Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar Dari ATM

Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar Dari ATM

Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar dari ATM - Kejadian hari Senin yang lalu, 7 Januari 2019 benar-benar membuat saya bingung dan cukup panik. Niat mau tarik tunai di mesin ATM tapi uang tidak keluar. Yang lebih parahnya lagi, saldo di rekening saya terpotong.
 Saldo terdebet uang tidak keluar di atm bni
Saldo terdebet uang tidak keluar di atm bni
*Gambar ATM dari halomoney

Transaksi nasabah bank di ATM sudah menjadi hal yang biasa dan hampir setiap minggunya kita pergi ke ATM untuk melakukan transaksi. Dan harus diakui bahwa saat ini, ATM sudah ada di mana-mana bahkan sampai pelosok negeri dan terbukti membantu masyarakat dalam banyak hal.

Namun banyaknya mesin ATM yang tersebar ternyata juga tidak serta merta menjadi keunggulan suatu Bank. Sebut saja, di daerah saya, ada begitu banyak ATM tapi bisa dikatakan sebagian besar yang mudah saya akses kadang mengalami masalah dan error. Dan kejadian hari ini membuat saya memiliki ide postingan untuk menulis artikel tentang ini.

Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar Dari ATM


Kronologis kejadian ini bermula pada Senin, 7 Januari 2019, di Sulawesi Selatan. Saya adalah pengguna rekening BRI dan menggunakan ATM BRI.

Saya berniat melakukan penarikan di bank BRI, tapi mengingat ATM tersebut dari dulu sering error, saya menuju ke ATM BNI yang berada di depannya. Dan saya sudah sering bertransaksi di ATM tersebut.

Namun hari ini, ATM BNI tersebut juga tidak dapat digunakan tanpa ada pemberitahuan. 2 ATM di lokasi yang sama tidak dapat digunakan. Akhirnya saya memutuskan untuk ke ATM lainnya di salah satu Pertamina.

Dan Minggu lalu, saya juga pergi ke ATM ini, tapi ketiga ATM, yaitu ATM Mandiri, ATM BRI, dan ATM BNI tidak dapat digunakan. Dan saya kembali lagi ke sini dengan harapan ATM tersebut sudah pulih.

Pertama, saya mencoba ATM BNI. Naas dan sial, benar-benar sial, kejadian yang melatarbelakangi tulisan ini terjadi. Saldo terdebet tapi uang tidak keluar dari mesin ATM.

Saya melakukan penarikan saldo sebesar Rp200.000,- di ATM BNI tersebut menggunakan kartu ATM BRI. Namun ternyata mesin ATM tersebut juga masih mengalami masalah.

Karena proses transaksi sangat lama, (HARAP TUNGGU TRANSAKSI SEDANG DIPROSES), saya menekan tombol cancel.

Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar Dari ATM
blog.rivaekaputra
Namun ternyata itu bukan keputusan yang tepat. Uang tidak keluar dan kartu ATM segera keluar. Diikuti dengan terdebetnya saldo di rekening BRI yang saya gunakan ditandai dengan SMS Banking BRI yang masuk.

Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar Dari ATM

Keterangan:

Transaksi Senin 7 Desember 2019 pada pukul 12.10 di ATM BNI : Saldo terdebet uang tidak keluar
Transaksi Senin 7 Desember 2019 pada pukul 12.49 di ATM BNI lain : Saldo terdebet dan uang sukses keluar dari ATM.

Saya tunggu beberapa menit namun hasilnya tidak ada respon. Karena di Google saya melihat banyak kasus ada yang ketika uang tidak keluar dari ATM, saldo akan kembali otomatis ke dalam rekening. Namun saya tidak. Ya sudahlah, mau bagaiaman lagi?

Sebenarnya sih, kita bisa saja mendapatkan uang kita kembali dengan menghubungi pihak bank terkait dan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk verifikasi kepemilikin rekening.

Penyebab Uang Tidak Keluar Dari ATM Tapi Saldo Terpotong di Rekening?

Setahu saya, masalah ini bukan karena jaringan tapi karena kerusakan pada mesin ATM itu sendiri. Dan kesalahan saya yang mencancel transaksi yang sedang berlangsung. Tapi memang sih, ditunggu sampai besok pun uangnya tidak akan keluar karena mungkin ada kerusakan pada mesin ATM.

Akhirnya, saya ke ATM lain di pusat perbelanjaan. Dan syukurlah, kali ini saya masih menggunakan mesin ATM BNI karena mesin ATM BRI di tempat yang sama juga masih rusak. Saya menarik Rp200.000,- lagi dan kali ini mesin ATM-nya mengeluarkan uang sesuai dengan yang diminta. Selain SMS Banking, saya juga melihat mutasi rekening dengan Internet Banking BRI.

Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar Dari ATM

Total debet hari ini Rp400.000,- tapi hanya bisa menikmati Rp200.000,-

Pelajaran yang di dapat hari ini cukup banyak. Dan yang menyedihkan adalah dari 3 tempat ATM berbeda, yaitu:
  • Lokasi ATM pertama terdapat BRI dan BNI keduanya error
  • Lokasi ATM kedua terdapat mesin ATM BRI, Mandiri, dan BCA, ketiganya error
  • Lokasi ATM ketiga terdapat mesin ATM BRI, Mandiri dan BCA, hanya BNI dan Mandiri yang bisa digunakan.
Lihat juga Saldo Minimal ATM BRI

Saran saya adalah mesin ATM yang bermasalah sebaiknya segera diperbaiki oleh pihak bank yang bersangkutan. Paling tidak, berikan papan warning jika ATM masih dalam tahap perbaikan. Agar nasabah tidak melakukan transaksi di mesin tersebut dan untuk menghindari kejadian serupa.

Sebenarnya bingung juga sih, mau melapor ke mana jika ada kejadian seperti ini. Dilihat dari contoh kasus ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa yang bermasalah sebenarnya hanya pada mesin ATM tersebut.

Lihat juga Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BRI

Demikianlah artikel tentang Saldo Terdebet Uang Tidak Keluar Dari ATM. Semoga bermanfaat dan jangan sampai mengalami kejadian yang sama dengan yang saya alami.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!