Skip to main content

15 Tempat Wisata di Tana Toraja Yang Pesona Alamnya Luar Biasa

Tempat Wisata Toraja - Keindahan panorama alam Tana Toraja telah membuat Toraja menjadi salah satu obyek wisata menarik bukan hanya di Sulawesi Selatan tapi juga di dunia. Banyak hal yang menarik di Toraja yang tidak akan habis diulas dalam beberapa tahun. Mulai dari tradisi, adat Toraja sampai ke tempat wisata Toraja yang penuh dengan keindahan alamnya yang memesona setiap turis domestik maupun mancanegara.
15 Tempat Wisata di Tana Toraja Yang Pesona Alamnya Luar Biasa
15 Tempat Wisata di Tana Toraja Yang Pesona Alamnya Luar Biasa
Toraja terbagi atas 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja. Puncak kunjungan wisatawan ke Tana Toraja terjadi pada bulan Desember. Pada bulan tersebut, banyak festival budaya dan lain-lain yang diadakan. Dan tidak jarang artis ibukota pun ikut meramaikan bulan Desember di Tana Toraja. Dan untuk masyarakat sekitar, sering menghabiskan malam tahun baru di sini.

Berbicara tentang Tana Toraja, tidak lengkap rasanya kalau kita tidak membahas tentang tempat wisatanya. Memang Toraja terkenal dengan keeksotisannya, baik dari segi budaya maupun tempat wisata. Dan berikut beberapa tempat wisata Toraja yang menarik dan wajib dikunjungi saat berkunjung ke Toraja.

15 Tempat Wisata di Tana Toraja Yang Pesona Alamnya Luar Biasa


Inilah tempat wisata Toraja yang memberikan daya tarik tersendiri kepada pengunjung agar kembali ke Toraja untuk berwisata.

1. Wisata Toraja Negeri di Atas Awan


Ollon tempat wisata Toraja negeri di atas awan
Wisata Toraja Ollon - KarebaToraja
Yang pertama dan yang paling menarik banyak wisatawan adalah negeri di atas awan Toraja. Memang banyak destinasi wisata Tana Toraja yang menawarkan sensasi berada di atas awan. Namun yang paling fenomenal dan menarik adalah wisata Ollon.

Ollon terletak di Desa Bau, Kecamatan Bonggakaradeng, sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Makale. Di sini obyek wisata alamnya begitu luar biasa. Pesona bukit hijau indah yang terhampar luas membuat siapapun yang berkunjung ke Ollon tidak akan puas jika tidak berkemah dan merasakan indahnya pemandangan Ollon dan udara sejuknya.

Mau ke Ollon? Silahkan lihat deskripsi wisata terpopuler di Toraja ini di https://www.karebatoraja.com

2. Wisata Kete Kesu


Rumah adat Toraja menjadi salah satu warisan budaya dan obyek wisata yang sangat menarik. Dan Kete Kesu merupakan salah satu obyek wisata di Toraya yang mendapat banyak perhatian dari wisatawan.

Di sinilah terdapat kompleks rumah Tongkonan yang sering dijadikan tempat penyimpanan mayat sebelum dikubur. Banyak hal menarik di sini dan pastinya, Kete Kesu menjadi salah satu obyek wisata di Tana Toraja yang menarik dan sangat populer.

3. Londa Toraja


Salah satu yang tidak kalah menarik di mata wisatawan yang berkunjung ke Toraja adalah Londa. Londa adalah makam yang terletak di Toraja yang memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya.

Obyek wisata Londa terletak di desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia. Banyak hal menarik di obyek wisata Toraja yang satu ini terutama berkaitan dengan budaya Tana Toraja.

Untuk melihat wisata Londa lebih jauh, kunjungi Londa Toraja, Obyek Wisata Religius Toraja


4. Patung Yesus Toraja




Patung Tuhan Yesus Burake Tana Toraja - Wisata Religi
Patung Yesus Buntu Burake - instagram.com/naturecityzens
Bukan di Brasil, Patung Yesus ini terletak di Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sebuah obyek wisata religi yang menyimpan sejuta pesona. Akses ke tempat wisata yang satu ini cukup mudah dan pemandangan alamnya sungguh luar biasa.

Selengkapnya Wisata Patung Yesus di Buntu Burake Toraja


5. Jembatan Kaca Toraja


jembatan kaca toraja burake menjadi daya tarik tersendiri
Gambar jembatan kaca Toraja - kompasiana.com
Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan ke Toraja akhir-akhir ini adalah jembatan kacanya. Terletak di Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, tepatnya di depan Patung Yesus di Burake.

Jembatan kaca Toraja tidak bisa dikatakan sebagai pelengkap obyek wisata di Burake karena sudah menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata yang satu ini.


6. Museum Ne' Gandeng


mengunjungi museum ne gandeng di toraja
Museum Ne' Gandeng Toraja Foto
instagram.com/museumnegandeng/
Museum Ne' Gandeng terletak di Desa Palangi, Kecamatan Sa'dan Balusu, Toraja Utara. Sekitar 10 kilometer dari Rantepao. Yang menarik dari wisata yang satu ini adalah rumah adat Toraja atau Tongkonan.

Terletak di tengah-tengah sawah menjadikan Ne' Gandeng menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib saat berkunjung ke Toraja. Bukan hanya itu, cerita rakyat tentang museum ini juga sangat menarik dan pastinya, tempat wisata ini juga dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan besar di Toraja.


7. Wisata Pallawa


Jika ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Toraja, maka salah satu tujuan wisata yang patut dikunjungi adalah Pallawa. Di sini berbaris rumah Tongkonan, rumah adat Toraja dengan ukiran-ukirannya yang memiliki makna.

8. Batu Tumonga


Ada cinta di antara kita... Kau belaiku di Batu Tumonga... Lagu yang satu ini mengingatkan saya untuk kembali ke Toraja. Batu Tumonga terletak di lereng Gunung Sesean, Sesean Mataallo, Kabupaten Toraja Utara, berjarak kurang lebih 25 km dari Kota Rantepao.


Batu Tumonga menawarkan pemandangan alam yang indah dan juga dikenal sebagai salah satu obyek wisata Toraja negeri di atas awan.

9. Wisata Kolam Tilangnga'


Photos Toraja Tilangnga' Pool Toraja
Toraja Tilangnga' Photos on instagram.com/veronica.ellia
Kolam Tilangnga' terletak di Jl. Tilangnga, Kelurahan Sarira, Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sekitar 10 km dari kota Makale. Obyek wisata ini selain menawarkan keindahan kolamnya yang super sejuk juga menyimpan cerita mistis. 

Jika mau berenang bersama ikan purba, kunjungilah kolam Tilangnga' yang ada di Toraja ini. 


Masih banyak tempat wisata di Toraja yang pesona alamnya luar biasa, seperti yang populer beberapa tahun belakangan ini dan yang tidak pernah membuat pengunjung bosan, 

10. Lolai, negeri di atas awan Toraja, 
11. Wisata Ranteallo dengan rumah adat Tongkonan yang berbaris rapi, 
12. Wisata air terjun Kalean dengan air terjun 7 tingkatnya, 
13. Wisata Kalimbuang Bori dengan situs kuno makam batu untuk menghormati leluhur, 
14. Wisata Toraja Lokomata, makam batu yang unik, 
15. Wisata air terjun Sarambu Assing, dengan mata air pegunungan yang segar,  

Dan berbagai tempat wisata menarik di Tana Toraja. Bagi kamu yang berkunjung ke Toraja, itulah beberapa rekomendasi wisata Toraja yang penuh dengan keindahan alamnya dan adatnya yang cocok untuk spot foto.

Lihat juga Makanan Khas Toraja

Demikianlah 15 Tempat Wisata di Tana Toraja Yang Pesona Alamnya Luar Biasa. Selamat berwisata di Toraja, Sulawesi Selatan!

  January 26, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close