Skip to main content

Keuntungan Investasi Emas, Modal Kecil dan Bebas Pajak

Keuntungan investasi emas - Salah satu jenis investasi jangka panjang yang paling menguntungkan adalah investasi emas. Keuntungan investasi emas bukan hanya untuk pamer kekayaan, tapi lebih dari itu. Dan hari ini saya tidak akan berbicara tentang emas dan gaya hidup glamour. Namun akan membahas keuntungan investasi emas untuk masa depan bagi investor.
Keuntungan Investasi Emas, Modal Kecil dan Bebas Pajak
Keuntungan investasi emas
Investasi emas masih menjadi pilihan jenis investasi jangka panjang. Dan itu tidak salah. Karena memang, investasi emas bagi investor pemula juga sangat mudah dan termasuk jenis investasi jangka panjang modal murah.

Keuntungan Investasi Emas


1. Investasi emas tidak butuh modal besar


Keuntungan investasi emas yang pertama adalah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bandingkan saja dengan jenis investasi jangka panjang lainnya seperti investasi properti jenis tanah dan bangunan.

Bahkan, untungnya lagi, investasi emas saat ini bisa dilakukan secara kredit. Jadi, investasi emas termasuk investasi jangka panjang yang menguntungkan karena tidak membutuhkan modal yang besar.

Lihat juga Investasi Emas Online dan Resiko Bagi Investor

2. Investasi emas cocok untuk siapa saja


Keuntungan investasi emas yang kedua adalah siapa saja bisa investasi emas. Dan tidak butuh banyak belajar investasi emas. Asal emas tersebut asli, maka investasi emas akan memberikan banyak manfaat di kemudian hari.

Namun memang penting untuk memahami seluk beluk investasi emas. Seperti bagaimana membuat emas bisa bernilai lebih dalam dunia investasi. Serta memilih jenis emas yang tepat untuk produk investasi seperti emas batangan atau emas perhiasan.

3. Investasi emas mudah diuangkan


Sedang dalam keadaan darurat ekonomi? Emas Anda bisa menjadi barang yang tepat untuk diuangkan. Ini karena emas sangat mudah diperjualbelikan dan tidak terikat dengan apapun.

Dan lagi, permintaan emas selalu meningkat karena memang produk yang satu ini merupakan hasil tambang yang tidak bisa diperbaharui.

4. Investasi emas bebas pajak


Istilah "Hidup di dunia tidak ada yang gratis, bernafas pun harus bayar" tidak berlaku dalam investasi emas.

Jika investasi jangka panjang lainnya dibebani dengan pajak bumi dan bangunan maupun investasi saham perusahaan juga tidak lepas dari pajak. Keuntungan investasi emas yang ketiga adalah emas bebas dari pajak.

4. Investasi emas termasuk investasi jangka panjang


Keuntungan investasi emas yang keempat adalah emas salah satu jenis investasi jangka panjang. Dari pada sekedar memiliki uang kertas atau tabungan biasa di bank, emas lebih aman dalam investasi jangka panjang.

Nilai mata uang kertas mungkin sama saja, tapi daya belinya semakin berkurang. Saya ingat beberapa tahun silam saat masih di Sekolah Dasar. Beli permen karet dengan harga Rp500 perak bisa dapat 4 bungkus permen. Di tahun 2019, boro-boro dapat 1 bungkus aja, Rp500 perak kadang harus dicukupkan Rp1000 untuk bisa digunakan.

Berbeda dengan investasi emas. Harga emas bahkan cenderung naik setiap tahunnya. Jadi, semakin lama menyimpan emas, semakin mahal harganya.

Lihat juga 7 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Cocok Untuk Pemula

5. Investasi emas bisa jadi jaminan


Keadaan darurat dan butuh uang tunai tapi tidak rela melepas emas karena alasan hadiah atau cincin pernikahan? Pegadaian menjadi solusi yang tepat.

Emas dapat menjadi jaminan untuk mendapatkan uang tunai. Selain pegadaian, Bank Syariah juga menerima emas sebagai jaminannya.

Jadi, saat sudah memiliki uang, nanti emas tersebut dapat kita miliki kembali dengan cara ditebus sebelum jatuh tempo.

Kelemahan Investasi Emas


Investasi emas memang banyak memiliki keuntungan dan itu sudah terbukti. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa investasi emas juga memiliki resiko kerugian dan kelemahan. Tapi kelemahan tersebut bukanlah alasan bagi banyak orang yang masih berlomba-lomba untuk berinvestasi emas.

1. Resiko hilang cukup tinggi


Sudah banyak peristiwa yang menyedihkan dengan emas sebagai perhiasan. Banyak kejadian perampokan yang terjadi karena menggunakan emas yang berlebihan di tempat yang kurang tepat.

Karena itu, emas termasuk investasi yang cukup tinggi resiko tingkat kriminalnya secara langsung. Namun, resiko hilang yang cukup tinggi bisa diatasi dengan menjaga diri.

Namun resiko seperti ini sangat jarang terjadi. Karena jika dibandingkan dengan investasi lainnya, investasi emas termasuk investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan, kurang resiko, murah dan cocok untuk investor pemula.

2. Tidak memberikan impact yang besar


Salah satu yang tidak menguntungkan dalam investasi emas adalah harganya yang cenderung stagnan. Berbeda dengan investasi tanah yang kenaikan harganya lebih cepat, kenaikan harga emas cenderung lambat.

Meskipun kita tahu bahwa grafik harga emas akan selalu naik. Namun dampaknya hanya akan terasa dalam waktu 5 sampai 10 tahun.

Jadi, emas memang tidak cocok dijadikan investasi untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namun investasi emas lebih ditujukan untuk melindungi kekayaan dan sebagai aset yang mudah diuangkan dan dijadikan sebagai dana darurat.

Cara Investasi Emas


Cara investasi emas bagi pemula sangat mudah. Kita bisa memanfaatkan investasi emas di bank atau di pegadaian. Dan di era digital yang serba modern ini, investasi emas juga bisa dilakukan secara online seperti di Tokopedia.

Untuk cara investasi emas dengan modal kecil, bisa lihat di cara investasi emas di Pegadaian dan di Bank.

Gambar header Pixabay - gold

Baca juga 5 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Menguntungkan

Demikianlah artikel tentang keuntungan investasi emas. Ternyata emas bukan hanya untuk pamer kekayaan tapi juga untuk investasi jangka panjang yang menguntungkan karena modal kecil dan bebas pajak.
  February 08, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close