8 Keuntungan Toko Online Sendiri Bagi Penjual Online Shop

8 Keuntungan Toko Online Sendiri Bagi Penjual Online Shop

Keuntungan Toko Online Bagi Penjual - Memiliki website toko online sendiri bisa dikatakan mimpi sebagian besar pebisnis online shop. Tapi masih banyak juga yang terus-menerus berdagang melalui marketplace toko online. Memang omzetnya bisa lebih besar, tapi ternyata ada kepuasan tersendiri ketika memiliki toko online pribadi.
8 Keuntungan Toko Online Sendiri Bagi Penjual Online Shop
8 Keuntungan Toko Online Sendiri Bagi Penjual Online Shop

Hari ini, kita akan membahas tentang keuntungan toko online bagi penjual, dalam hal ini pelapak online shop. Jika selama ini kamu sudah menikmati keuntungan dan manfaat berjualan online di marketplace atau sosial media, saatnya untuk mencoba peluang bisnis online baru dengan membuka toko online sendiri. Apakah itu sulit? Check it out! 


Apa itu toko online?


Sederhananya, toko online adalah toko yang ada dan bisa ditemukan serta diakses melalui internet. Bedanya dengan toko offline, toko online tidak perlu memiliki toko secara fisik.

Saya yakin kamu sudah tahu apa itu toko online. Contohnya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan toko-toko online lainnya di Indonesia. Di toko online tersebut tersedia marketplace yang memudahkan pedagang online, baik reseller atau dropshipper memasarkan produknya.

Keuntungan Berjualan di Marketplace Toko Online Indonesia


Marketplace atau secara harfiah diartikan tempat di pasar dalam suatu toko online adalah layanan yang disediakan oleh E-commerce untuk pelapak. Jadi, bisa dikatakan toko online adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdiri marketplace untuk para pedagang.

Keuntungan berjualan di marketplace yang paling pertama adalah kita hanya perlu memposting produk kita di toko online tersebut dan sisanya, kita tinggal tunggu ada yang beli. Kalaupun ada promosi, pelapak tidak akan terlalu sulit karena nama besar toko online tersebut.

Sudah banyak yang membagikan manfaat berjualan di toko online, misalnya saja omzet yang bisa lebih meningkat dari pada jualan offline. Tapi ternyata, ada juga beberapa kekurangan berjualan di marketplace toko online, seperti
  • Aturan dari toko online membuat pelapak harus taat.
  • Situs-situs E-commerce yang kalah saing bisa tutup tiba-tiba.
Berbeda kalau punya toko online sendiri, pasti masalah-masalah seperti itu bisa lebih diminimalisir dan diketahui sendiri.

Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri


Bagi Anda yang masih ragu membuka toko online sendiri dari nol, simak keuntungan memiliki website toko online sendiri.


1. Hemat biaya operasional


Untuk membuat website toko online sendiri, biayanya jauh lebih murah. Biasanya para developer website E-commerce membuka layanan pembuatan website toko online di kisaran harga Rp150.000 sampai Rp300.000. Ada juga yang lebih mahal ada yang juga lebih murah.

Dengan modal tersebut, biasanya kita sudah memiliki toko online yang sudah siap digunakan untuk berjualan. Sudah terdiri dari domain, hosting yang berlaku selama 1 tahun.

Dari pada toko offline fisik, biaya tersebut jauh lebih kecil. Untuk perawatan pun, biasanya perpanjangan sewa toko offline pun dilakukan sekali dalam 1 tahun atau pun penambahan kapasitas hosting.

2. Penjualan lebih laris


Bisnis online di internet bagi pebisnis online shop pastinya akan membuat penjualan semakin laris. Mengapa? Karena hampir sebagian besar orang saat ini semua sudah online. Dan daya beli masyarakat terhadap barang-barang online seperti fashion terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk melariskan produk, bisa lihat di Cara Jualan Online Laris dan Cepat Laku

3. Online 24 jam non stop


Keuntungan jualan online juga tidak terbatas ruang dan waktu. Kalau di toko offline biasanya sudah tutup menjelang malam atau pun paling tidak sampai jam 9 malam, toko online bisa diakses selama 24 jam. Karena itulah, beli kapanpun dan dimanapun melalui toko online tidak ada masalah.

4. Lebih mudah dan praktis


Berbeda dengan toko offline yang harus menanyakan harga produk atau pergi ke kasir untuk membayar, dengan toko online kita tinggal klik ini dan itu, "Add to chart" bayar dan proses pengiriman barang ke rumah bisa sampai dalam waktu 1 hari. Atau untuk daerah yang dipelosok seperti saya minimal kurang 1 Minggu lah barang sampai paling lama.

5. Pembeli lebih tertarget


Berbeda saat jualan di Marketplace yang memunculkan toko online terlebih dahulu dan kita harus bersaing dengan pelapak lainnya, dengan toko online sendiri peluang untuk muncul dipencarian Goolge lebih besar.

Dengan demikian, kita juga lebih mudah melakukan closing product karena pembeli lebih tertarget. Misalnya ada yang mau beli sepatu olahraga di Sulawesi Selatan, maka kemungkinan besar mereka sudah siap membeli sepatu.

Intinya, website toko online lebih mudah dioptimasi untuk muncul di page one Google di wilayah yang masih rendah kompetitornya.

6. Memiliki brand sendiri


Mengapa Lazada dan toko online lainnya lebih banyak pembelinya? Karena mereka sudah terpercaya dan memiliki brand yang kuat, maka banyak yang langsung mengunjungi toko online Lazada untuk mencari produk.

Dengan membuat toko online sendiri, Anda akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Jadi, saat ada yang mau beli online, mereka langsung ingat brand Anda sebagai toko online ternama.

Dan sebenarnya, ada banyak sekali manfaat website bagi bisnis Anda. Bagi yang sudah go online, pasti tahulah manfaatnya. Blogger aja yang tidak menjual produk fashion bisa dapat uang setiap harinya.

7. Penghasilan tambahan dari iklan


Peluang mendapatkan passive income dari toko online juga sangat besar. Selain dari reseller atau dropshipper yang bisa menambah larisnya penjualan, penghasilan dari toko online bisa didapatkan dengan memasang iklan di toko online.

Kalau website toko online Anda sudah memiliki nama, maka pasti banyak yang akan beriklan di toko online Anda. Atau pun sekurang-kurangnya memasang iklan Google Adsense.

Kunjungi juga Cara mendapatkan uang dari Google Tiap Hari Sampai Gajian $100+

7. Anda adalah bosnya


Semua aturan dalam toko online Anda yang tentukan. Berbeda saat berjualan di marketplace yang mengharuskan Anda taat pada aturan yang mereka tetapkan.

Bayangkan jika website toko online Anda sudah besar dan terkenal. Terlebih jika manajemen toko online Anda bagus, maka kemungkinan investor pun tidak ragu-ragu berinvestasi untuk toko online Anda. Anda sebagai Founder sekaligus Owner toko online pastinya akan mendapat banyak keuntungan.

Bagaimana menurut Anda keuntungan memiliki toko online sendiri? Sangat bagus, bukan? Tapi sebelum membuat toko online sendiri, memang akan banyak tantangan.

Misalnya kualitas produk, teknik marketing terutama SEO. Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang web programming atau programmer aplikasi toko online, memang bisa menjalankan bisnis ini dengan menjadi pengembang website E-commerce.

Tapi bagi dropshipper dan reseller, membuat toko online sendiri memang cukup sulit. Tapi bukan berarti tidak bisa. Bagi Anda yang memiliki stok produk, walaupun masih kecil-kecilan dalam skala rumahan, memiliki website toko online sendiri adalah sebuah keuntungan besar.

Semua harus menjadi pertimbangan utama sebelum membuka toko online sendiri. Jika belum siap dengan tantangan-tantangan tersebut, sebaiknya Anda belajar lebih lagi dan untuk sementara tetap berjualan di Marketplace agar tetap memiliki penghasilan online.

Trik yang bisa dilakukan juga adalah berjualan sambil memperkenalkan brand toko online pribadi di Marketplace. Jadi, sementara dalam tahap pembangunan dan branding, "dapur tetap ngebul." Karena membangun website toko online itu butuh inovasi dan kreatifitas agar bisa bersaing dengan situs-situs E-commerce raksasa saat ini.

Lihat juga 9 Keuntungan Belanjar Online di Toko Online

Itulah artikel seputar 7 keuntungan memiliki toko online sendiri bagi penjual. Memiliki domain dan website sendiri sebagai brand memberikan banyak manfaat dan keuntungan tersendiri bagi pemilik toko online.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!