Skip to main content

Budidaya Tanaman Jagung, Cara Menanam dan Pemupukan Jagung Hibrida

Cara Menanam dan Pemupukan Jagung Hibrida - Budidaya tanaman jagung tidaklah mudah. Setiap jenis jagung mempunyai cara tersendiri untuk dibudidayakan. Misalnya saja jagung manis dan jagung hibrida pasti beda cara budidayanya. 
Budidaya Tanaman Jagung, Cara Menanam dan Pemupukan Jagung Hibrida
Budidaya Tanaman Jagung, Cara Menanam dan Pemupukan Jagung Hibrida
Sedikit informasi, budidaya tanaman jagung di Luwu Utara terutama di desa saya mulai ditinggalkan. Ini karena banyak petani yang mengubah kebun menjadi area persawahan yang untungnya lebih besar. Tapi tidak apa-apa, hari ini kita akan membahas tentang cara budidaya tanaman jagung lengkap, secara khusus jagung hibrida.

Budidaya Tanaman Jagung Hibrida


Berikut langkah-langkah budidaya tanaman jagung yang umum dilakukan oleh petani di desa saya dulu.

1. Syarat tumbuh tanaman jagung


Meskipun mudah tumbuh, ternyata ada kriteria tanah dan tempat tertentu juga yang harus diperhatikan agar panen jagung melimpah.

- Iklim sedang dan terutama cocok di sebagian besar daerah di Indonesia.
- Curah hujan untuk tanaman jagung 85-200 mm per bulan.
- Lahan harus mendapat sinar matahari langsung secara penuh.
- Ketinggian tempat antara 1.000 mdpl sampai 1.800 mdpl.
- Suhu 21-34 derajat Celcius.
- Keasaman tanah 5,6-7,5 ph.
- Lahan tidak tergenang air saat musim hujan.

2. Persiapan lahan tanam


Setelah syarat tumbuh tanaman jagung terpenuhi dan melihat kebun tetangga yang juga menanam jagung sampai bisa panen, maka bisa dipastikan daerah kita cocok untuk tanaman jagung.

Keuntungan budidaya tanaman jagung adalah syarat tumbuhnya lebih mudah. Jagung tidak membutuhkan tanah yang khusus. Yang perlu dipersiapkan hanya lahan yang bebas dari gulma agar proses tumbuh tanaman tidak terganggu oleh rumput-rumput liar.

3. Pemilihan benih jagung


Ada banyak jenis varietas jagung pertanian yang unggul yang banyak dibudidayakan. Secara khusus untuk budidaya jagung hibrida.

Bibit unggul yang biasa digunakan adalah Pioneer, Bisi 2 dan lain-lain. Bibit yang unggul pastinya akan sangat mempengaruhi hasil panen jagung nantinya.

4. Cara menanam jagung hibrida


Jarak tanaman jagung yang ideal adalah 100 cm x 20 cm dengan 1 biji per lubang. Dan untuk yang 2 biji per lubang, bisa menggunakan jarak 100 cm x 40 cm.

Saat menanam jagung, akan lebih baik jika lahan dalam keadaan lembab dan tidak terlalu kering. Cocok saat musim hujan namun tidak membuat lahan tergenang.

Kedalaman lubang untuk jagung tergantung kondisi lahan dan curah hujan. Sebaiknya kedalaman tanah ideal untuk menanam jagung adalah 3-5 cm. Sebaiknya isi 2 biji untuk 1 lubang tanam.

5. Penyulaman tanaman


Tanaman jagung sebaiknya disulam dalam waktu 1 Minggu setelah tanam. Jangan lewat dari itu karena pasti pertumbuhannya agar terhalangi oleh tanaman jagung lainnya sehingga membuat panen tidak merata.

Penyulaman dilakukan dengan mengganti jagung yang tidak tumbuh dengan bibit yang baru jenis sama.

6. Pemupukan jagung yang benar

 Budidaya jagung hibrida
Budidaya jagung hibrida
Di daerah saya khususnya, pemupukan tanaman jagung hanya dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu pupuk dasar pertama dan pupuk kedua untuk buah.

Pupuk pertama biasanya menggunakan pupuk Urea atau ZA yang ditabur di dekat batang jagung yang masih berumur 14 hari atau Minggu setelah tanam. Yang perlu diperhatikan adalah pupuk jangan menyentuh daun atau batang karena bisa membunuh tanaman jagung.

Pemupukan jagung yang kedua dilakukan sebelum jangung berbunga. Tujuannya agar tanaman jagung bisa menghasilkan buah yang besar biji berat dan tongkol 2, tergantung bibit jagung.

Dikutip dari cara menaman jagung/budidaya jagung Hibrida Pioneer, cara pemupukan tanaman jagung sebagai berikut.

  1. Pemupukan pertama dilakukan ketika tanaman jagung berumur 15hst, komposisi pupuk : ZA 280kg/ha + SP 100kg/ha + furadan 12kg/ha. cara pemupukan dengan disebar lalu di timbun dengan tanah, kemudian di lakukan pengairan.
  2. Pemupukan ke 2 dilakukan pada umur 35hst, komposisi pupuk : ZA 350kg/ha + Phonska 200kg/ha. Cara pemupukan seperti pada pemupukan 1.
  3. Pemupukan ke 3 atau pemupukan penutup dilakukan pada umur 50 hst, komposisi pupuk: Urea 350kg/ha + Phonska 180kg/ha. Cara pemupukan seperti pada pemupukan 1.

7. Pengendalian hama dan gulma


Setelah penanaman jagung, kita harus benar-benar memperhatikan proses tumbuh tanaman dan bebas dari hama dan penyakit. Musuh utama petani dalam membudidayakan jagung adalah tikus dan penyakit bercak daun. Atasi masalah tersebut dengan semprot insektisida dan fungisida.

8. Panen jagung


Jika proses penanamn dan pemeliharaan tanaman jagung dilakukan dengan tepat maka hasil panen jagung bisa melimpah. Banyak yang beralih ke budidaya padi karena budidaya tanaman jagung dianggap sering mengalami kerugian karena hasil panen yang kurang.

Jagung umumnya sudah bisa dipanen pada umur 100 hari ke atas dengan ciri-ciri daun sudah kering dengan buah jagung sudah keras dengan warna mengkilat. Selamat panen jagung dan semoga panen tahun ini meningkat.

Lihat juga Cara Menanam Padi Ciherang

Manfaat jagung

manfaat jagung
Manfaat jagung
Jagung sangat banyak manfaatnya, di bidang industri, jagung diolah untuk menjadi minyak jagung, makanan ternak dan berbagai olahan lainnya seperti tepung jagung.

Manfaat lain dari jagung di bidang kuliner adalah untuk perkedel, roti jagung, dan di zaman dulu, jagung biasa digunakan untuk mengganti nasi sehingga disebut juga nasi jagung dan beberapa manfaatk lainnya di bidang kesehatan dan kecantikan.

Berbeda dengan jagung hibrida, jagung manis memiliki masa panen yang lebih cepat antara 65 sampai 75 hari. Keunggulan dari jagung manis adalah bisa dibuat jagung manis rebus dan jagung bakar juga enak. Selain itu, jagung manis juga lebih mudah berapdatsi dan mudah dibudidayakan dibanding dengan jagung jenis hibrida.

Jika tertarik budidaya tanaman jagung manis, bisa lihat cara budidaya jagung manis di Pioneer.com. Di artikel tersebut lengkap tentang cara menanam jagung manis dan pemupukan jagung manis agar hasil panen meningkat.

Karena jarang yang menanam jagung di tempat saya, harga jagung menjadi lebih mahal dari beberapa tahun silam saat jagung masih menjadi komoditas utama pertanian saat itu.

All picture from Pixabay - Corn

Lihat juga Budidaya Tanaman Padi, Dari Cara Tanam Sampai Cara Memupuk Padi

Demikianlah cara budidaya tanaman jagung lengkap. Baik itu budidaya tanaman jagung hibrida maupun jagung manis, agar panen bisa meningkat, pilihlah bibit dengan varietas unggul. Selain itu, perawatan tanaman jagung juga sangat menentukan berhasil atau tidaknya panen nantinya.
  February 01, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close