Usaha Sampingan Di Desa Berkembang Yang Menjanjikan

Usaha Sampingan Di Desa Berkembang Yang Menjanjikan

Usaha Sampingan di Desa Berkembang - Peluang usaha dan bisnis pada dasarnya ada di mana-mana. Namun kadang dan masih banyak dari kita yang tidak terbuka matanya untuk melihat setiap potensi usaha tersebut.
Usaha Sampingan Di Desa Berkembang Yang Menjanjikan
Usaha Sampingan Di Desa Berkembang Yang Menjanjikan - pixabay

Ada banyak usaha dan peluang bisnis di kampung. Dan jangan pikir peluang tersebut hanya ada di kota karena sesungguhnya usaha rumahan di desa juga banyak, bahkan di desa berkembang sekalipun, kita bisa menciptakan peluang usaha sendiri. Kata kuncinya adalah usaha yang dibuat harus unik dan dapat menyelesaikan persoalan masyarakat agar usaha tersebut menjanjikan di masa depan.

Cara Sukses Menjalankan Usaha Sampingan di Desa 


Meskipun skala usaha termasuk usaha kecil dan menengah, usaha di desa pun butuh perhitungan. Jangan asal main geprak aja, karena bisa-bisa tekor nantinya. Agar bisa sukses menjalankan usaha sampingan, ada beberapa tips terbaik di bawah ini.

1. Survey lapangan


Setiap desa pasti memiliki kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang berbeda. Karena itu, butuh survei lapangan untuk dapat mencari peluang usaha yang cukup potensial untuk dijalankan di desa, baik itu dari rumah maupun dari kebun atau kolam yang ada.

2. Analisa dan jalankan


Ada 2 hal yang membuat pebisnis gagal, yaitu terlalu banyak rencana dan yang kedua tidak punya rencana terstruktur. Dalam menjalankan usaha sendiri, langkah pasti dan kerja nyata adalah awal yang baik.

Analisa tanpa kerja hanya omong kosong belakan dan kerja tanpa berpikir dapat berakibat fatal, rugi atau pun lama berkembangnya. Karena itu, kedua hal ini sangat diperlukan. Dan yang paling penting adalah memulai dan mempertahankan sebuah usaha.

3. Belajar


Semakin banyak pengalaman maka akan semakin banyak pelajaran yang didapat. Setiap hari, belajarlah dari orang lain dan diri sendiri. Dan di era kemajuan teknologi seperti dewasa ini, belajar berbisnis dan mencari inspirasi ide usaha sampingan sangat mudah dilakukan. Cukup cari di Google, peluang usaha sampingan langsung ketemu. 

Agar bisa sukses berbisnis, usahakan usaha yang dijalankan unik. Sekalipun memiliki saingan, upayakan ada perbedaan dalam satu hal yang dapat menjadi senjata untuk usaha Anda. Kita bisa menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) jika memang tidak memiliki inspirasi ide bisnis sama sekali.

Usaha Sampingan di Desa Berkembang Yang Menjanjikan


Tidak ada usaha yang terlalu sukar bagi mereka yang mau berusaha. Lihat peluang usaha sampingan di desa berkembang di yang menjanjikan di bawah ini.

1. Usaha pertanian


Kita tahu bahwa sebagian besar desa berkembang, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Namun masih banyak yang hanya mengandalkan hasil pertanian hanya dari sektor pertanian, yaitu sawah untuk bercocok tanam padi.

Itu sangat bagus dan memang sangat menjanjikan. Namun hasilnya hanya akan dinikmati dalam waktu 3 bulan lebih. Cukup lama. Dan saya melihat di sela-sela penantian yang panjang tersebut, ada peluang baru untuk menciptakan usaha sampingan baru. Yaitu bertani dengan sayur-sayuran.

Sayur yang cocok di desa seperti kangkung, daun singkong, dan lain-lain. Dan semua itu dapat ditanam di pekarangan rumah. Hanya saja, kesadaran tersebut masih minim. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang lebih cenderung membeli sayur yang didagangkan oleh pedagang dari luar daerah dari pada menanamnya sendiri.

Selain sayur-mayur daun hijau, tomat dan cabe juga menjadi salah satu langganan ibu rumah tangga di pasar. Peluang usaha tersebut cukup menjanjikan dan cocok untuk dijadikan sumber penghasilan sampingan

Ide bisnis lainnya yang cocok untuk menjadi usaha sampingan di desa adalah jual bibit tanaman. Berbagai jenis bibit buah-buahan pastinya menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih karena usaha ini masih cukup jarang. Untuk tekniknya, bisa menggunakan teknik tabulampot atau pun hidroponik.

Lihat juga Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

2. Usaha peternakan


Usaha sampingan yang tidak kalah menjanjikan dan cukup potensial untuk dikembangkan di desa adalah usaha peternakan. Ternak seperti sapi, kambing, ayam kampung, dan lain-lain semuanya sangat banyak dicari.

Contohnya, beternak ayam kampung tidak akan pernah mati. Karena banyak yang mencarinya. Dan selama Upin dan Ipin masih gemar mengkomsumsi ayam goreng, jangan khawatir untuk terjun ke dunia ternak ayam.
Usaha Sampingan Di Desa Berkembang Yang Menjanjikan
Usaha Sampingan Di Desa Berkembang Yang Menjanjikan - pixabay

Selain itu, ternak seperti ikan-ikanan juga cukup menjanjikan. Namun untuk modal budidaya ikan memang cenderung lebih besar dari pada ternak kambing dan lain-lain yang pakannya bisa didapatkan dari rumput-rumputan hijau

3. Usaha rumahan


Usaha rumahan sebenarnya terbuka luas dan cukup potensial untuk dikembangkan menjadi bisnis yang lebih besar lagi. Dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

- Toko Kelontong

Daya beli masyarakat desa di tahun-tahun yang akan datang pastinya akan lebih meningkat lagi. Karena itu, kebutuhan akan toko kelontong dan warung sembako pasti akan lebih besar.

Dari hal tersebut, peluang mendirikan usaha kelontong cukup menjanjikan dan potensial. Yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan dan kebersihan warung serta pelayanan yang maksimal dipercaya mampu menarik minat tetangga untuk membeli di warung. Keramahan penjual sangat penting.

- Usaha jual pulsa

Berkali-kali saya mengatakan bahwa pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern, terutama generasi milenials. Karena itu, peluang untuk berjualan pulsa, sekalipun di desa berkembang masih sangat besar.

Dan tidak perlu pusing cari agen kuota lagi. Karena ada Payfazz yang dapat menjadikan Anda menjadi agen PPOB terpercaya yang dapat menjadikan rumah Anda menjadi tempat untuk membayar tagihan seperti rekening listrik, BPJS, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi Payfazz dan keuntungannya.

- Menjahit

Harga mesin jahit saat ini sudah semakin murah sehingga modal yang digunakan tidak terlalu besar. Dan ada banyak pakaian yang siap untuk dijahit. Usaha sampingan ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Namun jangan salah, usaha menjahit sebenarnya cocok untuk siapa saja dan kalangan apa saja. Bisa jadi kamu akan menjadi seorang penjahit sekaligus designer keren suatu saat nanti. Siapa yang tahu nasib orang?

4. Pertamini


Lokasi yang jauh serta akses jalan yang kurang mendukung menjadikan usaha sampingan yang satu ini cukup menjanjikan. Namun persaingannya cukup berat, terutama di desa saya. Pertamini adalah pom bensin atau pertalite yang sangat banyak membantu masyarakat.

Beberapa tahun silam, di desa-desa terpencil masih banyak orang yang menjual bensin di dalam botol sebagai wadah. Saat ini, eranya pertamini atau pertamina mini. Namun untuk yang belum cukup modal, bensin yang dijual di dalam botol masih sangat laku. Kan yang penting bensinnya. Lebih-lebih saat pertamina sedang antri ratusan kendaraan, pasti lebih banyak yang memilih membeli eceran dari pada ngantri terlalu lama.

5. Bisnis online


Internet ternyata membawa angin segar bagi setiap orang. Terutama saat jaringan internet menyentuh daerah pedesaan yang beberapa tahun yang lalu masih gelap karena belum ada listrik. Adanya internet membuat desa berkembang lebih cepat dalam menentukan langkahnya beberapa tahun silam.

Bukan hanya di kota, saat ini bisnis online sudah menjamur di mana-mana. Tak terkecuali di desa yang sepi. Asal ada jaringan, bisnis ini sukses dijalankan dari depan laptop atau pun dari smartphone android.

Mulai dari jualan baju online yang mulai dikombinasikan dengan teknik penjualan konvensional secara langsung di pasar atau swalayan, sampai ke teknik yang lebih modern, yaitu bisnis di dunia virtual dan freelancer sudah semakin terbuka.

Untuk belajar tentang bisnis online dan mencari peluang yang cocok, sudah sangat banyak bisnis online yang cocok untuk dijalankan oleh siapapun. Intinya adalah jalankan bisnis yang sesuai dengan passion Anda.

*Gambar header Pixabay - cock farm village


Itulah beberapa usaha sampingan di desa berkembang yang menjanjikan. Apapun usahanya dan dimana pun usahanya, kesuksesan ditentukan oleh mereka yang selalu konsisten dan siap bekerja keras dan jeli melihat peluang. Semoga bermanfaat dan selamat membuka usaha sendiri di desa Anda.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!

1 2 3 4 5 6