Skip to main content

9 Contoh Bisnis Untuk Mahasiswa Teknik Informatika Modal Kecil

Bisnis Untuk Mahasiswa Teknik Informatika - Jurusan kuliah di bidang keilmuan komputer seperti Sistem Informasi dan Teknik Informatika akhir-akhir ini begitu populer. Katanya, jurusan Teknik Informatika itu bebas masuk ke instansi mana saja, baik swasta maupun pemerintahan. Namun ternyata, pengetahuan tersebut malah menjadi "boomerang" bagi sebagian besar mahasiswa TI yang hanya melihat prospek kerja jurusan Teknik Informatika tanpa melihat dunia yang akan dihadapi.
9 Bisnis Untuk Mahasiswa Teknik Informatika Modal Kecil Yang Menguntungkan
9 Bisnis Untuk Mahasiswa Teknik Informatika Modal Kecil Yang Menguntungkan

Pada akhirnya, banyak anak Teknik Informatika yang merasa salah jurusan. Dan bukan hanya anak IT saja, tapi banyak sekali jurusan kuliah yang mahasiswanya salah memilih jurusan karena hanya melihat peluang kerja ketika lulus nantinya.

Padahal, jurusan seperti Teknik Informatika ini memiliki peluang yang besar di era kemajuan teknologi saat ini. Sebut saja di bidang bisnis, dengan memanfaatkan Technopreneur banyak mahasiswa Teknik Informatika yang membangun kerajaan bisnisnya sambil kuliah. Technopreneur adalah gabungan dari kata teknologi dan entrepreneur.

Bagi kamu yang masuk jurusan Teknik Informatika, kamu harus bisa melihat peluang usaha sambil kuliah di bidang yang kamu pelajari saat ini. Dan berikut beberapa contoh bisnis untuk mahasiswa Teknik Informatika yang modal kecil dan wajib dicoba oleh anak IT.

1. Jasa desain grafis


Bukan hanya anak Teknik Informatika, tapi banyak jurusan dari berbagai fakultas yang tidak ada hubungannya dengan komputer dapat menjadi seorang desain grafis. Bermodalkan kemampuan editing menggunakan software Photoshop atau Coreldraw, mereka bisa membuka jasa desain grafis.

Tidak perlu terlalu jauh, di lingkungan kampus aja, kamu bisa membuat desain tentang kampus dan logo-logo didalamnya.

Contohnya desain dan membuat Stiker organisasi kampus. Ini banyak dimanfaatkan oleh organisasi kampus untuk menggalang dana dari mahasiswa pemula yang baru masuk ke dunia kuliah. Karena senior, mau tidak mau, kalau tidak bisa ngeles ya harus beli.

Simak juga 6+ Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal dan Cepat

2. Web Developer dan web design


Tidak sedikit diluar sana yang menguasai ilmu web developer dan web design secara otodidak. Bermodalkan situs belajar pemrograman web seperti duniailkom, banyak yang bisa web developer dan web design tanpa harus kuliah Teknik Informatika.

Karena itu, sangat disayangkan ketika anak Teknik Informatika tidak bisa membuat website sendiri, meskipun itu website sederhana. Mungkin banyak yang berdalih kalau mereka bukan memilih konsentrasi website, tapi apapun alasannnya, setidaknya anak TI paling kurang harus menguasai ilmu-ilmu HTML dan CSS.

Terlebih yang memilih konsentrasi website, harus menguasai yang namanya HTML, CSS, Javascript, PHP dan CMS (Content Management System) seperti Wordpress.

Kalaupun tidak bisa menjadi web developer paling tidak menjadi seorang web design merupakan pilihan yang tepat bagi seorang mahasiswa Teknik Informatika.

Bisnis untuk mahasiswa ini bisa dijalankan secara online dan dengan modal yang kecil. Bahkan modalnya cukup pengetahuan saja seperti bahasa pemrograman wajib untuk programmer web yang disebutkan di atas.

Untuk prospek kerjanya, tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak owner website atau blog yang tidak suka dengan tampilan blognya. Tidak perlu tunggu lulus kuliah untuk menjalankan bisnis sampingan mahasiswa ini. Ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliah mungkin belum seberapa karena itu, belajarlah secara otodidak dengan memanfaatkan internet.

3. Jasa Install Sistem Operasi dan Aplikasi


Malu dong, kalau anak Teknik Informatika tidak bisa install Windows. Karena ini adalah ilmu yang paling dasar dalam ilmu komputer dan Teknik Informatika. Tidak perlu menunggu materi dari dosen untuk belajar install laptop.

Peluang bisnis untuk mahasiswa ini cocok dan memiliki peluang yang cukup besar karena banyak mahasiswa atau orang yang memiliki laptop tapi malas untuk melakukan install ulang. Mungkin juga karena tidak tahu. Karena jangankan mereka yang tidak belajar komputer, anak Teknik Informatika pun kadang ada yang belum bisa install laptop.

Nah, selain sistem operasi, Anda juga bisa membuka bisnis jasa install aplikasi/software. Jika mau lebih untung lagi, banyak mahasiswa yang juga gemar dengan drama Korea atau anime. Nah, Anda manfaatkan peluang tersebut untuk membuka jasa download film dan anime. Karena ini memang butuh modal kuota internet yang besar sehingga banyak pecinta drama Korea yang tidak bisa mendownloadnya sendiri.

Nah, sebagai mahasiswa Teknik Informatika, kamu bisa membuka jasa wifi juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari jual beli kopi misalnya.

4. Jasa Service Laptop/Smartphone


Bermodalkan tutorial di internet, kamu bisa membuka jasa service laptop dan smartphone. Terutama untuk mahasiswa Teknik Informatika yang pastinya akan belajar banyak hal, seperti pengkabelan dan sistem komputer.

Sebenarnya jasa service laptop dan smartphone ini berkaitan juga dengan flash hp atau ganti hardware laptop. Contohnya keyboard dan monitor. Dan untuk memperkuat bisnis ini, bisa dengan menjual barang-barang seputar dunia elektronik seperti mouse, headset bluetooth, casing hp, baterai smartphone dan lain-lain.

5. Programmer Application


Mahasiswa Teknik Informatika pastinya harus bisa coding. Istilah coding maksudnya adalah membuat sebuah produk dari bahasa pemrograman. Bagi mahasiswa Teknik Informatika, menjadi seorang programmer aplikasi adalah hal yang sangat menantang.

Tentu bagi mahasiswa pemula jurusan Teknik Informatika, menjadi programmer aplikasi sambil kuliah bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa juara di kelas juga bisa memperdalam ilmu programming.

Untuk yang tertarik menjadi programmer aplikasi, terutama desktop, bahasa pemrograman yang sebaiknya dipelajari adalah C++, Visual Basic, dan bahasa pemrograman lainnya yang berkaitan dengan dunia programmer aplikasi desktop. Harus pandai-pandai nih, dalam Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

6. Programmer Mobile


Salah satu bisnis rumahan untuk mahasiswa secara khusus jurusan Teknik Informatika adalah menjadi programmer aplikasi mobile. Modal yang dibutuhkan juga termasuk kecil. Hanya saja, pastinya kita lagi-lagi berhubungan dengan coding.

Bagi kamu yang tertarik berbisnis sambil kuliah, menjadi programmer mobile untuk smartphone android bisa membuat aplikasi kecil-kecilan kemudian memasangkan iklan admob dalam aplikasi dan upload di Playstore.

Kemampuan yang harus dimiliki memang akan lebih baik jika kita menguasai bahasa pemrograman Java dan bisa mengoperasikan dan membangun aplikasi android menggunakan Android Studio atau Eclipse.

Berbicara tentang aplikasi android, lihat juga 3 Cara Menghasilkan Uang dari Google Playstore

7. Bisnis Fotografi


Bisnis fotografi juga bisa dilirik oleh mahasiswa Teknik Informatika. Terutama untuk mahasiswa yang memilih konsentrasi multimedia pasti selain desain 3D, pasti juga akan menghadapi hal-hal yang berkaitan dengan fotografi dan ilmu penyiaran atau broadcasting.

Bagi kamu yang tertarik bisnis fotografi, paling tidak kamu harus memiliki ilmu-ilmu dasar mengambil foto yang bagus dan juga modal kamera DSLR lengkap dengan tripod.

Untuk peluang bisnisnya, bisa juga dengan sistem bisnis online kerja freelance. Banyak situs-situs online yang dijadikan sebagai tempat pemasaran hasil foto fotografer.

8. Blogger


Jangankan mahasiswa Teknik Informatika, yang kaya dari blogging juga banyak yang bukan dari jurusan Teknik Informatika. Hal ini karena memang blogger adalah jurusan yang umum.

Prospek Blogger memang semakin cerah sebagai salah satu peluang bisnis online menjanjikan untuk jangka panjang. Hanya saja, untuk membangun sebuah blog, butuh kesabaran dan ketekunan.

Selain itu, butuh banyak-banyak melakukan studi kasus dan belajar SEO (Search Engine Optimization). Mengingat persaingan yang datang semakin berat saja nih.

Bagi kamu mahasiswa Teknik Informatika, paling tidak kamu memiliki dasar-dasar seperti edit template blog sehingga tidak perlu bayar jasa edit template lagi.

9. Youtuber


Sama halnya dengan Blogger, bahkan kebanyakan yang sukses dari channel Youtube bukanlah seorang mahasiswa Teknik Informatika. Tapi keunggulan dari mahasiswa IT adalah mereka bisa dengan mudah menggunakan software-software editor video.

Termasuk membuat video animasi kreatif seperti channel Youtube Kok bisa? Banyak konten-konten pelajaran dengan ide kreatif dan segar yang disuguhkan dalam bentuk animasi sederhana sehingga mudah dimengerti.

Untuk menjadi Youtuber memang yang terpenting adalah ide kreatif. Bagi mahasiswa, bisnis ini cocok dijalankan sambil kuliah. Bisa dilakukan di rumah atau kost.

Masih banyak peluang usaha online dan rumahan untuk mahasiswa Teknik Informatika. Tidak hanya itu, sebenarnya banyak sekali ide bisnis untuk mahasiswa teknik informatika karena cakupannya memang sangat luas.

Tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang ingin terjun ke bisnis online seperti jualan online dengan teknik marketing ataupun bisnis usaha kuliner rumahan. Tidak ada yang tahu.

Terlebih di era bisnis online saat ini, mendapatkan uang dari internet bukanlah hal yang sulit. Asal ada ketekunan dan kerja keras, pasti semua bisa sukses.

Untuk mahasiswa Teknik Informatika, menggabungkan antara teknologi dan entreprenur bisa menjadi pliihan yang tepat.

Banyak peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi dan entreprenur. Contohnya saja website toko online. Banyak entreprenur muda yang menjadi milyarder berkat kemampuan mereka menghasilkan sesuatu dari teknologi. Sebut saja Jeff Bezos dengan Amazon atau Jack Ma dengan Alibaba.

Jadi, hilangkan mindset bahwa Teknik Informatika bebas masuk ke instansi manapun. Karena sesungguhnya, masih banyak mahasiswa yang tetap nganggur setelah lulus kuliah. Dan tentu saja ada dari jurusan Teknik Komputer. Karena itu, sebelum lulus kuliah, lebih baik mulai dari sekarang bangun bisnis sendiri.

Lihat juga 17 Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Yang Kreatif dan Menguntungkan

Demikianlah bisnis untuk mahasiswa Teknik Informatika modal kecil yang menguntungkan. Asal bisa coding sederhana, sebenarnya sudah banyak peluang kerja online untuk jurusan Teknik Informatika.

  February 25, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close