Skip to main content

12 Cara Menabung Cepat Terkumpul Yang Terbukti Sukses

Cara menabung cepat terkumpul - Menabung adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang sekaligus investasi jangka pendek. Ada yang menabung dengan tujuan membeli rumah, beli hp, atau motor, ada juga yang menabung untuk mengantisipasi masalah finansial di kemudian hari. Kembali ke artikel, apakah ada cara menabung cepat terkumpul?
12 Cara Menabung Cepat Terkumpul Yang Terbukti Sukses
12 Cara Menabung Cepat Terkumpul Yang Terbukti Sukses
Kita tahu bahwa menabung adalah sebuah proses. Tapi seperti tanaman yang bisa di-booster, tabungan pun juga bisa diisi dengan cepat dalam waktu singkat. Mau tahu caranya?

Berikut beberapa tips keuangan cara menabung cepat terkumpul yang cocok untuk semua orang, baik ibu rumah tangga, pelajar, dan karyawan. Check it out!

1. Ketahui penghasilanmu


Untuk memastikan kamu tetap bahagia sekalipun menabung, hal yang paling penting diketahui adalah mengetahui jumlah penghasilan. Entah itu kamu karyawan yang bergaji tetap, ibu rumah tangga, anak sebagai pelajar dan mahasiswa atau pun pekerja freelance secara online yang penghasilannya tidak tetap.

Kalau kamu masih pelajar, pasti ada uang jajan dari orang tua.

Anda sebagai ibu rumah tangga bisa juga memiliki penghasilan sendiri dari berjualan online atau pun memang Anda adalah wanita karir.

Anda sebagai karyawan pastinya sudah tahu penghasilan tetap bulanan.

Dengan mengetahui penghasilan, kita bisa dengan mudah menghitung apa-apa saja yang dibutuhkan dan berapa persen dari penghasilan yang harus ditabung.

2. Pangkas pengeluaran


Setelah dihitung-hitung, ternyata ada banyak pengeluaran yang termasuk pemborosan. Misalnya kebiasaan merokok. Selain menghabiskan uang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu, kita bisa mengisi tabungan dalam waktu singkat.

Lihat juga 5 Cara Menabung Unik dan Cepat Kaya Meskipun Gaji Pas-pasan

3. Sisihkan uang sejak awal bulan


Tidak ada cara lain membuat tabungan cepat terkumpul selain dengan membuat anggaran belanja yang jelas dan rinci. Pastikan untuk memulai bulan baru dengan persiapan yang matang.

Seperti menyisihkan uang sejak awal untuk keperluan setiap harinya sampai gajian pada bulan berikutnya. Jangan sampai, gaji Anda bulan depan hanya numpang lewat di rekening akibat kebiasaan boros menghambur-hamburkan uang di awal gajian.

4. Hindari nongkrong yang gak jelas


Saat gajian, sudah menjadi tradisi untuk nongkrong dan minum-minum coffee di kafe. Nah, agar tabungan cepat terkumpul, tradisi seperti ini sebaiknya dibatasi.

Tapi jangan ditinggalkan juga karena ini adalah salah satu bentuk refreshing yang bagus untuk kesehatan. Pintar-pintar ajalah. Maksudnya nongkrong itu tidak harus selalu di tempat mahal.

5. Kurangi pulsa dan game online


Di era modern hari ini, bukan lagi rokok yang menjadi penyebab utama gagal menabung. Tapi kebutuhan akan pulsa dan kuota internet-lah yang paling banyak memangkas penghasilan bulanan generasi milenials.

Karena itu, jika kamu ingin memulai cara menabung cepat terkumpul, maka pulsa harus dikurangi. Caranya simple! Batasi main game online atau streaming video Youtube yang gak perlu.

Jika kamu suka nonton Youtube, lebih baik download di akhir bulan saja ketika masa waktu kuota internet akan berakhir. Dengan demikian kamu bisa menikmati Youtube tanpa perlu takut kuota habis. Kan sayang juga, kalau kuota internet masih banyak tapi masa berlaku sudah habis.

6. Kurangi jajan di luar


Kebiasaan makan di luar dapat menguras isi kantong. Terlebih jika jalan dengan teman-teman, bisa lebih cepat habis. Jika kamu memang niat menabung, ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan-kebiasaan jajan di luar.

Tapi tetap, koneksi dengan teman-teman itu perlu. Tapi kurangi aja. Jika dulu setiap hari nongkrong, ada baiknya kamu kurangi jadi 3 kali seminggu. Jika tujuannya ingin nabung dengan cepat. Tapi banyak juga kok cara nongkrong yang gak perlu keluar modal.

7. Cari penghasilan tambahan


Cara menabung cepat terkumpul tidak akan bisa jika hanya berharap pada gaji yang pas-pasan. Karena itu, carilah penghasilan tambahan.

Bisa dimulai dengan bekerja freelance di internet. Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet lewat bisnis online shop atau pun usaha lainnya.

Contoh usaha online yang bisa Anda coba adalah menjadi Blogger, Youtuber, atau pun menjadi penulis artikel. Biasanya menjadi penulis artikel lebih cepat untuk mendapatkan penghasilan.

Dengan penghasilan tambahan tersebut, kamu bisa menutupi pengeluaran-pengeluaran lainnya dan tetap menabung.

Dipastikan dengan sumber penghasilan yang banyak, menabung akan cepat terkumpul.

8. Pecahkan celengan dan buat rekening bank


Setelah kamu belajar menabung dari celengan dan koin kamu sudah tidak bisa masuk ke celengan, saatnya untuk memecahkan celengan dan membuat rekening bank.

Dengan rekening bank, uang yang ditabung lebih terjaga keamanannya. Jangan menabung di rumah dengan menyimpan uang terlalu banyak. Itu cukup beresiko. Ada baiknya Anda segera menyimpannya di bank.

9. Buat dua rekening bank


Buatlah dua rekening bank. Satu rekening untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, satu rekening digunakan sebagai tabungan darurat. Dengan memisahkan rekening tabungan, kita akan lebih teratur dalam mengeluarkan uang.

Yang perlu diingat, rekening untuk tabungan sebaiknya ATM-nya disimpan saja karena rentan dari godaan saat di luar.

10. Tinggalkan kartu ATM


Salah satu yang menjadi penyebab susahnya menabung di bank adalah kartu ATM. Karena dengan ATM, kita bisa mengambil uang kapanpun dan dimanapun.

Untuk mengatisipasi ini, sebaiknya tinggalkan ATM di rumah saja. Bawa hanya saat ada keperluan yang mendesak. Jika pergi ke kampus atau bekerja, sebaiknya bawa uang tunai saja.

11. Jangan pecahkan uang Rp100.000 dengan cepat


Semakin kecil nominal uang kertas yang kita punya semakin mudah uang tersebut ludes. Itulah hukum keuangan yang berlaku tentang uang kertas.

Karena itu, jangan terlalu cepat memecahkan uang pecahan besar karena tidak akan butuh waktu lama menghabiskan semuanya. Kalau sudah jadi uang receh, kebanyakan orang sudah tidak peduli dan membelanjakannya sesuka hati tanpa perhitungan.

12. Selalu sisihkan uang ke tabungan


Meskipun terpaksa, harus dilakukan. Itulah prinsip dalam memulai menabung. Agar bisa sukses menabung dan cepat terkumpul kita harus terbiasa menabung.

Kebiasaan menabung akan berubah menjadi kebutuhan suatu hari nanti. Dan itu sangat baik untuk masa depan Anda. Sekalipun uang receh, itu tetaplah tabungan.

Dalam menabung di celengan, rahasianya sebenarnya ada pada kuantitas, bukan seberapa besar nominal yang dimasukkan. Karena itulah, berlaku peribahasa "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Tips menabung yang terahkir agar cepat terkumpul adalah hati-hati menggunakan kartu ATM. Meskipun banyak manfaatnya, namun kemudahan transaksi menggunakan ATM memberikan dampak buruk sendiri bagi yang niat menabung.

Simak juga 6 Cara Menabung Unik di Rumah Ala IRT yang Cerdas

Demikianlah cara menabung cepat terkumpul. Semoga bermanfaat. Dan untuk pelajar tidak ada alasan untuk menabung uang jajan sekalipun hanya Rp2.000 saja.
  February 28, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close