Skip to main content

9 Cara Jualan Online Laris Manis Dan Lebih Cepat Laku

Cara jualan online laris dan cepat laku - Berbicara tentang teknik marketing untuk melariskan penjualan memang tidak akan pernah ada habisnya. Baik itu di Facebook, Instagram, Youtube, dan toko online, memiliki teknik marketing yang berbeda. Tapi untuk melariskan produk, sebenarnya konsep dasarnya sama, yaitu teknik pemasaran. Dan mereka yang kurang up to date pasti tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor.
9 Cara Jualan Online Laris Manis Dan Lebih Cepat Laku
9 Cara Jualan Online Laris Manis Dan Lebih Cepat Laku
Selama ini saya selalu mengatakan bahwa kualitas sebuah produk adalah senjata utama dalam berjualan. Dan hari ini, kita akan menambah "bumbu pedas" dengan mengupas tuntas cara jualan online yang laris, cepat laku bahkan cara membuat produk yang dipromosikan bisa laku keras.

Bagaimana cara jualan online laris dan cepat laku? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Siapa cepat dia dapat


Jika 2 orang terjadi perselisihan, maka yang pertama datang untuk cerita ke saya kejadian (Sebenarnya menurut dia) yang kemungkinan besar akan mengubah pola pikir saya.

Itulah mengapa, setelah mendengarkan cerita orang pertama, maka saya akan berhati-hati ketika bertemu orang kedua yang terlibat perselisihan dengan orang pertama tadi.

Karena dalam konsep pikiran manusia pada umumnya, yang bercerita lebih dulu adalah yang benar. But not at all!

Nah, hubungannya dengan dunia jualan online apa?

Ambil contoh aja biar sederhana. Dalam bisnis MLM orang sudah bergabung pasti tidak akan join untuk kedua kalinya. Karena dia sudah berstatus member.

Karena itu, siapa cepat dia dapat.

2. Memasarkan produk yang kurang laku


Saya sering mendengar ungkapan bahwa barang yang laku di pasar belum tentu cocok untuk dijual online. Itulah pentingnya riset dalam dunia bisnis agar tidak salah memilih produk .

Barang yang cepat laku dijual online seperti produk fashion, kecantikan. Tapi akan sulit untuk penjual pemula untuk memasarkan produk seperti bahan bangunan.

Namun saya tidak akan membahas itu dulu. Tapi bagaimana mengubah barang tidak laku menjadi cepat laku dan laris manis?

Mari kita turunkan teknik marketing sedikti demi sedikit.

Saat Anda menjual sepatu tapi susah laku maka berikan bonus berupa produk-produk lainnya. Atau sebaliknya, menjadikan produk yang kurang laku tersebut sebagai bonus untuk produk-produk yang laris. Teknik ini bisa dijalankan tanpa perlu memangkas harga, lho.

Cara kedua yang juga sering diterapkan adalah dengan mengadakan spesial event dan pasang harga mahal pada produk dengan diskon besar (Konsep big discount big deal). Agar kelihatan murah aja padahal tidak.

Teknik marketing seperti ini jugalah yang diterapkan di mall-mall yang memaksa orang membeli bukan karena kebutuhan tapi karena terlihat lebih murah dari biasanya. Bayangkan jika tidak membeli hari dan besok harga akan normal kembali?

Bagi discount hunter, keputusan yang kurang bijak jika tidak memanfaatkan diskon dan promo murah.

Simak juga Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

3. Pahami mengapa orang membeli produk


Selain karena kebutuhan dan prioritas, dalam membeli orang juga lebih banyak menggunakan emosi dan gengsi. Kalau tidak beli ini, saya akan kelihatan hidup berkekurangan dan kalau saya beli pasti saya akan terlihat mapan.

Emosi dan gengsi adalah penyebab utama orang membeli produk. Karena jika mereka tidak beli bisa menjadi masalah yang serius.

Bagi sebagian besar pebisnis, kenyataan tersebut adalah peluang yang harus dimanfaatkan agar bisa melariskan penjualan. Misalnya lebih memperkenalkan impact jika barang tersebut dimiliki dari pada hanya memberitahukan manfaat dan keunggulan produk yang pada dasarnya itu-itu saja.

Mengapa orang membeli produk Anda? Karena efeknya yang dahsyat.

4. Kurangi pilihan


Kaos anime ada, sepatu anime ada, tas anime pun ada. Pilih mana? Karena uang hanya cukup untuk beli satu produk maka dilema yang besar kadang dialami oleh pembeli.

Jangan membuat pembeli pusing pilih baju yang cocok dari segi warna dan motif? Kasihan.

Dari beberapa studi yang dilakukan, termasuk riset kecil-kecilan sendiri, saya melihat kalau toko online yang halaman depannya menampilkan terlalu banyak produk terlihat kurang menarik.

Jika dilihat dari efektifitas dan tingkat penjualan, pilihan produk yang beragam cenderung menghasilkan lebih sedikit penjualan dari pada yang produknya lebih spesifik.

Dan kesalahan menawarkan produk dengan beragam pilihan pun masih sering ditemui di pasar-pasar konvensional saat berbelanja. Saat lihat sepatu ini, kita didatangi lagi dengan sepatu-sepatu yang lainnya. Padahal, kita hanya beli satu sepatu tapi banyaknya pilihan bisa mengurangi niat untuk jadi beli.

Karena mata tidak akan pernah puas memandang. Jadi, kemungkinan besar kita akan termotivasi untuk mencari kemungkinan masih ada sepatu yang jauh lebih bagus di toko sebelah sebagai akibat dari banyaknya pilihan yang menarik.

5. Menjual tetapi tidak menjual


Teknik marketing online yang tidak memaksa dengan soft selling seperti "Menjual tetapi tidak menjual" sudah terbukti memberikan dampak yang luar biasa terhadap penjualan.

Sudah banyak buku yang menjelaskan metode menjual tetapi tidak menjual ini. Secara sederhananya, konsep ini menggunakan masalah sebagai senjata utamanya.

Bagaimana mengubah produk menjadi solusi dari masalah tersebut? Itulah yang akan menentukan berhasil tidaknya produk terjual. Uniknya, metode ini biasanya terlihat lebih real seakan tanpa promosi.

Lihat juga Cara Jualan Online Tanpa Modal

6. Dapatkan testimoni


Dalam bisnis online, tipikal online shopper lebih mempercayai toko online yang memiliki banyak testimoni yang positif. Karena itulah, kita harus mampu mendapatkan testimoni sejak awal menjual produk.

Caranya dengan memberi bonus bagi pelanggan yang memberi testimoni. Selain itu, teknik memberikan bonus ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjual produk yang seharusnya sulit terjual.

Feedback yang positif dari pelanggan akan menjadikan bisnis lebih cepat berkembang karena banyak mendapat rekomendasi. Dan ketahuilah, tanpa bonus pun pelanggan akan tetap memberikan feedback posifit dengan sendirinya jika mereka mendapat nilai lebih ketika membeli produk Anda.

7. Teknik promosi online paling sederhana


Dalam dunia bisnis online, konten visual selalu menjadi nilai plus dalam promosi.

Untuk membuktikannya, silahkan bertanya di grup-grup FB tanpa gambar. Bandingkan dengan mengajukan pertanyaan yang disertai dengan foto yang menarik dan sesuai dengan pertanyaan? Respon bisa dipastikan akan lebih banyak berasal dari pertanyaan yang disertai dengan foto yang menarik.

Karena itu, selalu gunakan gambar yang menarik untuk meningkatkan share dan likes. Hal yang sama juga sering digunakan oleh Blogger ketika membuat artikel. Karena kebanyakan pembaca artikel di internet menginginkan CTA (Call To Action), maka salah satu cara untuk menarik perhatian mereka untuk membaca adalah dengan gambar-gambar yang menarik.

8. Menjual filosofi produk


"Fakta yang bercerita tapi cerita yang menjual." Ungkapan tersebut saya temukan di salah satu video Instagram yang lewat di beranda.

Dalam video tersebut, dijelaskan bagaimana sebuah pulpen yang memiliki fungsi yang sama namun harga yang jauh berbeda. Ternyata karena cerita dibalik produklah yang membuat produk bisa terjual dan bernilai.

Karena itu, pastikan produk Anda memiliki filosofi yang bisa dijual. Dan lebih baik menulis filosofi atau cerita terlebih dahulu baru kemudian menulis manfaat dan keunggulan dari produk yang didagangkan.

Karena orang lebih suka ceritanya, barulah daya tarik untuk membeli produk semakin meningkat.

Dan berapa banyak orang yang spamming di Facebook dengan katalog produk hasil copas mentah-mentah? Banyak dan tentu cerita dibalik kesuksesan penjualan seperti itu masih belum ditemukan. Karena memang sangat tidak menarik.

Tulis keterangan produk secara manual dan singkat. Itu lebih baik. Dan dalam selalu ingat, "Fakta yang bercerita dan cerita yang menjual."

9. Pentingnya sebuah brand


Ketika teman saya, tetangga saya, teman tetangga saya juga menjadi reseller online shop, bagaimana menjual produk dengan laris di tengah persaingan dengan kompetitor yang ramai?

Satu-satunya cara dengan memiliki brand sendiri. Karena brand ininah yang menjadi nilai jual dari sebuah produk.

Brand merupakan ciri khas dan bentuk identitas sekaligus nama yang akan menentukan laris tidaknya penjualan. Branding bertujuan untuk meraih kepercayaan dari para pembeli online.

Branding membuat barang lebih ekslusif. Dan semakin terpercaya suatu brand maka semakin mudah memenangkan persaingan dalam bisnis jual beli online.

1. Di mana membangun brand untuk berjualan?


Dalam berjualan secara konvensional, lokasi strategis sangat penting. Tapi di dunia bisnis online, semua tempat bisa menjadi lokasi strategis. Tapi tentu saja itu tidak mudah.

Nah, berikut konsep dasar mengubah tempat marketplace menjadi strategis dan cocok digunakan untuk berjualan.

- Instagram


Instagram sudah menjadi salah satu media jual beli online yang paling populer di dunia. Saking populernya, banyak yang berhasil sukses menjadi selebgram dan menghasilkan rupiah dengan menjadi buzzer media sosial.

Agar instagram bisa ramai kita butuh followers. Kata kuncinya adalah unik dan tidak biasa. Saat posting status, gunakan caption yang menyentuh dan foto yang keren. Jika konsisten menggunakan cara seperti ini, bukan tidak mungkin mendapatkan pengikut di Instagram dengan cepat.

- Facebook


Strategis tidaknya suatu tempat itu dilihat dari lalulintas dan keramaian. Dan kita bisa menciptakan keramaian di media sosial dengan sangat cepat.

Salah satu cara yang digunakan oleh internet marketing dalam memasarkan produknya adalah memanfaatkan Facebook Ads. Dengan beriklan di Facebook, akan jauh lebih cepat memperolah likes fanspage yang nantinya akan digunakan untuk berjualan.

Salah satu cara meramaikan Fanspage Facebook dengan cara memposting artikel yang sedang viral dan share di grup-grup yang anggotanya banyak.

- Youtube


Kemajuan teknologi merubah gaya dan cara belajar seseorang. Semakin hari, semakin banyak orang yang lebih suka belajar dengan konten video daripada tulisan.

Bukan tidak mungkin Youtube akan populer dari pada blog nantinya. Karena itulah, memiliki akun Youtube dan mendapatkan suscriber itu sangat penting. Dan dari beberapa studi kasus yang dilakukan oleh teman-teman, membangun channel Youtube itu lebih mudah mendapatkan viewers jika dibandingkan di blog.

Agar bisa sukses berjualan di Youtube, selalu upload video-video yang bisa mendapatkan ratusan ribu suscriber dan jutaan viewers. Nah, Google dan Youtube memang saling bekerjasama. Untuk memudahkan menjual di Youtube, maka closing bisa dilakukan dengan Toko Online atau website.

- Toko online


Di Indonesia saja, ada banyak toko online. Dan beberapa bisa dimanfaatkan untuk berjualan karena menyediakan lapak atau marketplace bagi para penjual. Jika ingin jangka panjang dan terlihat lebih profesional maka buatlah website toko online sendiri.

Semakin ramai dan diikuti oleh ratusan ribu followers setia maka jualan online akan jauh lebih mudah. Intinya adalah bangun kualitas, teknik marketing dan dengan sendirinya pengunjung akan berdatangan.

2. Sederhanakan cara order


Kalau jualan yang mudah-mudah aja gan. Jangan pakai ribet. Yang penting bisa closing product maka cara ordernya disederhanakan sesederhana mungkin. Jangan ada yang tanya-tanya lagi cara odernya gimana nih? Cek pm gan. Cara seperti itu cenderung konvensional dan susah untuk berkembang.

Lihat saja toko online raksasa saat ini, mereka menyediakan halaman landing page otomatis yang benar-benar sederhana sehingga mudah diakses dan dipahami oleh pengguna baru sekalipun. Karena orang suka dengan tampilan interface yang simple.

Lihat juga Cara jualan laris di Facebook

Itulah cara jualan online laris dan cepat laku. Memang memanfaatkan teknik marketing online telah terbukti mendongkrak penjualan. Karena itulah, tidak sedikit orang yang berani totalitas membangun brand dengan modal besar.

  February 17, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close