Skip to main content

Konsep Fb Ads To Adsense, Keuntungan dan Kerugian Pengiklan

Konsep Fb Ads To Adsense - Salah satu teknik online marketing yang telah mengubah sebagian besar cara pemasaran online adalah dengan beriklan di Facebook. Yups! Dulu kita hanya mengenal Facebook sebagai media sosial untuk berbagi status. Di era 21 ini, Facebook sebagai platform media sosial mengepakkan sayapnya menjadi media untuk para pengiklan memasarkan produknya.
konsep fb ads to adsense

Selain memasarkan produk fisik di Facebook melalui grup atau akun pribadi, ternyata Facebook juga menyediakan ruang untuk pengiklan (Advertiser) untuk beriklan melalui fanspage. Dan yang lagi booming sekarang adalah fb ads to adsense.

Sebenarnya fb ads to adsense bukan hal yang baru lagi. Saya sudah pernah menjelaskan tutorial dasar beriklan di Facebook dengan teknik fb ads to adsense. Pengetahuan tentang fb ads sangat penting untuk internet marketing.

Konsep Dasar FB Ads To Adsense


Fb ads to adsense pada dasarnya adalah salah satu cara mempromosikan konten di Facebook. Konten tersebut ditulis di blog atau website dan dipromosikan secara berbayar di Facebook.

Dan memang keuntungannya tidak main-main. Saya sering melihat teman-teman yang bermain paid traffic dengan fb ads to adsense memiliki dashboard jutaan rupiah per harinya.

Konsep fb ads to adsense sangat sederhana, yaitu mempromosikan konten blog atau website secara berbayar di Facebook dan ketika ada yang mengunjungi web tersebut dan mengklik iklan maka pemiliki website akan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense yang terpasang di websitenya.
Jadi, bisa dikatakan, konsep dasar fb ads to adsense sebenarnya adalah menjual konten website. Bagaimana agar konten tersebut dapat dikunjungi oleh pengguna Facebook? Itu adalah seni dalam bermain fb ads to adsense.

Intinya sebenarnya adalah bagaimana membuat konten yang dapat menarik minat pembaca untuk klik iklan. Dan dilihat dari pengguna Facebook setiap harinya, memang mendapatkan pengunjung tertarget dari Facebook sangat gampang. Tapi berbeda dengan fb ads to adsense, klik dari pengguna Facebook artinya pengiklan harus membayar setiap klik tersebut.

Keuntungan dan kerugian fb ads to adsense


Saya pikir konsep dasarnya sudah ketahuan, mari kita lihat kerugian dan keuntungan bermain fb ads to adsense. Jika dilihat dari pemain fb ads to adsense yang masih banyak, bisa dipastikan bahwa keuntungan bermain fb ads dengan adsense masih besar dan cukup menjanjikan.

Keuntungan fb ads to adsense

keuntungan dan kerugian fb ads to adsense
Keuntungan dan kerugian fb ads to adsense - facebook marketing pixabay

1. Cepat mendapatkan pengunjung


Yang perlu diperhatikan bahwa fb ads to adsense sebenarnya teknik marketing dengan menjual konten. Karena itu, isi dan judul konten sangat menentukan kesuksesan bermain fb ads to adsense. Beberapa bulan yang lalu, saya juga belajar fb ads to adsense dan memang blog akan cepat memiliki visitor setiap harinya.

2. Biaya iklan murah


Fb ads to adsense sebenarnya biaya iklannya sangat murah. Namun ada tekniknya. Untuk para master fb ads to adsense, mereka sudah tahu cara membuat iklan Facebook murah. Namun saya sering gagal dalam hal ini. Ya, itu karena saya tidak fokus bermain fb ads dan tidak terlalu tertarik karena kerugiannya juga sebanding dengan keuntungan.

Beberapa tips yang pernah saya coba untuk membuat klik iklan murah di Facebook adalah dengan menggunakan fanspage Facebook dengan jumlah likes yang banyak. Ada yang bilang minimal 7000 likes dan semakin banyak maka kemungkinan besar biaya iklan murah.

Dan biaya iklan murah juga ditentukan oleh jumlah klik dan impression iklan.

3. Keuntungan jutaan rupiah


Tidak salah jika banyak yang tertarik untuk belajar fb ads to adsense sampai ikut kursus fb ads to adsense jutaan rupiah. Memang penghasilannya tidak main-main, bisa sampai puluhan juta hanya untuk satu akun adsense.

Bayangkan jika memiliki beberapa akun adsense?

Kerungian fb ads to adsense


Namun dibalik keuntungan bermain fb ads to adsense, kita tidak bisa memungkiri adanya kerugian dan resiko yang cukup besar.

1. Perlu rugi


Fb ads to adsense sangat beresiko. Bahkan katanya di awal pasti kita akan rugi. Mulai dari biaya iklan yang mahal sampai banned akun adsense. Dan itu memang kenyataan yang pahit bagi pengiklan, perlu rugi di awal. Istilah kerennya sih, perlu bakar untuk pemanasan.

"Besar pasak dari pada tiang." Istilah tersebut cocok untuk yang baru belajar fb ads to adsense.

2. Resiko banned adsense tinggi


Gimana sih, rasanya banned adsense? Saya pernah mengalami banned adsense karena invalid activity. Penyebabnya karena saya menshare salah satu artikel blog saya di Facebook. Bukan fb ads to adsense. 

Karena sumber trafik yang tidak dari Google atau organic traffic, resiko banned adsense karena invalid activity cukup besar.

3. Modal besar


Jangan salah, dashboard adsense yang sampai jutaan rupiah tersebut hanya kelihatannya saja yang besar. Ada modal dibalik dashboard tersebut. Karena itulah, dibutuhkan teknik bermain fb ads to adsense agar bisa sukses menghasilkan lebih banyak dolar dari pada biaya iklan.

4. Tidak untuk investasi jangka panjang


Berbeda dengan pemain SEO yang mendapatkan pengunjung murni dari search engine seperti Google, fb ads to adsense hanya bersifat sementara. Hal ini terlihat dari pengiklan fb ads to adsense yang sering gonta-ganti situs blog atau website.

Padahal branding dengan fb ads to adsense sebenarnya sangat bagus, baik untuk fanspage maupun untuk domain blog agar memiliki kepercayaan dari para pembaca.

Jika fanspage telah memiliki banyak likes, di kemudian hari, iklan berbayar bisa dikurangi sehingga modal yang digunakan juga lebih kecil. Bagaimana menurutmu?

Sekali lagi, bermain fb ads to adsense sebenarnya sangat menguntungkan jika tahu konsep dasarnya, jika dilihat dari segi penghasilan.

*Gambar header pixabay - Facebook marketing


Demikianlah artikel tentang konsep dasar fb ads to adsense beserta keuntungan dan kerugian bermain fb ads to adsense. Semoga bermanfaat dan mohon dikoreksi jika ada kata-kata yang tidak berkenan. Terima kasih.
  January 14, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close