Skip to main content

Manfaat Padi Bagi Kehidupan Manusia dan Kesehatan

Manfaat padi sangat banyak dalam kehidupan manusia. Di Indonesia sendiri, padi sudah menjadi hasil pertanian utama di sebagian besar wilayah di setiap provinsinya. Jika di luar negeri kita sering bangga dengan gandum dan roti yang menjadi makanan pokok bule, hari ini saya akan mengajak Anda melihat manfaat padi sehingga bangga dengan nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia.

manfaat padi bagi kehidupan manusia dan lingkungan
Manfaat padi bagi kehidupan

Padi adalah salah satu tanaman biji-bijian. Untuk kami yang hidup di desa pertanian, sawah dan padi bisa dikatakan sudah sangat akrab dengan kehidupan. Padi memiki nama latin Oriza Sativa L ini menjadi salah satu produk pertanian penting di dunia, terutama di Indonesia.

Manfaat padi bagi manusia


Berikut sejuta manfaat padi bagi kehidupan manusia dan dalam berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan dan kecantikan maupun dalam dunia bisnis.

1. Makanan pokok dan sumber karbohidrat


Padi ditanam kemudian dipanen dalam waktu sekitar 90 hari. Padi tersebut kemudian digiling menjadi beras dan kemudian diolah menjadi nasi.

Nasi ini sudah terkenal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Dan karbohidrat sendiri merupakan salah satu zat makanan yang penting untuk tubuh makhluk hidup.

Lihat juga Inilah Tanaman Buah Dalam Pot Yang Cepat Berbuah

2. Digunakan sebagai bahan kue


Ada banyak jenis beras, beras putih, beras merah, beras hitam, beras ketan atau pulut dan masih banyak lagi jenis-jenis beras yang memliki ciri-ciri tersendiri, baik dari segi warna, ukuran dan rasa.

Dan setiap jenis beras tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Seperti beras yang merupakan sumber bahan utama pembuat tepung yang dikenal dengan nama tepung beras. Dan yang paling sering dicari juga adalah beras ketan yang memliki banyak manfaat dalam bidang kuliner dan kesehatan.

3. Bermanfaat untuk kesehatan


Beras mengandung karbohidrat, protein dan zat-zat lainnya yang dapat menjadi sumber tenaga bagi manusia. Selain itu, juga dapat mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Di dalam beras juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan tulang.

Lihat juga Manfaat Jagung Hibrida dan Jagung Manis Yang Perlu Diketahui

4. Manfaat padi di bidang kecantikan


Padi yang telah diolah menjadi beras memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Air beras dipercaya dapat memutihkan dan menghaluskan wajah.

Selain itu, masker beras dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel.

5. Bagian padi yang dapat dimanfaatkan


Setidaknya ada 2 manfaat bagian padi yang biasanya dibuang sebagai limbah, yaitu sekam dan jerami. Padahal, jika diolah dengan baik, bagian padi ini bisa bermanfaat di bidang bisnis yang bisa bermanfaat bagi lingkungan suatu masyarakat.

Manfaat sekam padi dapat digunakan sebagai bahan pencampur tanah dan pupuk untuk tanaman buah dalam pot. Selain itu, sekam padi juga bisa diolah menjadi abu gosok yang biasa digunakan untuk cuci piring.

Manfaat jerami padi untuk pakan ternak, pengemas gabah ketika dimasukkan ke dalam karung, bahan untuk membuat pupuk organik, dan masih banyak lagi manfaat jerami padi ini.

6. Bidang peternakan


Ini yang paling sering ditemui di masyarakat yang hidup di pedesaan. Bertani dan beternak. Dan padi adalah salah satu jenis biji-bijian yang dapat menjadi bahan makanan ternak. Sebut saja ayam, bebek, itik.

Dan di desa saya, sering desa lain yang membawa itiknya ke sawah ketika sudah selesai panen.

Lihat juga Cara Menanam Padi Ciherang

7. Bidang bisnis dan lainnya

manfaat pad dalam berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan dan kecantikan
Manfaat padi bagi kehidupan - pixabay
Seperti yang sudah dikatakan, padi dan beras adalah bahan makanan pokok yang banyak dicari orang. Dan banyak peluang bisnis dari dalamnya. Mulai dari alat-alat mesin pertanian, petani yang hidup dengan menjadikan hasil padi sebagai sumber penghasilan utama, dan berbagai produk kuliner, kesehatan dan kecantikan yang dibuat dari beras.

Lihat juga Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjanjikan

Itulah beberapa manfaat padi bagi kehidupan manusia. Ternyata ada sejuta manfaat padi, terutama dalam bidang kesehatan, bisnis, dan kuliner. Semoga bermanfaat. Mari makan padi yang sudah diolah menjadi beras dan di masak menjadi nasi :)
  January 09, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close