Skip to main content

Belajar Facebook Ads Gratis Dari Ahli Marketing Tanpa Kursus

Belajar Facebook Ads Gratis - Pagi brother's and sister. Berbicara tentang teknik marketing online, pastinya kita tidak bisa lepas dari materi Facebook marketing. Iyalah, karena hampir semua target pasar ada di Facebook. So, bagi yang ingin berjualan produk online shop, Facebook Ads adalah jalan yang paling mudah karena biaya fb ads murah dan memiliki segudang kelebihan dan manfaat.
Belajar Facebook Ads Gratis Dari Ahli Marketing Tanpa Kursus
Belajar Facebook Ads Gratis Dari Ahli Marketing Tanpa Kursus
Hari ini, kita akan belajar Facebook Ads Gratis. Bukan cara beriklan di Facebook gratis tapi kita akan belajar memahami teknik marketing Facebook secara sederhana. Bagaimana agar biaya iklan murah dan menghasilkan penjualan produk yang besar? Semua akan dibahas di sini.

Sedikit informasi, bagi yang sudah ahli Facebook marketing silahkan lanjut ke halaman lainnya di blog ini karena ini adalah dasar Facebook Ads. Hanya untuk memantapkan mindset tentang Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads?


Facebook ads adalah media beriklan yang disediakan oleh jejaring sosial Facebook untuk para pelaku bisnis yang go online. Biasanya bisnis online shop atau pun kursus marketing dan yang tidak kalah unik adalah Facebook Ads To Adsense.

Jadi, pola pikir yang pertama tentang Fb Ads adalah sebuah tempat untuk beriklan. Sama halnya dengan poster, iklan di Tv, Google Adwords, papan iklan, begitupun dengan Facebook Ads. Dari sini kita bisa memahami bahwa beriklan di Facebook membutuhkan biaya. Murah atau mahal, tergantung cara yang kita gunakan untuk membuat kampanye dan iklan.

Manfaat Facebook Ads


Why Facebook Ads? Mengapa harus Facebook Ads? Seperti yang saya ungkapkan di atas bahwa hampir semua target pasar, baik online shop, kursus marketing, Facebook Ads To Adsense, semua menggunakan Facebook dan ada di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

Berikut alasan dan manfaat menggunakan Facebook ads untuk beriklan.

1. Target potensial


Pertanyaannya adalah dari mana TV mendapatkan keuntungan? Yups! Benar sekali dari iklan. Kita gratis menonton TV sama seperti menggunakan Facebook. Tapi kedua media yang menjadi hiburan tersebut juga mendapatkan penghasilan fantastis dari para advertiser (Pengiklan).

Tapi bedanya, di Facebook target iklan lebih potensial. Jika iklan di TV lebih kepada branding, di Facebook lebih mengutamakan closing product.

Jadi, iklan di TV itu bagusnya karena jangkauannya luas namun di Facebook target market lebih potensial untuk menjual produk. Mengapa? Anda pernah nonton sinetron? Atau melihat iklan? Dan Anda segera memindahkan channel? Karena Anda menonton TV bukan untuk melihat iklan.

Itulah mengapa, saat ini branding tidak hanya di sela-sela acara TV tapi telah disisipkan ke dalam acara TV yang dinonton.

2. Biaya Fb Ads Lebih Murah


Jangan bilang Fb Ads mahal. Karena beriklan di Facebook adalah yang paling murah dari segala jenis iklan.

Untuk bisa beriklan di TV, dana yang dikeluarkan cukup mahal. Dan tentu saja itu menggunakan modal yang besar juga.

Berbeda dengan Facebook, biaya Fb Ads jauh lebih murah. Bisa dimulai dari Rp25.000 sebagai awal beriklan. Tapi tergantung budget juga sih. Karena ada juga yang beriklan di Facebook mulai dari ratusan ribu per hari sampai ratusan juta per bulan. Tentu mereka ini yang sudah ahli dalam bermain Fb Ads.

3. Facebook Ads lebih mudah digunakan


Bermodalkan internet, Facebook Ads sangat mudah digunakan. Mulai dari cara membuat fanspage, akun untuk beriklan (Facebook Manager), cara top up saldo di akun iklan, sampai cara beriklan yang murah semua ada di internet. Dan banyak ahli yang sudah memberikan tutorial Facebook Ads secara gratis dan berbayar.

Lihat juga teknik marketing Facebook di Cara Jualan Online di Facebook Laris (Studi Kasus Jual Baju)

Belajar Facebook Ads Gratis


Saya tidak menulis ulang lagi belajar Facebook Ads. Namun saya hanya akan memberikan gambaran umum tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat iklan di Facebook.

Berikut hal-hal dasar yang mutlak dimiliki jika mau beriklan di Facebook Ads dengan murah dan gratis.

1. Membuat akun Facebook


Yang pertama dilakukan adalah membuat akun Facebook. Memang menggunakan akun asli lebih baik, terutama akun FB yang sudah berumur. Karena akun Facebook tua dan asli biasanya lebih tahan banting (Tahan AME).

Tapi bukan jaminan. Karena saya pernah menggunakan akun Facebook Asli untuk beriklan dan hasilnya AME juga. Tapi memang keunggulannya memang lebih mudah mengajukan banding saat akun Facebook terkena AME.

Idealnya, akun Facebook yang bagus untuk beriklan di Facebook minimal berumur 1 tahun. Dari 2 akun yang saya coba, keduanya memang terkena AME tapi setelah mengajukan banding kedua akun tersebut kembali siap digunakan untuk beriklan.
Istilah AME adalah akun iklan Facebook yang dinonaktifkan/disabled akibat pelanggaran pengiklan dalam beriklan di Facebook.

2. Mencari Teman Facebook Tertarget


Sebelum membuat akun baru di Facebook, yang paling utama diperhatikan adalah target pasar. Nah, nantinya akun Facebook baru ini digunakan untuk mencari teman Facebook tertarget.

Dengan teman Facebook tertarget, kita bisa dengan mudah mendapatkan ribuan like untuk Fanspage Facebook yang kita miliki.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat Cara Mencari Teman Tertarget di Facebook Gratis 100%

3. Membuat Fanspage Facebook


Beriklan di Facebook harus menggunakan Fanspage. Rahasia dari beriklan di Facebook memang cukup simple. Fanspage adalah media Facebook Ads gratis. Tapi untuk mendapatkan hasil yang lebih besar, kita tentu harus memperluas jangkauan fanspage dengan promosi di Facebook.

Nantinya, akun Facebook tertarget yang telah dibuat sebelumnya digunakan untuk mengundang semua teman yang dimiliki untuk memberikan like untuk fanspage Facebook.

Jadi, fanspage lebih mudah mendapatkan likes secara gratis. Nanti kita boost fanspage tersebut dengan FB Ads agar lebih banyak yang likes.

4. Membuat akun Bussiness Facebook (Ads Manager)


Kita bisa saja beriklan dengan akun Facebook pribadi dan itu sah-sah saja. Tapi akan lebih mudah jika menggunakan akun Bussiness Facebook untuk beriklan. Untuk ini, saya berikan kebebasan untuk memilih yang lebih mudah saja. Karena bukan ini yang menjadi faktor penting Facebook Ads.

5. Mengisi saldo akun iklan Facebook


Ini yang paling banyak menjadi masalah para pengiklan Facebook Ads. Tidak memiliki kartu kredit. Padahal, untuk mengisi saldo di akun iklan Facebook, bisa melalui transfer bank.

Hanya saja, memang pada awal pendaftaran akun iklan Facebook, kadang terjadi masalah di payment. Masalah tersebut membuat metode pembayaran dengan transfer bank hilang.

Jika sudah terjadi, mau tidak mau kita harus membuat akun Facebook baru untuk beriklan. Dan dari beberapa percobaan yang saya lakukan, mengisi saldo pakai bank transfer menggunakan rekening BRI tetap bisa. Saldo masuk tetapi memang ada biaya yang cukup besar saat transfer ke rekening Facebook yang menggunakan Bank Permata.

6. Memulai beriklan di Facebook


Jika akun untuk beriklan sudah terisi saldo, saatnya untuk memulai beriklan di Facebook.

Dari beberapa ungkapan ahli Facebook Ads, mereka menyarankan untuk beriklan menggunakan fanspage yang telah memiliki minimal 4 ribu likes. Katanya biaya iklan lebih murah dan memang itu telah dibuktikan sendiri.

Dalam beriklan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Biaya iklan Facebook Ads murah jika CTR juga tinggi. Artinya, tampilan iklan jangkauan luas harus menghasilkan klik iklan yang tinggi pula.
  • Facebook Ads Gratis
  • Target pasar adalah hal yang mutlak dipahami. Siapa yang akan membeli produk Anda? 
  • Rentang umur yang menjadi target pasar potensial.
  • Wilayah target pasar.
  • Saat ada iklan yang murah, duplikat iklan tersebut. Ingat yang diduplikat adalah iklan bukan set iklan.

Karena itu, teknik marketing Facebook adalah hal pertama yang harus dikuasai. Karena percuma iklan menjangkau ratusan ribu pengguna Facebook jika hasilnya tidak tertarget.

Padahal, Facebook ads adalah media iklan yang sangat tertarget jika berhasil dimanfaatkan dengan baik.

Yang pertama harus dimengerti adalah cara melariskan penjualan di Facebook. Lihat tutorial Facebook Ads Gratis di bawah ini.

7. Facebook Ads Gratis


Untuk mencoba kemampuan Anda dalam marketing Facebook, sebaiknya Anda coba Facebook Ads Gratis di bawah ini terlebih dahulu.

Mengapa? Agar biaya iklan Anda tidak sia-sia. Karena kunci kesuksesan dalam beriklan baik di Facebook Ads atau dimanapun adalah konsep dan strategi marketing. Bukan mendirikan papan iklan di tempat yang tidak strategis.

Karena itu, selalu mulai dari riset dan analisa. Mulai dari mempromosikan produk Anda di Grup Facebook dan lihat bagaimana reaksi member grup FB dalam menaggapi promosi Anda.

Mungkin terlihat sederhana tapi jika di grup Facebook tertarget saja tidak mampu menghasilkan closing bagaimana mungkin Facebook Ads bisa sukses?

Setelah itu, beriklan Facebook Ads gratis di Fanspage dan akun Facebook pribadi yang tertarget. Jika di akun Facebook tertarget sudah berhasil terjadi penjualan, maka kemungkinan besar juga teknik marketing Facebook sudah tepat sehingga promosi di Facebook Ads memiliki peluang yang besar.

Dengan uji test memanfaatkan Facebook Ads gratis tersebut, diharapkan kita bisa melihat cara kerja iklan nantinya saat menjangkau target pasar yang potensial.

Kunci Sukses Facebook Ads bukanlah cara membuat biaya iklan murah tapi bagaimana membuat iklan tersebut berhasil membuat target pasar tidak ragu mengeluarkan isi kantongnya untuk bertindak. That's marketing!

Tidak ada tools fb ads atau pun contoh fb ads dalam artikel ini, tapi begitulah cara terbaik untuk melihat dan mengetahui cara kerja fb ads yang sukses. Karena itu, mulailah belajar Facebook marketing gratis tanpa memikirkan biaya iklan FB Ads. Nanti jika sudah bisa saatnya untuk boost iklan berbayar dengan Facebook Ads untuk penghasilan yang lebih besar.

Lihat di sini 9 Cara Jualan Online Laris Manis dan Cepat Laku

Demikianlah artikel Belajar Facebook Ads Gratis, cara mengubah pola pikir pebisnis online shop dengan teknik marketing sederhana. Semoga bermanfaat.

  February 27, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close