usaha di daerah sepi pun, dengan go online bisa berubah menjadi usaha di kota metropolitan.

7. Eksekusi usaha dan belajar dari pengalaman


Melangkahlah sekarang! Tanpa tindakan, semua ide dan rencana adalah omong kosong besar. Jangan hanya jadi tumpukan rencana yang akhirnya dimasukkan ke dalam tong sampah.

Kata bijak dari pengusaha sukses: "Ide tanpa eksekusi adalah ilusi."

Sebelum mencoba Anda tidak akan bisa berbicara banyak. Karena itu, untuk merasakannya secara langsung, Anda harus terjun.

Dan setelah itu kemungkinan yang pasti adalah kegagalan dan kegagalan. Jatuh dan bangun lagi. Itulah mental pengusaha yang akan sukses.

Belajar dari pengalaman, baik itu kesuksesan atau kegagalan diri sendiri atau orang lain, karena itu akan menjadi motivasi sekaligus pelajaran yang berarti.

Kesimpulan Usaha di Desa Terpencil Yang Menguntungkan


  • Ada banyak contoh usaha di desa yang menguntungkan. Dengan melihat potensi tersebut, Anda harus tetap kreatif dan membuat usaha unik.
  • Kompetitor adalah teman dalam bisnis. Jadi, jangan memusuhi mereka karena mereka bisa menjadi sumber kesuksesan yang lebih besar.
  • Selalu berikan yang terbaik untuk customer Anda dan berikan nilai lebih terhadap produk Anda, yaitu kualitas. Selain itu, usaha unik jauh lebih mudah dikenal dan ramai sekalipun di daerah terpencil.
  • Dalam memilih jenis usaha di desa, Anda pun harus tahu kondisi lingkungan desa Anda. Apakah desa Anda masih kategori desa terpencil atau sudah berkembang atau sudah maju? Karena dengan demikian, kita akan tahu usaha potensial di desa yang menguntungkan.
  • Berbicara tentang untung rugi, Anda sebaiknya memilih jenis usaha yang menjanjikan. Karena itu lebih baik untuk investasi jangka panjang. Dan selalu memulai dari jenis usaha kecil karena dari situlah berawal bisnis besar.
  • Jangan tergiur dengan usaha rumahan yang lagi trend sekalipun menguntungkan. Terlebih jika Anda pebisnis pemula. Sekali lagi, pilihlah jenis usaha yang menguntungkan bukan hanya hari ini tapi di masa depan (Menjanjikan).


Demikianlah artikel tentang usaha yang menguntungkan di desa dan tips sukses usaha kecil di desa terpencil. See you brother's.
  March 01, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close