Skip to main content

7 Jenis Investasi Jangka Panjang Terbaik dan Menguntungkan yang Minim Resiko

7 Jenis Investasi Jangka Panjang Terbaik - Investasi jangka panjang adalah salah satu jenis investasi yang populer di kalangan investor di seluruh dunia termasuk Indonesia. Ini karena investasi jangka panjang lebih minim resiko jika dibandingkan dengan investasi jangka pendek.
7 Jenis Investasi Jangka Panjang Terbaik dan Menguntungkan yang Minim Resiko
7 Jenis Investasi Jangka Panjang Terbaik dan Menguntungkan yang Minim Resiko
Investasi jangka panjang memiliki banyak jenis dengan resiko dan keuntungannya masing-masing. Investasi jangka panjang banyak manfaatnya untuk masa depan yang lebih baik dan menjanjikan. Namun bukan berarti investasi jangka panjang tidak memiliki resiko.

Saya selalu berkata: "Apapun jika sudah berkaitan dengan uang, tidak ada yang mudah." Termasuk investasi, baik itu investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang. Untung dan rugi itu sudah pasti. Untuk meminimalisir resiko berinvestasi, lebih bijak untuk belajar strategi investasi.

Pengertian Investasi Jangka Panjang


Investasi jangka panjang adalah penanaman modal dalam untuk memiliki aset yang keuntungannya di dapatkan dalam waktu yang relatif lebih lama. Berbeda dengan investasi jangka pendek yang keuntungannya lebih cepat, investasi jangka panjang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang besar.

Investasi jangka panjang seperti halnya menanam pohon yang mengalami pertumbuhan yang sedikit demi sedikit hingga akhirnya berbuah dalam waktu bertahun-tahun.

Namun pilihan investasi jangka panjang tetap menjadi pilihan terbaik bagi semua orang. Hal ini karena investasi jangka panjang bisa memberikan jaminan masa tua yang lebih cerah dan bebas masalah finansial.

Lihat juga 2 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Cocok Untuk Pemula

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang Yang Untung Besar dan Minim Resiko


Anda belum bekerja atau sudah bekerja dengan gaji yang "gak cukup", bukan alasan bagi untuk tidak berinvestasi. Investasi memiliki dampak yang bermanfaat di masa depan.

Untuk generasi milenials sendiri, sudah banyak yang mempersiapkan diri dengan investasi jangka panjang dan jangka pendek. Bagi pemula, memang sebaiknya memiliki tujuan investasi jangka panjang yang lebih aman dari resiko.

Karena itu, sebaiknya pertimbangkan untuk belajar berinvestasi dengan mencoba beberapa jenis-jenis investasi jangka panjang di bawah ini.

1. Investasi Emas

investasi emas - investasi jangka panjang
Investasi emas batangan - Pixabay
Investasi jangka panjang terbaik yang minim resiko dan terbilang aman adalah investasi emas. Investasi emas menjadi jenis investasi yang menjanjikan. Kenaikan harga emas setiap tahunnya selalu positif. Sebut saja, beberapa tahun sebelumnya, harga emas hanya Rp400.000,- per gramnya di tahun 2019 ini, sudah mencapai Rp600.000,- an.

Hal ini berbanding terbalik dengan nilai mata uang yang setiap tahunnya mengalami penurunan nilai karena inflasi yang terjadi.

Keuntungan lainnya investasi emas adalah permintaan akan emas selalu meningkat dan dan pastinya emas yang dimiliki mudah diuangkan. Dan saat pasar saham mengalami penurunan, harga emas cenderung lebih stabil dan minim resiko.

Saat ini pilihan investasi emas semakin beragam. Salah satu cara investasi emas agar memperoleh hasil untung yang berlipat dengan mengikut program konsinyasi emas di Pegadaian.

Karena itu, pertimbangkan untuk investasi emas sejak hari ini dengan tujuan jangka panjang.

2. Investasi Properti

jenis investasi jangka panjang properti
Investasi jangka panjang properti - Pixabay
Investasi jangka panjang terbaik yang memang sudah terbukti adalah investasi properti, tanah dan bangunan. Ini karena rumah dan bangunan merupakan salah satu kebutuhan utama manusia dalam hidup.

Lihat saja, di daerah saya dan hampir semua daerah termasuk daerah Anda mengalami kenaikan harga tanah dan bangunan yang cukup tinggi setiap tahunnya. Bahkan di kota-kota sendiri, harga tanah per meternya bisa mencapai harga puluhan juta.

Strategi investasi tanah untuk jangka panjang sangat penting. Karena di beberapa wilayah yang strategis, harga tanah bisa mengalami kenaikan harga yang jauh lebih besar.

Berbeda dengan investasi emas, keuntungan investasi properti lebih besar untungnya. Satu-satunya yang menjadikan investasi jangka panjang jenis properti ini tidak dilirik adalah karena membutuhkan modal yang cukup besar.

Bagi kamu yang tertarik investasi jangka panjang jenis properti, bisa mencoba program KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Dengan ini, kita bisa mencicil rumah tersebut untuk ditempati atau bisa juga disewakan untuk membuat rumah tersebut memiliki penghasilan sendiri untuk digunakan membayar cicilan.

Investasi jangka panjang properti juga biasanya menggunakan sistem crowfunding atau bekerjasama dalam pembelian properti. Hampir samalah sistem ini dengan kepemilikan saham dimana kamu akan mendapat keuntungan dari besarnya investasi yang kamu berikan.

Siapa bilang investasi properti harus modal besar? Banyak kok, di luar sana yang membeli tanah yang luas kemudian dikavling lagi untuk dijual. Dan jika bisa negosiasi, tidak sedikit yang siap memberikan keringanan dengan mengijinkan mencicil tanah tersebut.

3. Investasi Reksa Dana


Bagi kalangan investor saat ini, Reksa Dana sudah menjadi salah satu jenis investasi yang cukup menjanjikan. Namun bagi sebagian orang, investasi reksa dana masih banyak yang belum tahu.

Investasi reksa dana atau mutual funds adalah dana yang dikumpulkan oleh beberapa investor melalui perantaraan perusahaan reksa dana.

Jenis-jenis investasi reksa dana seperti saham, obligasi dan pasar uang, yaitu surat-surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan suatu aset.

Setiap jenis reksa dana memiliki keuntungan dan resiko masing-masing. Bagi kamu yang tertarik investasi jangka panjang reksa dana, sebaiknya mendalami cara kerja investasi ini dan memilih perusahaan reksa dana terpercaya di Indonesia.

Investasi reksa dana menjadi salah satu investasi yang sangat disukai oleh investor pemula dalam belajar strategi investasi.

4. Investasi di Koperasi


Jika berbicara tentang koperasi, banyak yang langsung kabur dan takut dengan banyaknya koperasi abal-abal yang membawa kabur uang nasabahnya. Namun tidak semua koperasi lho. Banyak koperasi terpercaya yang memang memberikan banyak manfaat bagi nasabahnya secara langsung maupun tidak langsung.

Sebut saja, karena bergabung dengan koperasi, kita harus menyisihkan gaji bulanan untuk tabungan yang beragam jenis pada setiap koperasi.

Saat ini, bukan hanya asuransi yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk investasi dan proteksi.

Banyak koperasi yang memiliki fungsi double sekaligus, yaitu fungsi investasi dan juga proteksi atau perlindungan. Selain itu, banyak koperasi yang menawarkan jaminan hari tua dan jaminan pensiun maupun tabungan pendidikan.

Tapi itu dia, pilihlah koperasi yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang tinggi.

5. Investasi Saham


Investasi jangka panjang yang paling populer selanjutnya adalah menanam modal di sebuah perusahaan.

Dengan memiliki saham di sebuah perusahaan, pemilik saham bisa disebut sebagai salah satu pemilik perusahaan. Semakin besar jumlah saham yang dimiliki akan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan dikemudian hari.

Namun sebelum investasi saham di perusahaan terbuka, kita harus selektif dan benar-benar yakin kalau perusahaan tersebut dapat berkembang. Resiko dari investasi saham adalah bisa saja kita mengalami kerugian saat perusahaan tersebut juga jatuh.

6. Investasi dengan Obligasi


Hampir sama dengan saham, investasi obligasi merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak diminati oleh pengusaha bermodal besar.

Obligasi adalah surat bukti pemberian pinjaman kepada pihak terkait dengan ketentuan yang pasti, yaitu waktu jatuh tempo dan bunga yang sudah ditetapkan dalam perjanjian. Jadi, obligasi adalah surat hutang yang harus ditebus oleh penerbit obligasi pada waktu yang sesuai dengan kesepakatan.

7. Investasi Tabungan Berjangka


Tabungan berjangka merupakan salah satu jenis tabungan jangka panjang yang mendominasi investasi jangka panjang karena bisa merangkul semua kalangan.

Hal ini karena tabungan berjangka membuat kita lebih mempersiapkan langkah di tahun-tahun yang akan datang. Keuntungan lain dari investasi jangka panjang dengan tabungan berjangka adalah modal yang bisa disesuaikan dan juga bisa dikatakan juga termasuk jenis investasi yang minim resiko.

Fitur auto debet atau penarikan otomatis dari rekening utama membuat kita tidak perlu repot atau pun lupa untuk menyetor tabungan berjangka.

Meskipun bunganya tidak terlalu besar, namun konsistensi menabung sedikit demi sedikit pastinya akan memiliki impact yang besar dikemudian hari. Bayangkan saja, jika mulai bulan ini kita rutin menabung Rp100.000 setiap bulannya, maka dalam 20 bulan penghasilan yang diterima bisa Rp2.000.000 diluar bunga tabungan. Tabungan seperti ini tidak terasa lho, terlebih jika nominal yang ditabung lebih besar dari itu.

Karena itulah, tabungan berjangka cocok untuk investasi jangka panjang dan menjadi pilihan cerdas bagi mereka yang gemar menabung.

Jika memiliki modal yang cukup dan telah bersiap dengan kebutuhan jangka pendek, tidak ada salahnya mencoba investasi jangka panjang dengan deposito dalam jangka waktu 5 tahun atau lebih.

Di era generasi milenials hari ini, petunjuk dan strategi untuk berinvestasi bagi pemula sangat banyak ditemukan di internet. Karena itu, terus pelajari perkembangan dunia investasi. Bukan tidak mungkin Anda akan menjadi milyarder berikutnya menggantikan Warrent Buffet, sang investor terkaya di dunia.

Ada banyak pilihan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan pastinya akan berdampak positif di hari esok yang bebas masalah finansial. Sekalipun modalnya besar, bukan alasan bagi generasi milenials untuk tidak mempertimbangkan investasi jangka panjang.

Toh, saat ini ada banyak jenis investasi online jangka pendek bahkan jangka panjang yang cukup menjanjikan untuk masa depan yang lebih cerah. Banyak perusahaan-perusahaan yang memberikan kesempatan kepada investor pemula untuk memulai karirnya untuk investasi jangka panjang dengan tujuan bebas masalah keuangan di masa yang akan datang.

Lihat juga 5 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Menguntungkan

Itulah 7 jenis investasi jangka panjang terbaik yang menguntungkan dan minim resiko. Paling tidak, bagi generasi milenials sudah mempertimbangkan jenis investasi jangka panjang seperti emas dan properti dari pada menghamburkan uang tanpa tujuan yang jelas.

  February 07, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close