Skip to main content

5 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Di Usaha Kuliner Kreatif

Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa di Bidang Usaha Kuliner Kreatif - Era milenials 21 bisa dikatakan tahunnya entreprenuer. Dan tidak sedikit pebisnis yang datang dari kalangan mahasiswa yang terkenal dengan istilah "Agent of change." Awalnya hanya usaha sampingan berubah menjadi bisnis rumahan besar dengan segala kreatifitasnya.
5 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Di Usaha Kuliner Kreatif
5 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Di Usaha Kuliner Kreatif
Bisnis rumahan untuk mahasiswa yang paling populer adalah usaha kreatif di bidang kuliner. Tidak sedikit mahasiswa yang terjun ke dunia bisnis kuliner hanya karena prinsip sederhana, "Semua orang butuh makan setiap harinya." Namun tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa sebagai pemula masih memiliki banyak kekurangan, termasuk kurang modal jika mau berbisnis. Terlebih usaha kuliner yang sudah melekat dipikiran kita yang membutuhkan modal besar.

Padahal, tidak selamanya bisnis kuliner berawal dari modal yang besar. Ada beberapa bisnis kuliner yang bisa dijalankan dan sukses hanya dengan modal kecil, bisa Rp500.000,- atau lebih, dan tidak menutup juga kemungkinan lebih kecil dari itu.

"Di mana ada kemauan di situ ada jalan." Bagi kamu mahasiswa yang mau berbisnis tapi gak punya modal besar, silahkan coba beberapa bisnis rumahan untuk mahasiswa di usaha kuliner kreatif.

1. Berjualan makanan ringan ala mahasiswa kreatif

usaha sampingan mahasiswa di bidang kuliner
Usaha kuliner mahasiswa - Pixabay
Usaha sampingan mahasiswa modal kecil yang pertama adalah menjual makanan ringan. Banyak jenis kue dan cemilan yang bisa dijadikan ide bisnis.

Dan tidak sedikit brand ternama saat ini yang memulai usaha dari berjualan makanan ringan.

Contoh usaha makanan ringan unik, yaitu snack, kue basah, pizza, donat, pudding atau kue kering. Kue lainnya yang bisa dicoba adalah kue donat dengan berbagai varian rasa.

Bagaimana dengan persaingan bisnis kuliner yang berat?

Kuncinya ada pada rasa, unik dan berbeda. Dalam dunia kuliner, usaha kreatif itu hanya berputar-putar pada varian rasa, warna, bentuk, bahan, dan topping.

Berawal dari ide-ide kreatif mengubah komponen dalam usaha kuliner tersebut, banyak mahasiswa yang akhirnya sukses dengan usaha kuliner kreatif rintisannya.

Agar bisa sukses seperti mereka, selain varian rasa dan bentuk makanan ringan yang dijual yang berbeda, juga branding adalah hal yang utama.

Misalnya kamu sudah punya produk yang siap dipasarkan, maka sebaiknya kamu melakukan branding dengan mengemas kue sendiri menggunakan label. Label atau merk tersebut bisa dibuat dari hal-hal yang sederhana, misalnya saja kertas HVS dan printer berwarna yang ditempel diplastik kemasan dengan selotip bening.

Dalam pemilihan nama brand juga, pastikan nama tersebut benar-benar bagus untuk memudahkan branding di antara kompetisi usaha kuliner yang cukup berat untuk mahasiswa pemula.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha kuliner makanan ringan untuk mahasiswa ini adalah keahlian dan kreatifitas membuat kue, alat-alat sederhana untuk membuat kue dan juga pengemasan sederhana dengan brand sendiri.

Untuk belajar teknik marketing online, silahkan lihat Cara Jualan Online di Facebook Laris Manis

2. Berjualan gorengan di sore hari


Usaha jualanan gorengan juga salah satu dari sekian banyaknya jenis usaha kuliner yang banyak dilirik oleh mahasiswa. Hal ini karena kebanyakan bisnis rumahan ini dilakukan di sore hari. Jadi, tidak mengganggu aktivitas perkuliahan.

Mulai dari pismol (pisang moleng), piscok (pisang coklat), tahu isi goreng, bakwan, martabak mini, terang bulan, dan lainnya merupakan contoh usaha kuliner gorengan yang cocok dijadikan usaha sampingan mahasiswa di sore hari.

Pernah kepikiran tidak, kalau gorengan yang ada di Makassar dan di Luwu Utara misalnya di Sulawesi Selatan semuanya sama? Jangankan hampir sama, tapi memang umumnya gorengan tersebut sama, baik dari segi nama, rasa, dan mungkin harga.

Dari hal tersebut, banyak pebisnis kuliner kreatif yang mengembangkan cita rasa gorengan sendiri, baik dari segi bahan maupun dari segi saus atau sambal yang digunakan. Terbukti, jika dulu saus cilok hanya kecap sekarang sudah banyak variasi, misalnya bumbu kacang cilok.

Jangan salah, meskipun gorengan di ujung kota sampai perbatasan kota semuanya rasanya sama, tapi tidak ada yang pernah bosan membelinya. Karena itu, sedikit kreatifitas saja, bisa membuat dagangan gorengna ludes dalam sekejap.

3. Usaha Kreatif Mahasiswa dengan gerobak dorong


Untuk menyewa warung atau stan, memang butuh modal yang cukup. Terlebih jika usaha kuliner yang dijalankan tidak berkembang maka resiko yang ditanggung cukup besar.

Karena itulah, alternatif untuk mahasiswa yang mau menjalankan bisnis kuliner bisa dengan sewa gerobak atau pun membelinya sehingga modal yang dibutuhkan relatif kecil.

Beberapa ide unik dari bidang kuliner ini berupa gorengan juga, tapi tidak menutup kemungkinan untuk jenis usaha lainnya. Seperti usaha kuliner jual makanan jadi berupa lauk pauk.

Usaha sampingan ini cocok dijalankan sambil kuliah juga. Selain menambah mental juga menguntungkan jika bisa melariskan produk yang dijual.

4. Usaha kuliner bakso kreatif 


Bakso sudah menjadi makanan khas dan digemari di hampir seluruh tanah air. Entah kenapa tapi suka aja! Itulah beberapa pendapat orang-orang yang menilai bakso sebagai makanan kesukaannya.

Jika dulu baksonya juga itu-itu aja, paling tidak ada beberapa pentolan yang berisi telur, hari ini sudah banyak usaha kuliner baru yang terangkat akibat inovasi kuliner bakso.

Beberapa di antaranya yang laris manis adalah bakso bakar dan yang terbaru bakso durian. Ide bisnis kuliner kreatif tersebut sudah banyak memberikan omzet jutaan sampai puluhan juta kepada pemilik usaha kuliner.

5. Usaha minuman laris manis


Peluang usaha di lingkungan kampus yang juga masih jarang ada adalah bisnis kuliner dari minuman. Padahal, sama seperti semua orang butuh makanan, saat makan orang juga butuh minum. Nah, bagi mahasiswa yang tertarik menjalankan usaha kuliner kreatif jenis minuman, berikut jenis usaha yang bisa dicoba.

- Jus buah segar

Siapa sih yang gak mau jus? Terlebih jus gratis? Pasti semua mau. Tapi kan kasihan kalau gratis bisa rugi pelaku usahanya. Inilah keuntungan menguasai teknik marketing. Jusnya gratis pakai gelasnya yang bayar. Atau gulanya buahnya dimahalin airnya yang gratis. :)

Ide kuliner jus buah segar sudah masih jarang ditemui. Beberapa contoh buah yang bisa dijadikan jus adalah alpukat, sirsak, dan lain-lain. Coba cari sendiri deh, peluang usaha ini.

- Usaha minuman coklat

Mau panas dan dingin, kalau sudah dibilang coklat, pasti semua leleh. Usaha minuman coklat juga sangat cocok ditekuni oleh mahasiswa. Terlebih bisnis ini sangat mudah dibranding karena banyak penggemar coklat.

Modal utama untuk menjalankan usaha minuman ini adalah blender. Dan tentu saja kemampuan meracik minuman yang pas ala-ala barista coffee.

Semua contoh bisnis online terbaik untuk mahasiswa tersebut pasti sangat menguntungkan. Tapi tentu saja, ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Jatuh bangun tidak bisa dihindari dalamd dunia bisnis kuliner.

Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Anggap saja, kamu menjalankan bisnis sambil kuliah ini sebagai salah satu bentuk mata kuliah entrepreneur. Kalau gak untung pasti rugi. Tapi dengan semangat terus belajar dan tidak berhenti, maka tidak munutup kemungkinan usaha rumahan yang kamu lakukan ini menjadi bisnis besar suatu hari nanti. Dan banyak yang sudah membuktikannya.

Tips terakhir dalam berbisnis, apapun jenis bisnisnya, semuanya sudah harus go online. Maksudnya, branding bisa dengan cepat dan mudah dilakukan dengan memanfaatkan internet dan situs sosial media seperti Instagram dan Facebook. Karena dalam dunia bisnis, brand adalah nyawa dari suatu usaha.

Lihat juga contoh usaha sampingan mahasiswa sambil kuliah dalam 17 Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Yang Menguntungkan

Demikianlah contoh bisnis rumahan untuk mahasiswa di bidang kuliner kreatif. Terus gali bakatmu di dunia bisnis dan lihat peluang usaha di lingkungan kampus atau kost tempat saat ini. Dengan sedikit kreatifitas saja, banyak mahasiswa yang bisa berbisnis sambil kuliah dan pastinya, menguntungkan.
  February 24, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close