3 Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Untung Besar

3 Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Untung Besar

Contoh bisnis properti - Bisnis properti termasuk bisnis yang menggiurkan dan banyak dilirik karena keuntungannya yang besar. Namun tidak sedikit juga yang masih ragu karena resikonya juga cukup besar, terlebih modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit.
Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Untung Besar
Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Untung Besar
Namun hari ini, saya akan berbagi contoh bisnis properti dengan modal kecil yang menguntungkan dan garis besar cara menjalankannya. Selain itu, kita akan membahas, paling tidak 3 hal penting tentang contoh bisnis properti dalam artikel ini, yaitu:
  • Jenis-jenis Bisnis Properti
  • Peluang Bisnis Properti (Pekerjaan di bidang bisnis properti)
  • Contoh bisnis properti kecil-kecilan yang menguntungkan
  • Produk properti yang cocok untuk diinvestasikan

Jenis-jenis Bisnis Properti


Dilihat dari tujuan penggunaannya, jenis-jenis bisnis properti secara garis besar terdiri dari 2 jenis, yaitu properti untuk hunian dan properti untuk tempat usaha.

1. Properti untuk hunian


Bisnis properti yang paling sering dijumpai di masyarakat adalah bisnis jual beli rumah atau tempat hunian atau istilah kerennya residensial.

Dan yang populer belakangan ini adalah bisnis properti hunian di apartemen. Hal ini terlihat jelas di kota-kota besar yang populasi penduduknya semakin meningkat dan ketersediaan lahan untuk bangunan semakin sempit.

Membeli dan menyewakan apartemen adalah salah satu jenis bisnis properti yang sangat menguntungkan.

Bisnis properti untuk hunian yang modal kecil dan menguntungkan yaitu bisnis kos-kosan.

Atau kamu belum tahu apa itu bisnis properti? Lihat ulasannya di pengertian bisnis properti dan keuntungan bisnis properti untuk investasi jangka panjang.

2. Properti untuk tempat usaha


Properti untuk tempat usaha adalah jenis properti yang memiliki lokasi yang strategis yang cocok untuk menjalankan usaha dengan tujuan utama komersial.

Contoh bisnis untuk tempat usaha yang paling banyak ditemui adalah pusat perbelanjaan. Selain itu, bisnis properti untuk tempat usaha juga meliputi pusat pelayanan profesional seperti rumah sakit maupun tempat penginapan seperti hotel, dan lain-lain.

Itu hanya secara garis besar jenis-jenis bisnis properti. Masih ada jenis-jenis bisnis properti dilihat dari tujuan pemanfaatannya seperti bangunan industri seperti pabrik dan juga properti untuk tujuan khusus seperti tempat hiburan, misalnya gedung bioskop dan lain-lain.

Simak juga Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang Terbaik Dan Resikonya

Pekerjaan dan Peluang di Bidang Bisnis Properti


Peluang bisnis properti memang sangat besar. Selama manusia masih berkembang, kebutuhan akan bangunan dan tempat hunian akan terus bertambah.

Dan bagi kamu yang tertarik di dunia bisnis properti, berikut pekerjaan yang tepat untuk kamu yang ingin untung besar.

1. Menjadi Agen Properti

contoh bisnis properti dan peluang pekejeraan di bidang properti
Menjadi agen properti jasa perantara/broker - Pixabay
Agen properti bisa dikatakan jasa perantara antara penjual dan pembeli dalam lingkup yang lebih luas. Istilah kerennya di dunia bisnis properti biasa disebut broker, yaitu bidang pemasaran.

Agen properti umumnya bekerja untuk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli properti untuk investasi. Dan tidak tanggung-tanggung, agen properti di perusahaan besar pastinya memiliki koneksi yang luas.

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi agen properti, ada hal-hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu belajar teknik marketing

Menjadi agen pemasaran terutama di bidang properti pastinya tidak mudah. Banyak hal yang harus dipelajari. Bukan hanya tentang dunia properti tapi juga tentang teknik pemasaran yang efisien dan cara menarik calon pembeli untuk membeli properti yang ditawarkan.

Setidaknya ada 2 hal penting bagi agen properti agar bisa sukses, yaitu mengenal dunia properti lebih dekat dan juga memahami teknik pemasaran. Tentu saja, karena teknik pemasaran akan berjalan dengan lancar jika agen properti memahami dengan baik dunia bisnis properti.

Dan di era kemajuan teknologi saat ini, menjadi agen properti yang memiliki koneksi se Indonesia bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet, seperti melalui media sosial.

Lihat juga Bisnis Investasi Online Modal Kecil Minim Resiko Kerugian

Tapi hati-hati saat menjadi agen properti. Di dunia pemasaran, hal yang "haram" untuk dilakukan adalah membuat kecewa pembeli. Terutama di bisnis properti yang modalnya tidak main-main, kepercayaan sangat penting. Karena itu, satu-satunya cara untuk menjadi agen properti yang sukses adalah membangun dan menjaga reputasi.

2. Developer Properti (Pengembang)


Mendengar kata developer saja sudah cukup ngeri. Bagi orang yang bermodal, menjadi developer di bidang properti merupakan pilihan yang tepat untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Tentu saja, menjadi pengembang membutuhkan modal yang besar dan resiko yang cukup besar. Namun keuntungannya, tidak diragukan lagi. Karena itu, banyak yang tetap melirik bisnis properti dan menjadi developer properti.

Namun tidak perlu khawatir, menjadi developer properti tidak selamanya hanya orang yang memiliki perusahaan besar, tapi developer properti bisa dilakukan perorangan. Nanti akan dijelaskan di bawah tentang cara menjalankan usaha properti kecil-kecilan.

Simak juga Keuntungan dan Kelemahan Bisnis Properti

Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Yang Menguntungkan


Bisnis properti tidak hanya milik mereka yang modalnya lebih. Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis properti dan ingin meraup untung dari dalamnya, bisa mencoba usaha properti kecil-kecilan di bawah ini.

1. Menjalankan bisnis kost

Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Yang Menguntungkan2
Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Yang Menguntungkan - Pixabay
Usaha properti kecil-kecilan yang pertama adalah jasa sewa kost. Caranya cukup mudah dan simpel, dan bagusnya lagi, modalnya cukup kecil karena hanya butuh uang muka.

Dan jika kamu punya rumah atau kamar yang tidak terpakai, juga bisa dijadikan kost-kost-an yang bisa dikatakan hanya butuh modal untuk renovasi rumah.

Jika dibandingkan dengan menyewakan rumah, bisnis indekos lebih menguntungkan karena bisa disandingkan dengan bisnis lainnya.

Agar sukses menjalankan bisnis properti jenis penyewaan rumah, lokasinya harus strategis. Contohnya dekat dengan kampus atau pun dengan perusahaan.

Jangankan kos, apartemen aja yang lokasinya strategis di perkotaan juga tidak luput dari orang-orang yang ingin menyewa. Dan tidak sedikit yang membeli apartemen hanya untuk disewakan kembali atau pun hanya membayar uang muka dan membayar cicilan apartemen dengan angsuran dari hasil sewa.

2. Menjadi Jasa Perantara


Bisa dikatakan bisnis properti tanpa modal tanpa hutang yang paling mudah adalah menjadi jasa perantara. Seperti agen properti tapi dalam skala yang lebih kecil atau perorangan.

Jangan salah bos, tidak sedikit agen properti, broker profesional yang berasal dari jasa perantara jual beli properti seperti rumah.

Caranya hanya menemukan orang yang ingin menjual properti yang dimilikinya dan mencari orang yang ingin membeli properti. Lagi-lagi, teknik marketing dibutuhkan dan pemahaman mengenai properti yang dijual akan menentukan laku tidaknya properti yang kita jual.

Meskipun bisnis properti tanpa modal tanpa hutang ini terlihat sangat mudah, tapi pasti ada saja kendala-kendala yang harus dihadapi. Karena itu, persiapkan diri dan mental jika ingin terjun ke dunia bisnis properti seperi jasa perantara ini.

3. Menjadi pengembang usaha properti kecil-kecilan


Seperti yang saya katakan di atas, menjadi developer properti tidak selamanya harus punya modal milyaran rupiah. Banyak yang sudah membuktikan bisa menjadi developer properti kecil-kecilan.

Dari beberapa yang saya lihat di lapangan, menjadi pengembang usaha properti kecil-kecilan yang dilakukan perorangan biasanya dimulai dari membeli sebidang tanah kemudian dikavling untuk dijual kembali.

Dan beberapa developer properti sebelum menjual tanah yang dikavling, membangun rumah atau kos dengan ukuran minimalis dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Dan banyak juga yang kemudian menggunakannya sebagai bisnis untuk menjalankan indekos.

Keuntungan dari menjadi pengembang usaha properti seperti ini pastinya, cocok untuk semua kalangan karena modal yang dibutuhkan cukup kecil dan juga sebagai jenis investasi jangka panjang yang terus-menerus memberikan keuntungan kepada pemiliknya.

Yang perlu diperhatikan saat menjadi pengembang properti adalah membeli tanah yang lokasinya strategis, memiliki sertifikat tanah yang legal, dan juga mengurus hal-hal yang berkaitan dengan perizinan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin-izin lainnya.

Simak juga Strategi Bisnis Properti Untuk Developer Properti Modal Kecil

Itulah contoh bisnis properti modal kecil yang sangat menguntungkan yang bisa Anda coba dari sekarang.

Contoh Investasi di Bidang Properti


Tanah merupakan investasi yang paling menguntungkan. Terlebih jika lokasinya cukup strategis maka bisa digunakan untuk membangun aset properti yang bernilai jual tinggi di masa depan.

Contoh investasi di bidang properti yang laris di Indonesia seperti rumah, apartemen, dan ruko. Pasti kamu pernah lihat tulisan di sebuah bangunan "Rumah Ini Disewakan" atau "Ruko Ini Disewakan." Itu menandakan bahwa produk-produk properti tersebut tidak akan pernah mati pasaran dan harganya akan semakin melambung di kemudian hari.

Bagaimana? Tertarik dengan salah satu contoh bisnis properti di atas?

Jangan pernah takut mencoba dan mengambil resiko tapi perhitungan dalam dunia bisnis properti sangat penting untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk prakteknya, silahkan simak dalam Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Strategi Yang Menguntungkan

Demikianlah contoh bisnis properti modal kecil yang menguntungkan. Selamat berinvestasi di bidang properti karena keuntungannya juga untuk jangka waktu yang lama.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!