Kode Error Internet Banking BRI dan Masalahnya

Kode Error Internet Banking BRI dan Masalahnya

Kode Error Internet Banking BRI dan Masalahnya - Internet Banking BRI telah memberikan banyak manfaat bagi nasabah termasuk saya. Dan memang banyak sekali kelebihan menggunakan internet banking dari pada SMS Banking. Namun, ternyata ada juga masalah yang biasa terjadi pada layanan internet banking BRI yang disertai dengan kode-kode error.
Kode Error Internet Banking BRI dan Masalahnya
Kode Error Internet Banking BRI dan Masalahnya

Kode error internet banking tersebut sebenarnya memiliki arti tersendiri sehingga kita dapat mengetahui solusi dan cara mengatasi masalah IB BRI tersebut.

Kode Error Internet Banking BRI dan Masalahnya


Inilah daftar kode error internet banking BRI yang pernah dialami oleh nasabah dan solusi dan cara mengatasinya. 

1. Kode error BBR00Q1


Kode BBR00Q1 ini muncul karena koneksi internet yang bermasalah. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mempercepat koneksi internet. Biasanya hal ini terjadi karena kualitas jaringan internet buruk dan kurang stabil.


2. Kode error BBR00Q2


Ini termasuk kesalahan yang parah dan menyebabkan user ID internet banking terblokir. Hal ini biasa disebabkan karena user salah memasukkan password saat login di internet banking sebanyak 3 kali. Bisa juga disebabkan karena pengguna sudah lama tidak menggunakan internet banking dan tidak login.

User ID terblokir hanya bisa diatasi dengan menghubungi call center BRI di 14017. Dan biasanya petunjuk pemulihan akun akan dijelaskan di tampilan kesalahan login tersebut.

3. Kode error BBR00QC


Kesalahan dengan kode BBR00QC ini menandakan bahwa koneksi internet bermasalah. Bisa juga karena koneksi antara web internet banking bermasalah dengan web server sehingga terjadi timeout atau loading lama yang waktunya habis.

Cara mengatasi kode error BBR00QC dengan mengulangi proses transaski setelah beberapa menit.


4. Kode error BBR1006


Kalau ini jelas sekali penyebabnya, yaitu User ID atau password yang digunakan untuk login salah. Namun kadang hal ini memang terjadi dan bisa diatasi dengan memastikan user ID atau password dan kode verifikasi benar. 

Jika masih belum bisa login, sebaiknya tunggu beberapa menit dan buka di tab baru halaman login internet banking BRI.

5. Kode error BBR2002


Kesalahan ini disebabkan oleh user yang tidak melakukan apa-apa dalam waktu yang lama, biasanya 5 menit tidak mengklik apapun pada halaman internet banking di browser. Hal ini juga bisa terjadi saat permintaan mtoken untuk tranasaksi sudah habis. 

Kode error BBR2002 biasa disebut session habis dan diatasi dengan mengulangi login atau mengulangi transaksi dan permintaan mtoken baru.

6. Kode error BBR2004

  
Kesalahan login ini terjadi karena User ID masih terpakai atau sedang login atau juga karena baru logout. Hal ini bisa terjadi karena mengakses internet banking BRI di smartphone kemudian berpindah mencoba login juga di laptop atau sebaliknya.

Cara mengatasinya sebenarnya jelas, tunggu beberapa menit atau hapus cache browser untuk login kembali. Biasanya saya tunggu 10 sampai 15 menit sehingga masalah ini hilang dengan sendirinya dan proses login ke IB menjadi lancar.

7. Kode error BBR2009


Kesalahan ini bisa terjadi saat proses login ke IB BRI maupun saat transaksi dan menunggu mtoken.

Kode error ini diatasi dengan menghapus cache browser yang digunakan dan mengulangi login ke internet banking BRI.

8. Kode error ISO0003, ISO00Q1, ISO00Q4


Kesalahan ini terjadi karena jaringan internet Anda bermasalah dan tidak bisa terhubung ke server internet IB. Karena itu, solusinya dengan menstabilkan jaringan internet atau koneksi internet.

Sebenarnya masih banyak kode kesalahan dan masalah yang mungkin terjadi saat menggunakan internet banking BRI. Tapi kesalahan seperti kode di atas sebenarnya sangant jarang terjadi saat ini. Beberapa penyebabnya hanya karena masalah koneksi internet maupun login yang terlalu sering atau terindikasi masih login. Selain menunggu beberapa menit, tidak ada lagi cara lainnya. Kecuali jika memang akun IB BRI sudah tidak bisa diakses, maka sebaiknya menghubungi call center BRI atau mendatangi bank cabang terdekat untuk mengaktifkan kembali akun IB BRI.

Lihat juga Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BRI

Demikianlah kode error internet banking BRI dan masalahnya. Solusi dari kesalahan seperti ini pada IB lebih banyak menunggu beberapa menit kemudia login kembali. See you brother's and sista!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!