7 Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Strategi Yang Menguntungkan

7 Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Strategi Yang Menguntungkan

Bisnis Properti - Memasuki kawasan bisnis properti tanpa strategi yang jelas bisa bikin melarat. Banyak orang terjun begitu saja ke dunia bisnis properti karena hanya melihat keuntungan dari bisnis ini tanpa melihat resiko besar dalam bisnis yang identik dengan sewa atau jual beli tanah dan bangunan ini.
7 Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Strategi Yang Menguntungkan
7 Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Strategi Yang Menguntungkan
Perkembangan bisnis properti di Indonesia memang cukup menjanjikan. Namun kebanyakan yang melihat peluang bisnis properti hanya mereka yang memiliki modal besar. Padahal tidak selamanya bisnis properti dijalankan dengan modal yang besar.

Karena bisnis properti bisa tanpa modal tanpa hutang atau setidak-tidaknya modal kecil puluhan juta. Karena itu, dalam artikel ini, kita akan meluruskan dan belajar banyak tentang bisnis properti dari nol. Terutama bahwa bisnis properti termasuk bisnis yang sederhana dan bisa merakyat.

Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Strategi Yang Menguntungkan


Jangan khawatir, bisnis properti sebenarnya bisa dimulai bahkan oleh orang yang buta dengan dunia bisnis sekalipun. Asal mau bersabar dan terus mendalaminya, pasti ada jalan.

1. Luruskan "Mindset" tentang bisnis properti


Pertama-tama pola pikir kita tentang bisnis properti yang harus ditetapkan. Jika selama ini bisnis properti hanya untuk kalangnan atas dan investor papan atas, sekarang bisnis properti bisa untuk semua kalangan.

Tidak perlu menjadi sarjana bisnis untuk memulai bisnis properti. Karena banyak orang yang sudah membuktikan bisa sukses di dunia properti dari latar belakang yang beragam, bukan hanya orang bisnis bergelar.

Contohnya yang paling sering kita jumpai adalah artis-artis yang juga menggeluti bisnis properti sebagai investasi jangka panjang.

2. Belajar dari usaha properti kecil-kecilan


Yang suka dengan "Kutu Lompat" tidak cocok untuk berbisnis. Biasanya orang seperti ini hanya melihat keuntungan bisnis properti yang besar sehingga langsung berinvestasi tanpa perhitungan. Bahkan tidak segan-segan mengambil kredit yang sebenarnya beresiko untuk pemula yang baru terjun ke dunia bisnis properti.

Pada akhirnya, bukannya untung dari berbisnis properti malah hutang yang menumpuk. Karena dalam berbisnis butuh proses dan kesabaran.

Karena itu, bisins properti sebaiknya diawali dengan usaha properti kecil-kecilan.

Berikut beberapa contoh usaha properti kecil-kecilan yang patut Anda.

- Menjadi agen properti tanpa modal


Dalam dunia bisnis, modal utama sebenarnya bukan uang, tapi kemampuan soft skill, seperti kemampuan bernegosiasi.

Memulai bisnis properti tanpa modal bisa dengan menjadi jasa perantara. Caranya menawarkan produk properti milik orang lain ke pembeli. Dari hasil penjualan tersebut, Anda pastinya akan menerima komisi.

Bahkan tidak sedikit yang memulai bisnis properti secara tidak sengaja dengan menawarkan tanah atau bangunan milik tetangga kepada pembeli. Dari situ, Anda sudah bisa dikatakan memulai bisnis properti tanpa modal tanpa hutang.

Setelah bisa dan sukses menjual beberapa properti maka saatnya Anda menjadi broker/agen properti profesional dengan bergabung ke perusahaan atau bisa juga tetap menjadi agen properti mandiri di daerah Anda.

Tips sukses menjadi agen properti:

Memang tidak mudah menjadi agen properti. Kita harus memiliki teknik marketing yang handal. Lihat saja bagaimana sales yang sudah terbiasa dapat dengan mudah berkomunikasi dan meraih perhatian.

Karena itu, semakin banyak mencoba dan memiliki jam terbang yang tinggi, maka Anda akan bisa menguasai teknik-teknik marketing yang halus.

Dari banyak contoh, jual beli tanah merupakan langkah awal yang paling banyak ditempuh oleh pelaku bisnis properti pemula.

Tidak perlu tanah sendiri, tanah tetangga yang ingin dijual pun bisa kita yang promosikan dan menjadi jasa perantara.

Kemampuan yang dimiliki hanya sebatas berbicara. Tapi bukan asas bicara tapi kemampuan bernegosiasi.

Bisnis properti termasuk bisnis yang luas. Karena itu, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, bisa dilakukan dengan memperluas jangkauan. Tapi koneksi saja tidak cukup bagi agen properti.

Mereka harus mampu membangun relasi yang kuat, jujur dan dapat dipercaya. Karena dengan demikian, bukan hanya dia yang akan berpromosi tapi orang-orang disekitarnya juga pasti akan merekomendasikannya.

Keuntungan menjadi agen properti:

Untuk membuat Anda semakin yakin dengan bisnis properti, maka berikut beberapa keuntungan menjadi agen properti.

  • Menjadi agen properti tidak butuh modal dan tanpa hutang. Yang dibutuhkan hanya kemampuan berkomunikasi dan pengetahuan tentang bisnis properti.
  • Menjadi agen properti atau broker bisa memperluas koneksi dan membangun relasi dengan orang-orang baru sehingga tawaran kerjasama tidak akan surut.
  • Menjadi agen properti mandiri bisa sambil menjalankan bisnis lainnya, seperti bisnis online atau bisnis rumahan.

- Menjadi investor modal kecil


Dalam memulai karir di bidang properti, jangan langsung menjadi pengembang. Alangkah baiknya menjadi investor terlebih dahulu.

Menjadi investor di bidang properti membutuhkan modal dan strategi. Tapi bisa dilakukan dengan modal yang cukup kecil.

Misalnya membeli perumahan dengan dp dengan menyewakannya. Strategi seperti ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai investor. Memanfaatkan hasil sewa untuk membayar angsuran perumahan.

Dengan cara ini, memiliki aset di bidang properti seperti perumahan tentunya bukan hal yang mustahil bagi karyawan bergaji pas-pasan sekalipun.

Jika ingin mengembangkan sayap menjadi pengembang, lihat dalam tips menjadi developer properti dengan modal kecil.

3. Peluang usaha di bidang properti


Dalam dunia bisnis, rencana saja tidak akan memberikan impact yang besar. Sebelum membuat rencana, langkah awal yang harus dilakukan adalah riset.

Riset harus dilakukan secara mendalam dengan mempertimbangkan banyak faktor.

Cara sederhananya dengan melakukan riset peluang usaha di bidang properti dalam suatu wilayah. Karena setiap daerah di Indonesia memiliki peluang usaha yang berbeda-beda.

Beberapa peluang usaha di bidang properti yang bsia dicoba untuk pemula sekalipun adalah jual beli tanah, rumah, indekos, ruko, toko, apartemen dan banyak lagi.

Jika tanpa riset, maka Anda kemungkinan besar akan rugi. Tanpa riset, bisa saja Anda mendirikan apartemen di desa terpencil.

4. Aturan dalam bisnis properti


Bisnis properti juga tidak lepas dari aturan-aturan. Baik Anda sebagai agen properti, investor, developer properti juga memiliki aturan yang harus dipahami.

Misalnya saja, tata cara membeli tanah agar aman dalam hal legalitas, perizinan terkait dengan mendirikan bangunan, izin ketinggian bangunan dan lain-lain. Biasanya ini menjadi pertimbangan besar bagi investor dan developer properti sebelum memulai proyek.

Dan yang terpenting di dalam investasi properti juga adanya biaya-biaya seperti beban perawatan bangunan, pajak penjualan dari jual beli tanah dan bangunan dan pajak penghasilan dari penyewaan aset properti.

Dengan mengetahui aturan-aturan dasar seperti itu, kita bisa meminimalisir kerugian-kerugian di kemudian hari. Misalnya saja membeli tanah yang tidak memiliki sertifikat sangat beresiko.

5. Menjadikan aset sebagai investasi sekaligus bisnis


Mau tahu rahasia mengapa bisnis properti banyak dilirik?

Itu karena bisnis properti selain berfungsi sebagai aset yang tidak tergerus inflasi juga bisa dimanfaatkan untuk peluang bisnis.

Memiliki aset seperti rumah, bangunan ruko, toko, indekos, apartemen merupakan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Dalam dunia bisnis properti, hal yang sering dilakukan oleh investor adalah menyewakan asetnya untuk keperluan bisnis.

Contohnya, menyewakan apartemen sembari menunggu harga apartemen naik. Dengan demikian, income akan tetap mengalir di luar income capital gain.

Dan bagi yang suka travelling, pasti sering melihat rumah yang juga dijadikan sebagai homestay untuk wisatawan. Atau yang di kota-kota besar, perumahan atau pun kamar yang tidak terpakai juga bisa dijadikan indekos untuk mahasiswa atau karyawan.

Jangan main-main dengan bisnis kos-kosan :)

6. Trik investasi properti modal kecil


Cara sederhana memiliki aset di bidang properti dengan modal kecil bisa dengan membeli tanah kemudian mengkavlingnya.

Contohnya, Anda membeli sebidang tanah kemudian dikavlingkan lagi untuk dijual dengan harga yang tepat. Karena banyak orang yang ingin memiliki tanah tapi tidak bisa membelinya karena harganya terlalu mahal.

Tapi jika Anda juga tidak memiliki modal yang cukup, patungan bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan demikian, harga tanah yang didapatkan bisa lebih murah.

Trik investasi properti yang kedua adalah membayar dp suatu perumahan. Di banyak tempat, perumahan sangat dibutuhkan tapi kadang orang tidak sanggup dengan dp yang ditawarkan oleh pengembang.

Karena itu, jika Anda punya modal untuk dp perumahan maka selanjutnya Anda bisa menyewakannya dan memanfaatkan sewa tersebut untuk membayar angsuran kepada pihak pengembang.

Trik-trik seperti ini sangat menguntungkan dalam dunia investasi dan bisnis properti.

7. Tes kemampuan Anda sebagai agen properti


Cara sederhana menjadi agen properti adalah dengan mencari tanah atau rumah yang akan dijual dan menemukan calon pembeli.

Sebelum mencari calon pembeli, sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti tanah atau rumah tersebut dengan jelas. Termasuk harga yang ditawarkan oleh pemiliki kepada Anda dan persenan komisi yang akan diterima jika properti tersebut bisa terjual.

Setelah selesai dengan pemilik properti, saatnya mencari pembeli. Untuk melancarkan aksi jual beli properti, kemampuan marketing sangat diperlukan. Mulai dari promosi online sampai ketemu offline merupakan hal yang sangat penting.

Pada umumnya, pembeli akan menanyakan banyak hal terkait dengan properti yang akan dibelinya. Dan itu sangat WAJAR.

Jadi, sebagai agen properti, Anda harus benar-benar bersahabat sekalipun calon pembeli tersebut tidak jadi membeli. Karena dengan demikian, kemungkinan besar calon pembeli tersebut akan mempromosikan Anda secara lebih natural ke orang yang juga sedang mencari properti.

Dengan menerapkan strategi-strategi bisnis properti di atas, Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar dalam bisnis Anda.

Lihat juga Contoh Bisnis Properti Modal Kecil Untuk Pemula

Demikianlah cara memulai bisnis properti untuk pemula dengan strategi yang menguntungkan. Semoga cepat sukses dalam dunia bisnis properti.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!