Skip to main content

Resiko Investasi Emas Online, Tips Aman Beli Emas Online

Tips Investasi dan Beli Emas Online - Di era digital saat ini, investasi emas tidak hanya terbatas di Pegadaian, Antam atau Bank Syariah. Ternyata investasi emas online juga sudah menjamur dan memberikan banyak tawaran keuntungan. Namun investasi emas online juga cukup beresiko. 
Resiko Investasi Emas Online, Tips Aman Beli Emas Online
Resiko Investasi Emas Online, Tips Aman Beli Emas Online
Investasi emas online cukup beresiko karena emas yang dibeli online (cicilan) tidak memiliki bentuk fisik tapi dalam bentuk digital atau emas virtual. Umumnya, beli emas online ini dilakukan secara kredit sehingga nasabah hanya perlu menabung untuk mendapatkan emas dalam bentuk virtual. Nantinya, emas tersebut bisa dicairkan sesuai dengan kesepakatan pada waktunya. Asal tempat beli emas online tersebut tetap aktif dan terpercaya.

Apakah investasi emas online bahaya?


Jika investasi emas online dikatakan bahaya tidak juga. Namun memang investasi emas online cukup beresiko dengan tindak penipuan. Solusinya adalah dengan memilih platform yang tepat dan memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi dan aman.

Contoh sederhananya, seperti website internet banking yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan berlapis, yaitu password dan verifikasi PIN Token untuk melakukan transaksi.

Populer Minggu ini : Investasi Jangka Panjang Vs Investasi Jangka Pendek, Pilih Mana?

Bagus mana, beli emas online atau konvensional?


Harus diakui bahwa membeli emas secara langsung baik kredit maupun tunia secara konvensional memang lebih aman. Seperti langsung investasi emas di Pegadaian atau Bank yang pastinya telah terpercaya.

Berbeda dengan investasi emas online di suatu platform yang emasnya masih dalam bentuk virtual. Sebaiknya investasi emas online transparan dalam prosedur cetak emas dari virtual ke emas fisik.

Seperti mencetak emas pada saat tabungan sudah mencukupi berat yang patut untuk dicetak biar lebih aman. Jangan sampai kita hanya menyetorkan uang untuk investasi emas virtual yang emas fisiknya tak kunjung dicetak.

Jika ditanya bagus mana beli online emas atau langsung di tempat terpercaya, saya akan jawab tergantung tingkat keamanannya dan kepastiannya.

Dan harus diakui, saat ini kita dalam posisi berubah secara perlahan dari sistem konvensional menuju sistem online. Proses transisi ini sebaiknya dimanfaatkan untuk belajar tentang seluk beluk investasi online dan resiko yang ditanggung oleh investor.

Jangan takut untuk investasi emas online tapi prinsip utamanya tetap sama, yaitu selektif dan hati-hati dalam berinvestasi di dunia maya. Dalam investasi emas online, akan lebih aman jika platform tersebut sudah memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi. Jangan sampai, perusahaan tempat investasi emas online bangkrut karena suatu hal.

Terakhir, aset di dunia maya sangat rentan dan bisa down kapan saja jika tidak memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan didukung oleh sumber daya yang ada. Jangan sampai, aset yang kita investasikan hilang bersamaan dengan jatuhnya platform tersebut.

Lihat Cara Investasi Emas di Pegadaian

Keuntungan Investasi Emas Online


Kurang lengkap rasanya kalau kita tidak membahas keuntungan investasi emas online. Mengapa banyak orang berani mencoba investasi online?

  • Investasi emas online menunjukkan sistem kemudahan dalam berinvestasi secara mudah dan nyaman.
  • Investasi emas online lebih murah, bahkan banyak tawaran kredit emas online dengan harga yang sangat murah dalam periode waktu tertentu. Tentunya ini sangat meringankan bagi mereka yang ingin investasi emas namun tidak memiliki modal yang cukup untuk berinvestasi.
  • Investasi emas online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan investasi emas konvensional. Dan memang kemajuan teknologi memang dimanfaatkan dalam segala bidang untuk membuat tugas manusia lebih efisien. Masalahnya, hanya satu, yaitu tidak sedikit orang yang mengambil manfaat di atas pemanfaatan tersebut untuk keuntungannya secara tidak bertanggung jawab.
  • Pastinya investasi emas online memberikan penawaran dan promo yang menarik jika dibandingkan dengan investasi pada umumnya.

Tips Investasi Emas Online Yang Aman


Seperti yang saya katakan di atas, investasi emas online lebih tertuju kepada metode kredit emas. Jadi, sedikit demi sedikit kita menabung uang di suatu platform.

Nah yang menjadi pertanyaannya adalah seberapa besar tingkat keamanan dan kredibilitas website tempat investasi emas online tersebut?

Tentu saja, untuk menguji tingkat kepercayaan website tersebut tidak hanya dilihat dari testimoni nasabahnya. Tapi juga dari sistem dan metode yang diterapkan.

Karena itu, tips penting investasi emas online secara kredit yang harus diutamakan adalah memilih platform terpercaya. Website tersebut sebaiknya memiliki izin dari lembaga keuangan resmi, yaitu Otoritas Jasa Keuangan.

Pilihlah platform investasi emas online secara cermat dan teliti. Selektif dalam memilih tempat investasi akan membuat aset Anda sebagai investor terjaga dengan baik dan bisa digunakan di masa depan. Karena emas adalah salah satu jenis investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Lihat juga Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang Yang Menjanjikan

Demikianlah resiko investasi emas online dan tips aman beli emas online. Semoga resiko investasi emas online seperti ini tidak mengurangi niat berinvestasi untuk masa depan yang lebih menjanjikan.
  February 09, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close