Skip to main content

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Yang Anti Mainstream

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol - Jadi malu sendiri saat ingat pertama terjun ke dunia bisnis online beberapa tahun silam. Saat itu, bisa dikatakan semua jenis bisnis online sudah saya coba. Mulai dari isi survei PTC (Pay To Click), menjadi dropshipper/reseller, sampai terjun ke dunia internet marketing seperti sekarang ini. Hasilnya? NOL besar. Lain dulu lain sekarang, dengan berbekal pengalaman yang pahit, perlahan demi perlahan bisnis online yang saya tekuni ini terus mengalami peningkatan.
Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Yang Anti Mainstream
Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Yang Anti Mainstream

Mengapa bisnis online rentan gagal? Penyebabnya banyak, salah satunya seperti yang saya sebutkan di atas, gagal fokus. Yang tadinya harus autofokus satu jenis bisnis malah menjadi multi bisnis. Alasannya, hanya ada 2, pertama susah berkembang dan yang kedua tergiur dengan pendapatan tetangga yang lebih besar.

Untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang menyebabkan bisnis online gagal, hari ini saya akan berbagi cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula.


Cara memulai bisnis online dari nol


Langsung saja, ikuti tips-tips terbaik di bawah ini agar bisa sukses berjualan online!

1. Lihat pasar dulu


Lihat sebelah kanan, "Wah! bisnis ini keren, coba ah". Lihat sebelah kiri, "Oh my God, untungnya lebih gede."

Dulu saya hanya lihat apa yang ada di depan mata. Padahal, membangun sebuah bisnis itu butuh yang dinamakan riset.

Masih bingung mulai riset dari mana?

Cari masalah aja! Bukan sembarang masalah ya, tapi masalah yang membuat orang bingung dan cari solusinya. Banyak kok masalah di grup-grup sosial media atau forum.

Temukan apa yang dibutuhkan orang dan apa yang mereka cari. Itulah riset, simpel tapi harus mendalam.

Riset yang dilakukan akan menjadi pondasi dasar yang akan memperkuat bisnis kita nantinya. Dari riset ini juga kita akan banyak menemukan inspirasi penting dan berguna dalam menangani berbagi problem yang terjadi.

2. Fokus pada satu jenis bisnis online


Masalah yang saya temukan dari riset pada saat itu adalah sulitnya mencari reseller online shop yang terpercaya. Karena itulah, saya coba jadi reseller aja. Lagian saya orangnya jujur, jarang tipu.

Beberapa hari jualan baju online di Facebook tapi gak ada yang respon. Ternyata saya salah. Bukan riset yang salah tapi saya. Saya tidak tahu mengukur kemampuan saya waktu itu.

Saya terlalu sombong kalau saya orang jujur dan yakin kalau bisa jadi reseller sukses. Tapi kemampuan saya belum mumpuni untuk bersaing dengan kompetitor dan langsung ingin hasil yang instan.

Ukur kemampuan dan keahlian kemudian tetapkan produk spesifik untuk dijual. Semakin spesifik bisnis online yang dijalankan semakin mudah dikenal orang.

Apa yang harus saya jual? Mulailah dari riset karena dari sana Anda akan menemukan produk yang tepat untuk dijual.

Bagi pebisnis pemula, yang harus dipahami terlebih dahulu adalah produk muncul atas dasar pertimbangan kebutuhan. Bukan produk yang mencari pasar, tapi pasarlah yang membutuhkan produk.

3. Cari supplier produk


Kendala yang paling sering ditemui di bisnis online adalah mencari produk dan suppliernya. Kadang ada supplier tapi kurang menguntungkan jika dilihat dari segi kacamata bisnis.

Untuk mencari supplier produk dalam berjualan memang cukup sulit. Dan saya akui itu. Dari pencarian yang saya lakukan tahun 2018 kemarin, dalam studi kasus jual sepatu, banyak supplier sepatu murah tapi harus ambil grosir dulu karena memang langsung dari produsennya.

Modalnya sekitar 1 jutaan agar nanti kita bisa pesan ecer atau pun jika berminat usaha online tanpa modal dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Dalam memilih supplier, saya memiliki 2 pertimbangan utama, yaitu dari segi kenyamanan dan segi untung. Segi kenyamanan berkaitan dengan kebaikan supplier dalam memberikan katalog produknya secara lengkap dan segi untung dilihat dari harga produk yang mereka tawarkan, termasuk perhitungan ongkir.

Misalnya gini, saya di Sulawesi Selatan mau jual sepatu murah atau barang fashion lainnya di kota saya. Sementara supplier berasal dari Batam maka sebaiknya pertimbangkan lebih matang lagi. Ongkirnya itu lho, silahkan dicek sendiri.

Jika punya modal, memang lebih baik jika mempunyai stok barang sendiri biar lebih mudah dipasarkan secara online. Karena tidak jarang pembeli yang ingin foto langsung lah atau pun yang ingin COD (Cash on delivery). Kan kalau punya barangnya mudah. Kalau masih disupplier, mau foto apa? Karena itulah, cari supplier yang bersahabat dengan dropshipper.

4. Buat brand yang fresh 


Waktu itu, saya terjun ke dunia bisnis online langsung jualan aja. Jual baju lah, jual tas lah, sepatu lah, sehingga bisnis jadi gak fokus dan sulit berkembang. Karena itu, sebelum memulai bisnis kita harus buat brand terlebih dahulu.

Sama halnya untuk tinggal di dalam suatu negara, menjadi pebisnis online itu juga perlu identitas. Istilah kerennya brand yang bernilai jual.

Buatlah branding yang fresh dan sesuai dengan produk yang akan dijual. Jika tujuannya akan memperlebar usaha suatu hari nanti, maka tidak masalah membuat brand dengan nama sendiri. Tetapi sebaiknya tetap ada embel-embel produk yang dijual. Dan yang tidak kalah penting, nama itu harus ada filosofinya.

Ngomong-ngomong dalam mencari nama brand, saya sarankan gunakan nama yang mudah diingat dan mudah disebut. Dan jangan lupakan riset yang saya lakukan selama ini tentang nama brand yang memiliki potensi.

Percaya atau tidak, tapi nama yang memiliki huruf O dibaca "o" adalah nama yang memiliki keberuntungan tersendiri. Jadi, saya sangat yakin bahwa mereka yang memiliki huruf O dalam namanya kemungkinan besar akan sukses. Bukan berarti nama yang tanpa O tidak akan sukses.

Contohnya saja nama-nama orang yang ada huruf O-nya yang sukses, yaitu presiden Indonesia, Ir. Soekarno, Joko Widodo dan lainnya. Atau pun brand teknologi di dunia yang sudah berjaya dan namanya ada huruf O, yaitu Google, Amazon, dan lain-lain.

Sebenarnya bukan itu sih intinya. Tapi huruf O memang lebih mudah disebut sih.

Meskipun nama brand kamu sudah memiliki huruf O bahkan 2 lagi, tapi jika tidak memiliki manajemen bisnis yang baik dan cara branding yang baik, maka sama saja bOhOng.

Dalam membangun sebuah brand yang paling penting adalah memperkenalkan diri dan menjaga reputasi. Tidak terhitung brand-brand ternama di dunia, termasuk brand yang ada huruf O-nya tergeser karena tidak bisa menjaga reputasi.

Di mana harus membangun brand?

Berawal dari sosial media berakhir di website. Why? Sosial media adalah tempat yang paling strategis untuk branding karena jutaan pengguna aktif didalamnya.

Mengapa berakhir di website sendiri? Kita tahu bahwa sekalipun sosial media yang ada saat ini termasuk perusahaan terkaya di dunia, bukan tidak mungkin mereka juga akan berakhir suatu hari nanti.

Banyak kok contohnya. Misalnya yang paling populer di dunia blogger dulu, social bookmarking yang sekarang sudah tidak sepopuler dulu karena digantikan oleh sosial media seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

Untunglah, karena belajar dari sana, sosial media saat ini juga terus menjaga asanya dengan up to date terhadap perkembangan dan kebutuhan. Misalnya saja, Facebook yang berubah menjadi media untuk pengiklan.

Dalam perjalanan, kita bisa saja bergabung di Marketplace agar produk semakin mudah laris. Tapi memiliki brand sendiri dan membangunnya di rumah sendiri itu lebih baik dan lebih meyakinkan. Bukan tidak mungkin, Anda memiliki toko online sendiri. Terlebih saat ini belajar membuat toko online lewat internet itu mudah.

5. Belajar dari kompetitor


Dalam dunia bisnis, kompetitor adalah hal yang pasti. Kalau tidak ada kompetitor bisa jadi bisnis tersebut tidak laku.

Konsep bisnis dan strategi kompetitor yang sudah berhasil patut diacungi jempol. Tapi selain itu, dalam bisnis online kita juga harus mampu mengidentifikasi cara mengembangkan bisnis kita. Salah satu teknik yang juga populer dalam dunia bisnis adalah metode ATM.

ATM merupakan singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Jadi, kita lihat kompetitor dulu, bagaimana mereka bisa berjualan dengan laris kemudian tiru dan modifikasi agar penjualan dua kali lebih besar.

Selain metode bisnis ATM, yang sering dilupakan dari kompetitor adalah memanfaatkan kelemahan lawan. Jangan hanya tiru dan modifikasi aja, yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan kelemahan kompetitor.

Cara sederhananya yang bisa dilakukan oleh pemula adalah memberikan solusi yang lebih berarti atas Feedback negatif yang didapatkan oleh kompetitor. Jadi, kesalahan dan keluhan terhadap kompetitor adalah peluang empuk yang harus dimanfaatkan.

6. Teknik marketing online


Bisnis online tidak sepenuhnya tanpa modal. Karena itulah, banyak jasa pemasaran diluar sana yang bernilai jutaan sampai puluhan juta hanya untuk class meeting teknik marketing online.

Tapi jangan salah gan, teknik marketing online dari profesional di bidangnya saya pastikan tidak akan mengecewakan. Karena itulah, saya katakan bisnis online tidak selalu gratis terutama jika ingin mendapatkan hasil lebih dalam waktu yang relatif cepat.

Dalam pemasaran online, ada 2 hal yang harus diperhatikan saat sudah memiliki brand website sendiri, yaitu sumber traffic atau lalulintas.

Trafik organik merupakan trafik terbaik dan gratis tanpa perlu iklan berbayar. Tapi itu prosesnya lama dan jika belajar atau ingin jasa SEO (Search Engine Optimization), maka modalnya akan jauh lebih besar lagi.

Karena itulah, salah satu cara mudah mendapatkan trafik gratis adalah dengan memanfaatkan fanspage Facebook. Memang bukan trafik organik sih, karena besaral dari promosi di sosial media, tapi cara promosi ini juga sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan di Facebook.

Trafik berbayar (Paid traffic) sesuai dengan namanya, yaitu trafik dari iklan berbayar. Seperti branding yang dilakukan oleh produk-produk perusahaan bermodal di tv. Di dunia bisnis jual beli online, Facebook Ads dan Google Adword merupakan 2 tempat untuk mendapatkan pengunjung secara berbayar.

Baik Facebook Ads atau Google Adword, banyak teknik yang harus dikembangkan agar biaya iklan bisa murah. Jika iklannya mahal dan produknya gak ada yang beli, itu yang dinamakan bancos atau tekor.

Kalau perlu, belajar teknik marketing online dari profesional. Selain bisa menjadi guide, bisa juga untuk membangun relasi dengan orang-orang di bidang yang sama. Karena koneksi merupakan nilai plus dalam suatu bisnis.

7. Trik promosi anti mainstream


Banyak yang tahu teknik-teknik kasar marketing online tapi hasilnya belum mencapai target.  Biasanya karena teknik penjualannya masih sebatas teknik hard selling atau langsung pada inti penjualan.

Misalnya:

Jual sepatu harganya Rp100.000. Minat? Chat aja!

Teknik marketing seperti itu tidak akan berhasil melampui target. Untuk mengubahnya, kita harus melakukan promosi yang anti mainstream. Caranya?

Saat memasarkan produk, gunakan kata-kata yang bersifat urgent, contohnya terbatas, promo akhir pekan, diskon, dll. Kata-kata darurat seperti itu tanpa unsur paksaan akan membuat orang-orang merasa termotivasi untuk segera memiliki produknya. Kalau tidak, mereka tidak akan kebagian.

Banyak teknik-teknik marketing online yang dapat dikembangkan lagi. Dan itu harus dipraktikkan jika ingin melampaui ekspektasi.

Memang tidak mudah tapi dengan ketekunan dan kerja keras, kamu pasti bisa. Intinya dalam bisnis itu, jangan jadi "kutu loncat", entah karena susah atau karena "rumput tetangga lebih hijau.
"Experience is the best teacher." Karena itu, belajarlah dari kegagalan sehingga Anda tidak jatuh ke lobang yang sama. Tapi bukan berarti boleh jatuh ke lobang yang lain. Belajarlah dari kesuksesan agar bisa berkembang lebih pesat dalam dunia bisnis online yang pasar terbuka untuk semua kalangan.
Masih bingung? Lihat cara mudahnya dan langkah-langkahnya dalam Cara Bisnis Online Baju Agar Jualan Laris Untuk Pemula

Demikianlah cara memulai bisnis online dari nol, persiapkan diri Anda untuk bersaing di pasar masa depan ini. Semoga bermanfaat!

  February 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close