Skip to main content

Cara Jualan Online di Facebook Laris, Studi Kasus Bisnis Baju

Cara Jualan Online di Facebook Laris - Salah satu cara jualan online yang terbukti laris dan paling populer digunakan adalah Facebook. Seperti kita ketahui bahwa pengguna Facebook aktif di Indonesia sampai puluhan juta. Jadi, tidak salah memang kalau banyak pelaku bisnis online yang memanfaatkan Facebook untuk jualan online.
Cara Jualan Online di Facebook dengan Studi Kasus Bisnis Baju
Cara Jualan Online di Facebook dengan Studi Kasus Bisnis Baju
Cara jualan online di Facebook cukup mudah. Sudah banyak yang sukses dagang online di situs media sosial buatan Mark Zuckerberg ini. Karena itu, saya yakin bahwa peluang yang sama juga bisa "Mantul" ke Anda.


Cara Jualan Online di Facebook


Sejatinya, awalnya Facebook dibuat hanya untuk sekedar berbagi di sosial media. Tapi seiring berjalannya waktu, Facebook menjadi tempat baru bagi pebisnis untuk memasarkan produknya.

Dalam perkembangannya, setidaknya ada 3 jenis cara jualan online di Facebook, yaitu:

1. Akun pribadi


Akun pribadi atau personal adalah akun yang awalnya hanya digunakan untuk mempererat silaturahmi dan menjalin komunikasi dengan orang-orang baru bisa berubah menjadi sarana memasarkan produk.

Setelah memiliki banyak teman dan pengikut, potensi akun pribadi di Facebook sangat besar jika digunakan untuk promosi.

Kelebihan menggunakan akun pribadi untuk jualan:

  • Lebih mudah memasarkan produk karena umumnya hanya orang-orang dekat. Misalnya masalah ongkir.
  • Lebih mudah digunakan dan mendapat banyak teman dalam waktu singkat.
  • Digunakan untuk memasarkan produk di grup-grup Facebook yang ramai.

Kekurangan memasarkan produk dengan akun FB pribadi:

  • Teman terbatas, hanya 5000 orang saja. Untuk mengatasinya, jadikan teman sebagai pengikut.
  • Kurang tertarget. Karena teman-teman dekat berbeda jenis pekerjaan dan latar belakang, maka kemungkinan kecil yang akan menghasilkan penjualan. Untuk mengatasinya, nanti kita akan belajar cara membuat Facebook tertarget dengan akun pribadi.
  • Karena tidak tertarget, biasanya banyak teman yang unfollow atau tidak mengikuti kita lagi. Biasanya sih dikarenakan tindakan kita sendiri yang selalu promosi tanpa jeda dan memenuhi beranda mereka. Karena itulah, salah satu satu teman saya yang menjalankan bisnis online shop reseller di FB mengatakan untuk sabar punya teman penjual online.

2. Halaman Facebook


Halaman Facebook atau fanspage Facebook adalah cara tepat untuk membangun brand sendiri. Nantinya, orang-orang yang mengikuti fanspage Facebook bisa melihat setiap aktivitas yang dilakukan seperti memposting produk.

Bagusnya, fanspage harus dibuat spesifik untuk mendapatkan banyak like dari pengguna Facebook.

Halaman Facebook ini jugalah yang digunakan untuk beriklan di Facebook. Bagi internet marketers yang sudah profesional, pasti sudah tahulah fitur Facebook Ads.

3. Facebook Marketplace


Facebook marketplace adalah fitur baru yang disediakan oleh Facebook berupa toko online Facebook yang hanya dapat diakses melalui website atau aplikasi Facebook versi aslinya.

Cara Bisnis Online di Facebook


Pastinya kita tidak ingin bisnis yang kita jalankan hanya sementara saja. Karena itu, ditahap awal berbisnis di Facebook, kita harus membangun brand terlebih dahulu melalui fanspage Facebook.

1. Siapkan Fanspage Facebook


Cara membuat fanspage Facebook sangat mudah. Bisa menggunakan aplikasi Facebook lite atau pun langsung melalui website Facebook di browser.

Setelah itu, klik halaman Anda. Ikuti deh langkah-langkah berikutnya tentang membuat fanspage Facebook.

Fanspage yang sudah siap pasti akan sunyi seperti kuburan tanpa penjaga. Karena itu, kita butuh beberapa teknik marketing yang bisa mendongkrak popularitas fanspage Facebook.

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

a. Buat akun pribadi dan perbanyak teman


Jangan salah, dalam mempopulerkan fanspage Facebook, kita butuh akun pribadi sebanyak-banyaknya. Akun-akun tersebut harus memiliki teman aktif dan tertarget.

Caranya bagaimana? Buat akun Facebook seperti biasanya dan cari teman-teman di grup-grup yang sesuai dengan topik dan produk yang akan kita pasarkan.

Jadi, dalam percobaan jual beli baju online di Facebook ini, saya membuat 3 akun personal aja dulu. Nah, langsung saja saya mencari teman-teman tertarget. Ciri-cirinya aktif memberikan like dan komentar di grup dagang.

Buat akun personalnya jangan kayak ingin jualan gitu, tapi benar-benar seperti real. Add teman sebanyak-banyaknya dan perbanyak pengikut.

Terus share dan update status layaknya akun real. Share foto-foto unik dan keren. Topik umum pun tidak masalah, yang penting kenak semua orang.

Setelah target 5000 teman terpenuhi, saatnya mengundang mereka untuk menyukai fanspage yang akan dijadikan branding. Bisa kok, langsung invited semua teman untuk menyukai fanspage dengan mengakses Facebook versi web.

b. Populerkan Halaman Facebook Untuk Branding


Keuntungan menggunakan fanspage Facebook dalam bisnis online shop adalah mudahnya mengelola dan mencari audiens. Mulai dari jumlah tayangan, interaksi, semuanya terekam jelas sehingga kita jadi tahu perkembangan Fanspage tersebut.

Agar fanspage Facebook ramai, kita sebagai admin harus mampu mengelola dan aktif di Fanspage tersebut. Caranya:

a. Update status yang menginspirasi


Pada umumnya, orang-orang di Facebook sebagian besar pada butuh motivasi dan inspirasi. Karena itu, sekalipun fanspage Anda merupakan brand tentang baju, tidak masalah update status yang memberikan inspirasi.

Sertakan gambar dan caption yang keren. Biasanya juga sih, disesuaikan dengan tema hari ini, bisa tentang zodiak atau hari-hari raya nasional maupun internasional.

b. Bagikan tips-tips pengetahuan


Jadikan fanspage Anda sebagai sumber pengetahuan. Karena pengetahuan itu sangat berharga dan tidak terbatas nilainya.

Fanspage Anda bertema jual beli baju. Maka bagikan tips-tips seputar fashion, misalnya cara berpakaian yang keren dan trendy, pakaian-pakaian termahal di dunia, cara mencucui jeans agar awet dan tips-tips lainnya yang akan menjadikan fanspage Anda memiliki nilai tambah dimata penggemar.

c. Promosikan fanspage di grup-grup fb


Idealnya, Anda harus menemukan grup-grup Facebook yang memiliki anggota ratusan ribu. Ciri-ciri sederhananya sebelum gabung adalah 10 kiriman per hari.

Apa yang harus dipromosikan? Jangan langsung jualan di grup dagang online. Langkah pertama adalah membagikan tips-tips penting berkaitan dengan tema grup.

Dengan tips tersebut, bukan tidak mungkin akan dishare oleh teman lainnya sehingga fanspage Anda lebih berpeluang mendapatkan ribuan like dalam waktu cepat.

Intinya buat orang yang ada dalam grup tersebut mengunjungi dan memberikan like di fanspage branding.

d. Update berita viral


Salah satu cara cepat mendapatkan ribuat likes dari pengguna Facebook adalah dengan membagikan berita yang sedang viral.

Pasti pernah lihat kan, artikel atau pun status yang memiliki ribuan likes dan share karena lagi hot?

e. Share video keren


Populer di Facebook! Itulah yang paling sering lintas di kronologi beranda FB saya. Banyak video keren, unik, menginspirasi yang bisa populer di media sosial dalam rentang waktu yang singkat.

Tidak sedikit yang bisa mencapai puluhan ribu interaksi setelah mengupload video di Facebook. Intinya, video tersebut harus unik, berbeda, dan anti mainstream.

f. Gunakan Facebook Ads untuk beriklan


Sejak beberapa tahun silam, Facebook yang tadinya hanya sosial media, kini benar-benar diubah menjadi media beriklan yang tepat sasaran.

Banyak internet marketers yang berhasil menjadikan Facebook sebagai pasar online dengan lapak strategis. Caranya dengan beriklan di Facebook dengan menggunakan halaman Facebook.

Jangankan puluhan ribu, ratusan ribu sampai jutaan interaksi bisa didapatkan dari satu iklan di Facebook. Kekurangannya adalah Anda harus belajar Facebook marketing lebih dalam lagi, terutama membuat biaya fb ads murah.

Cara Jualan Online Laris di Facebook Studi Kasus Jual Baju

cara bisnis online di facebook laris
Cara bisnis online di facebook laris - Pixabay
Anggap aja, kita sudah punya fanspage baju online di Facebook yang ramai karena pancingan tips-tips bermanfaat yang kita share selama beberapa Minggu ini. Saatnya untuk memasarkan produk di Facebook.

Bagaimana berjualan di Facebook yang laris? Jangan pikir mereka yang sukses berjualan di Facebook begitu saja menjual produknya. Ada tips-tips bisnis online shop yang harus diterapkan, yaitu teknik Marketing Facebook.

1. Tanamkan mental produk berkualitas


Berapa banyak dari Anda yang di-PHP saat berjualan di Facebook?

Sudah tanya ini itu namun pada akhirnya "Sorry gak jadi beli." Sabar gan, sebagai penjual, calon pembeli tetaplah raja. Hal yang wajar jika ada yang tidak jadi beli produk yang dipasarkan.

Penyebabnya yang paling utama adalah kualitas produk. Jangan pikir kualitas produk yang biasa-biasa aja bisa sukses laris di Facebook. Jangankan di online, di pasar aja jika Anda jual produk yang kalah saing hanya sebagian kecil orang yang akan melirik.

Jadi jangan salahkan calon pembeli ketika tidak jadi beli. Apapun alasannya. Karena hal tersebut bisa merusak citra baik brand Anda.

Karena itu, selalu siapkan produk yang berkualitas. Jadi yang beli tahulah kalau kualitas tidak akan membohongi harga.

Kenapa jangan asal pilih produk? Anda mau kan bisnis ini nanti berumur panjang? Karena itu, produk yang kurang berkenan di hati pembeli dapat menjadi boomerang untuk brand. Apalagi di Facebook itu komentar yang miring sedikit saja bisa mempengaruhi penjualan.

2. Tentukan jenis baju


Karena studi kasus yang telah dijalankan ini berkaitan dengan baju, sementara baju memiliki beragam jenis, maka kita tentukan saja salah satu jenis yang paling populer.

Dengan lebih spesifik seperti itu, bisnis online akan lebih mudah dikenal. Contohnya kaos distro anime atau kaos distro tentang travelling.

Kenapa kaos distro? Karena kaos distro lebih mudah laku dan hampir semua orang suka pakai kaos.

INGAT! Jenis produk yang akan dijual itu awalnya sudah ditentukan sebelum melakukan branding seperti pembahasan di atas. Misalnya jika akan jual kaos distro anime, maka kita akan mempromosikan fanspage kita di grup-grup anime.

Setelah berhasil dengan satu produk baru bisa perlahan-lahan ke barang fashion lainnya seperti sweater, jaket, sepatu, topi dan lain sebagainya.

3. Promosi secara kreatif


Produk berkualitas ada, target pasar ada, tapi penjualan tidak laris? Penyebabnya bisa dipastikan cara promosi yang salah atau kurang tepat.

Pertama-tama, kita harus memahami karakter pengguna Facebook. Dan ingat bahwa Facebook bukanlah marketplace utama seseorang dalam mencari produk kecuali jika fanspage kamu sudah besar. Karena dalam online shop, situs web marketplace masih menjadi tujuan utama para online shopper.

Masalah adalah kita tidak mungkin membuat banyak orang tertarik dengan produk baru yang kita jual. Karena itu, diperlukan teknik-teknik marketing media sosial yang tepat.

Teknik marketing Facebook untuk melariskan produk meliputi:

- Promosi dahsyat


Awal yang baik bisa dengan melemparkan kail yang diberi umpan. Akun personal tadi bisa dimanfaatkan untuk membangun branding.

Jadi, buat promosi dahsyat seperti diskon untuk 10 orang pertama, gratis ongkir, atau pun giveaway.

Dari banyak kasus yang digunakan dan bisa dimanfaatkan, giveaway merupakan cara yang paling populer. Biasanya orang yang share dan like dan melakukan tugas tertentu akan mendapatkan bonus spesial, misalnya membeli baju distro dengan hanya membayar ongkos kirimnya.

Tentu promosi seperti ini bisa membuat fanspage cepat terkenal dan ramai. Dan ini sudah saya buktikan di Fanspage resep makanan saya dulu yang bernama Resepta. Tapi sekarang sudah tidak dibuild lagi.

- Kreatif dalam menjual


Pernah dengan istilah cara menjual tapi tanpa menjual? Teknik marketing media sosial seperti ini sudah banyak diterapkan dalam bisnis konvensional dan bisnis online.

Namun teknik marketing seperti ini tidak mudah. Dibutuhkan latihan dan kerja keras agar bisa sukses dengan teknik marketing.

Salah satu contohnya adalah dengan teknik storytelling. Konsepnya sederhana tapi bombastis dalam meledakkan penjualan.

Pemasaran dilakukan dengan teknik bercerita. Diawali dengan tokoh utama yang terlihat memiliki ambisi. Awalnya dia pikir perjuangannya akan lancar dan mudah.

Tapi kenyataannya tidak. Banyak kegagalan-kegagalan yang dialami sampai dititik terendah ingin menyerah. Sampai akhirnya dia menemukan solusi yang dapat membuatnya sukses melampaui ekspektasi yang ada.

Kurang lebih, seperti itulah konsep dan strategi membuat storytelling untuk pemasaran di media sosial Facebook. Tugas Anda adalah bagaimana membuat masalah tersebut terlihat dramatis dan real dan menjadikan produk Anda sebagai solusi yang tepat.

Setelah memiliki brand yang memiliki nilai jual tinggi, Anda sudah peluang memulai bisnis online dan jualan tanpa modal dengan metode bisnis online shop reseller atau dropshipper.

Agar teknik jualan di Facebook awet, terus selingi jualan dengan berikan tips-tips bermanfaat.

Jika studi kasusnya jualan baju, butuh sedikit upaya untuk membuat konsep storytelling yang pas. Untuk mengatasinya, kita kembali ke nomor 1, yaitu produk berkualitas.

Jika produk yang ditawarkan berkualitas, maka orang tidak akan mengalami keraguan untuk membeli. Agar bisa berjalan lancar, yang harus diperhatikan adalah fast respon, mudah, memberikan kenyamanan sehingga menjadi terpercaya.

Jangan sampai transaksi gagal karena alasan alamat rekening Anda tidak tepat.

Dengan menerapkan cara-cara berjualan di atas, hasil dari studi kasus ini cukup lumayan. Selanjutnya, Anda tinggal buktikan sendiri.

Tips terakhir, rahasia jualan laris di Facebook hanya ada 3, yaitu produk berkualitas, target pasar potensial, dan promosi yang kreatif. Dengan cara tersebut, bisins online di Facebook dapat awet dan bertahan lama karena juga tercipta brand yang terpercaya.

Bagi Anda yang mau tahu seputar bisnis baju, silahkan lihat dalam Cara Bisnis Online Baju Tanpa Modal

Demikianlah cara jualan online di Facebook dengan studi kasus bisnis jual baju. Setelah ini, produk apapun bisa laris di Facebook jika menggunakan cara dagang ala pebisnis handal di atas.
  February 16, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close