15 Usaha Online Yang Menguntungkan (Pengalaman Pribadi)

15 Usaha Online Yang Menguntungkan (Pengalaman Pribadi)

13 Usaha Online Yang Menguntungkan (Pengalaman Pribadi) - Teringat kembali sejak pertama tertarik dengan bisnis online. Saat itu 3 bulan sebelum lulus dari SMA, tepatnya Maret 2017, saya sudah mulai mencari cara dan memutar otak 180 derajat agar bisa memiliki penghasilan sendiri tanpa harus lanjut sekolah lagi. Namun usaha yang saya lakukan tidak berkembang, sampai akhirnya mau tidak mau, suka tidak suka, harus kembali belajar di bangku kuliah. 
15 Usaha Online Yang Menguntungkan (Pengalaman Pribadi)
15 Usaha Online Yang Menguntungkan (Pengalaman Pribadi)
Di awal semester 1, semua uang serta biaya kuliah ditanggung oleh orang tua dan saudara. Barulah di semester 2 kehidupan sudah berubah sebagai jawaban dari kerja online yang saya tekuni. Banyak pengalaman dan pelajaran yang saya temui dalam perjalanan berbisnis yang masih belum ada apa-apanya ini.

Karena itu, hari ini saya akan berbagi usaha online yang menguntungkan, baik yang pernah saya lakukan maupun yang telah terbukti oleh beberapa pebisnis online sukses di Indonesia dan dunia. Sambil menyelam minum air, belajar juga dari kesalahan yang biasa terjadi dalam bisnis online.

1. Menjadi reseller online shop


Usaha online yang paling paling laris yang pertama dan patut dicoba adalah menjadi reseller barang-barang fashion. Kenapa fashion? Karena target pasarnya lebih mudah dan bisa dikatakan sedikit lebih umum menjangkau banyak orang.

Kalau ini bukan saya yang lakukan. Tapi adik dan kakak saya sudah pernah mencobanya. Hanya saja, karena sibuk kerja, sekarang bisnis reseller online shop ini sudah tidak dijalankan lagi.

Reseller adalah orang yang membeli barang untuk dijual kembali. Jadi, modal yang dibutuhkan hanya modal untuk stok barang kecil-kecilan di rumah dan menjualnya kembali secara offline dan lebih banyak secara online.

Keuntungannya cukup lumayan. Bisa mencapai 25 ribu per produk, tergantung jenisnya. Bisa dihitung berapa penghasilan yang didapatkan jika menjadi reseller dan berhasil menjual belasan produk tiap harinya.

Nah, bisa dikatakan, itu hanya sebuah contoh studi kasus yang pernah terjadi. Jika berniat menjadi reseller online, maka sebaiknya benar-benar memperhatikan tata caranya seperti berikut ini.

- Menemukan barang yang akan dijual


Produk apa yang akan dijual? Dari beberapa reseller yang mondar mandir di kronologi FB saya, ditemukanlah beberapa contoh produk yang laris dijual.

Yaitu produk fashion seperti baju, baju couple, produk kecantikan seperti cara memutihkan wajah, dan tidak menutup produk elektronik seperti handphone pun ternyata tetap laris dijual online.

Yang perlu diperhatikan dalam menjadi reseller adalah menemukan produk yang tepat dan spesifik agar penjualan produk lebih banyak. Percuma banyak promosi produk jika konversi penjualan juga rendah.

- Promosi


Dalam studi kasus yang saya lakukan pada tahun 2018, saat itu saya menjadi reseller sepatu di Facebook. Dari promosi yang dilakukan, lebih banyak orang yang tertarik saat ditawarkan produk dengan label GRATIS ONGKIR, terlebih jika gratis ongkirnya sudah se Indonesia.

Teknik-teknik marketing online seperti ini harus benar-benar dimaksimalkan jika ingin konversi penjualan terus meningkat dan laris manis.
Marketplace

Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari dan terapkan Cara bisnis online baju untuk pemula

2. Bisnis online tanpa modal dengan dropshipper


Dropshipper bisa menjadi usaha tanpa modal dengan hasil melimpah. Dan banyak yang sudah membuktikan usaha ini dengan menjadi penjual produk tanpa stok barang ini.

Menjadi dropshipper memang tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah persaingan harga dengan kompetitor. Karena itulah, meskipun dropshipper disebut usaha online tanpa resiko tapi bisa saja menjadi masalah ketika setiap promosi yang dilakukan hasilnya nihil.

Bayangkan saja, ketika sudah menghabiskan banyak waktu untuk promosi namun tidak ada yang merespon? Sekalinya ada yang respon di PHP, gak jadi beli karena harga produk tetangga sebelah lebih murah.

Karena itu, jika ingin menjadi dropshipper sukses, silahkan lihat di cara bisnis online shop tanpa modal

3. Membangun website/blog pribadi


Usaha online yang saya rasa cukup menjanjikan adalah memiliki blog bervisitor. Inilah usaha nyata pertama yang saya lakukan di dunia bisnis online yang berawal dari Maret 2017 waktu itu.

Saya menyadari betul bahwa blog berpenghasilan itu tidak dibangun dalam semalam seperti kisah beberapa bangunan yang katanya dibangun dalam selamam. Karena itu, awal ngeblog saya awali untuk bersenang-senang dan belajar menulis artikel yang mengalir tanpa ada unsur ingin mendapatkan penghasilan.

Menulis selama 3 bulan pertama pengunjung blog masih 100 aja. Pada bulan ke 8 sejak dibangun, akhirnya blog tersebut dijual untuk membangun bisnis online yang lain karena memang tidak mengalami pertumbuhan.

Ternyata waktu itu saya salah, belum mengerti apa-apa tentang blog dan menjualnya dengan harga yang sangat murah. Tapi tidak apalah, sudah terlanjur juga.

Apa yang bisa Anda petik dari kisah saya berkenalan dengan dunia blogging ini?

Benar. Kalau ngeblog itu butuh kesabaran karena butuh waktu berbulan-bulan untuk sebuah blog atau website bisa bersaing di mesin pencari, terlebih jika tanpa pengalaman di bidang SEO (Search Engine Optimization).

Untuk membuat sebuah blog berpenghasilan, tidak peduli platformnya di Wordpress atau Blogger, keduanya bisa sukses. Tapi untuk pemula, saya lebih menyarankan membuat blog di Blogger untuk keperluan branding.

Karena ngeblog di Blogger lebih mudah dan menu-menunya mudah dipahami. Lanjutkan sini untuk membuat blog di platform Blogger.com.

Kunci sukses menjadi blogging yang saya kumpulkan dari blogger-blogger sukses di Indonesia adalah belajar SEO marketing. Tapi saya selalu percaya bahwa ujian bagi blogger pemula yang harus ditaklukan adalah menulis artikel setiap hari selama 5 bulan rutin. Jika bisa membuat artikel dalam waktu tersebut rutin setiap harinya, disertai dengan riset keyword yang tepat, maka bisa dipastikan dalam waktu 9 bulan, minimal sudah bisa mendapatkan penghasilan dari blog.

Cara mendapatkan uang dari blog yang sudah bervisitor adalah dari iklan PPC Google Adsense, bisnis afiliasi, jual produk sendiri dan lain-lain.

Tips-tips untuk memulai membangun sebuah blog

  • Kuasai topik yang akan dibahas
  • Buat blog 1 niche kemudian baru kembangkan ke multiniche saat satu niche sudah sukses.
  • Bahas pengalaman dan tulis artikel yang original.
  • Jangan pernah menyerah sekalipun tidak ada pengunjung. Karena seiring bertambahnya artikel berkualitas, pengunjung pun akan berdatangan.

4. Membangun toko online sendiri


Ini merupakan kelanjutan dari studi kasus jual beli sepatu gratis ongkir tadi. Saya sadar betul kalau branding itu penting dalam dunia bisnis.

Karena itulah, saya membuat toko online sendiri dengan bahan-bahan sederhana dan keahlian yang pas-pasan. Berawal dari redesign template biasa menjadi template toko online, toko online sendiri saya pun siap sedia bertempur. Dengan harapan bisa bersaing dengan Shopee dan Tokopedia yang saat itu dan hari ini memang merajai toko online Indonesia.

Cara promosi di grup-grup dagang di Facebook cukup mampu menarik perhatian pengguna medsos untuk mengunjungi toko online saya. Namun tak satu pun yang berhasil membeli produk.

Setelah buka fb pemasaran, apa yang terjadi? Semua pertanyaan tentang cara order. Ternyata banyak yang tidak tahu cara ordernya. Meskipun saat itu saya sudah pasang link pemesanan otomatis ke WA disertai dengan form alamat dan harga yang harus dibayar. Namun hampir semua orang yang berniat membeli produk di toko online saya batal karena kurang tahu cara ordernya.

Belakangan, ada pelanggan yang bertanya apakah saya masih jual gitar karena memang toko online tersebut sudah berubah dari jual sepatu menjadi gitar. Padahal katalog gitarnya juga dapat dari Tokopedia.

Intinya di sini adalah jangan membangun toko online sendiri jika belum punya skill yang cukup di dunia programming web. Bisa jadi Anda hanya buang-buang waktu membuat toko online yang membingungkan calon pembeli.

Karena itu, jika ingin membangun web toko online sendiri, lebih baik Anda pastikan apakah produk Anda benar-benar bisa terjual melalui toko online tersebut atau tidak. Jika ya, maka sebaiknya Anda belajar programming web terlebih dahulu atau untuk lebih cepatnya, cari jasa pembuatan web toko online.

Banyak kok jasa pembuatan toko online yang murah dengan fitur yang lebih mudah, seperti contohnya telah dilengkapi dengan keranjang otomatis. Karena itu, fokus bisnis saja dulu, Anda penjual produk atau mau menjadi seorang web development? Saya juga punya cerita tentang web development di bawah ini.

5. Web development


Berbekal kemampuan bahasa HTML dan CSS, saya pun beralih dari reseller toko online menjadi seorang web developer amatiran. Bisa dikatakan bisnis online ini saya lakukan sebagai alternatif mengalihkan bisnis karena gagal membangun toko online sendiri.

Jadi, konsep template toko online saya tersebut saya ubah sedemikian rupa kemudian ditawarkan kepada reseller lainnya jika berniat memiliki toko online sendri. Namanya juga usaha :)

Lagi-lagi cara promosi dengan teknik pemasaran di sosial media berhasil membuat reseller tergiur untuk memiliki toko online sendiri. Saya pikir, "Wow! Saya pun sudah menjadi web development." Kali ini memang benar-benar banyak yang tertarik dan meminta order toko online yang seperti toko online saya.

Tapi ternyata oh ternyata, setelah memberikan contoh cara posting produk yang bisa dibilang sangat ribet karena harus dikombinasikan dengan koding HTML, lagi-lagi usaha online yang bisa dibilang peluangnya sudah terbuka ini pun akhirnya tutup.

Syukurlah, kisah menjadi web development HTML dan CSS ini tidak buruk-buruk amat. Ada juga yang beli dan transfer uangnya. Mungkin karena kasihan kali ya. Tapi thanks yang sebesar-sebesarnya saya sampaikan kepada Mbak reseller itu deh.

Untuk memjadi seorang web developer sukses, tidak semudah itu gan. Ada banyak bahasa pemrograman lain yang harus dikuasai selain HTML dan CSS, seperti bahasa pemrograman Javascript, PHP dan pemahaman tentang database MySQL.

Jika tidak punya pengetahuan dengan bahasa-bahasa pemrograman tersebut jangan coba-coba deh menjadi seorang web development. Belajar dulu lagi aja, gan.

Kalau sudah mengetahui bahasa-bahasa pemrograman web, tidak perlu khawatir lagi. Proyek akan berdatangan dari mana saja jika memang keahlian Anda sudah cukup meyakinkan. Karena masih banyak perusahaan konvensional yang Go online, maka peluang menjadi web developer masih sangat terbuka.

6. Menjual produk digital


Bagi Anda yang tidak mau sibuk dan disibukkan dengan pengemasan dan pengiriman produk serta masalah ongkir yang mahal, bisa mencoba menjual produk digital.

Bisnis online yang satu ini pun tidak luput dari daftar pekerjaan yang pernah saya coba di dunia maya. Saat itu, saya mencoba bisnis jual beli produk digital di RATAKAN, situs tebaik untuk menjual produk digital di Indonesia.

Apa saja yang termasuk produk digital? Produk digital adalah produk yang berbentuk file komputer, contohnya ebook, software, source code aplikasi, dan lain-lain.

Namun saya tidak dapat berbicara banyak tentang bisnis yang satu ini karena saya tidak terlalu mendalaminya. Namun dari perkembangan terbaru dari situs RATAKAN, saat ini jual jasa pun sudah tersedia. Karena itu, jika Anda punya keahlian coba mulai Go online. Siapa yang tahu bisa jadi alternatif kerja rumahan yang go online.

7. Menjadi penulis artikel


Masih banyak yang menjadikan bisnis online sebagai usaha freelancer atau part time saja. Dan menjadi content writing atau penulis konten artikel adalah salah satu pekerjaan freelancer yang paling populer.

Bagaimana tidak, hanya dengan menulis kita bisa menghasilkan uang. Jangan salah gan, bayangkan saja penghasilan yang didapatkan oleh penulis-penulis novel dan naskah film di dunia? Bukan tidak mungkin, berawal dari penulis artikel agan bisa menyusul mereka.

Dari beberapa pengalaman menulis artikel untuk situs perusahaan atau mandiri, memang kemampuan menulis sangat penting. Karena situs-situs besar bisa dipastikan tidak akan menerbitkan artikel yang biasa-biasa saja, terlebih article low quality yang dapat membuat pengunjung setia lari sebelum membaca.

Ada banyak situs yang berani membayar mahal untuk penulis. Sebut saja Jalantikus, Babe News dan yang terbaru dan cukup populer belakangan ini UC News.

Saya sudah buktikan bahwa penghasilan dari penulis lepas ini cukup besar meskipun tidak menjanjikan. Maksudnya berbeda dengan memiliki blog sendiri.

Dari beberapa percobaan yang saya lakukan di Jalantikus dan Babe News, hanya 1 artikel yang akhirnya berhasil diterbitkan di Jalantikus dan langsung di bayar Rp50.000. Cukup besar untuk 1 artikel. Tunggu apa lagi? Tawarkan artikel terbaik untuk Jalantikus
Babe News.

Di UC News, kurang lebih 2 bulan, itu pun tidak rutin menulis dan tulisannya pun tidak terlalu panjang, tapi penghasilannya saat itu bisa sampai 48$. Namun saat ini banyak yang mengeluhkan penghasilan menulis di UC News yang semakin menipis. Tapi beberapa penulis tetap bisa kok menghasilkan penghasilan yang besar. Kuncinya sih, semakin banyak yang lihat artikel kita maka semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari 1 artikel.

Yang diperlukan oleh seorang penulis lepas adalah skill copywriter yang memadai. Karena sulitnya membuat konten yang benar-benar original, maka satu-satunya cara adalah dengan belajar teknik menulis menggunakan skill copywriter.

Salah satu yang perlu dipahami oleh penulis online adalah definisi dari konten artikel. Konten itu bukan hanya berupa teks tapi semua yang membangun konten tersebut, termasuk gambar, video, grafik, dan file-file lainnya merupakan satu kesatuan yang membangun sebuah konten artikel yang lengkap sehingga layak disebut artikel.

8. Jasa desain grafis


Punya kemampuan editing dan handal menggunakan Photoshop atau Coreldraw? Asa skill agan dengan menjadi seorang yang lebih profesional dengan menyediakan jasa desain grafis online.

Banyak sih, yang sudah berhasil meraih keuntungan dari jasa desain grafis. Tidak terkuali salah satu contoh yang pernah saya lihat di TV saat seorang karyawan sukses dengan jasa desain logo.

Jasa desain logo ini termasuk jenis desain grafis. Keuntungannya relatif tergantung permintaan, dan tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan uang jutaan rupiah dari 1 logo. Seringkali ada perusahaan yang baru mengadakan sayembara logo terbaik untuk perusahaannya.

Selain desain logo online, jasa desain grafis yang masih laku sampai hari ini adalah editing foto seperti vektor wajah, dan juga yang jika malas editing, bisa saja Anda sebagai designer grafis membuat template untuk desain. Nantinya template tersebut bisa dibeli oleh designer lainnya untuk keperluan editingnya.

Ada banyak situs yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan job dari desain grafis. Contohnya di situs Sribu dan situs Project yang menjadi tempat bagi para freelancer berkumpul.
Anak multimedia

9. Membuat template blog/website


Template website/blog menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu halaman web. Meskipun banyak template bawaan dan gratis yang bisa digunakan. Tapi bagi yang ingin serius dalam dunia blogging, membeli template premium adalah hal yang benar-benar positif. Kenapa? Karena template premium sudah dibuat sedemikian rupa dengan powerfull dengan tujuan lebih user experience, SEO, resposive dan fast loading.

Karena itulah, jika Anda memiliki kemampuan web development terutama dalam bidang pembuatan template Website, maka sebaiknya Anda melihat peluang usaha online membuat dan menjual template web ini.

Beda platform beda juga template webnya. Dan 2 platform yang paling banyak digunakan oleh blogger Indonesia dan dunia adalah Wordpress dan Blogger.

Template Blogger premium contohnya seperti yang digunakan oleh blog Soksimon.com ini. Template ini merupakan template buatan Kompiajaib yang harganya hanya Rp100.000. Pastilah banyak blogger yang tidak ragu membeli template premium seperti ini karena harganya yang relatif murah sedangkan manfaat yang diberikan cukup besar.

Untuk template Wordpress, pada umumnya harga jual templatenya lebih mahal. Untungnya di Wordpress, bukan hanya buat template tapi seorang web developer juga bisa membuat plugin-plugin yang membantu blogger dalam optimasi websitenya.

Beberapa sumber untuk membeli template premium yang populer di kalangan blogger adalah ThemeForest. Untuk yang pakai platform blogger, bisa juga membeli template dari Mas Sugeng, Kompiajaib, Igniel dan masih banyak lagi.

Melihat peluang tersebut, Anda juga bisa mencoba usaha yang satu ini. Jual template website sendiri. Selain bahasa pemrograman web yang harus dipahami, yang tidak kalah penting adalah user experience dan juga template yang SEO friendly.

10. Admin social media


Menjadi admin dan mengelola grup yang anggotanya ratusan ribu merupakan suatu kebanggaan sekaligus bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Bayangkan saja, dari ratusan ribu orang tersebut, jika mau mempromosikan produknya, mereka harus melalui admin terlebih dahulu. Nah, di sinilah bisnis dimulai. Biasnya admin suatu grup sudah menentukan harga yang harus dibayar pengiklan jika ingin mempromosikan produknya.

Karena ini termasuk jenis bisnis online terbaru, maka peluang untuk sukses di dalamnya masih sangat besar. Yang perlu diperhatikan bahwa menjadi Admin sosial media itu harus rajin. Artinya rajin membersihkan grup dari sampah-sampah spamming pengiklan yang tidak melakukan promosi tanpa teknik marketing online yang menjual.

Karena jika terjadi pelanggaran TOS Facebook misalnya, maka kemungkinan besar grup bisa dihapus oleh pihak Facebook yang tentunya akan merugikan Anda sebagai admin sosial media.

11. Translator (Penerjemah Online)


Meskipun saat ini kecanggihan teknologi sudah tidak terbantahkan lagi, namun masih banyak hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh teknologi tanpa manusia.

Salah satu contohnya adalah terjemahan online. Saat kita menggunakan translate Google untuk menerjemahkan kalimat maka kemungkinan besar terjemahan tersebut masih kurang sempurna dalam hal grammer. Padahal, tata bahasa itu sangat penting.

Karena itulah, salah satu bisnis online yang cukup menjanjikan dan termasuk kategori freelancer adalah dengan menyediakan jasa penerjemah. Paling tidak agan harus mahir 2 bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris.

Banyak juga situs-situs yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan job dari jasa penerjemah online ini. Misalnya saja situs Project untuk freelancer.

12. Promrammer aplikasi mobile


Android merupakan sistem operasi smartphone yang populer karena hampir semua vendor hp menggunakan android sebagai OS-nya. Salah satu keuntungan dari android OS adalah bersifat open source sehingga siapapun bisa membuat dan mengembangkan aplikasinya sendiri.

Selain menjual aplikasi, yang tidak kalah populer dikalangan promrammer aplikasi mobile adalah mengupload aplikasinya di Playstore dan memasang iklan Admob (Adsense Mobile) di dalamnya. Bukan hanya ratusan ribu, puluhan juta pun dapat dihasilkan dari satu aplikasi setiap bulannya.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah buatlah aplikasi yang benar-benar bermanfaat dan hindari cara curang yang dapat berakibat pada banned akun Admob. Karena memang banyak cara curang yang dilakukan oleh pulisher Admob namun gagal PO karena terdeteksi oleh Google.

Hampir sama seperti programmer aplikasi, game mobile developer sesuai dengan namanya lebih kepada pengembang game mobile. Penghasilannya juga bisa didapatkan dari iklan Admob.

Intinya harus bisa bahasa pemrograman JAVA sebagai bahasa pemrograman android. Untuk alternatifnya, Anda bisa membeli source code game dan mengeditnya sesuai dengan keinginan Anda.

13. Menjadi Youtuber


Pasti tahulah sama nama-nama besar Youtuber Indonesia seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis? Kedua Youtuber ini bisa menghasilkan miliaran rupiah hanya hanya dengan bermodalkan Youtube mereka yang sudah memiliki jutaan suscribes.

Lucunya, jangankan Anda, anak kecil pun ketika ditanya sudah banyak yang ingin jadi Youtuber. Dibandingkan dengan blog, Youtube lebih cepat dalam optimasi sehingga untuk mendapatkan penghasilan bisa dikatakan sedikit lebih cepat.

Namun tentu saja teknik dan perangkat Youtuber tidak bisa disepelehkan. Intinya, ketika sudah berhubungan dengan mencari uang, maka tidak ada yang mudah.

Kamu sebaiknya powerfull dalam membuat konten di Youtube agar bisa memberikan dampak yang lebih besar lagi dan awet. Misalnya membuat video yang berbeda dari youtuber pada umumya.

14. Jasa Internet Marketing SEO

Jasa Internet Marketing SEO
Jasa Internet Marketing SEO - Pixabay
Dalam bisnis online, teknik marketing adalah segalanya. Tanpa promosi yang tepat maka sia-sia sudah konten yang dibuat jika tujuannya adalah untuk penghasilan.

Internet Marketing SEO adalah salah satu teknik internet marketing yang harus dikuasai jika ingin sukses menjadi internet marketing.

Bayangkan jika Anda seorang ahli SEO yang bisa menguasai mesin pencari seperti Google dan menempatkan website Anda di top page, maka tawaran dari perusahaan-perusahaan baru Go online pasti akan berdatangan.

Bukan hanya itu, bisnis apapun yang Anda jalankan pasti akan laris manis. Bahkan penghasilan dari situs afiliasi dan Google Adsense pun tidak main-main ketika suatu website bisa menduduki page one di Google dengan volume pencarian keyword tersebut tinggi.

Untuk menjadi ahli dalam internet marketing SEO, kita harus belajar dan terus belajar. Karena algoritma mesin pencari yang juga berubah setiap saat untuk memberikan hasil yang terbaik kepada penggunanya.

Jika jasa SEO seperti backlink bisa jutaan rupiah, maka service SEO untuk perusahaan-perusahan bisa sampai puluhan juta. Dan tidak sedikit yang menggelar kontes SEO dengan hadiah besar. Contohnya saja, kontes SEO yang terbaru 2019 ini Stimuno Untuk Balita yang hadiah utamanya sebesar 15 juta.

Gambaran utama dalam SEO yaitu, teknik On Page SEO dan teknik Off Page. Saya akan menjelaskan teknik-teknik SEO ini juga sudah tidak sibuk dengan pekerjaan dan optimasi blog.

Untuk teknik marketing online yang dahsyat dan bisa laris, lihat dalam 9 Cara Jualan Online Laris dan Cepat Laku

15. Jasa Pembayaran


Pernah mau beli barang dari luar negeri tapi tidak punya kartu kredit?

Nah, hal ini bisa dimanfaatkan dengan menyediakan jasa pembayaran. Contohnya saat ada yang ingin membeli dari luar negeri suatu produk, misalnya dari Amazon, Ebay atau Alibaba maka otomatis kita harus punya mata uang yang berlaku untuk membayar produk tersebut.

Hal yang sama saat berniat memperpanjang akun-akun seperti Spotify, Netflix, dan Tinder. Kita bisa menjadi jasa pembayaran dengan syarat memiliki kartu kredit.

Cara Sukses Bisnis Online


Kita tahulah, bagaimana sulitnya membangun sebuah bisnis. Terlebih para pemula yang pada basic-nya belum memiliki jam terbang yang cukup tinggi untuk bersaing dengan kompetitor terutama di dunia online.

Karena itu, untuk membakar tekad dan semangat juangmu dalam berbisnis online, berikut beberapa tips sukses yang dapat kamu renungkan sekaligus terapkan.

1. Tiada hari tanpa belajar


Belajar itu bukan di university atau sekolah saja. Tapi belajar itu bisa dari mana dan siapa saja. Dari pengalaman, dari membaca buku, dari orang lain, semua itu penting untuk membuka wawasan yang lebih luas.

Untuk bisa bersaing, kita harus memiliki keahlian dan kecerdasan yang hanya bisa didapatkan dari belajar.

2. Bekerja keras dan kerja cerdas


Kerja cerdas saja masih belum cukup. Tetap kerja keras itu masih sangat dibutuhkan. Tidak ada sesuatu yang bisa diperoleh dan hasilnya awet tanpa proses.

Semua butuh yang namamya waktu dan proses. Dalam dunia bisnis online shop misalnya, kerja cerdas yang paling gampang disebut tapi susah diterapkan adalah fokus pada satu produk untuk dijual.

3. Miliki perangkat kerja


Meskipun dikatakan bisnis online bisa tanpa modal, tapi pada kenyataannya, bisnis onlien tetap harus butuh modal. Paling tidak pengorbanan dari segi waktu dan kuota internet yang semakin mahal aja.

Tidak perlu mobil yang harganya ratusan juta, cukup punya laptop yang cukup harga 3 sampai 5 jutaan, sudah bisa menghandle usaha di bidang online.

4. Semangat pantang menyerah


Never give up! Dalam dunia bisnis, kegagalan demi kegagalan tidak dapat terus dihindari. Sebaik apapun konsep dan strategi, tidak menutup kemungkinan untuk tidak berhasil.

Karena itu, jadikan kegagalan tersebut sebagai proses dari pelajaran untuk menghadapi hari esok yang lebih cerah. Bersiaplah! Orang yang sukses pada akhirnya adalah orang yang selalu berhasil bangkit setelah terjatuh.

5. Berani mencoba?


Saya tidak menganjurkan ini. Banyak pekerja yang sudah memiliki penghasilan tetap berhenti kerja demi bisnis online yang masih abu-abu. Jangan ambil resiko yang tidak perlu dengan resign dari kantor.

Saya akui dan memang banyak yang membuktikan dengan resign dari dunia kerja sebagai karyawan bisa menjadi bos dengan membangun istana bisnis online sendiri. Tapi ketahuilah perjuangan mereka juga.

Sanggupkah Anda membangun bisnis online tanpa penghasilan selama 3 bulan. Itu paling minimal, bisa lebih dari itu bahkan sampai bertahun-tahun untuk bisa sukses di dunia usaha online.

Jika berani mencoba tanpa pertimbangan resiko, kemungkinan besar penyesalan di kemudian hari akan menanti. Kecuali jika kamu benar-benar telah yakin, maka melangkalah.

Yang ingin saya sampaikan adalah para pebisnis terlebih bisnis online yang sudah sukses adalah orang-orang yang pada dasarnya sudah tahan cambukan.

Sebagai tips untuk Anda, sebaiknya sebelum resign, Anda sudah mulai membangun bisnis online terlebih dahulu. Jadi, saat tahu kadar keberhasilannya, maka saatnya untuk resign dari pekerjaan lama. Karena hidup zaman sekarang itu, hidup itu harus memiliki dapur yang terus "ngebul."
Tapi bagi saya, jatuh bangun asal kau bahagia, tanpa uang pun tiada masalah.

6. Kesabaran dan konsistensi


Seperti halnya menanam padi. Butuh waktu sekitar 3 bulan untuk bisa memetik hasilnya. Begitu pun bisnis online. Selain konsisten dan kesabaran, tidak ada lagi cara lainnya untuk sukses.

Masih mending gan kalau tanamannya padi. Jika bisnis online dianalogikan sebagai tanaman cengkih, bisa sampai tua untuk bisa memetik hasilnya. Tapi saya akan pastikan bahwa mereka yang memiliki keyakinan dan mau bekerja dan berdoa, pasti hasilnya tidak akan mengecewakan.

Sudah siap berbisnis online? Saatnya untuk melangkah pasti lebih dari sekedar mencoba.

Lihat juga Bisnis Online Shop di Facebook Yang Laris

Demikianlah contoh usaha online yang menguntungkan berdasarkan pengalaman pribadi maupun yang memang sudah terbukti. Puji Tuhan, semester 2 sampai hari ini sudah tidak bergantung lagi pada kiriman bulanan. Meskipun belum bisa dikatakan sukses, tapi yang penting bersyukur dan nikmati hidup.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!