9 Keuntungan Belanja Online di Toko Online

9 Keuntungan Belanja Online di Toko Online

Keuntungan Belanja Online - Bisnis online shop semakin mengudara dan tingkat pembelian masyarakat secara online semakin meningkat. Bukan hanya karena mengikuti trend belanja online yang saat ini sedang marak tetapi besar kemungkinan toko-toko online akan mengekspansi toko-toko offline yang ada. Dan itu sudah terbukti. Toko online seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan beberapa situs online shop Indonesia lainnya sudah bisa dikatakan sebagai pasar modern yang lebih banyak melakukan transaksi.
9 Keuntungan Belanja Online di Toko Online
9 Keuntungan Belanja Online di Toko Online
Perubahan yang nyata tersebut mengharuskan kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman. Termasuk dalam berbelanja online. Bagi online shopper's yang sering belanja online di toko online, pasti sudah tahu manfaat dan keuntungan belanja online.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut beberapa keuntungan belanja online yang dapat mengubah gaya belanjamu mulai saat ini.

1. Di manapun kapanpun bisa belanja online


Keuntungan utama yang ditawarkan saat berbelanja di toko online adalah hemat waktu. Di tengah kepadatan dan kesibukan, belanja online menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan produk tanpa perlu susah-susah mencari waktu yang tepat.

Belanja online bisa dilakukan di manapun dan kapanpun selama ada smartphone dan kuota internet. Mau di desa yang jauh dari toko besar atau lagi malas keluar, online shopping menjadi solusi yang tepat.
 Manfaat belanja online di toko online
Manfaat belanja online - Pixabay
Belanja secara online pun bisa dilakukan sambil menikmati kopi di pagi hari.

2. Mencari barang lebih mudah


Berbeda dengan toko offline yang mengharuskan kita bertanya sana sini untuk mencari produk yang diinginkan. Mencari barang di toko online jauh lebih mudah. Tinggal dijempol aja sudah muncul barang yang ingin dibeli.

3. Lebih praktis dan hemat biaya bahan bakar


Seperti poin nomor 1, belanja online lebih fleksibel dan mudah diatur. Belanja dapat dilakukan waktu sedang istirahat dan pastinya, belanja online hemat biaya bahan bakar karena barang yang dibeli akan datang sendiri ke rumah Anda.

4. Harga produk lebih murah dan pilihan beragam


Belanja di toko online itu barangnya jauh lebih murah dari pada di toko offline atau pasar konvensional. Selain itu, pilihan produk yang beragam memudahkan online shopper's untuk membandingkan harga terbaik

5. Lebih banyak promo dan diskon


Salah satu yang memanjakan saat belanja online adalah banyaknya promo dan diskon yang didapatkan. Tentu saja, promo ini adalah bagian dari strategi marketing toko online untuk menarik orang berbelanja di tokonya. Beda dengan toko offline yang jarang ada diskon dan promonya.

6. Hemat uang belanja


Percaya atau tidak, saat Anda ke toko offline atau pasar, meskipun sudah membuat list belanjaan, ada saja produk yang menarik perhatian seakan-akan berkata "Beli gue, mbak."

Nah, keuntungan belanja di toko online adalah Anda hanya akan diperlihatkan produk-produk yang Anda cari. Dan biasanya produk tersebut lebih spesifik sehingga Anda tidak melihat barang lain sana sini.

Yups! Belanja online umumnya dilakukan saat kita benar-benar hanya butuh suatu barang.

7. Pilihan sistem pembayaran yang mudah 


Sistem pembayaran pada toko online memang sangat memanjakan. Mulai dari menggunakan transfer bank, akun Paypal, sampai top up saldo di toko online.

Semua itu memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi di toko online. Hal ini jugalah yang menyebabkan belanja online tidak perlu ngantri karena sistemnya lebih banyak yang otomatis.

8. Tidak perlu malu tawar-menawar


Bagi kamu yang memiliki sifat pemalu, belanja online bisa membuat lebih hemat uang. Karena kamu bisa bebas tawar menawar produk yang akan dibeli. Berbeda dengan belanja online, banyak yang takut atau malu tawar menawar sehingga apa yang dibeli biasanya terlalu mahal dari pada harga yang seharusnya.

9. Barang bergaransi


"Barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan!" Itulah tagline umum yang digunakan oleh hampir seluruh toko offline yang ada.

Meskipun tidak semua, tapi banyak toko online terpercaya yang menjadikan ini sebagai senjata agar orang tidak takut belanja online.

Biasanya mereka memberi garansi seperti barang tidak sampai, barang rusak saat proses pengiriman dan barang yang diterima tidak sesuai. Keuntungan dari return ini Anda tidak perlu membayar apapun dan uang dikembalikan karena dianggap kesalahan dari penjual di marketplace toko online. But not at all, ya.

Kekurangan Online Shop


"Tak ada gading yang tak retak." Istilah tersebut menggambarkan bahwa segala sesuatu adalah kelemahannya. Meskipun belanja online banyak manfaat dan keuntungannya, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa pasti ada kekurangan online shopping.

Dan berikut beberapa kekurangan belanja online yang wajib diketahui.

1. Resiko tertipu lebih tinggi


Dibalik kepraktisan dan kemudahan belanja online tersimpan bahaya dan resiko yang cukup tinggi. Tidak sedikit korban belanja online yang mengalami kerugian dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Itulah yang membuat kita sampai hari ini sebagian besar mengalami was-wasan saat melakukan transakis online. Resiko tertipu lebih tinggi dari pada belanja offline.

2. Biaya ongkir mahal


Pertimbangan yang tidak kalah penting dalam belanja online adalah ongkos kirim. Ini yang masih menjadi kendala utama dalam belanja online di Indonesia dan menjadi dilema tersendiri.

Jangankan barang dari luar negeri, dari Jawa aja ke pelosok Sulawesi Selatan ongkos kirim paling murah biasanya masih di atas harga Rp40.000 per kg. Jadi kalau mau beli produk murah yang harganya tidak sampai 100 ribu tidak ada cara lain yang lebih murah selain beli dalam partai banyak atau grosir.

Tapi kalau sudah butuh, ongkir mahal kadang dihiraukan sih.

3. Tidak bisa langsung mencoba


Belanja online memang lebih mudah. Dari warna produk, ukuran, bahan dan kualitasnya semua tertera dengan jelas. Tapi siapa yang tahu kualitasnya?

Salah satu kekurangan belanja online adalah tidak langsung mencoba. Untuk mengatasi keraguan, biasanya pebisnis online shop atau toko online memberlakukan sistem COD (Cash On Delivery) sehingga tidak terjadi kesalahan beli.

Nah, salah satu tips memilih toko online terpercaya adalah menyediakan sistem COD. Tapi untuk toko online besar saat ini, tanpa COD pun penjualan tetap laris manis karena kualitas barang dari supplier memang sangat diperhatikan.

Dan bagi pebisnis online shop, pasti mereka tahu keuntungan jangka panjang bisnis online ini sehingga tidak ingin merusak reputasi untuk keuntungan sesaat.

4. Barang yang dikirim tidak sesuai


Biasanya hal inilah yang sering dialami oleh dropshipper. Entah karena kurang mau tahu atau pun memang salah dalam memilih supplier, barang yang sampai ke tangan pembeli tidak sesuai.

Ternyata yang ada di foto katalog produk tidak sesuai dengan barang aslinya. Biasanya sih, karena foto telah diedit sedemikian rupa terutama dari segi sudut pengambilan gambar produk dan pencahayaan.

5. Kerugian penjual online


Budaya jual beli di pasar secara offline di mana pembeli bebas mencoba produk atau barang, beli di toko online hanya bisa melihat contoh produk dalam bentuk gambar sehingga sekalipun ada katalog dan keterangan pada gambar, tanya jawab yang berlebihan tentang produk biasanya masih sering terjadi.

Okelah, tanya jawab tentang kualitas produk memang penting, tapi biasanya pertanyaan-pertanyaan lain yang melebar bisa saja mengganggu penjual produk.

Tapi jika ditelusuri lebih jauh, memang ini disebabkan juga karena maraknya penipaun penjualan online sehingga perlu bagi pembeli untuk memastikan produk yang mereka beli sesuai dengan yang diinginkan.

Apakah kamu tertarik belanja online?

Keberadaan toko online telah memberikan banyak manfaat bagi konsumen. Bukan hanya untuk penjual tapi juga bagi online shopper's.

Terakhir, saya hanya ingin mengingatkan kembali kepada toko offline, pabrik konveksi terutama di bidang fashion bahwa saatnya untuk go online. Karena sudah banyak yang membuktikan omzetnya jauh lebih besar.

Masih ingat dengan brand ternama yang merajai dunia ponsel, Nokia? Dulu mereka terlalu percaya diri dan lupa untuk berkembang. Mereka berkata bahwa "Mereka tidak melakukan kesalahan. Tapi kenapa bisa kalah."

Yes, mungkin mereka tidak melakukan kesalahan tapi mereka lupa bahwa dunia setiap hari berubah. Jika Anda tidak berubah mengikuti perkembangan zaman maka Anda akan jauh ketinggalan.

How about you? Just thingking about it!

Lihat juga Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Sampai Sukses Menjadi Terpercaya

Demikianlah keuntungan belanja online dan kekurangan online shop. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!