Skip to main content

6 Cara Menabung di Rumah Untuk IRT Yang Cerdas

Cara menabung di rumah - Pada dasarnya, uang yang kita punya itu sebenarnya cukup. Tapi kadang, kitalah yang kurang tahu mengelola uang seperti tidak mengetahui kemampuan finansial keluarga kita. Di rumah, ibu rumah tangga adalah bendahara dan pusat segala pengeluaran.
6 Cara Menabung di Rumah Untuk IRT Yang Pintar
6 Cara Menabung di Rumah Untuk IRT Yang Pintar
Untuk pasangan yang baru nikah, kadang pengeluaran terbesar hanya untuk beli rumah. Ada kalanya, peribahasa "Sedia payung sebelum hujan" sangat berguna bagi pasangan suami-istri baru.

Bagi IRT, urusan keuangan bisa menjadi semakin rumit jika sudah memiliki anak. Terlebih saat anak-anak sudah memasuki dunia sekolah dengan berbagai kebutuhan. Bisa jadi, masalah keuangan cukup complicated dan bisa menjadi masalah baru.

Bagi ibu rumah tangga yang pintar, mengelola keuangan sejak dini adalah pilihan yang cerdas. Bukan tanpa alasan, karena ketika merencanakan keuangan saat hidup sulit maka akan jauh lebih susah lagi. Karena itulah, menabung di rumah adalah salah satu cara sederhana namun terbukti ampuh mengatasi masalah finansial.

Berikut beberapa tips dan cara menabung di rumah ala ibu rumah tangga yang cerdas.

6. Menabung adalah kebutuhan


Menabung itu sulit jika banyak tujuan. Biasanya menabung ala pelajar yang ingin beli motor baru ini tidak perlu diterapkan dalam menabung.

Karena biasanya menabung seperti ini hanya berdasarkan keinginan, bukan kekebutuhan. Padahal, menabung itu adalah suatu keharusan. Dan tidak perlu pikir menabung di bank dulu.

Mulailah menabung di rumah dengan cara yang unik. Bisa dengan menabung uang pecahan tertentu ke dalam celengan setiap hari. Karena dari kebiasan menabung tanpa tujuan ini akan menjadikan menabung itu sebagai sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi.
Menabung bukan untuk kebutuhan. Namun menabung adalah kebutuhan.
Lihat juga Cara Menabung Pelajar di Celengan Yang Cepat Terkumpul

5. Buat daftar belanjaan sebelum ke pasar


Bagi ibu rumah tangga, daftar belanjaan adalah hal yang penting. Meskipun sederhana, tapi ini cukup berhasil untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Seperti yang biasa terjadi, kadang ke pasar kita hanya ingin membeli sabun tapi sampai di sana ada banyak tawaran yang membuat belanja tidak terkendali.

Karena itu, mulailah membuat daftar belanjaat sebelum berangkat ke pasar untuk membeli keperluan rumah tangga.

Saat di tempat shopping, jangan tambah barang ke dalam daftar belanjaan yang tidak perlu, ya.

4. Jangan lihat rumput tetangga lebih hijau


Bukan hanya ibu rumah tangga, tapi ada banyak manusia yang suka membandingkan milik mereka dengan orang lain punya.

Membandingkan rumah-lah, kendaraan-lah, dan banyak hal. Banyak yang mengatakan sebagai manusia itu wajar. That's right.

Tapi kebiasaan seperti ini akan merusak kebahagiaan hidup Anda. Karena kita tidak akan pernah puas dengan apa yang kita miliki selagi melihat rumput tetangga lebih hijau.

Menabung dari rumah sebenarnya simple, mulai dari ubah gaya hidup berlebihan dan pola hidup yang boros.

Lihat juga 7 Penyebab Gagal Menabung Yang Wajib Dihindari

3. Siapkan dana tagihan bulanan wajib


Dalam kehidupan, kita memang tidak bisa lepas dari tagihan wajib bulanan yang harus dibayar. Nah, sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, mempersiapkan dana sedini mungkin untuk tagihan bulanan adalah sebuah keharusan.

Mulai dari tagihan listrik pascabayar/prabayar, uang jajan anak, kebutuhan pokos setiap hari, semua sudah harus disisihkan.

Dengan memperisapkan dana sedini mungkin, kita bisa tahu berapa jumlah yang harus ditabung. Meskipun hanya Rp5.000 setiap Minggu, itu tetaplah tabungan.

Asal percaya saja, kebiasaan baik ini pasti sangat membantu ketika dibutuhkan di masa depan.

2. Membeli barang untuk kebutuhan 1 bulan


Membeli barang untuk kebutuhan 1 bulan cukup beresiko. Kalau saja perhitungan dana kurang cermat maka bisa berujung pada hutang. Ataupun jika melihat stok yang masih banyak maka kebiasaan boros mulai muncul.

Jika itu bisa diatasi, membeli barang secara grosir untuk memenuhi kebutuhan 1 bulan bisa sangat menguntungkan. Misalnya saja, bisa mendapatkan diskon karena membeli barang dalam jumlah besar.

Beberapa kebutuhan rumah tangga yang bisa diterapkan dengan cara ini seperti sabun mandi, pasta gigi, deterjen, kopi, gula dan lain-lain.

1. Menabung Uang Rp20.000


Kenapa harus Rp20.000?

Meskipun nominal ini cukup besar tapi ada lho manfaat menabung uang Rp20.000 yang jarang diketahui.

Alasan utamanya karena nominal Rp20.000 adalah uang kertas yang sangat jarang ditemukan. Iya kan?

Sangat jarang kita menemukan uang ini. Karena itu, menabung uang Rp20.000 di dalam celengan di rumah sangat bagus. Terutama bagi mereka yang tidak suka menabung.

Bagaimana menurutmu cara menabung di rumah ala ibu rumah tangga di atas?

Bagi ibu rumah tangga yang adalah bendahar keluarga, mengetahui tips-tips mengelola keuangan adalah hal yang penting. Karena itulah, menabung sebelum mengalami masalah keuangan adalah ciri-ciri ibu rumah tangga yang cerdas.

Memulai menabung itu tidak sesulit yang dipikirkan. Meskipun gaji pas-pasan bukan alasan untuk tidak menabung. Menabung itu simple. Cukup menabung dan mulai dari celengan yang ada di rumah.

Lihat juga 5 Cara Menabung Unik dan Cepat Kaya Untuk Karyawan Yang Gaji Pas-pasan

Demikianlah cara menabung di rumah untuk IRT yang pintar. See you next time!

  February 28, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close