Tips Membeli Motor Bekas Berkualitas Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Motor Bekas Berkualitas Agar Tidak Tertipu

Tips membeli motor bekas berkualitas - Banyak orang menabung untuk membeli motor baru. Namun kadang, tabungan tersebut masih jauh dari cukup untuk mendapatkan motor baru sementara kebutuhan akan kendaraan sudah mendesak. Karena itulah, salah satu pilihan yang biasa dilakukan adalah dengan membeli motor bekas.
 Tips membeli motor bekas murah berkualitas
Tips membeli motor bekas murah berkualitas

Membeli motor bekas memang kadang membuat kita banyak bertanya-tanya. Mulai dari kualitas motor sampai takut tertipu menjadi alasan utama orang berhati-hati dalam membeli motor second. Karena itu, hari ini saya akan berbagi tips membeli motor bekas secara aman sehingga tidak tertipu oleh penjual.

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu


Agar tidak menyesal di kemudian hari, berikut tips dan cara membeli motor bekas berkualitas dan minim resiko penipuan.

1. Tentukan jenis motor yang akan dibeli


Sebelum terjun untuk membeli motor, terlebih dahulu kita harus menentukan motor yang akan dibeli. Motor di sini bisa berupa moge atau sport, motor bebek atau motor matic. Pasti setelah menentukan tipe motor, kita sudah memiliki bayangan tentang motor seperti apa yang akan ditawarkan kepada kita nantinya.

Untuk menentukan jenis motor yang akan dibeli, ada 2 hal yang perlu dipertimbangkan matang-matang, yaitu budget yang kamu miliki dan motor seperti apa yang kamu inginkan. Dan yang pastinya, dalam membeli motor, baik itu baru atau second, yang terpenting adalah kegunaan dan masa pakai motor tersebut setelah dibeli.

Cari juga rekomendasi motor bekas yang ingin kamu beli di internet. Bisa dengan mengetikan di Google beli motor bekas harga Rp12.000.000,- dan lain-lain sesuai dengan dana yang Anda miliki.

2. Cek harga pasaran


Mencari motor bekas saat ini sudah gampang. Namun menentukan yang bagus dan harga bersaing itu cukup sulit. Jika sudah mengetahui tipe motor bekas yang akan dibeli sesuai dengan budget, hal selanjutnya adalah mengecek harga pasaran.

Bisa saja harga di Sulawesi berbeda dengan harga di Jawa dan lain-lain. Dan yang terpenting adalah harganya harus wajar, tidak murah dan juga tidak terlalu mahal. Meskipun tipe motornya sama, harga bisa sangat berbeda. Hal ini dapat dikarenakan kondisi motor dan kelengkapannya.

3. Lihat kondisi fisik

 Tips beli motor bekas
Tips beli motor bekas
Kualitas motor bekas dapat dilihat dari kondisi fisiknya. Banyak juga lho, motor bekas rasa baru. Ketahui tahun keluarnya dan lihat kondisi casing atua kap motor. Jika sudah banyak lecet dan pecah, biasanya harganya juga akan lebih murah.

Pertimbangan dengan melihat kondisi fisik motor ini sangat penting. Dari keutuhan kap dan kelengkapannya. Dan yang terpenting dari kondisi fisik yaitu masih mulus, terlihat juga dari motor bukan hasil modifikasi. Karena motor bekas yang mahal adalah motor yang masih menggunakan alat-alat original. Seperti knalpot, peleg dan lain sebagainya.

Semua yang kelihatan dan tidak kelihatan pada motor juga tergantung umur kendaraan. Semakin tua motor tersebut semakin besar resiko yang bisa terjadi. Dan semakin berumur juga motornya maka akan semakin murah juga harga jualnya.

4. Beli di tempat yang terpercaya


Beli online atau offline? Saat ini, motor bekas banyak diperjualbelikan secara online dengan kualitas dan jenis yang bervariasi. Baik di Toko Online seperti OLX, Lazada dan lain-lain, motor bekas juga banyak dijual di Facebook dan group dagang online di kota masing-masing.

Saya lebih menyarankan membeli dari makelar terpercaya. Namun jika melihat di Facebook motor dengan harga yang pas dan tipe yang disukai, tidak masalah untuk menawar dan kepo dikit. Namun sebelum memutuskan untuk membeli, utamakan untuk COD (Cahs On Delivery) agar terhindar dari penipuan.

Beli di tempat terpercaya terlihat dari orangnya dan juga dari harga jual yang ditawarkan. Serta yang tidak kalah penting, pengalaman penjual dalam mengenal motor. Tips terbaik untuk membeli motor bekas agar tidak tertipu adalah dengan mengenal penjualnya, baik itu makelar maupun penjual pribadi.

Dan untuk penjual, pastikan beli di tempat yang sudah terbukti dan tidak membuat pelanggan kecewa karena beli motor bekas di sana.

5. Tanyakan kelengkapan surat


Identitas orang yang memiliki motor tersebut sangat penting. Bisa diketahui apakah motor tersebut dari tangan pertama atau juga dari hasil pembelian sebelumnya. Kelengkapan surat yang dimaksud adalah BPKB dan STNK. Pertimbangkan jika pajak kendaraan mati dan sudah akan ganti STNK lagi.

Yang penting untuk diperhatikan adalah pastikan surat tersebut sesuai dengan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. Jangan sampai surat tersebut palsu. Jangan sampai Anda beli motor bekas hasil curian dan yang kelengkapan suratnya tidak jelas.

6. Cek mesin motor


Untuk orang awam, ini cukup sulit. Namun ketahuilah, mesin motor merupakan bagian terpenting dari motor bekas yang perlu dipertimbangkan dari pada hanya melihat dari body motor. Untuk cek mesin motor, bisa membawa teman yang sudah ahli atau membawa motor ke montir untuk dicek. Pastinya dengan persetujuan penjual motor.

Dan tips membeli motor bekas yang berkaitan dengan mesin kendaraan adalah mengecek olinya. Motor yang oli mesinnya penuh dapat membuat kondisi mesin motor terlihat normal namun sebenarnya bunyinya tidak normal.

Karena itu, pastikan motor bekas kamu yang beli tidak diisi dengan oli yang berlebihan agar bunyi mesinnya lebih jelas dan asli.

7. Cek spidometer dan kelistrikan


Indikator yang tak kalah penting dalam membeli motor bekas yang harus diperhatikan adalah mengecek sistem kelistrikan dan spidometernya. Pastikan semuanya normal dan aktif dengan baik. Mulai dari stater tangan, indikator lampu saat menyala, status bahan bakar yang tersisa, dan lain sebagainya.

Dan untuk penghitung jarak tempuh, jangan mau ditipu. Masakan motor yang baru 1 tahun dibeli tapi sudah mencapai jarak tempuh 20.000 km. Terlebih jika penjual mengatakan motor tersebut jarang digunakan. Sebaiknya cek lagi jarak tempuh motor.

8. Test drive


Setelah kelengkapan surat dan sistemnya berjalan dengan normal, untuk mengenal kualitas motor masih bagus atau tidak, harus dicek dahulu dengan mencoba mengendarainya. Jika tidak terbiasa, ajak teman yang sudah terbiasa untuk mengetahui kualitas motor.
 Cara aman beli motor bekas agar tidak tertipu
Cara aman beli motor bekas agar tidak tertipu
Saat test drive, lihat perpindahan giginya, kopling, dan pastinya rem dan berbagai hal lainnya. Rasakan akselerasi motor dan pastikan semuanya lancar dan mulus. Setelah test drive selesai, cek kondisi motor kembali dan pastikan tidak terjadi panas berlebihan pada motor, juga tidak terjadi kebocoran pada BBM dan oli.

Setelah mengendarai motor yang akan dibeli, pastikan kita sudah tahu kondisi motor tersebut. Seperti kondisi stir, ban, akselerasi gigi dan pastinya, semuanya bisa diberfungsi dengan normal.

Jika salah satu tips di atas kurang pada motor, pertimbangkan lagi untuk membeli motor tersebut. Dan jika memang tidak terlalu bermasalah, gunakan kekurangan tersebut untuk negosiasi harga terbaik.

Kesimpulan tips membeli motor bekas berkualitas agar tidak tertipu adalah surat-surat kendaraan lengkap dan penjual motor sangat penting testimoninya. Jika baru pertama beli, pastikan harga yang ditawarkan tidak terlalu murah.

*All gambar berasal dari Pixabay - motor

Lihat juga Tips Membeli Motor Baru, Belinya Cash atau Kredit?

Demikianlah cara membeli motor bekas berkualitas dan aman dari tindak penipuan. Ingat bahwa harga dan kualitas masih menjadi 2 hal yang mempengaruhi satu sama lain. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!