Skip to main content

10 Contoh Usaha di Daerah Sepi Yang Terbukti Menjanjikan

Usaha di daerah sepi - Kalau mau buka usaha, ada baiknya Anda ingat kata Bob Sadino: "Di mana-mana ada peluang..." Dari situ kita bisa tahu bahwa di manapun di dunia ini, kita bisa menemukan usaha kecil-kecilan yang menguntungkan. Tak terkecuali usaha di daerah sepi seperti di desa terpencil.
10 Contoh Usaha di Daerah Sepi Yang Menjanjikan
10 Contoh Usaha di Daerah Sepi Yang Menjanjikan
Sebenarnya, jika ditelusuri lebih jauh lagi, ada banyak contoh usaha yang menguntungkan sekalipun di daerah yang sepi. Tapi kadang karena sudah dibilang sepi duluan, kita jadi menutup mata terhadap potensi usaha di suatu daerah. Mungkin hal yang sama juga Anda alami di desa?

Jangan berkecil hati. Karena ada banyak contoh usaha di daerah sepi yang menjanjikan dan menguntungkan. Mulai dari modal kecil sampai modal besar. Dan berawal dari contoh usaha kecil-kecilan untung besar sampai pada skala usaha rumahan besar yang menjanjikan.

Usaha di Daerah Sepi


Langsung saja, berikut usaha di daerah sepi yang menjanjikan untuk Anda yang di desa.

1. Bertani (Sawah)


Saya tinggal di desa. Jadi, cukup memahami tentang situasi di desa. Terlebih mengenai masalah peluang usaha pertanian di desa.

Saya tahu suatu kenyataan bahwa desa saya termasuk salah satu desa tertinggal. Jadi bisa dibilang, usaha di desa kami termasuk ke dalam kategori daerah sepi.

Tapi untuk hasil pertanian sangat besar peluangnya. Bahkan sangat menjanjikan.

Sekalipun irigasi belum ada, tapi panen raya di desa saya sangat menguntungkan. Sebut saja, penghasilan petani untuk 1 hektare sawah bisa mencapai 20 juta per panen. Atau dalam rentang waktu 4 bulan saja.

Dan beberapa petani yang makmur yang memiliki areal sawah sampai 5 hektare lebih dan sukses panen bisa menghasilkan ratusan juta per panen. Sebuah penghasilan fantastis di desa yang baru berkembang.

Lihat juga 20 Usaha yang Menguntungkan di Desa Modal Kecil Menjanjikan

2. Usaha pupuk untuk pertanian


Jangan kira jual pupuk itu gampang. Ada banyak syarat yang harus dimiliki untuk bisa memulai usaha yang satu ini. Salah satunya hanya diperbolehkan mengambil pupuk dari pangkalan pupuk melalui kelompok tani yang ada.

Ada bagusnya juga karena memang di desa saya itu kelompok taninya sudah jelas. Mulai dari luas area sawah dan anggota, jadi mudah mengatur jumlah pupuk yang akan dipakai.

Sekalipun daerah sepi, usaha memasukkan pupuk untuk anggota kelompok tani ini cukup potensial. Namun memang modal yang dibutuhkan cukup besar.

Contohnya saja, pupuk per sak dari pangkalan yang harganya Rp100.000, maka jika kita ambil 100 sak pupuk modalnya sudah mencapai 10 juta. Dan kadang itu tidak cukup untuk memenuhi permintaan pupuk dari 1 kelompok tani yang ada.

Jika dilihat dari modal dan keuntungan dari 1 sak pupuk yang hanya Rp5.000,- maka bisa dikatakan penghasilan dari jual pupuk ini sangat kecil.

Karena itu, untuk mendapatkan penghasilan yang lebih menguntungkan dari usaha pupuk, kadang pengusaha pupuk menaikkan harga jualnya ketika ada yang kredit. Ataupun mengambil bagian dari keuntungan panen padi dengan memasukkan alat-alat pertanian, seperti doser panen padi.

3. Ternak bebek laris manis


Nah, sekalipun di daerah sepi, usaha ternak bebek tidak akan pernah sepi. Bahkan permintaannya berkali lipat saat menjelang hari raya seperti Natal dan tahun baru. Karena memang, daging bebek (Manila) lebih enak dan gurih dibandingkan dengan daging ayam potong. Tidak salah kalau kadang bebek sulit ditemukan saat hari H.

Memulai ternak bebek sangat mudah. Yang dibutuhkan sebenarnya daerah yang sepi. Misalnya saja di sawah. Agar lebih mudah diternak dan tidak mengganggu pekarangan rumah dengan kotorannya.

Selain kandang, ternak bebek juga membutuhkan kolam untuk berenang. Tentu saja, di desa semua kebutuhan untuk ternak bebek tersedia secara alami. Hampir setiap orang punya sawah, kolam, dan lokasi untuk mendirikan kandang.

Untuk pakan bebek sendiri, kita bisa dengan mudah mendapatkannya di desa.

Harga per ekor bebek di desa saya bisa mencapai Rp50.000 untuk betina yang berumur 3 bulan dan sampai Rp200.000 untuk jantan yang sudah berumur.

Bagaimana? Tertarik untuk ternak bebek? Sekalipun ternak bebek di daerah sepi, saya yakin akan banyak yang butuh dagingnya untuk diolah spesial hari raya. Dan tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan setia dari restoran khusus menu bebek. Keren kan?

4. Usaha telur itik


Jika tadi kita usaha ternak bebek yang tidak pernah sepi, pada bagian ini kita juga bisa ternak itik dengan tujuan usaha jualan telur.

Sama seperti ternak bebek, usaha itik juga cukup menguntungkan. Untungnya lagi, kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan penghasilan. Karena setiap pagi kita akan mendapatkan untung besar dari usaha kecil-kecilan ini.

Bayangkan jika punya 1000 ekor itik petelur? Bisa ratusan telur setiap paginya. Anda yakin daerah Anda cukup sepi untuk usaha ini?

Selama saya dan Anda masih makan telur dan banyaknya bisnis rumahan yang membuat aneka kue dari telur, saya yakin tidak ada daerah yang terlalu sepi untuk usaha telur itik ini.

Harga telur itik terbaru di desa saya itu sekitar Rp5.000 untuk 3 butir. Atau sekitar Rp50.000-an per 20 butir telur. Bisa dikatakan, usaha di daerah sepi yang satu ini tidak masalah karena akan banyak pembeli yang akan datang ketika stok kita cukup banyak.

5. Ternak ayam kampung


Sama seperti contoh usaha kecil-kecilan sebelumnya, ternak ayam kampung juga termasuk peluang usaha di desa yang cukup menguntungkan.

Bermodalkan beberapa induk ayam betina, ternak ayam kampung modal kecil untuk besar bisa mulai. Yang penting dan harus diperhatikan adalah kandang ayam yang bersih agar ayam tidak mudah terserang penyakit.

Untuk pakan sendiri, cukup mudah menemukannya di desa. Karena banyak petani juga yang menanam jagung. Jadi, jagung tersebut dapat dibeli dan direndam di air untuk pakan ayam kampung.

Sama seperti ternak bebek, ternak ayam kampung ini juga cukup potensial. Hal ini karena banyaknya permintaan sementara persediaan ayam masih terbatas.

6. Menjual obat hama (Racun)


Salah satu kendala yang membuat desa masih tertinggal dan sementara berkembang adalah karena masalah infrastruktur yang belum memadai. Contohnya saja akses jalan yang masih terbatas dengan jalan kerikil dan berlubang.

Karena itulah, mendapatkan produk untuk kebutuhan bertani itu cukup sulit. Karena itulah, menjual obat hama (Racun) merupakan salah satu usaha di desa yang menguntungkan. Terutama bagi Anda yang memiliki akses lebih ke luar desa untuk mendapatkan produk-produk pertanian.

Selain usaha Anda mendapatkan untung besar, para petani juga merasa terbantu dengan adanya kios obat-obat hama untuk meningkatkan hasil pertanian petani.

7. Menjual bibit tanaman keluar daerah


Salah satu usaha yang banyak di daerah sepi adalah menjual bibit tanaman. Di desa saya sendiri, saat ini bibit tanaman yang didagangkan hanya bibit coklat. Padahal, di kota saja bibit tanaman yang dijual sudah semakin bervariasi.

Dengan menjual bibit tanaman yang beraneka ragam, bisnis ini bisa berkembang dengan sangat cepat. Selain mengetahui cara mengembangkan tanaman juga penting untuk mengetahui cara memperoleh bibit tanaman yang belum ada dari luar daerah.

Karena itu, usaha di daerah sepi dengan menjual tanaman sebaiknya dikombinasikan dengan membeli tanaman yang belum ada dari luar daerah. Misalnya saja, memesan bibit alpukat dari Jawa jika di Sulawesi Selatan masih belum ada.

Untuk mengatasi masalah ongkir yang mahal, sebaiknya order bibit dalam jumlah yang banyak. Modalnya pun akan lebih besar tapi jika dihitung-hitung dengan kaca mata ekonomi, keuntungannya jauh lebih besar dari pada memesan eceran.

Jika dijalankan dengan tekun, usaha di desa ini bisa berkembang pesar dan mendapatkan orderan bibit tanaman dari daerah-daerah luar. Bayangkan saja, masih banyak dari Papua yang memesan bibit online dari Jawa.

Kalau kamu bisa membangun basis bibit tanaman di Sulawesi, maka kemungkinan besar mereka akan memesan bibit Anda yang lebih dekat sehingga ongkir juga lebih murah.

8. Berkebun tanaman jangka pendek


Usaha di desa berkembang yang paling sering dilakukan juga adalah menanam tanaman jangka pendek. Hal ini bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Beberapa tanaman jangka pendek yang biasa ditanama adalah jagung, nilam, maupun sayur-sayuran. Untuk jagung dan nilam sendiri, tidak terlalu sulit memasarkannya.

Berbeda dengan sayur-sayuran yang sedikit lebih sulit dalam hal pemasaran. Terlebih kita harus bersaing dengan mbak-mbak dan mas-mas yang dari luar desa. Untuk mengatasi hal ini, kadang petani juga menjual ke pedagang di luar desa agar lebih mudah mendapatkan penghasilan.

Selain mendapatkan keuntungan juga kita bisa membangun relasi dan memiliki koneksi untuk melebarkan jalur bisnis di kemudian hari.

9. Berkebun untuk tanaman jangka panjang


Dilema berkebun untuk tanaman jangka panjang ada pada jenis tanaman. Kadang memang ada tanaman yang mahal saat musimnya, namun hanya sekali setahun.

Untuk mendapatkan penghasilan dengan cepat dengan tanaman jangka panjang, maka tanaman kakao (Coklat) bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi jika ingin yang sekali langsung menguntungkan, maka tanamlah tanaman jangka panjang seperti durian dan duku.

Sekali berbuah untungnya bisa sampai puluhan juta meskipun hanya beberapa pohon saja.

Usaha jangka panjang ini juga bisa dijadikan sebagai investasi sekaligus menunggu daerah sepi menjadi ramai. Bukan tidak mungkin saat desa Anda sudah mulai berkembang, tanaman ini juga sudah mulai menghasilkan untung yang besar.

9. Beternak ikan air tawar


Ternak ikan air tawar masih menjadi salah satu usaha di daerah sepi yang menguntungkan. Dan jika dijalankan dengan teknik budidaya ikan yang tepat, usaha ini bisa lebih menguntungkan.

Beberapa jenis ikan yang bisa diternak dengan modal kecil adalah ikan nila dan ikan mas. Jika ikan lele biasanya membutuhkan modal yang lebih besar.

Keuntungan ternak ikan air tawar di desa adalah hampir setiap orang punya kolam untuk ternak ikan. Dan untuk bibit ikan sendiri, bisa didapatkan dengan mudah.

Bahkan kita bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan menuliskan proposal usaha di desa. Seperti yang pernah dialami oleh kelompok tani di desa saya yang mendapatkan bantuan bibit ikan patin. Untungnya lagi, juga mendapatkan pakan ternak gratis.

10. Bisnis online di desa terpencil


Di era teknologi seperti sekaran ini, sebenarnya tidak ada lagi yang namanya usaha di daerah sepi. Kecuali jika daerah tersebut memang tidak terjangkau oleh internet.

Namun saat ini, hampir sebagian besar pelosok Indonesia semua sudah terkoneksi dengan internet. Karena itu, meskipun daerah Anda sepi untuk berbisnis, dengan hadirnya internet, setiap lokasi bisa menjadi strategis untuk pemasaran.

Satu-satunya kendala dalam bisnis online di desa terpencil adalah jaringan yang tidak stabil. Selain perangkat seperti laptop dan modal kuota internet ya.

Banyak contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa dilakukan lewat internet. Dan terbukti bisa menghasilkan uang secara online.

Contohnya, menjadi dropshipper untuk produk baju atau pun jika ingin usaha online yang menjanjikan adalah membuat website blog untuk bisnis offline Anda.

Misalnya Anda mengerti tentang dunia di desa, Anda bisa menulis seputar kehidupan di desa termasuk potensi-potensi yang bisa dikembangkan untuk menghasilkan sesuatu yang menarik perhatian.

Lihat juga 15 Contoh Usaha Online Yang Terbukti Menguntungkan

Itulah contoh usaha di daerah sepi yang tidak terbatas untuk ditekuni. Apapun bisnisnya, semuanya cukup potensial ketika ditekuni. Sudah banyak contoh usaha di desa yang berkembang dan bisa sukses dengan omzet puluhan juta setiap bulannya.

Tips Mengembangkan Usaha di Daerah Sepi


Sekali lagi, jangan berkecil hati jika bisnis Anda sulit berkembang di desa terpencil. Ikuti tips-tips mengembangkan usaha di daerah sepi berikut ini.

1. Ketahui target pasar Anda


Dalam memulai sebuah usaha dan bisnis, yang dibutuhkan sebenarnya bukan modal, tapi kemampuan riset dan analisa target pasar. Siapa target pasar untuk produk Anda?

Jika Anda sudah bisa menjawab salah satu penyebab gagalnya suatu usaha ini, maka kesuksesan dalam memulai bisnis sudah semakin dekat.

Contoh, jika usaha Anda adalah menjual pupuk maka target pasar Anda adalah petani yang membutuhkan pupuk. Jika Anda bertani sawah dan menghasilkan padi maka tentu saja target pasar Anda adalah pembeli gabah.

Ketahui target pasar Anda dengan jelas. Dengan itu, usaha di daerah sepi, di desa terpencil pun yang jauh dari hirup pikuk keramaian bisa Anda analisa dengan baik mengenai prospek dan keuntungannya yang menjanjikan.

2. Pelajari cara menjangkau target pasar


Dalam teknik marketing, sebenarnya yang sulit itu adalah menjangkau target pasar. Metode dan cara apa yang digunakan untuk menjangkau target pasar?

Apakah jalanan Anda kurang baik untuk memasarkan produk Anda atau target Anda terlalu jauh untuk dijangkau? Thinking about it!

3. Ajak mereka jalan-jalan ke usaha Anda


Saat Anda bisa menjangkau mereka, mengapa mereka harus menjadi pelanggan setia Anda. Teknik marketing ini erat kaitannya dengan kualitas produk.

Usaha di daerah sepi pun akan ramai jika Anda punya produk berkualitas. Bayangkan saja, Anda dan beberapa orang di dunia ini rela bersusah-susah untuk mengunjungi obyek wisata yang jalannya berbatu dan licin.

Karena dibalik sulitnya menjangkau lokasi tersebut ada sesuatu yang menakjubkan. Seperti halnya dengan usaha Anda. Sekalipun terdapat di desa terpencil yang sangat sepi, maka target pasar Anda tidak akan ragu untuk jalan-jalan ke tempat Anda.

Entah itu jalan yang belum bagus atau apalah, itu adalah harga yang harus mereka bayar untuk mendapatkan produk Anda. Karena itu, usaha di daerah sepi sebenarnya hanya perasaan Anda. Sama seperti tempat wisata. Jika orang memang menginginkannya maka mereka akan datang.

4. Temukan partner yang cocok


Untuk membangun suatu usaha yang menjanjikan di desa, kita tetap harus membutuhkan partner. Tapi hati-hati dalam memilih partner kerja.

Karena tidak jarang usaha yang dijalankan bersama akhirnya harus beridiri sendiri karena kesalahan memilih partner. Jika kedua usaha sukses sih tidak jadi masalah. Tapi kalau usaha satu sama lain menjadi saingan kan bisa lama berkembangnya.

Dalam memilih partner kerja untuk usaha Anda, pastikan orangnya sesuai dengan tujuan utama kita. Dan bisa diajak kerjasama. Dan yang paling penting tidak mudah menyerah.

5. Saatnya go online


Usaha di tempat yang tidak strategis seakan-akan sudah mulai sirna dengan kemajuan teknologi. Era modern memungkinkan kita untuk mendekatkan yang jauh.

Usaha di daerah sepi itu semakin sempit dengan media sosial dan internet. Karena pemasaran online jauh lebih menguntungkan dan menjanjikan.

Bagi pelaku bisnis UKM (Usaha Mikro dan Menengah), go online adalah salah satu langkah besar yang wajib dilakukan saat ini. Terutama untuk produk fashion dan sejenisnya.

Untuk produk pertanian pun sudah banyak yang sukses untuk besar dari go online. Misalnya saja menjual mesin-mesin pertanian lewat online. Melihat kemajuan teknologi, desa pun tidak tertinggal.

Dewasa ini, sudah banyak contoh usaha rumahan online di desa terpencil. Asal koneksi internet stabil maka go online adalah salah satu hal yang mutlak dilakukan oleh pebisnis saat ini.

Tips terakhir dalam memulai usaha di daerah sepi yang go online adalah dengan membuat brand. Buatlah merk untuk produk Anda sehingga lebih mudah dikenal. Mulai dari sekarang! Tidak perlu tunggu daerah jadi ramai untuk membangun bisnis. Tapi ubahlah daerah sepi menjadi ramai dengan bisnis Anda.

Lihat juga 17 Contoh Usaha Rumahan Untuk Mahasiswa Modal Kecil Untung Besar

Demikianlah artikel tentang contoh usaha di daerah sepi yang menguntungkan di desa. Semoga bermanfaat dan salam bisnis!
  February 28, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close