Skip to main content

14 Tanaman Buah Dalam Pot Yang Cepat Berbuah Dan Menguntungkan

Tanaman Buah Dalam Pot - Happy new year 2019! Semangat baru untuk berkebun dan bertabulampot semoga tidak surut di tahun yang baru ini. Lama juga tidak update artikel karena Natal dan Tahun baru. Pada kesempatan hari ini, saya akan berbagi tentang tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah dan pastinya sangat menguntungkan untuk dibudidayakan.
macam-macam tanaman buah dalam pot cepat berbuah
tanaman buah dalam pot budidayan.blogspot.com
Melihat trend 2019 ini, saya mengamati perkembangan usaha tabulampot atau tanaman buah dalam pot semakin meningkat dan menguntungkan dari segi ekonomi. Ada beberapa hal yang menjadikan tanaman buah dalam pot menjadi pilihan untuk dikembangkan seperti harga dan perawatan lebih murah karena langsung di halaman rumah, ukuran pot yang tidak mengganggu pekarangan dan lebih mudah dipanen karena pohonnya tidak terlalu tinggi.

Lihat juga 4 Cara Membuat Tanaman Dalam Pot Cepat Berbuah Lebat

Dan tanaman buah dalam pot sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan lagi karena teknik bertanam tabulampot ini sudah menjadi populer seperti halnya hidroponik. Intinya agar tanaman dalam pot cepat berbuah harus dibudidayakan dengan teknik sambung pucuk, okulasi, cangkok, atau stek. Untuk tanaman langsung dari biji, akan butuh waktu lama untuk berbuah. Karena itu, jika ingin memiliki tanaman yang cepat berbuah, langsung beli aja yang sudah berumur dan cara penanamannya dengan teknik seperti yang disebutkan di atas.

Tanaman Buah Dalam Pot Yang Cepat Berbuah


Berikut macam-macam tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah dan mudah dirawat.

1. Jeruk Nipis

tanaman buah dalam pot jeruk nipis cepat berbuah
Gambar jeruk nipis arvialfareza.blogspot.com
Tanaman yang tidak pernah ketinggalan di dunia kuliner ini juga cocok ditanam di dalam pot. Jeruk nipis cukup mudah dirawat dan ketika diletakkan di dalam pot, kita hanya perlu mengatur pupuk dan air agar tanaman cepat berbuah. Dan pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup.

2. Lemon

14 Tanaman Buah Dalam Pot Yang Cepat Berbuah Dan Menguntungkan
Gambar Buah Lemon dari penjagarumah.com
Buah yang berwarna kuning menyala ini merupakan buah seribu manfaat. Buah lemon memiliki banyak manfaat di bidang obat-obatan herbal dan ramuan dan dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman lemon yang sudah berbuah dan distek hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan untuk bisa menghasilkan tanaman baru yang sudah berbuah. Agar semakin lebat, perawatan maksimal dengan pupuk dan air harus diperhatikan. Dan untungnya, lemon dapat dengan mudah dirawat di dalam pot dan hasil panennya cukup melimpah.

Pelajari juga Cara Mudah Budidaya Tanaman Tabulampot Untuk Pemula

3. Kelengkeng

gambar buah kelengkeng dalam pot cepat berbuah
Gambar buah kelengkeng dalam pot by urbanina.com
Tanaman kelengkeng merupakan salah satu tanaman yang sangat menguntungkan. Buahnya yang menyerupai langsat rasa dan rambutan dengan rasa duku ini sangat lezat dan menjadi salah satu buah dengan harga yang sangat mahal. Bahkan harga pohon kelengkeng yang sudah berbuah bisa sampai jutaan rupiah, tergantung dari jenisnya.

Dan hebatnya lagi, kelengkeng dapat dibudidayakan di dalam pot. Kelengkeng yang dicangkok dari indukan yang sudah berbuah dapat berbuah dalam waktu 1 tahun sampai 2 tahun. Waktu yang singkat untuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan ini. Hanya saja, kelengkeng juga merupakan tanaman yang bandel dan sulit berbuah.

4. Alpukat

Alpukat dalam pot - faunadanflora.com
Berbagai jenis alpukat memang memiliki cita rasa yang berbeda. Tanaman alpukat dalam pot yang dirawat dengan baik dapat menghasilkan buah dalam waktu 2 sampai 3 tahun. Dan indukan serta cara budidaya sangat menentukan.

Macam-macam alpukat adalah alpukat aligator yang memiliki buah super jumbo, alpuket mentega, alpukat biasa dan lain-lain.

5. Cabe


Tanaman yang mudah ditanam di polybag yang satu ini juga menjadi tanaman yang banyak menjadi perhatian ibu rumah tangga. Karena itu, banyak yang menanam cabe di halaman rumah karena cabe memang cepat panen dan tidak pernah berhenti berbuah.

Hanya sekitar 3 bulan sejak dari bibit sampai ditanam di dalam pot untuk cabe agar bisa menghasilkan buah.

6. Strawberry


Tanaman mungil rasa asam ini mengingatkan saya pada animasi Masha and The Bear. Tanaman strawberry ternyata cukup mudah dirawat dan juga cocok untuk di tanam di dalam wadah seperti polybag atau pot.

Tanaman strawberry cukup cepat berbuah dan juga tidak bosan berbuah jika asupan nutrisi dari pupuk dan penyiraman dilakukan dengan tepat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya strawberry adalah hama ulat sekalipun ditanam di halaman rumah.

7. Jambu Biji

jambu biji dalam pot cepat berbuah
Jambu biji dalam pot faunadanflora.com
Jambu biji memiliki batang yang sangat kokoh dan keras. Namun buahnya tidak diragukan lagi dapat membuat ketagihan. Jambu biji yang dicangkok juga dapat ditanam di dalam pot. Jika indukan dari pohon jambu yang berbuah lebat maka hasil cangkokan juga tidak akan jauh berbeda dari tanaman indukan. Jambu biji memiliki 2 jenis dari segi warna isinya, yaitu warna putih dan warna merah. Buah yang isinya berwarna merah memiliki kulit yang lebih lembut dan buah yang isinya berwarna putih cenderung lebih keras. Namun ada juga jambu biji putih yang kulit buahnya lembut.

8. Jambu Air


Berbeda dengan jambu biji, jambu air memiliki pohon yang lebih mudah rapuh. Namun buah jambu air yang berwarna merah dapat meningkatkan gairah untuk segera mencicipinya. Terdapat 2 jenis jambu air, yaitu warna merah dan warna putih. Dan keduanya memiliki rasa yang berbeda.

Tanaman jambu air ternyata juga cocok ditanam di dalam pot. Setelah dicangkok dari indukan yang sudah berbuah, jambu air dapat menghasilkan buah kurang lebih 6 bulan.

9. Jeruk Sangkis


Meskipun memiliki buah yang cukup besar, sangkis juga dapat menjadi tanaman buah yang bagus untuk hiasan rumah. Selain dapat ditanam langsung di tanah, sangkis hasil cangkokan juga dapat berbuah kurang dari 6 bulan. Sedikit saran aja, cangkok sangkis pada tangkai yang cukup besar agar dapat menahan buah ketika sudah berbuah.

Yang menyedihkan dari tanaman sangkis adalah masa masaknya buah cukup lama. Meskipun demikian, sistem budidaya tabulampot membuat tanaman ini dapat diatur masa berbuahnya sehingga dapat dinikmati setiap bulannya.

10. Jeruk

35 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot Terbaru dan Terlengkap
35 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot Terbaru dan Terlengkap seputarpertanianoke.blogspot.com

Jeruk memang lebih ditakdirkan untuk di tanam di dalam pot. Kenapa tidak. tanaman yang satu ini jika dicangkok dari tanaman yang sudah berbuah bisa langsung menghasilkan bunga dalam beberapa bulan saja. Dan ini berlaku untuk semua jeruk, terutama untuk jeruk manis.

11. Belimbing


Tanaman belimbing yang sering ditanam di halaman rumah ini juga menjadi salah satu langganan tanaman dalam pot. Hal ini karena belimbing memiliki rasa manis yang dapat mengembalikan kesegaran yang hilang. Untuk yang tertarik menanam belimbing di dalam pot, silahkan dicoba karena perawatan tanaman ini cukup mudah dilakukan.

12. Apel India

Apel India Cocok Untuk Tabulampot - Gambar Youtube.com
Siapa sangkah, apel India bisa berbuah lebat di Indonesia?

Apel India atau juga dikenal dengan sebutan putsa memiliki buah berwarna hijau kecil dan imut berbentuk lonjong. Rasanya seperti pir namun sangat manis. Buah apel India juga sangat baik dibudidaya di halaman rumah dengan sistem tabulampot karena pohonnya yang tidak terlalu tinggi.

13. Anggur


Anggur menjadi salah satu tanaman hias yang juga enak. Dapat ditanam di dalam pot ukuran kecil, anggur bisa menjadi tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah.

14. Buah Naga


Cara budidaya buah naga dalam pot budidayan.blogspot.com

Buah naga hanya butuh waktu kurang dari 1 tahun untuk bisa menghasilkan buah yang lebat jika dirawat dengan baik dan benar. Hanya saja, tanaman ini sangat anti terhadap hujan karena dapat membuat buahnya menjadi layu dan gugur.

Jika tertarik dengan ilmu budidaya tanaman buah naga, silahkan lihat langkah-langkah Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah di website ilmubudidaya.com.

Artikel Populer Lainnya Cara Memulai Usaha Tabulampot Yang Menguntungkan

Itulah beberapa tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah dan dipanen serta mudah dirawat sehingga memiliki daya tarik untuk dibudidayakan, yaitu enak dan menguntungkan. Masih banyak tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah dan tidak dibahas di sini. Karena itu, nantikan kami di artikel yang akan datang. Terima kasih.

  January 07, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close