Cara Bisnis Online Baju Dari Nol Untuk Pemula

Cara Bisnis Online Baju Dari Nol Untuk Pemula

Cara Bisnis Online Baju Dari Nol Untuk Pemula - Usaha online shop di Indonesia semakin laris manis aja. Tentu ini didukung juga dengan pengguna internet aktif yang juga mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. "Bak roket yang melesat ketika lepas landas." Bagi orang berjiwa bisnis, kenyataan yang tak terbantahkan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan dari internet.
Cara Bisnis Online Baju Dari Nol Untuk Pemula
Cara bisnis online baju

Yang tadinya jualan baju dari pasar ke pasar, kios ke kios, merambah ke bisnis online. Bahkan tidak sedikt yang dulunya bukan pebisnis di dunia pakaian tiba-tiba menjadi penjual online yang memasarkan pakaian orang lain. Itulah segelintir keuntungan dari bisnis online baju yang juga bisa dijalankan tanpa menggunakan baju. Eh, maksudnya tanpa mengeluarkan modal untuk beli baju kemudian dijual kembali.

Melihat peluang bisnis online tersebut, tidak salah jika semua orang, termasuk saya dan Anda pastinya, bermimpi untuk menjadi pebisnis online.

Untunglah, Anda datang ke sini karena hari ini saya akan berbagi tips bisnis online baju dari nol, mulai dari bagaimana menjual baju yang laris sampai cara jualan online tanpa modal. Semua dirangkap dalam 1 tulisan ini.

Pertanyaan seputar bisnis online


Berikut beberapa pertanyaan seputar bisnis online yang saya rangkum dari grup-grup jual beli atau dagang online di Facebook maupun yang langsung bertanya.

1. Bagaimana cara memulai bisnis online?


Berani mencoba adalah kata kuncinya. Jangan banyak bertanya di Facebook tapi mulailah belajar langkah-langkah bisnis online di Google. Seribu pertanyaan yang terjawab jika Anda tidak pernah mempraktikkannya, maka hasilnya NOL besar. Intinya, Anda harus mulai dulu. Coba aja dulu, masalah untung rugi nanti diriset lagi.

2. Untuk online shop, apa yang sebaiknya saya jual?


Mulai dari jual baju. Jangan salah, baju dan produk-produk fashion lainnya adalah jenis-jenis produk online shop yang paling laris. Bahkan larisnya sepanjang masa, kecuali jika Anda sudah tidak ingin memakai pakaian.

3. Bagaimana melariskan jual beli baju online?


Jadilah berbeda! Bayangkan saja, jika Anda, kakak Anda, tetangga, teman sekolah, semuanya jualan baju. Motif sama, cara promosi sama, harga sama, pokoknya sama semua deh. Gimana bisa laris? Laku aja nggak. Karena itu, dalam bisnis online yang memiliki banyak kompetitor, signature itu harus. Unik dan original taste adalah kunci utamanya.

4. Jualan online selain baju?


Sorry gan, hari ini kita lagi bahas baju dan cara jual baju online. Karena itu, jika tidak suka, silahkan cari peluang bisnis lainnya aja. Banyak kok! Pasti masih ada ribuan pertanyaan seputar bisnis online ini. Tapi tenang aja, pasti satu per satu akan dijawab di blog https://www.soksimon.com ini.

Cara Bisnis Online Baju Dari Nol


cara memulai bisnis online shop baju
Cara memulai bisnis online shop baju - Pixabay

Jangan pikir kalau jual baju online itu seperti jual beli baju pada umumnya. Pesan baju grosir kemudian jual dengan harga yang lebih tinggi. No, no, tidak seperti itu. Kita harus punya strategi yang harus berhasil agar bisnis ini bisa mendulang rupiah.

1. Jenis baju yang akan dijual


Produk fashion sendiri sangat banyak. Tidak terkecuali baju yang memiliki beragam jenis, pengguna, dan fungsinya. Saat baru mulai dari nol terutama dalam dunia bisnis online, kita harus menjual barang yang spesifik terlebih dahulu. Contohnya, baju anak, baju tidur, jumper, sweater, kaos distro, polo, dsb.

Pilih satu jenis dan fokus di situ. Semakin spesifik produk yang dijual maka semakin mudah mula bersaing dan menemukan target pasar yang potensial.

Sekali lagi, kunci sukses jualan online itu tidak berada pada teknik spamming (Promosi di tempat yang salah). Karena itu, pahami produk dan target pasar yang Anda incar.

2. Menyediakan stok baju


Dalam banyak kasus, tidak sedikit orang yang ingin bisnis online baju tapi tidak memiliki baju untuk dijual. Gimana ceritanya? Susah juga nak jelasin. Banyak yang mau bisnis tapi tidak mau berusaha lebih.

Enaknya di bisnis online, tidak perlu punya modal besar untuk bisa berjualan. Bahkan bisa lho, jualan online tanpa modal atau tanpa punya stok baju sendiri.

Peluang usaha online tanpa modal inilah yang paling banyak dimanfaatkan oleh pebisnis online di seluruh tanah air. Menjual baju dengna menjadi dropshipper kalau belum bisa menjadi reseller.

Bedanya apa antara dropshipper dan reseller?


Dropshipper adalah orang yang menjual tanpa perlu mempunyai stok. Kamu hanya perlu mempromosikan dan menjual produk orang lain.

Kalau reseller, biasanya sudah memiliki modal untuk stok barang yang kemudian baru dijual kembali.
Bagusan mana? Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Seperti dropshipper yang tidak perlu modal tapi butuh kerja keras untuk mencari supplier yang tepat dan reseller yang harus punya modal dulu untuk membeli kemudian dijual kembali beresiko jika barang yang sudah dibeli tidak berhasil terjual.

Tapi kedua-duanya bisa sukses kok. Kunci utama yang harus dimiliki dalam bisnis online shop baju, yaitu ada pada teknik marketing. Seperti sales, Anda harus mampu membuat orang berkata "Wow" setelah melihat promosi yang Anda tawarkan.

3. Media online untuk promosi


Dimana tempat menjual baju yang strategis? Berbeda dengan bisnis properti yang lokasinya strategis, di internet, semua tempat bisa diubah menjadi lokasi yang strategis untuk berjualan.

a. Jual baju di Facebook


Sekurang-kurangnya, Anda harus punya akun media sosial terpopuler, yaitu Facebook. Selain digunakan untuk mendekatkan yang jauh, Facebook juga sangat krusial sebagai media bisnis online.  Ini terlihat dari hampir 75% teman Facebook saya (Teman di Sekolah atau 1 kampung) semuanya pernah jualan baju, sepatu, jam tangan di akun Facebook pribadinya.

Cara bisnis online baju di Facebook sangat sederhana. Upload gambar baju dan promosi. Tapi satu kesalahan yang sering dilakukan oleh penjual di Facebook adalah menjual di tempat yang tidak tepat.

Misalnya mempromosikan baju di kronologinya sementara teman fb hanya sebatas orang-orang sedesanya. Padahal, jika dilihat dari pengertiannya, bisnis online seharusnya bisa menjangkau lebih dari itu.

Dan banyak yang mengeluh tidak mendapat banyak respon saat menjual hanya lewat kronologi FB. Memang iya, kecuali jika Anda punya pengikut, ya ceritanya beda lagi.

Karena itu, dalam promosi online di Facebook, paling tidak promosilah di tempat yang targetnya potensial. Grup jual beli online? Grup jual baju? Masih kurang tepat! Itu sama saja Anda menawarkan pekerjaan ke grup peluang usaha yang notabene-nya adalah orang-orang yang juga sama seperti Anda. Bisnis MLM. Kemungkinan untuk ada yang ikut sangat jarang.

Apalagi untuk beli produk yang ditawarkan. Karena itu, tips jualan online baju di Facebook adalah mencari grup yang memiliki hobi seputar baju. Kalau tidak ciptakan peluang tersebut sendiri. 

Misalnya menjual baju tentang drama Korea dan mempromosikannya di grup-grup Drama Korea. Ide bisnis yang cukup briliant, bukan? Selain Facebook, sosial media yang populer digunakan untuk bisnis online adalah Instagram, Twitter dan Whatsapp.

b. Jual baju di Marketplace


Lain dulu lain sekarang. Era sebelum kecanggihan internet dirasakan oleh semua orang, beli baju harus ke toko baju, pasar, atau untung jika ada pedagang keliling yang datang ke rumah menawarkan produknya.

Sekarang, di era milenials yang baca buku aja sambil balas chat, beli baju cukup bertanya ke Google "Beli baju murah di Bandung." Gak selang beberapa menit atau hari untuk wilayah luar kota, ojek online atau pak pos datang membawa baju yang dibeli.

Pokoknya semua serba online sekarang. Hal itulah yang melatarbelangi Startup-startup dunia (Amazon, Alibaba) dan Indonesia (Tokopedia, Shopee, OLX, Blibli, Bukalapak, Lazada, etc.) untuk mendirikan online shop.

Peralihan dari bisnis konvensional menjadi bisnis online memberikan banyak manfaat bagi banyak orang. Untungnya, jual beli di Marketplace adalah mudahnya ditemukan oleh orang-orang yang potensial untuk membeli.

Ya, karena hampir semua orang yang berkunjung ke toko online sudah siap sedia untuk membeli.  Kekurangannya adalah Anda harus tunduk penuh pada aturan yang berlaku di marketplace tempat Anda berjualan.

Tapi aturan tersebut tentunya memberikan keuntungan kepada 3 pihak yang terlibat dalam transaksi jual beli online yang aman dan terpercaya, yaitu seller, toko online sebagia rekber (Rekening bersama), dan buyer.

3. Jual baju di website atau blog sendiri


Banyak juga pelaku bisnis online yang memulainya benar-benar dari nol. Misalnya saja membuat website dan blog sendiri dan menjadikannya sebagai toko online, baik untuk menjual produk sendiri maupun dropshipper.

Keuntungan memiliki website sendiri adalah memiliki brand sendiri. Tentunya, brand yang semakin dikenal juga akan meningkatkan hasil penjualan.

Bagi pemula sendiri, terutama jika tidak memiliki ilmu di bidang website atau SEO, maka sebaiknya menghindari cara bisnis baju online lewat website ini. Karena persaingan yang keras, tanpa keahlian yang mumpuni bisa menyebabkan produk Anda tak satupun laku terjual.

Tips Agar Bisnis Jualan Online Baju Laris


Terjun ke dunia bisnis online artinya menginjakkan kaki ke air sungai yang deras. Jika tidak memiliki pegangan maka bisa jadi Anda hanyut terbawa arus. Untuk itulah, tips cara jualan online laris sangat dibutuhkan. Bukan hanya motivasi tapi langkah-langkah nyata yang dapat memastikan baju terjual.

1. Belajar bisnis online yang paling dasar 3P


Pada dasarnya, tidak ada yang berbeda dengan bisnis pada umumnya. Hanya saja, bisnis online artinya dilakukan dengan koneksi internet sehingga agar bisa sukses diperlukan beberapa perlakuan istimewa.

Pertama-tama, kita harus belajar bisnis online yang paling dasar, yaitu 3P (Dibaca Triple P). 3P adalah teknik melariskan jualan online yang harus dikuasai oleh semua pebisnis online.

3P adalah singkatan dari produk, promosi dan pasar. Artinya apa? Ketiga hal inilah yang merupakan 1 paket (3 in 1) untuk memastikan bisnis online sukses.

- Produk


Hal pertama sebelum melakukan promosi yang sangat penting adalah mengetahui produk yang akan dijual. Sebagai pebisnis online shop yang menjual baju, Anda harus tahu tentang ukuran baju, bahan baju, kualitas, dan harganya.

Kualitas produk adalah senjata utama. Tanpa kualitas, semuanya sia-sia. Mungkin Anda bisa berhasil menjual beberapa pasang baju, tapi setelah itu tidak lagi. Karena kualitas adalah No.1 dalam dunia bisnis online.

Harga produk harus bersaing. Jangan murah dan jangan mahal. Saat produk berkualitas maka tercipta brand yang membuat harga tetap wajar.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar, kopi diwarung biasa dengan coffee di restoran memiliki harga yang jauh berbeda. Dan rasanya tidak selamanya kopi kalah dari coffee.

- Promosi


Dalam promosi, teknik marketing online disesuaikan dengan media online yang digunakan. Jika di Facebook bisa menggunakan Facebook Ads untuk mendongkrak penjualan, di website bisa menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization).

Setelah tahu teknik marketing tersebut, yang diperlukan sekarang adalah cara melayani konsumen dengan baik sehingga mereka berat untuk tidak membeli baju yang ditawarkan.

Berikan keuntungan dengan memperlihatkan selling point (Poin utama) yang membuat baju Anda harus mereka miliki. 

Pembeli adalah raja, sekalipun tidak bertatap muka secara langsung, kita harus tetap menghormati dan menghargai calon pembeli sekalipun mereka menawar harga di bawah harga yang wajar. Karena reputasi lebih mudah rusak di dunia bisnis online.

Jangan menyusahkan pembeli dengan hal-hal yang tidak perlu. Tahulah sendirilah maksud saya.   

Manfaatkan the power of words. Dalam teknik marketing online, ada kata-kata khusus yang bisa menarik perhatian pengguna media sosial seperti Facebook. Misalnya kata GRATIS, Limited Edition, Terbaru, Diskon, Murah, dsb. Pelajari konsep dan susun strategi pemasaran yang handal agar jualan online baju bisa sukses sekalipun tanpa modal.

- Pasar


Dalam dunia jual beli, target pasar adalah hal yang mutlak. Seperti yang saya sudah katakan di atas, banyak pebisnis online yang membuang-buang waktunya dengan spamming di tempat yang sebenarnya tidak memberikan impact yang besar.

Bahkan lebih paranya lagi, teknik-teknik seperti itu bisa saja merusak reputasi dan membuat target pasar kabur tanpa jejak.

Saat menemukan target pasar, gunakan teknik promosi yang tepat. Salah satu contoh teknik marketing yang biasa terlihat dari iklan-iklan adalah datang membawa masalah, memberi solusi dan menjawab dengan produknya.

Cara sederhana namun harus melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari masalah yang berhubungan dengan produk Anda dan bagaimana membuat produk Anda menjadi jawaban yang benar-benar tepat.

Kurang lebih seperti itulah cara memulai bisnis online shop baju agar terjual laris mulai dari nol. Jualan baju online merupakan bisnis online yang paling populer dan banyak digemari. Mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga, karyawan, semuanya bisa.

Pertanyaannya sekarang, bisakah sukses bisnis online shop baju di tengah persaingan yang berat seperti itu?
 "Selama darah masih mengalir, tidak ada alasan dan kata untuk menyerah." Teruslah berjuang dan belajar itu, mulai dari cara yang paling simpel dan sesederhana mungkin. 

Bagi kamu yang tertarik Facebook Marketing, bisa lihat di Cara jualan online di Facebook Laris

Demikianlah cara bisnis online baju dari nol untuk pemula sampai tips agar jualan online bisa laris. See you next time, salam bisnis online!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!