Manfaat Jerami Padi Bukan Hanya Untuk Pakan Ternak

Manfaat Jerami Padi Bukan Hanya Untuk Pakan Ternak

Manfaat Jerami Padi Ternyata Cukup Banyak. Banyak yang berpendapat bahwa jerami padi hanya sebongkah limbah yang akan dibakar oleh petani setelah panen padi usai. Selama ini, pemanfaatan jerami padi hanya berkisar di cara membusukkan jerami agar dapat menjadi pupuk kompos alami tanpa diolah lagi.
 Manfaat jerami padi
Manfaat jerami padi
Kurangnya pengetahuan petani tentang manfaat jerami sangat disayangkan. Padahal, jerami padi ini sangat bagus diolah menjadi pupuk kompos maupun sebagai bahan makanan ternak. Karena itu, berikut saya rangkum beberapa manfaat jerami padi yang dapat bermanfaat untuk lebih meningkatkan pengetahuan di bidang pertanian.

Manfaat Jerami Padi


Inilah beberapa manfaat jerami padi yang perlu kita ketahui.

1. Pengemas Produk Pertanian


Saat panen padi tiba dan gabah dimasukkan ke dalam karung, jerami padi juga berperan penting untuk digunakan sebagai penutup karung agar bulir-bulir padi tidak berserakan.

Selain itu, jerami padi juga dapat digunakan untuk mengemas telur itik agar tidak mudah pecah dan yang sering saya lihat juga diletakkan di kandang bebek atau ayam sebagai alas untuk bertelur.

2. Bahan Bangunan


jerami padi sangat bermanfaat
Jerami padi digunakan untuk atap bangunan
Bukan hanya sebagai atap bangunan atau gubuk, jerami juga dapat digunakan sebagai dinding bangunan. Lihat gambar header di atas, jerami padi ternyata memang bisa digunakan membuat rumah. Asal jangan bermain api aja didekatnya karena jerami mudah terbakar.

Lihat juga Budidaya Jagung Hibrida

3. Pakan Ternak


 Jerami padi digunakan sebagai pakan ternak
Jerami padi digunakan sebagai pakan ternak
Kalau ini pasti sudah menjadi pengetahuan umum. Kalau jerami padi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi. Jadi, saat musim panen padi tiba, peternak sapi tidak perlu khawatir untuk mencari pakan ternak lagi.

4. Pengganti Plastik Mulsa


Dengan memanfaatkan jerami padi dengan baik, penggunaan plastik mulsa dapat dikurangi. Seperti yang kita ketahui bahwa plastik mulsa dapat digunakan untuk menutupi lahan pertanian sehingga terhindar dari serangan hama dan gulma. 

Selain itu, biaya produksi juga akan berkurang karena menggunakan alat-alat yang tidak dibeli. Gunakan jerami padi untuk menggantikan plastik mulsa.

Lihat juga Cara Menanam Padi Ciherang

5. Jerami Padi Untuk Pupuk


Bersama sekam padi, jerami padi memang memiliki banyak manfaat dalam bidang tanaman dan tumbuhan. Jerami padi dapat diolah menjadi pupuk kompos yang sangat berguna untuk menyuburkan tanaman.

Dengan menggunakan pupuk kompos dari jerami, kita bisa menekan biaya untuk pupuk dan juga pastinya, pertanian menjadi lebih ramah lingkungan.

Pupuk dari jerami tetap harus dikombinasikan dengan pupuk kimia. Dan yang lebih penting lagi, komposisi pupuk harus tepat agar tanaman mendapat nutrisi dengan baik.

Baca juga! Inilah Tanaman Buah Dalam Pot yang Cepat Berbuah

6. Perabotan Rumah Tangga Unik


batang padi digunakan sebagai sapu
Batang padi dijadikan sapu unik
Dan manfaat jerami padi yang terakhir yang juga sering ditemukan adalah dijadikan perabotan rumah tangga. Seperti contoh pada gambar di atas, batang padi dibuat menjadi sapu (Broom) yang sangat membantu dalam membersihkan rumah. Unik juga kan?

Bukan hanya sebagai sapu unik, jerami padi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan yang cantik dan memiliki nilai guna.

*Semua gambar dari Pixabay - Jerami padi

Lihat juga Manfaat Padi Bagi Kehidupan Manusia

Demikianlah manfaat jerami padi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Semoga bermanfaat dan dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa sangat banyak hal-hal sederhana di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan dalam membantu kehidupan manusia.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!